27+ Peluang Usaha Makanan Yang Menjanjikan di Sekitar Kita, Pasti Rame yang Beli

0
Peluang Usaha Makanan

Ada banyak peluang usaha makanan yang menguntungkan yang ada disekitar kita. Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia yang paling utama. Setiap orang pasti membutuhkan makanan setiap harinya. Bisa dibilang, usaha makanan atau usaha kuliner adalah jenis usaha yang tidak akan pernah mati karena selalu dicari banyak orang untuk memenuhi kebutuhan asupan energi dan nutrisi tubuh mereka. Tentu hal ini adalah kesempatan yang menjanjikan bagi kita untuk memulai membangun bisnis menjual makanan.

Jika kita tengok pasar Indonesia yang begitu besar, ada banyak sekali peluang bisnis kuliner yang bisa kita manfaatkan. Apalagi Indonesia dikenal sebagai Negara konsumtif dibanding Negara lainnya. Dan Indonesia juga dikenal dengan bermacam-macam budaya dan beragam makanan khas daerah yang berbeda-beda. Mulai dari makanan ringan, hingga makanan utama, Mulai dari yang murah, hingga yang mahal.

Selain itu, perilaku konsumen yang seringkali merasa malas menyiapkan makanan untuk dirinya sendiri dan suka sekali sesuatu yang simpel dengan membeli atau memesan makanan di luar juga menjadi isyarat bahwa peluang usaha makanan memang punya masa depan yang baik.

Bicara tentang modal, tentunya ini tergantung dari niat kita membangun usaha kuliner. Jika memang sekarang kamu punya modal usaha yang relatif kecil, maka cukup membuka usaha makanan kecil-kecilan dulu. Namun jika punya modal besar, maka tidak ada salahnya kamu membuka usaha yang lebih besar agar lebih banyak dapat keutungan.

Untuk membuka usaha makanan itu tentu bukan hal yang mudah. Perlu persiapan dan strategi yang baik agar usaha kita laris manis dibeli banyak orang. Namun kesuksesan usaha itu tak lepas dari namanya kesempatan. Jika kita mampu memanfaatkan kesempatan yang ada, maka mungkin kita akan lebih mudah mendapatkan keberhasilan.

Nah berikut ini beberapa jenis usaha kuliner yang menjanjikan hasil dari pengamatan.

Peluang usaha makanan pagi hari

Peluang usaha makanan yang satu ini adalah usaha makanan yang hanya ada di waktu tertentu saja. Biasanya yang paling sering kita temukan ialah pada waktu pagi hari. Biasanya kebanyakan ibu rumah tangga atau anak kosan, malas menyiapkan sarapan untuk keluarga dan dirinya sendiri. Apalagi kamu yang sering bangun kesiangan dan tak cukup waktu nyiapin sarapan, pasti cari sarapan di luar rumah kan. Nah ini adalah salah satu peluang usaha makanan yang bisa kita manfaatkan.

Usaha makanan pagi hari tidak membutuhkan modal yang banyak. Cukup modal membeli bahan makanan saja. Masalah tempat jualan pun bisa di depan rumah kita. Namun usaha makanan pagi hari memiliki estimasi waktu jualan yang sedikit, sekitar 2 hingga 3 jam saja. Setelah siang menjelang, usaha makanan ini mungkin tidak menarik pembeli lagi. Berikut adalah beberapa contoh makanan sarapan yang bisa kita jual

  • Nasi uduk
  • Lontong sayur
  • Bubur ayam
  • Dan jenis makanan sarapan lainnya

Peluang usaha restoran

Sama seperti usaha makanan di pagi hari, usaha makanan yang satu ini juga menargetkan konsumen yang tidak punya waktu menyiapkan atau memasak makanan di rumah. Target pembelinya pun terbilang luas. Bisa ibu rumah tangga, anak kuliahan, anak kos-kosan, pekerja kantoran, dan sebagainya.

Memang usaha membuka restoran harus memiliki modal yang besar. Mulai dari menyewa tempat berjualan, membeli bahan makanan, membayar karyawan (tergantung kondisi), dan modal lainnya. Namun usaha restoran memiliki tingkat bisnis yang bisa di katakan bertahan lama dan mungkin bisa mendapat keuntungan yang pasti setiap hari, meskipun tingkat resiko kerugiannya pun juga terbilang besar.

  • Restoran siap saji
  • Restoran Seefood
  • Rumah makan padang
  • Warteg
  • Sate
  • Rumah makan khas daerah
  • Beragam olahan ayam
  • Bakso dan Mie Ayam
  • Pecel lele dan Ayam Geprek
  • Nasi Goreng dan Mie Goreng
  • Dan jenis makanan berat lainnya

Peluang usaha makanan ringan

Peluang usaha makanan ringan juga tak kalah menjanjikan. Bahkan usaha makanan ini sedang digandrungi banyak orang lho. Ya, menjual makanan ringan cukup menarik karena menjual makanan ini tidak membutuhkan modal yang besar. Makanan ringan juga merupakan jenis makanan yang awet (gak mudah basi). Apalagi kalau dikemas dengan baik, maka makanan ini bisa bertahan selama berbulan-bulan.

Ada beberapa jenis makanan ringan yang sedang ngetren akhir-akhir ini. Berikut adalah daftar beberapa di antaranya.

  • Gorengan
  • Keripik
  • Kerupuk Ikan
  • Jajanan khas daerah
  • Kue khas lebaran
  • Roti bakar
  • Martabak manis
  • Dan cemilan lainnya

5 Kunci keberhasilan menjalankan usaha makanan

Membuka usaha makanan memang gak semudah yang dibayangkan. Mengingat banyaknya pesaing yang ada di bidang usaha ini. Contohnya mungkin hampir di setiap sudut di kota kita pasti ada yang menjual makanan kan. Meskipun begitu, ada beberapa faktor yang menentukan keberhasilan usaha makanan kita, diantaranya adalah

1. Tentukan target pembeli

Sejak awal membangun usaha makanan, kita harus mengerti siapa yang akan menjadi target pembeli yang sesuai, apa kebutuhan pembeli, dan seberapa banyak market yang di bidik. Misalnya Kamu menargetkan konsumen dari kalangan menengah ke bawah atau bahkan semua kalangan, karena market tersebut kamu rasa adalah market yang besar dan yang pasti mudah menarik pembeli.

2. Tentukan lokasi jualan

Setelah menentukan target pembeli, selanjutnya adalah tentukan dimana lokasi berjualan yang sesuai dengan target pembeli tersebut. Misalnya kamu menargetkan pembeli dari kalangan anak kuliahan, maka seharusnya lokasi yang kamu pilih adalah lokasi yang berdekatan dengan kampus-kampus atau dekat dengan kos-kosan mahasiswa.

3. Kualitas makanan

Jangan remehkan kualitas makanan yang kamu jual. Karena menurut pengamatan, seseorang akan rela membayar lebih atau pergi ke tempat yang jauh hanya untuk membeli makanan yang enak. Maka dari itu, pastikan kualitas makanan yang kamu jual terjamin kualitasnya, baik dari segi pengolahan, bahan makanan, rasa makan, hingga kemasan yang baik.

4. Buat inovasi makanan yang berbeda

Jika kamu pernah mengalami rasa bosan dengan suatu makanan, maka hal ini mungkin juga dirasakan oleh pelanggan. Maka dari itu, buatlah inovasi makanan yang berbeda daripada yang lain agar pelangganmu tidak merasa bosan dengan makanan yang kamu jual.

5. Promosi usaha makanan

Promosi usaha makanan juga sangatlah penting apalagi jika usaha makanan tersebut masih terbilang baru. Promosi digunakan untuk memperkenalkan jenis makanan yang kamu jual kepada pelanggan. Misalnya memberikan diskon untuk pembelian jumlah tertentu, atau memberikan sampel makanan gratis di tempat yang ramai, dan cara-cara lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here