5 Peluang Usaha Modal Kecil yang Bisa Dilakukan Dimana Saja

Usaha yang Bisa Dilakukan di Mana Saja

Seiring berkembangnya teknologi, kegiatan semakin mudah untuk dilakukan. Selain itu, informasi juga semakin mudah untuk didapatkan. Hanya dengan mencari di internet, Anda bisa mendapatkan informasi yang Anda cari. Akibatnya, terjadi peningkatan jumlah pengusaha di negeri ini. Itu karena sekarang Anda bisa mencari peluang usaha modal kecil di internet. Beda dengan zaman dahulu, hampir mustahil rasanya menjadi pebisnis.

Banyak orang yang ingin memulai usaha atau bisnis tetapi terhalang modal. Nah, peluang bisnis ini membutuhkan modal yang tidak banyak atau bahkan ada yang tidak membutuhkan modal materi sama sekali.

Selain itu, waktu yang diperlukan untuk mengerjakan usaha tersebut tidaklah banyak. Jadi, bagi Anda seorang karyawan masih bisa tetap bekerja sambil memulai usaha. Lalu, apa saja peluang usaha modal kecil yang bisa dilakukan dimana saja ini? Langsung saja kita bahas.

1. Membuat Blog

Peluang usaha modal kecil yang pertama dan sangat direkomendasikan adalah membuat blog. Dengan membuat blog, maka Anda bisa menjaring target pasar se-Indonesia atau bahkan hingga luar negeri jika blog Anda berbahasa inggris.

Jika blog Anda sudah terkenal, maka Anda bisa memasarkan jasa ataupun produk Anda. Cara ini terbukti cukup ampuh dalam mencari pelanggan. Itu karena jangkauan pengunjung Anda sangat luas.

Selain itu, sekarang juga banyak orang yang membeli sebuah produk atau jasa dengan online. Maka, dengan membuat blog yang sesuai dengan keahlian Anda, sama saja Anda membangun aset bisnis jangka panjang.

2. Berjualan Online

Karena sekarang sudah zamannya bisnis online, maka sebaiknya Anda menjual produk atau jasa Anda melalui online. Anda bisa berjualan melalui marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Instagram dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga bisa menjual produk atau jasa Anda pada blog yang sudah Anda bangun. Proses untuk bisa berjualan online tidaklah susah. Penghasilan yang didapatkan juga tidak main-main.

Jika Anda adalah seorang yang gaptek, tidak perlu khawatir. Anda bisa belajar di internet tentang berjualan online. Jika tidak, Anda bisa menggunakan layanan jasa pembuatan website yang banyak beredar di internet.

3. Menjadi Affiliate Marketer

Ini merupakan solusi apabila Anda tidak mempunyai produk sendiri. Anda bisa menjadi seorang affiliate marketer. Cara kerjanya seperti ini:

  • Anda mendaftar pada web yang menyediakan layanan affiliate
  • Anda mendapatkan link unik yang berbeda setiap pengguna, lalu Anda membagikan link tersebut
  • Apabila ada orang yang membeli produk melalui link yang Anda bagikan, Anda akan mendapatkan komisi sesuai dengan kesepakatan.

Mudah bukan? Anda tidak perlu memiliki barang untuk bisa menjual. Selain itu, Anda juga tidak perlu berurusan dengan keluhan para pembeli. Anda bisa mengkombinasikan affiliate marketer dengan blog.

Dengan kata lain, Anda bisa memasarkan produk tersebut pada blog Anda. Sehingga jangkauan produk yang Anda jual akan lebih luas. Selain itu, komisi affiliate marketer cukup tinggi untuk produk digital.

4. Menjadi Dropshipper

Dropshipper ini hampir sama dengan affiliate marketer, yaitu Anda menjualkan barang yang bukan milik Anda. Tetapi, Anda menjual produk atas nama Anda sendiri. Jadi, Anda mau tidak mau berurusan dengan keluhan pembeli.

Cara kerjanya adalah seperti ini:

  • Anda mempromosikan barang milik supplier.
  • Pembeli memesan barang tersebut kepada Anda.
  • Anda meneruskan order kepada penjual.
  • Penjual mengirim barang tersebut kepada pembeli atas nama Anda.

Menjadi dropshipper itu sangatlah mudah. Itu karena Anda tidak perlu pusing memikirkan stok barang. Selain itu, bisnis ini bisa dimulai dari mana saja dan kapan saja.

Tetapi, Anda tidak bisa melihat kualitas barang secara langsung. Selain itu, margin keuntungan menjadi dropshipper juga kecil. Sangat disarankan untuk membeli produk tersebut sebelum menjualnya supaya Anda bisa mengetahui kualitas tersebut secara langsung.

5. Menjadi Penulis Artikel

Saat ini, content marketing merupakan salah satu strategi jitu dalam menarik pengunjung hingga memasarkan produk. Membuat artikel tidak semudah kelihatannya. Tidak semua orang mampu menulis artikel berkualitas.

Selain itu, ada juga orang yang tidak sempat menulis artikel untuk website/blog mereka. Ini merupakan kesempatan Anda. Anda bisa menawarkan jasa Anda untuk menulis artikel kepada mereka.

Tetapi, syaratnya Anda harus berpengalaman dalam menulis artikel. Bagaimana membuktikan kualitas artikel Anda? Caranya adalah dengan membuat blog. Anda bisa menjadikan blog tersebut sebagai portofolio untuk ditunjukkan kepada klien Anda.

Biasanya, akan lebih banyak orang yang menggunakan layanan penulis artikel yang memiliki portofolio berupa blog pribadi. Selain itu, harga jual artikel jika penulis berpengalaman pasti akan lebih tinggi dibandingkan jika belum memiliki pengalaman.

Nah, itulah peluang bisnis modal kecil atau bahkan tanpa modal sama sekali. Menjalankan bisnis di era sekarang sudah tidak sesulit era sebelum ada internet. Itu karena sekarang sudah banyak informasi beredar di internet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here