11+ Peluang Usaha Rumahan dengan Modal Kecil Untung Besar dan Halal

peluang usaha rumahan

Apakah Anda sedang mencari peluang usaha rumahan yang menjanjikan? Jika iya, Anda perlu menyimak pembahasan peluang usaha rumahan pada artikel ini agar mendapat gambaran tentang bisnis yang sesuai untuk Anda.

Saat ini, bisnis rumahan telah menarik perhatian banyak kalangan, mulai dari anak muda, anak kuliahan, ibu rumah tangga, pekerja kantoran, dan elemen masyarakat lainnya, karena memang potensi keuntungan usaha rumahan cukup lumayan. Bisnis rumahan juga bisa menjadi solusi mendapatkan penghasilan bagi orang yang belum memiliki pekerjaan, dan bagi orang yang telah memiliki pekerjaan, bisnis rumahan bisa menambah penghasilan sebagai usaha sampingan.

Ketika ingin membuka bisnis rumahan, biasanya modal adalah salah satu faktor yang menghambat kita. Banyak yang menganggap bahwa membuka bisnis rumahan itu harus punya modal yang cukup besar agar bisnis rumahan bisa bertahan dan berkembang dengan baik, namun anggapan tersebut sebenarnya anggapan yang salah.

Terkadang salah satu penyebab utama kenapa seseorang mengurungkan niatnya untuk membuka usaha bukanlah karena modal, namun penyebabnya karena kemauan untuk membuka usahanya yang kurang. Walaupun seseorang punya banyak modal, kalau hatinya tidak tertarik membuka usaha, maka akan sama saja, sedangkan meskipun seseorang punya modal yang sedikit namun kemauannya besar untuk membuka usaha, maka apapun yang terjadi dia mungkin akan tetap membuka usahanya.

Sebenarnya banyak sekali peluang usaha rumahan dengan modal yang kecil untung besar yang bisa kita jalankan. Selain itu, Anda juga harus paham bahwa modal usaha bukanlah sebuah jaminan usaha kita akan berhasil. Akan tetapi dengan doa, keseriusan, ketekunan, kerja keras, dan model bisnis lah yang menjadi modal utama dalam menjalankan usaha rumahan yang sukses.

Nah berikut ini adalah beberapa daftar ide usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa kita pertimbangkan.

1. Bisnis penjualan pulsa

Berkomunikasi melalui handphone sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat kita saat ini. tentunya para pengguna telepon genggam pasti membutuhkan pulsa agar bisa menggunakan gadget-nya tersebut, baik untuk menelepon, sms, hingga membeli paket data internet. Nah ini merupakan peluang bisnis rumahan yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Dalam menjalankan usaha menjual pulsa, kita tidak harus membutuhkan modal yang banyak. Cukup bermodalkan hp sebagai alat pengiriman pulsa dan uang yang cukup. Selain itu, Anda juga harus mencari distributor pulsa elektrik yang bisa menyumplai pulsa ke Anda untuk dijual kembali. Pilihlah distributor yang sudah terpercaya dan menawarkan support yang baik.

Akan tetapi, jika Anda punya modal yang lebih, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk membuka konter handphone. Eits, jangan berpikir membuka konter hp berarti Anda juga harus menjual hp ya. Mungkin nama yang tepatnya adalah konter pulsa. Meskipun membuka konter juga membutuhkan modal, namun jangan lupakan bahwa konter bisa meningkatkan transaksi penjualan pulsa Anda.

2. Jualan makanan rumahan

Usaha menjual makanan adalah salah satu usaha yang potensial karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia. Beberapa jenis usaha makanan yang cocok dijalan rumahan antara lain sebagai berikut:

2.1 Usaha pembuatan dan penjualan keripik

Siapa yang tidak suka cemilan? Salah satu cemilan yang populer karena dikelola rumahan ialah cemilan keripik. Penggemar jenis makanan ringan ini biasanya sering mencari produk kripik yang di olah secara rumahan, karena keripik yang diolah rumahan biasanya kuliatasnya terjaga dan baru diproduksi. Berbeda dengan keripik yang dijual di mini market dll yang biasanya sudah lama diproduksi.

2.2 Usaha gorengan

Hampir semua orang pasti menyukai gorengan. Beberapa jenis gorengan yang biasanya ditemukan adalah tahu goreng, bakwan, tempe goreng, pisang goreng, dan lain-lain. Meskipun sudah banyak orang yang menjual gorengan, namun kalau gorengan yang Anda jual memiliki inovasi dan berbeda dari yang lain, maka peluang sukses dalam menjual gorengan juga semakin besar.

2.3 Usaha warung makan

Jika Anda memiliki kemampuan dalam hal memasak, maka itu mungkin bisa dimanfaatkan menjadi peluang usaha rumahan. Biasanya sih, banyak orang yang menyukai masakan rumahan. Apalagi kalau misalnya rumah Anda kebetulan dekat sama pusat-pusat keramaian seperti kampus dan perkantoran. Anda bisa mendesain ruangan rumah untuk dijadikan tempat makan yang nyaman.

3. Usaha bisnis luandry pakaian

Bisnis membuka jasa laundry juga merupakan bisnis yang potensial untuk dijalankan rumahan. Biasanya banyak orang yang malas dan tidak punya waktu untuk mencuci dan menyetrika pakaian. Orang tersebut mungkin memiliki rutinitas yang banyak seperti anak kuliahan dan pekerja kantoran sehingga seringkali merasa kelelahan saat pulang kerumah. Dan menggunakan jasa laundry mungkin menjadi solusinya.

Kini sudah banyak bisnis laundry yang menawarkan hasil cucian yang bersih dan hasil setrika yang rapih jika dibandingkan harus melakukannya sendiri. Untuk awal usaha, Anda mungkin hanya membutuhkan 1 atau 2 mesin cuci dan setrika. Namun kalau usaha laundry Anda mulai banyak peminatnya, Anda bisa mempertimbangkan mengembangkan usaha laundry Anda dengan menambah peralatan usaha.

4. Bisnis jasa pengetikkan naskah

Biasanya bisnis yang satu ini berjalan dengan baik apabila rumah atau tempat usaha Anda dekat dengan wilayah kampus dan perkantoran. Biasanya banyak juga orang yang tak punya waktu untuk membuat atau mencetak naskah tugas mereka. Nah mereka inilah merupakan calon pelanggan yang potensial untuk Anda.

Selain harus punya tempat yang dekat dengan pusat aktivitas, memiliki peralatan komputer, punya printer, dan alat scanner, Anda juga harus mempunyai kemampuan mengetik cepat, menyusun kata-kata yang baik, dan softskill terkait pembuatan naskah lainnya.

Selain itu, petensi membuka usaha pengetikkan naskah juga memiliki potensi pelanggan yang luas. Anda mungkin bisa mendapatkan pelanggan secara offline maupun online. Misalnya pelanggan yang datang langsung ke tempat usaha Anda, dan pelanggan yang datang dari Internet untuk menggunakan jasa pengetikkan naskah Anda.

5. Usaha fotocopy

Sama seperti jasa pengetikkan naskah, usaha fotocopy juga biasanya berjalan dengan baik jika tempat usahanya dekat dengat kampus atau perkantoran. Tak hanya jasa fotocopy, Anda bisa juga menawarkan jasa jilid naskah, menjual perlengkapan menulis, dan lain sebagainya.

6. Buka warung kelontong

Peluang usaha rumahan yang paling umum dan sering kita jumpai adalah warung kelontong. Bagi yang tak tahu, warung kelontong adalah toko kecil yang umumnya mudah diakses secara umum atau bersifat lokal. Biasanya waring kelontong menjual berbagai macam kebutuhan rumah tangga seperti beras, minyak sayur, rokok, aneka ciki-ciki, makanan ringan, dan kebutuhan lainnya. Terkadang banyak pelanggan yang merasa nyaman membeli sesuatu di warung kelontong daripada di mini market karena harganya lebih bermasyarakat.

7. Peluang usaha pangkas rambut

Berapa kali Anda memotong rambut atau perawatan rambut dalam satu bulan? Semua orang pasti memotong rambutnya kan, namun kebanyakan dari mereka tak punya waktu untuk ke salon yang ada di mall hanya untuk memotong rambut, terkadang mereka lebih memilih mencari pangkas rambut yang dekat dengan rumahnya. Nah ini bisa kamu manfaatkan lho. Apalagi membuka usaha pangkas rambut tidak membutuhkan modal yang banyak, cukup peralatan potong rambut, tempat, dan keahlian memotong rambut. Dan lagi, keuntungan usaha pangkas rambut juga cukup besar.

Coba kita hitung-hitung, biaya pangkas rambut minimal Rp 15 ribu dalam waktu 15 menit saja, kalau satu hari minimal ada 5 orang pelanggan, maka keuntungan kamu 75 ribu, kali 1 bulan Rp 2 juta 250 ribu. Lumayan kan.

8. Menjalankan bisnis online

Bisnis online adalah bisnis yang lagi booming saat ini. Selain cenderung lebih mudah dijalankan, bisnis yang satu ini juga bisa dijalankan di mana saja, termasuk di rumah. Beberapa bisnis online yang saat ini sedang ngetren adalah blogger, youtuber, dropship, menjual jasa, membuat toko online, endorse Instagram, dan lain sebagainya.

Banyak sekali pilihan bisnis online itu, pilihlah bisnis online yang sesuai dengan minat dan keahlianmu. Dan jangan lupa, harus dibarengi dengan kerja keras dan selalu konsisten dalam membangunnya, karena biasanya bisnis online membutuhkan waktu untuk bisa berkembang.

9. Membuka jasa penjahitan

Bisnis membuka jasa penjahitan adalah bisnis yang juga cocok untuk usaha rumahan. Usaha yang satu ini juga tidak membutuhkan modal yang banyak, cukup mesin jahit dan ruangan sebagai tempat usaha. Meskipun untuk menjalankan bisnis penjahitan harus memerlukan keahlian menjahit yang baik, namun kalau kamu mau belajar, maka hal itu bukanlah sebuah masalah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here