in

CEO – Pengertian Tugas Tanggung Jawab dan Siapa yang Layak Jadi CEO

CEO - Pengertian Tugas Tanggung Jawab dan Siapa yang Layak Jadi CEO

Kita semua pasti sudah pernah dengar yang namanya CEO dalam perusahaan, tapi apa sih pengertian dan tugas CEO yang sebenarnya? Apa CEO sama dengan pemimpin atau bos dalam perusahaan? Lalu siapa saja orang-orang yang layak menjadi kandidat seorang CEO?

Bicara soal CEO, pastinya hal pertama yang terpikirkan oleh anda adalah nama-nama besar seperti Mark Zuckerberg, Jack Ma, Jeff Bezos, Bill Gates, atau CEO perusahaan besar yang lainnya. Tapi sebenarnya, definisi CEO itu apa sih? Nah, mari kita cari jawabannya dalam artikel berikut ini.

Arti dan Pengertian CEO

CEO adalah singkatan dari Chief Executive Officer. Dalam bahasa Indonesia arti CEO ini adalah Pejabat Eksekutif Tertinggi atau seperti Direktur Utama. Jadi bisa dibilang, CEO ini adalah jabatan paling tinggi dalam sebuah perusahaan dengan wewenang paling banyak serta tanggung jawab paling berat.

Lalu apakah posisi CEO sama dengan bos utama dalam perusahaan? Bisa dibilang iya, namun bukan berarti seorang CEO bisa mengambil keputusan sesuka hati untuk perusahaannya. Selain karena tanggung jawab dan harus memikirkan masa depan perusahaan, sebenarnya tiap perusahaan memiliki banyak posisi yang bisa dianggap sebagai bos utama.

Misalnya untuk posisi CEO ini, ia harus tetap mendengar dan mematuhi perintah dari pemegang saham mayoritas. Selain itu, beberapa perusahaan juga memiliki posisi Presiden Direktur dan Chairman yang jabatannya lebih tinggi dari CEO.

Selain itu tentunya dalam setiap perusahaan, bos utama yang wajib dipatuhi setiap keinginannya adalah konsumen. Namun CEO ini punya hak untuk mewujudkan keinginan tersebut atau tidak.

Tanggung Jawab dan Tugas CEO Perusahaan

Tanggung Jawab dan Tugas CEO Perusahaan
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, seorang CEO punya tugas dan tanggung jawab yang sangat berat. Sebab mereka akan menjadi penentu apakah semakin sukses atau semakin buruknya kinerja perusahaan. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah tanggung jawab dan tugas CEO dalam perusahaan.

Tugas CEO dalam Perusahaan

  • Membuat perencanaan budget dan keuangan serta pemasaran untuk perusahaan
  • Membuat analisis terhadap setiap funsional dalam perusahaan yang ia pimpin
  • Menyusun perencanaan strategi bisnis yang mengacu pada visi dan misi dari perusahaan
  • Mengelola dan menempatkan tiap sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan agar semuanya berada dalam posisi yang tepat sesuai kapabilitas
  • Mengatur perusahaan sebaik mungkin agar dapat mencapai target penjualan dengan pengeluaran biaya sekecil mungkin
  • Menjaga keutuhan dan keunggulan perusahaan
  • Melakukan analisis terhadap semua permasalahaan yang ada di dalam lingkungan perusahaan, termasuk permasalahan internal diantara tim dalam divisi apapun

Tanggung Jawab CEO dalam Perusahaan

  • Memimpin perusahaan sebaik mungkin
  • Menjalankan dan mengikuti kebijakan serta aturan yang sudah berlaku sejak CEO sebelumnya selama aturan tersebut masih relevan
  • Menyetujui anggaran tahunan perusahaan sesuai perencanaan yang telah ditentukan
  • Membuat laporan kepada pemegang saham dan mempertanggung jawabkannya
  • Melakukan pelatihan atau mentoring terhadap semua karyawan serta menjadi contoh yang patut ditiru
  • Memberikan energy positif kepada seluruh karyawan

Jadi selain punya banyak hak dan wewenang, ternyata tanggung jawab dan tugas CEO juga tidak kalah banyak. Bahkan dalam sebuah perusahaan, justru CEO lah yang memegang tanggung jawab paling berat baik untuk semua karyawannya maupun untuk para pemegang saham.

Siapa Yang Layak Menjadi Seorang CEO dalam Perusahaan?

Siapa Yang Layak Menjadi Seorang CEO dalam Perusahaan?
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Mengingat banyaknya tugas dan tanggung jawab seorang CEO, tentunya perusahaan dan pemegang saham harus menentukan dengan serius siapa yang layak untuk menjadi CEO berdasarkan kemampuan masing-masing. Umumnya CEO ini juga dipilih secara langsung oleh pemegang saham atau Presiden Direktur perusahaan dan bukan melalui voting.

Tetapi bicara soal mampu atau tidaknya seseorang menjadi CEO, pastinya semua orang akan menganggap mereka semua tidak layak dalam mengemban tugas dan jabatan ini. Namun yang paling penting, seorang kandidat CEO harus dibekali dengan skill serta kemampuan berikut ini.

1. Founder dan Pendiri Perusahaan

Seperti yang Anda tahu bahwa para pendiri perusahaan adalah kandidat utama untuk menjadi seorang CEO. Mereka ini adalah orang yang memang lebih awal memahami konsep bisnis dari perusahaan dan orang yang paling senior dalam perusahaan.

Dan jika pendiri perusahaan tidak lagi menjadi seorang CEO, mereka memiliki hak yang besar dalam memilih kandidat CEO selanjutnya, dan juga memiliki hak untuk menyampaikan suara untuk perkembangan perusahaan.

2. Mampu Membangun Energi Positif Untuk Semua Timnya

Salah satu tugas CEO adalah membuat suasana kantor tetap positif dan ceria agar karyawannya bisa produktif dengan kerjaannya. Namun hal ini bukanlah pekerjaan yang mudah. Karena pastinya tiap orang punya karakteristik yang berbeda-beda dalam membangun suasana.

Oleh karena itu, CEO harus bisa menjaga suasana tersebut agar tetap positif. Misalnya dengan memberi hiburan berupa video games atau board games di kantor. Atau contoh lainnya dengan menjadwalkan outing dengan pemilihan waktu yang tepat.

3. Mampu Membangun Hubungan Yang Solid Antara Karyawan

Para karyawan tidak akan bisa membangun hubungan yang baik selama CEO-nya tidak menjadi contoh. Oleh karena itu, kemampuan yang wajib dimiliki kandidat CEO yang berikutnya adalah mampu memberikan contoh dalam membangun hubungan yang solid dengan tim maupun dengan karyawan yang lain.

Umumnya seorang CEO harus bisa membaur dimanapun ia berada. Baik itu ketika sedang berkumpul dengan jajaran direksi, maupun dengan para karyawan dan timnya.

Artinya secara tidak langsung, seorang CEO juga harus memiliki social skills yang baik dan paham bagaimana cara berkomunikasi berdasarkan siapa lawan bicaranya.

4. Dapat Mengatur Keuangan dan Memiliki Daya Analisa Yang Baik

Meskipun mengatur keuangan bukan tugas CEO sepenuhnya, namun ia harus tetap paham bagaimana cara mengatur keuangan yang baik. Sebab jika hanya asal menandatangani perencanaan keuangan yang diberikan tanpa adanya analisa, maka bisa saja hasilnya tidak sesuai dengan apa yang diinginkan.

Selain itu, seorang CEO juga wajib memiliki daya analisa yang baik terhadap suatu trend, pasar, maupun gaya hidup masyarakat yang berhubungan dengan perusahaannya. Tidak jarang CEO harus turun langsung ke lapangan untuk menganalisa target pasar.

5. Mampu Mendahulukan Kepentingan Bersama Daripada Kepentingan Pribadi

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, tim dan karyawan yang bekerja di perusahaan adalah salah satu tanggung jawab CEO. Sehingga tiap keputusan yang ia ambil sedikit banyak akan mempengaruhi masa depan mereka.

Oleh karena itu, seorang kandidat CEO wajib bisa mendahulukan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi.

6. Memiliki Prestasi Untuk Perusahaan

Selanjutnya adalah orang yang memiliki prestasi untuk perusahaan. Jika Anda tahu banyak perusahaan besar di dunia saat ini telah mengangkat karyawan yang memiliki prestasi yang besar untuk perusahaan menjadi CEO.

Misalnya Google yang mengangkat karyawannya Sundar Pichai sebagai CEO Google. Sundar Pichai adalah orang dibalik keberhasilan Google Chrome, Google OS, Google Maps, Gmail, dan Google Drive. Ada lagi Setya Nadella yang dipercaya Bill Gates untuk menjadi CEO Microsoft. Setya Nadella ini adalah orang dibalik keberhasilan Microsoft di bisnis Cloud dan Azure.

Karyawan yang berprestasi besar sudah membuktikan kinerjanya untuk membersarkan perusahaan, baik dalam hal inovasi, pendapatan, laba, pengguna, dan sebagainya.

7. Memiliki Networking Yang Luas

Untuk point yang terakhir ini mungkin hanya optional. Namun bila ada kandidat CEO yang punya networking bisnis yang luas dan kemampuan dari point-point sebelumnya, sudah pasti ia lebih layak untuk diberi jabatan ini.

Sebab bila seorang CEO punya networking bisnis yang luas, peluang untuk melakukan kerja sama dengan perusahaan dan brand lain akan lebih mudah. Tentunya hal ini bisa menguntungkan untuk perusahaan.

Itulah penjelasan mengenai pengertian dan tugas seorang CEO serta siapa orang yang layak untuk menjadi CEO dalam perusahaan. Jadi posisi CEO yang sering kali kita anggap enak dan bisa menghasilkan banyak uang, ternyata memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat berat.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *