10 Persiapan Sebelum Anda Membangun Blog yang Sukses

0
10 Persiapan Sebelum Anda Membangun Blog yang Sukses
10 Persiapan Sebelum Anda Membangun Blog yang Sukses

Persiapan Sebelum Anda Membangun Blog yang Sukses – Menjadi seorang blogger saat ini bukanlah pekerjaan sampingan yang hanya menyalurkan hobi menulis diwaktu luang saja, namun telah berevolusi menjadi sebuah bisnis kekinian, khiususnya untuk kaum milenial. Sudah banyak seseorang yang berprofesi menjadi full blogger yang menghasilkan pundi-pundi rupiah dan dolar hasil dari karya tulisannya. Bahkan penghasilan mereka pun tak kalah dari seorang karyawan kantoran. Kesuksesan blogger tersebut seiring dengan semakin populernya blog mereka, apalagi jika trafik pengunjung blog nya sudah tinggi, maka penghasilan mereka pun akan semakin meningkat.

Namun bagi blogger pemula, untuk dapat menghasilkan uang dari blog membutuhkan waktu yang tak sedikit. Blogger pemula harus sabar dan giat untuk membesarkan nama blog-nya agar semakin populer dan punya pengunjung yang banyak.

Sedikit tips untuk blogger pemula yang baru ingin membangun blog yang sukses, jangan dulu memikirkan tentang cara mendapat penghasilan dari internet, karena itu akan mengikis semangat Anda untuk ngeblog. Pikirkan dulu bagaimana cara blog Anda bisa berkembang, sukses, dan populer, baru bicara penghasilan.

Nah untuk membangun blog dari nol, ada dua metode yakni memilih CMS gratis seperti blogger.com atau memilih wordpress self-hosted yang membutuhkan biaya. Jika Anda memilih blogger.com, Anda langsung bisa menulis artikel saja, namun jika memilih self-hosted, maka Anda akan menjadi seorang developers web yang sebenarnya.

Namun sebelum memulai untuk membuat blog, ada persiapan yang harus Anda ketahui. Apa saja? Nah berikut ini adalah tips dan cara persiapan sebelum Anda membangun blog yang sukses.

 

10 Persiapan Sebelum Anda Membangun Blog yang Sukses

 

1. Tentukan niche atau pembahasan

Sebelum Anda membangun blog yang sukses, Anda harus menentukan niche apa yang akan dibahas di blog Anda nantinya. Penentuan Niche bukan berdasarkan ikut-kutan blog yang telah sukses tapi berdasarkan minat dan hobi Anda sendiri.

Jika Anda memutuskan untuk ikut-ikutan niche blog lain, maka bersiap-siaplah untuk bekerja dengan keras. Karena Anda akan melawan blog raksasa yang sudah lebih dulu populer dan punya reputasi yang bagus. Maka dari itu, carilah pembahasan yang minim persaingannya, namun jangan bersebelahan dengan keahlian dan hobi Anda.

Lalu pembahasan apa yang bagus? Saya sarankan pembahasannya yang abadi, dalam artian kontennya tidak mudah basi. Apalagi jika Anda menulis blog hanya untuk mengisi waktu luang saja.

Kalo Anda memilih untuk membangun web berita atau news, maka logikanya Anda harus mengupdate blog setiap saat, atau Anda harus menjadi full blogger.

2. Tentukan target visitor

Setelah menentukan pembahasan, selanjutnya tentukan target pengunjung. Maksud dari penentuan pengunjung adalah menentukan bahasa apa yang ada di blog Anda.

Jika Anda memutuskan untuk menargetkan pengunjung Indonesia, maka seharusnya Anda membuat artikel dengan bahasa Indonesia. Begitupun sebaliknya, jika Anda menargetkan pengunjung luar negeri, maka ada baiknya bahasa di artikel Anda nantinya adalah bahasa Inggris.

3. Siapkan domain yang mudah diingat

Setelah menentukan target visitor, yang harus Anda persiapkan selanjutnya adalah memilih nama domain untuk situs Anda nantinya. Domain adalah nama unik untuk mengidentifikasi alamat IP di Internet. Contoh domain TLD adalah www.sepositif.com.

Pemilihan nama domain meliputi beberapa kriteria. Antara lain:

  • Mudah diingat dan dibaca
  • Nama harus berkaitan dengan pembahasan situs Anda nantinya
  • Nama yang punya branding yang tinggi

Ketika memilih nama domain, Anda juga harus mengerti tentang macam-macam dan fungsi ektensi dari domain. Contoh ekstensi domain adalah .com .net .id .co.id dan lain-lain.

4. Memilih hosting yang punya reputasi yang bagus

Hosting adalah media penyewaan tempat untuk menampung data-data website Anda agar bisa diakses di Internet. Hosting akan menyimpan semua data mulai dari gambar, tulisan, file, video, script, dan lain-lain.

Hosting diperlukan jika Anda ingin membangun blog self-hosted. Jika Anda memilih CMS gratisan seperti blogger.com, maka hosting tidak diperlukan. Karena data blog Anda akan tersimpan di akun Google Anda.

Namun seorang blogger profesional tidak menyukai web hosting gratisan, mereka rela mengeluarkan biaya untuk hosting supaya website mereka terlihat lebih profesional dan terpercaya.

Banyak yang bertanya bagaimana memilih penyedia web hosting? Ada baiknya kita harus cermat memilih web hosting, karena jika kualitas penyedia web hostingnya tidak baik, maka akan sangat berdampak untuk website kita. Misalnya saja website jadi lambat diakses, server yang mudah down, dan masalah lainnya.

Salah satu web hosting Indonesia adalah Hostinger. Penyedia layanan hosting yang satu ini menawarkan paket hosting yang berkualitas namun bersahabat dikantong alias murah. Untuk lebih lengkapnya kunjungi link berikut: www.hostinger.co.id/web-hosting

Hostinger Web Hosting

Dengan modal berkisar Rp 20-80 ribu perbulan Anda sudah bisa mempunyai hosting berkualitas untuk menyimpan semua data blog Anda nantinya. Tentunya kebutuhan spek dari web hosting bisa di upgrade dengan mudah sesuai dengan perkembangan blog Anda.

5. Memilih template yang friendly

Persiapan untuk membangun blog yang sukses selanjutnya adalah memilih template Blog Anda. Theme bagaikan baju pada website, theme juga menjadi salah satu kunci keberhasilan blog Anda nantinya.

Pilihlah template yang sesuai dengan selera Anda. Namun jangan juga memilih theme yang asal-asalan dan terlalu sederhana bahkan versi yang gratisan.

Banyak blogger sukses atau pemilik website sangat memperhatikan tampilan webiste-nya. Karena hal itu akan menjadi penilaian tentang seberapa profesional-nya web mereka.

Berikut ini adalah beberapa pertimbangan Anda untuk menentukan template blog.

  • Mudah di custom
  • Memiliki navigasi yang jelas dan mudah digunakan
  • Tidak membingungkan
  • Tampilan yang sederhana namun tetap elegan
  • Support mobile device

6. Mencari referensi tentang konfig web dan cara optimasinya

Untuk membagun blog yang sukses, apalagi blog self hested, tentunya Anda harus paham tentang konfigurasi membuat website. Tidak harus pusing-pusing harus memulainya dari mana untuk menjadi seorang yang pro, karena mengetahui konfig dasar pun ternyata kita sudah bisa membangun sebuah website yang berkualitas.

Beberapa konfig dasar yang harus Anda ketahui untuk membangun blog atau website adalah:

  • Install Cpanel
  • Install Webserver
  • Instal Mysql
  • Instal Php
  • Instal WordPress.
  • Selesai

Konfig dasar diatas hanyalah langkah cepat membuat website. Blog Anda masih terlalu lemah dan sensitif. Maka dari itu, jika Anda punya waktu luang yang banyak, ada baiknya Anda harus belajar tentang cara mengoptimasi website agar performanya semakin maksimal.

7. Memahami SEO (Search Engine Optimization)

Ketika Anda nantinya menulis artikel, pastinya Anda tidak mau kan artikel Anda tidak ada yang membacanya. Nah disinilah fungsi dari SEO. definis SEO adalah sebuah metode untuk meningkatkan peringkat situs di mesin pencari.

Google sebagai mesin pencari terbesar di dunia saat ini mempunyai algoritma untuk mengurutkan situs dalam hasil pencariannya. Karena tak terhitung lagi berapa banyak jelasnya situs web yang ada saat ini, hadirnya algoritma Google sangat penting agar user bisa mendapatkan informasi sesuai dengan apa yang mereka cari.

Inti dari metode SEO adalah ketika user mengetikkan keyword di Google, maka artikel Anda yang menjadi peringkat pertama. Menurut sebuah penelitian, artikel yang berada di page pertama 90% akan dikunjungi oleh para pencari informasi atau disebut juga dengan visitor.

Logikanya ketika Anda mencari informasi di Google, tak mungkin kan Anda mencarinya dari halaman terakhir Google, kemungkinan besar Anda pasti mengunjungi situs yang ada pada halaman pertama Google.

Agar artikel Anda banyak yang membacanya dan kebanjiran visitor, Anda harus memahami metode SEO. Sudah banyak sekali tutorial di Google tentang cara SEO yang baik.

8. Buat branding blog Anda

Jangan main-main dengan kekuatan branding. Menurut sebuah penelitian, brand menjadi salah satu faktor pendukung bisnis yang sukses.

Salah satu bukti kekuatan brand adalah ketika kita mendengar sebuah nama brand maka kita langsung tahu tentang kualitas produk tersebut. Contohnya saja Apple dengan logo apel digigit. Melihat logonya saja kita sudah tahu bahwa produk tersebut adalah barang yang berkulitas dan mahal :D.

Maka dari itu buatlah sebuah image bahwa blog Anda dikelola secara profesional dan memberikan informasi yang berkualitas. Hal ini akan membantu visitor lebih cepat untuk mengingat brand Anda.

9. Persiapkan segala sesuatu yang akan mendukung blog Anda

Persiapan membangun blog yang sukses terakhir adalah mempersiapkan segala sesuatu untuk mendukung blog Anda nantinya. Hal ini untuk menunjang kekuatan branding blog Anda sekaligus media promosi artikel Anda. Misalnya membuat akun fanspage dan akun resmi media sosial blog Anda.

10. Mulailah menulis

Bagi kebanyakan seorang blogger menganggap bahwa artikel adalah raja. Sia-sia rasanya jika desain blog Anda sudah bagus, branding nya sudah kuat, namun Anda jarang sekali mengupdate artikel.

Jika segala sesuatu sudah siap, maka mulailah menulis. Kesuksesan blog Anda tergantung seberapa banyak artikel yang berhasil di publish.

Percaya deh, hasil tidak akan menghianati proses. Jika Anda rajin membuat artikel, maka cepat atau lambat blog Anda akan populer dan semakin besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here