in

Psikologi Warna: Ternyata Warna Favorit Pakaianmu Bisa Menunjukkan Kepribadianmu Lho!

Psikologi Warna: Ternyata Warna Favorit Pakaianmu Bisa Menunjukkan Kepribadianmu Lho!

Dalam setiap hal yang kamu lakukan atau rasakan, selalu ada alasan psikologi yang mendasari hal tersebut. Bahkan untuk hal-hal sepele seperti pemilihan baju sesuai dengan warna favorit, atau perabot dan pernak-pernik yang semuanya memiliki warna senada.

Tanpa disadari, ternyata warna favorit juga bisa menunjukkan kepribadianmu lho. Bukan sekedar menyejukkan mata ketika dipandang, namun pilihan warna yang kamu sukai juga menyimpan makna tersendiri.

Lalu bagaimana kepribadianmu jika ditebak dari warna favorit ya? Yuk simak ulasan lengkapnya disini.

1. Biru

Psikologi Warna Biru
Sumber: HOLA!

Warna langit dan laut ini menggambarkan ketenangan dan ketentraman di dalamnya. Dimana mereka yang menyukai warna biru juga cenderung memiliki kepribadian tenang dan bisa diandalkan serta dipercaya dalam berbagai hal.

Seperti halnya laut, kamu tampak begitu kuat dan tegar jika dilihat secara kasat mata. Tetapi hatimu sangat rapuh, bahkan terkadang emosimu tak stabil. Untuk mengembalikan suasana hati yang sering kacau, kamu sering mencari harmoni dan kedamaian dari lingkungan.

Orang-orang di sekelilingmu pun sangat menyadari jika kamu memiliki kepedulian dan rasa ingin berbagi yang begitu tinggi.

2. Hijau

Psikologi Warna Hijau
Sumber: Hello! Megezine

Apa sih yang kamu rasakan ketika melihat pemandangan alam yang masih hijau dan asri? Menenangkan dan mempeson. Ya, seperti itu pula kepribadian yang tergambarkan oleh para penyuka warna hijau.

Warna yang identik dengan alam ini menggambarkan kepribadian yang konsisten, praktis dan setia. Emosi dalam jiwanya pun terlihat lebih stabil dan seimbang, sehingga membuat siapa saja yang dekat denganmu akan merasa nyaman.

Kepribadian yang murah hati juga selalu berhasil membuat orang lain mengagumimu dan tertarik dengan kamu karena sifat ini. Tanpa harus banyak bertingkah, akan ada banyak orang yang menyukai kepribadian ini.

3. Merah

Psikologi Warna Merah
Sumber: Fashionista

Terlihat begitu cerah dan kuat, kira-kira seperti itulah gambaran dari warna merah. Kepribadian yang terlihat dari seseorang yang menyukai warna merah pun tidak jauh berbeda dengan ini.

Mereka merupakan tipe orang yang penuh energi dan selalu ingin terlihat menonjol di lingkungannya. Mayoritas mereka adalah petualang sejati dan sangat menyukai tantangan. Spontanitas dalam berbagai hal yang disukai pun sangat tinggi.

Dalam sebuah kompetisi, penyuka warna merah termasuk tipe yang sangat ambisius. Jadi ketika mengenal seseorang yang memfavoritkan warna merah, atau bahkan kamu sendiri adalah penyuka warna merah, pastinya kamu tidak akan mudah menyerah dalam segala hal termasuk dalam sebuah persaingan.

4. Putih

Psikologi Warna Putih
Sumber: Harper’s Bazaar

Jika kamu termasuk penyuka warna netral ini, berarti kamu adalah orang yang tidak mau repot, simple tetapi perfeksionis. Kamu selalu optimis dalam menjalani hidup dan memiliki pandangan ke depan yang positif.

Orang-orang di sekitarmu juga akan merasakan aura positif yang kamu tebarkan secara alami di setiap waktu. Bahkan tak sedikit orang yang akan merasa sangat bahagia ketika berdekatan denganmu, yaitu karena feel positif yang kamu bawa.

Meski begitu, seseorang yang menyukai warna putih terkadang lebih suka menyendiri dan enggan untuk keluar dari zona nyaman. Mereka cenderung lebih suka bermain aman dan sangat memperhatikan segala hal secara jeli.

5. Hitam

Psikologi Warna Hitam
Sumber: Fashionista

Warna dark ini menggambarkan kepribadian yang penuh tekad dan pantang menyerah. Ketika kamu memiliki sebuah keinginan, kamu akan akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan apa yang kamu mau. Hal ini juga didorong dengan gengsi yang cukup besar dari penyuka warna hitam.

Karismamu yang terlalu tajam sering kali membuat orang di sekitar merasa terintimidasi, meski dalam hati mereka juga mengagumimu. Jika tidak dikelola dengan baik, kepribadian ini tentu akan sangat buruk akibatnya bagi dirimu sendiri maupun orang-orang di sekitar.

Sebab, disini terkadang kamu juga bersikap keras kepala dan suka menuntut. Jadi tak heran jika penyuka warna hitam harus memiliki partner yang mampu mengontrol kepribadiannya.

6. Kuning

Psikologi Warna Kuning
Sumber: Fashionista

Selanjutnya ada warna kuning yang menunjukkan rasa ingin tahu yang besar dan senang terhadap hal-hal baru. Kebahagiaan dan kepuasan batin pun selalu kamu cari dengan caramu sendiri.

Seperti aura warnanya, orang yang menyukai warna kuning juga selalu terlihat ceria. Ia pandai menghibur orang lain, meski di sisi lain dirinya sedang dalam keadaan kacau. Biasanya penyuka warna kuning juga termasuk orang yang memiliki fokus tinggi dan cerdas.

Tapi ternyata banyak juga yang tertipu, karena di balik senyum ceriamu ternyata tersembunyi kekecewaan dan amarah yang masih kamu pendam.

7. Coklat

Psikologi Warna Coklat
Sumber: Fashionista

Dengan grade warna yang sangat beragam, warna coklat menggambarkan kepribadian yang santai, kalem dan bersahaja. Kamu selalu mencari kenyamanan dan kestabilan.

Kesetiaan, rendah hati, dan kesederhanaan juga terlihat begitu jelas dalam dirimu. Tentunya mereka yang dekat denganmu akan bisa merasakan hal ini, dan membuat mereka nyaman denganmu.

Sikap hangatmu juga sering kali terlihat ketika kamu mau bersusah payah untuk orang lain. Namun sama seperti penyuka warna kuning, mereka yang menyukai warna coklat juga terkadang menyimpan kekecewaan mendalam di hatinya.

Baca Juga: Hati-Hati Jadi Korban Kekerasan Emosional dalam Hubungan, Simak 7 Tandanya

8. Ungu

Psikologi Warna Ungu
Sumber: The Shonet

Kamu penyuka warna ungu? Itu berarti kamu memiliki naluri yang tajam dan sangat peka. Spiritualitas cenderung menjadi prioritas kamu dalam menjalani hari-hari, termasuk mencari arti hidup secara mendalam.

Kepribadianmu yang penuh kasih sayang dan aktif juga menggambarkan jika jiwamu sangat bebas. Kamu tertarik untuk menganalisis hal-hal kecil di sekitarmu dan senang mengamati detail dari setiap hal.

Seseorang yang menyukai warna ungu juga cenderung mudah membaca orang lain dan cukup visioner.

9. Pink

Psikologi Warna Pink
Sumber: Fashionista

Meski masih satu grade dengan merah, ternyata makna yang bisa tergambarkan dari dua warna ini jauh berbeda. Jika pink adalah warna favoritmu, maka bisa disimpulkan jika kamu memiliki kepribadian yang hangat, peka dan penyayang.

Prinsip hidupmu lebih condong pada ‘memberi’ dibanding ‘menerima’. Sehingga ketika berhubungan dengan seseorang, kamu tidak akan banyak menuntut dan berharap lebih.

Sayangnya, kamu juga memiliki standar yang sangat tinggi. Jadi untuk menemukan seseorang atau suatu hal yang sesuai ekspetasimu akan cukup sulit. Tapi tenang, karena kamu juga termasuk orang yang pandai membaca situasi, sehingga hanya akan menaruh ekspetasi pada sesuatu yang dianggap memungkinkan.

Itu dia beberapa makna yang tersirat dari warna-warna favoritmu. Jadi kamu bisa belajar melihat kepribadian seseorang dari warna favoritnya.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *