6 Rahasia China Mendidik Atlet Hingga Jadi Juara Dunia, Patut dicontoh!

0
Rahasia China Mendidik Atlet Hingga Jadi Juara Dunia
Rahasia China Mendidik Atlet Hingga Jadi Juara Dunia

Rahasia China Mendidik Atlet Hingga Jadi Juara Dunia – Melihat China mendominasi perolehan medali adalah pemandangan umum pada setiap kejuaraan olahraga dunia seperti di Olimpiade dan Asian Games. China tidak main-main untuk mempersiapkan atletnya sejak usia dini hingga menjadi seorang juara dunia.

Menurut data ketika artikel ini ditulis, dalam 5 gelaran olimpiade terakhir, negeri tirai bambu ini total memperoleh 379 medali dan 175 di antaranya adalah emas. Sedangkan pada Asian Games, China berhasil menjadi juara umum sebanyak 10 kali secara beruntun dari 1982 hingga 2018.

Namun tahukan Kamu bahwa keberhasilan Tiongkok pada pentas olahraga dunia tidak terjadi “kemarin sore”. Butuh proses yang panjang untuk membuat atlet-atlet mereka berprestasi dikancah dunia internasional.

Selain itu adanya dukungan pemerintah untuk menjamin kebutuhan atlet dari segi fasilitas, sarana dan prasaran, hingga jaminan hidup juga sangat membantu membentuk mental juara atlet-atlet negara tirai bambu tersebut.

Lalu apa sih rahasia Atlet China sukses saat kejuaraan olahraga dunia? Berikut adalah 6 Rahasia China Mendidik Atlet Hingga Jadi Juara Dunia.

 

Rahasia China Mendidik Atlet Hingga Jadi Juara Dunia

 

1. Mencari bibit muda untuk di didik

China mencari bibit muda untuk di didik sebagai atlet
China mencari bibit muda untuk di didik sebagai atlet

Bicara tentang olahraga berarti bicara tentang atletnya. Pemerintah ChIna sadar bahwa aset terbesarnya untuk mendominasi kejuaraan olahraga dunia ialah para atlet yang punya skill yang tinggi.

Untuk itulah pemerintah tiongkok mencari bibit-bibit muda yang berpotensi untuk menjadi juara dunia.

Selain untuk meregenerasi atlet mereka, atlet-atlet muda ini nantinya akan ditempa sesuai keahlian mereka agar mental juara mereka telah tumbuh sejak usia dini.

2. Adanya sekolah khusus para atlet

Adanya sekolah khusus para atlet di china
Adanya sekolah khusus para atlet di china

Rahasia China mendidik atlet hingga jadi juara dunia selanjutnya adalah menjamurnya sekolah khusus atlet. Sepertinya pemerintah China sangat mendukung masyarakatnya untuk mengenal olahraga dari usia yang sangat muda.

Di China, tidak sulit rasanya untuk menemukan sekolah khusus olahraga. Anak-anak yang tidak berminat dalam bidang akademik diperbolehkan untuk mengalihkan passion mereka ke bidang lain seperti olahraga.

Ada banyak sekali sekolah olahraga di Cina. Hampir 5000 sekolah olahraga yang memberikan pelatihan berkualitas kepada para atlet muda dan mendorong mereka untuk membawa kemenangan bagi bangsa dan negara.

3. Dukungan fasilitas olahraga yang sangat memadai

fasilitas olahraga di china
fasilitas olahraga di china

China tidak main-main soal fasilitas olahraganya. Termasuk untuk anggaran pembangunan sarana dan prasaran yang menunjang aktivitas atlet mereka.

Pembangunan fasilitas olahraga di China juga sangat merata di setiap kota, dan tidak hanya untuk kota-kota besar saja.

Contohnya saat mereka didapuk menjadi tuan rumah di kejuaraan olahraga dunia seperti Olimpiade dan Asian Games.

Saat menjadi tuan rumah, Beijing sebagai ibukota tidak selalu menjadi pilihan utama. Mereka memberikan kesempatan bagi kota-kota lain untuk maju sebagai tuan rumah kejuaraan dunia.

Seperti di Olimpiade 2008 Beijing, Asian games 2010 di Guangzhou, dan Asian Games 2022 nanti di Hangzhou.

Hal ini mungkin dilakukan untuk pemerataan pembangunan fasilitas olahraga yang ada di negara mereka.

Lanjutkan membaca pada halaman berikutnya >

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here