13 Rekomendasi Pantai Terindah di Yogyakarta yang Memiliki Panorama Unik

pantai terindah di jogja

Indonesia merupakan negara yang terkenal akan pulaunya yang sangat banyak serta pantainya yang indah. Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata pantai yang sangat menarik perhatian para wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satu daerah di Indonesia, yaitu Yogyakarta juga memiliki pantai yang menarik. Apa saja pantai terindah di Yogyakarta?

Para wisatawan mungkin lebih mengenal Yogyakarta sebagai daerah yang memiliki banyak sejarah dan wisata budayanya. Tapi, nyatanya juga banyak tempat wisata berupa pantai yang tidak kalah menarik dengan daerah lain. Langsung saja kita bahas pantai terindah di Yogyakarta.

1. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis
Instagram/hey.riaps

Salah satu tempat wisata pantai yang paling terkenal di daerah Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Siapa yang tidak tahu pantai ini? Hampir semua orang mungkin tahu tempat ini. Banyak orang yang memberi julukan Pantai Parangtritis sebagai Pantai Kuta-nya Yogyakarta.

Itu karena pemandangan pada pantai ini sangat menarik, unik dan tidak ada pada objek wisata lain. Ciri khas pantai ini adalah memiliki gunung pasir atau yang sering disebut dengan gumuk. Letak pantai ini juga tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta.

Sebenarnya, di pantai ini terdapat objek wisata candi dan air terjun. Namun, karena lokasinya yang cukup tersembunyi, banyak orang yang tidak mengetahui bahwa terdapat objek wisata tersebut di Pantai Parangtritis.

2. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti
Instagram/jogjaku

Pantai Indrayanti adalah salah satu tempat wisata pantai di Yogyakarta yang cukup bersih dibandingkan dengan pantai lainnya. Pantai ini berada pada kabupaten Gunung Kidul.

Pantai ini mampu membuat Anda mencuci mata dengan keindahan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Pantai Indrayanti ini memiliki nama lain yaitu Pantai Pulang Sawal. Pantai ini memiliki nuansa modern dengan hamparan pasir putih yang membentang.

Pantai Indrayanti ini letaknya satu kawasan dengan Pantai Sundak. Di sepanjang pantai, terdapat restoran yang menyediakan berbagai hidangan laut. Selain itu, fasilitas di pantai ini cukup lengkap. Anda bisa menyewa jet sky untuk menikmati indahnya pantai yang satu ini.

3. Pantai Nguluran

Pantai Nguluran
Instagram/inggritheresia

Pantai Nguluran termasuk salah satu pantai terindah di Yogyakarta. Pada pantai ini, Anda akan bisa melihat keindahan pantai dari atas tebing. Ketika Anda mengunjungi pantai ini, Anda berasa seperti di Uluwatu, Bali. Di pantai ini terdapat teras kaca. Anda bisa berdiri di atas teras kaca tersebut sambil melihat indahnya laut tepat di bawah Anda.

Dengan adanya teras tersebut, Anda bisa berlatih uji nyali. Anda bisa membayangkan bagaimana rasanya berdiri di atas kaca yang di bawahnya terdapat laut. Banyak orang yang memposting foto saat berada di teras kaca tersebut.

Hal inilah yang membuat Pantai Nguluran menjadi terkenal. Selain itu, ada juga kursi dengan ukuran berukuran sangat besar. Anda juga bisa befoto dengan becak raksasa yang merupakan ciri khas dari panta ini.

4. Pantai Glagah

Pantai Glagah
Instagram/elsaatnia_

Pantai yang menakjubkan selajutnya adalah Pantai Glagah. Pantai ini cukup terkenal di kalangan wisatawan yang tertarik dengan dunia pantai. Pada pantai ini, terdapat laguna yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot foto.

Laguna tersebut membagi pantai menjadi dua area. Laguna ini terletak pada barat dermaga wisata. Di pantai ini, Anda juga bisa menyewa kano atau bahkan motocross untuk menyusuri tepian pantai.

Itulah karakteristik dan keunikan dari Pantai Glagah yang membuat pantai ini berbeda dengan pantai lain. Selain itu, pada pinggiran pantai terdapat agrowisata buah naga yang membuat suasana di pantai ini semakin menarik.

5. Pantai Krakal

Pantai Krakal

Pantai Krakal merupakan pantai yang memiliki garis pantai terpanjang di kabupaten Gunung kidul. Pantai ini memiliki pemandangan yang amat indah dengan hamparan pasir putih pantai. Terkadang, Anda akan menjumpai indahnya ikan hias yang muncul ke permukaan laut.

Lanskap pada pantai ini cukup landai dan terdapat batu karang yang terlihat seperti jalan setapak. Hal itu membuat pemandangan pada pantai ini semakin menarik dan menggambarkan ciri khas Pantai Krakal.

Anda juga bisa menyaksikan indahnya sunset melalui pantai yang satu ini. Tentunya, bermain di pantai ini sangat seru. Selain itu, Anda juga dapat melihat keindahan matahari terbit di pantai ini.

6. Pantai Baron

Instagram/dekasetyandri

Pantai Baron terletak pada kabupaten Gunungkidul, tepatnya pada desa Kemandangan, kecamatan Tanjungsari. Lama perjalanan dari pusat kota Yogyakarta untuk menuju pantai ini kurang lebih 1-2 jam. Anda bisa melalui rute Piyungan ataupun rute Imogiri.

Pantai Baron memiliki bentuk yang cukup unik, yaitu menyerupai teluk. Pada pantai ini pasirnya hampir sama dengan Pantai Parangtritis, yaitu pasir coklat. Anda juga bisa menjumpai dua jenis air, yaitu air tawar dan air asin.

Itu karena terdapat sungai yang langsung mengarah ke pantai tersebut. Aliran tersebut pun akan berubah arah setiap 5 tahun sekali. Pantai Baron memiliki ombak yang cukup besar sehingga Anda perlu berhati-hati jika ingin berenang di sana.

7. Pantai Samas

Pantai Samas
alodiatour.com

Pantai Samas merupakan pantai yang cukup populer di kalangan remaja. Pemandangan alam di pantai ini sangat menarik. Letak lokasi ini tidak jauh dari pusat kota, yaitu sekitar 35 kilometer, tepatnya di desa Srigading, kec. Sanden, kab. Bantul.

Pantai yang memiliki pasir hitam ini terletak di sebelah barat Pantai Parangtritis. Pantai ini sangat terkenal karena banyak yang memposting foto pantai ini di akun instagram mereka. Anda juga bisa menjumpai penyu pada pantai ini.

Selain itu, Anda juga bisa melihat pemandangan dari atas mercusuar yang terdapat pada pantai ini. Anda bisa menikmati keindahan pantai Samas. Tetapi, Anda perlu berhati-hati saat menaiki mercusuar tersebut.

8. Pantai Depok

Pantai Depok
Instagram/michael_prass

Pantai terindah di Yogyakarta yang selanjutnya adalah Pantai Depok. Pantai ini cukup terkenal akan makanan lautnya yang enak. Banyak sekali warung makan yang menjual makanan laut di pantai tersebut. Sebaiknya, Anda mencoba makanan laut yang terdapat di sekitar pantai.

Pantai Depok terletak di kabupaten Bantul. Karena letaknya di daerah Bantul, maka pasir pantai ini berwarna coklat. Letak pantai ini ada di sebelah barat Pantai Parangtritis. Jadi, Anda bisa sekaligus mengunjungi Pantai Parangtritis dan Pantai Depok.

9. Pantai Kukup

Pantai Kukup

Pantai Kukup sangatlah cocok untuk berlibur, terutama liburan bersama keluarga. Pantai ini letaknya sangat dekat dengan Pantai Depok. Pemandangan pada pantai ini berbeda dengan pantai lainnya sehingga memiliki daya tarik tersendiri.

Wilayah pantai ini cukup luas dan terdapat banyak bukit di sekitar pantai tersebut. Selain itu, pesona pasir putih ini mampu memikat mata para wisatawan yang datang ke sini. Pada pantai ini juga terdapat banyak sekali biota laut dan ikan hias yang membuat pemandangan pantai semakin indah.

Pada saat air laut sedang surut, Anda dapat menjumpai terumbu karang, rumput laut, dan lain-lain. Pantai ini sering disebut dengan Tanah Lot nya Yogyakarta. Itu karena pada pantai ini terdapat gardu pandang yang berada pada pulau yang berbeda.

10. Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo
Instagram/gitasalsabila

Biasanya, pantai di Yogyakarta terkenal akan keindahan alamnya. Tetapi, Pantai Parangkusumo ini lebih terkenal karena kisah di baliknya. Pada saat-saat tertentu, masyarakat sekitar sering mengadakan ritual khusus di pantai ini.

Itu karena ritual tersebut merupakan adat istiadat yang telah dilakukan oleh nenek moyang dari waktu ke waktu. Hal itulah yang membuat pantai ini terlihat unik dibandingkan dengan pantai terindah lainnya di Yogyakarta.

Ritual ini biasanya diadakan pada tanggal 1 Suro ataupun hari Selasa dan Jumat Kliwon. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar sehingga Anda tidak diperbolehkan untuk mandi atau berenang di sana.

Anda juga bisa melakukan sandboarding pada gumuk pasir di sekitar pantai ini. Gumuk pasir ini sangat langka di Indonesia. Maka dari itu, apabila Anda berlibur ke pantai ini, sangat disarankan untuk mencoba sandboarding.

11. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran
Jogja.co

Popularitas Pantai Ngobaran juga tidak kalah dengan pantai terindah di Yogyakarta lainnya. Pantai ini mampu memadukan berbagai agama dan suku. Itu sebabnya nuansa pada pantai ini berbeda dengan pantai lainnya.

Di pantai ini, Anda bisa menjumpai beberapa prasasti peninggalan Hindu dan Budha. Itulah ciri khas dari Pantai Ngobaran yang tidak dijumpai pada pantai lainnya di Yogyakarta. Pantai ini terletak pada kabupaten Gunungkidul.

Selain karena nuansa keberagamaan agama yang kental, pasir putih pada pantai ini juga mampu memikat mata para pengunjung yang sedang bermain di pantai ini. Lokasi Pantai Ngobaran dengan pantai lainnya sangatlah dekat.

Anda hanya perlu berjalan kaki untuk dapat mengunjungi pantai lainnya. Harga tiket masuk untuk pantai ini sangatlah terjangkau, yaitu sekitar Rp5.000 untuk setiap orangnya.

12. Pantai Drini

Pantai Drini

Pantai Drini merupakan salah satu pantai terindah di Yogyakarta. Pantai ini cukup terkenal di kawasan Gunung kidul. Pesona alam dari pantai ini juga tidak kalah menarik dengan pantai lainnya. Letak Pantai Drini yaitu pada kecamatan Tanjungsari.

Pantai Drini sangat berdekatan dengan Pantai Krakal, Pantai Kukup, dan pantai lainnya. Salah satu keunggulan dari Pantai Drini adalah terdapat dataran tinggi yang dapat digunakan untuk melihat pemandangan laut.

Selain itu, terdapat pulau kecil di tengah laut yang menambah keindahan dari pantai tersebut. Anda juga bisa mengunjungi pulau tersebut karena letak pulau yang tidak terlalu jauh dari pantai. Di sini juga terdapat beberapa gazebo. Anda dapat melihat keindahan pantai hanya dari gazebo.

13. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan
Instagram/melisapracoyo

Pantai Sadranan merupakan pantai pasir putih yang memiliki panorama yang sangat indah. Pantai ini terletak pada desa Sidoharjo, kecamatan Tepus, kabupaten Gunung kidul. Untuk bisa mengunjungi pantai ini, Anda perlu perjuangan yang lebih.

Itu karena medan perjalanan menuju pantai ini tidak semudah pantai lain di daerah Yogyakarta. Di pantai ini, Anda bisa mencoba sonrkling dan melihat keindahan alam di bawah laut. Selain itu, pemandangan sunset ataupun sunrise pada pantai ini sangatlah menarik. Bagi Anda yang suka dengan dunia pantai, sangat disarankan Anda untuk mengunjungi pantai ini.

Nah, itulah 13 rekomendasi pantai terindah di Yogyakarta yang perlu Anda kunjungi. Masih ada banyak pantai yang menyajikan pemandangan menarik di Yogyakarta selain di atas. Apabila Anda hobi jalan-jalan, sangat disarankan untuk mengunjungi pantai-pantai di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here