in

Selalu Gak Pede? Ini 8 Tips Ampuh Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Pernahkah Anda merasa tidak percaya diri entah dalam hal apapun itu? Jika iya, mungkin itu akan sangat mengganggu terutama dalam menjalani kehidupan. Memiliki rasa percaya diri adalah hal yang sangat penting. Menjalani hidup akan lebih mudah jika mampu melewatinya dengan percaya diri.

Orang yang memiliki kepercayaan diri dapat menetapkan tujuan yang jelas dan cenderung maju dalam hidup. Selain itu, orang yang memiliki rasa percaya tinggi juga berani mencoba hal-hal baru dan berani mengambil resiko yang sudah diperhitungkan. Tentu ini cukup memberikan gambaran akan pentingnya percaya diri.

Sebaliknya, rasa tidak percaya diri akan membuat Anda menjadi orang yang pesimis. Ketika diri Anda sudah mulai pesimis maka Anda akan kehilangan semangat untuk meraih segala impian dalam hidup. Cara mengatasinya yakni dengan menjadikan diri Anda sebagai orang yang percaya diri. Berikut adalah beberapa tips agar percaya diri yang bisa Anda coba:

1.Jaga Tubuh Tetap Bugar

Images by pixabay

Sulit untuk membuat diri Anda merasa baik-baik saja jika Anda tidak menjaga pola hidup sehat. Kurang tidur, mengonsumsi makanan yang tidak sehat, dan tidak berolahraga akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Penelitian secara konsisten menunjukkan aktivitas fisik meningkatkan kepercayaan diri.

Dalam sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Neuropsychiatric Disease and Treatment menemukan bahwa melakukan aktivitas fisik secara teratur mampu meningkatkan citra tubuh peserta. Ketika citra tubuh mereka dalam keadaan baik, mereka akan merasa lebih percaya diri.

2.Jangan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Images by pixabay

Berhenti membandingkan kelebihan orang lain dengan kekurangan Anda. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Membandingkan diri Anda dengan orang lain hanya akan membuat Anda merasa insecure alias merasa tidak nyaman pada diri sendiri atau kurang percaya diri.

Cara terbaik agar tidak membandingkan diri dengan orang lain adalah memperbanyak rasa syukur. Bersyukurlah atas apa yang Anda miliki, ingatlah berbagai hal yang Anda miliki bukan apa yang tidak Anda miliki. Pikirkan betapa beruntungnya Anda memiliki apa yang Anda miliki saat ini termasuk orang-orang yang peduli dengan Anda.

3.Hindari Keraguan dalam Diri

Images by pixabay

Terkadang, ada sebagian orang yang menunda sesuatu hingga mereka sudah percaya diri. Tapi sampai kapan menunggu diri dapat merasa percaya diri? padahal cara terbaik untuk untuk mendapatkan kepercayaan diri adalah dengan melakukannya. Berlatihlah menghadapi beberapa keraguan yang berasal dari kurangnya kepercayaan diri.

Keraguan berasal dari menganalisa sesuatu secara berlebihan. Hal ini terjadi karena perasaan takut atau bisa jadi karena kurang percaya diri. Apapun alasannya, Anda harus segera mengatasinya agar dapat bergerak maju dengan hidup Anda. Salah satu caranya yakni dengan menantang keraguan itu sendiri.

Keragu-raguan sering menyebabkan kecemasan. Kecemasan datang dari ketakutan yang belum tentu terjadi.  Dengan menantang keraguan, Anda dapat benar-benar mengatasinya. Jika Anda membayangkan pikiran buruk yang muncul di kepala Anda, cobalah meyakinkan diri bahwa apa yang Anda pikirkan itu salah.

4.Pelajari Skill Baru

Images by pixabay

Skill alias kemampuan seringkali dikaitkan dengan rasa percaya diri. Salah satu cara terbaik untuk membangun kepercayaan diri Anda adalah dengan mempelajari keterampilan baru. Selain itu, Anda juga bisa mencari pengalaman baru. Hal tersebut akan membantu Anda untuk keluar dari zona nyaman Anda.

Mempelajari keterampilan baru atau membuat kemajuan pada proyek kreatif dapat meningkatkan perasaan Anda tentang diri sendiri. Manfaat belajar skill baru yakni Anda yang semula tidak mengetahui sama sekali menjadi tau bahkan menguasai apa yang Anda pelajari hanya dalam beberapa bulan.

Anda dapat mempelajari hal-hal yang berguna dan meningkatkan kepercayaan diri Anda. Dengan mempelajari hal-hal baru, Anda akan mulai menyadari bahwa Anda mampu melakukan lebih dari apa yang Anda perkirakan. Dan itu akan memberi Anda dorongan kepercayaan diri yang tinggi.

5.Menjadi Diri Sendiri

Images by pixabay

Pernahkah Anda merasa tidak menjadi diri sendiri? Bahkan berusaha menjadi apa yang orang lain inginkan, atau apa yang Anda pikir orang lain inginkan. Hal tersebut dapat membuat Anda bukan menjadi diri Anda yang seharusnya. Padahal ada banyak hal yang bisa didapatkan jika menjadi diri sendiri.

Dengan menjadi diri sendiri, Anda akan lebih percaya diri dan menjalani kehidupan seperti apa yang Anda harapkan. Ketika Anda tahu siapa Anda, Anda akan menempatkan hidup Anda ke dalam perspektif yang lebih jelas. Selain itu, Anda bahkan mungkin merasa lebih percaya diri untuk bergerak maju.

Ada berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menjadi diri sendiri salah satunya adalah dipercaya orang lain. Dengan menjadi diri sendiri, itu artinya Anda percaya pada kemampuan diri sendiri. Hal inilah yang akan membuat orang lain juga percaya pada Anda.

6.Selalu Berpikir Positif

Images by pixabay

Berpikir positif bukan berarti bahwa Anda tetap tenang dan mengabaikan situasi hidup yang kurang menyenangkan. Tetapi berpikir positif menunjukkan Anda mendekati ketidaknyamanan dengan cara yang lebih positif dan produktif. Anda hanya memikirkan kemungkinan terbaik yang akan terjadi, bukan yang terburuk.

Jika Anda sering berpikir negatif maka pandangan Anda tentang kehidupan lebih cenderung pesimis. Hal ini berbeda jika Anda memperbanyak pikiran positif. Ya, dengan memikirkan banyak hal positif maka Anda akan cenderung optimis dan percaya diri dalam menjalani kehidupan. 

7.Kenakan Pakaian yang Nyaman

Images by pixabay

Banyak orang yang selalu memperhatikan penampilannya termasuk pakaian yang dikenakan. Ternyata penampilan juga berpengaruh pada rasa percaya diri seseorang. jika Anda berpakaian bagus, Anda akan merasa nyaman dengan diri sendiri. Tapi Anda harus memahami bahwa pakaian yang bagus tidak harus mahal.

Pakaian yang bagus bukan berarti harus mahal tetapi yang bisa membuat Anda nyaman saat mengenakan sehingga pakaian yang Anda kenakan terlihat bagus dan rapi. Dengan begitu, pasti Anda akan lebih percaya diri kan?

8.Melakukan Hal Positif

Images by pixabay

Lebih dari sekadar berpikir positif, Anda juga harus melakukannya. Tindakan itu bisa menjadi kunci untuk mengembangkan rasa percaya diri. Mempelajari cara berpikir positif memang hal yang sangat baik tetapi hal tersebut akan lebih berguna jika Anda melakukannya. Dengan begitu, Anda akan mulai melihat perubahan yang terjadi.

Anda adalah apa yang Anda lakukan, jika Anda mengubah apa yang Anda lakukan, maka Anda juga akan mengubah diri Anda. Melakukan sesuatu dengan cara yang positif sama halnya meyakinkan bahwa Anda bisa. Berbicaralah dengan orang lain secara positif, berikan energi positif pada sekitar Anda. Setelah itu, Anda akan mulai melihat perbedaan.

Itulah cara ampuh untuk meningkatkan rasa percaya diri yang bisa Anda coba. Memang terkesan sederhana dan biasa tapi akan memberikan dampak yang baik dalam kehidupan jika Anda terapkan.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *