Takut Tersesat Saat Traveling? Ikuti 8 Tips Ini!

Liburan atau traveling ke tempat yang baru merupakan hal yang sangat seru untuk dilakukan. Ada banyak pengalaman yang akan didapatkan ketika berkunjung ke tempat yang belum pernah dikunjungi sama sekali. Hal inilah yang paling banyak dilakukan oleh traveler, bahkan dijalaninya sendirian.

Kebanyakan traveler nekad berkunjung sendirian ke tempat yang belum pernah dikunjungi hanya untuk mendapatkan sesuatu hal yang sangat mengesankan. Dan itu memang merupakan hal yang luar biasa, terutama bagi para traveler yang selalu berburu pengalaman baru yang mengesankan.

Namun tidak menutup kemungkinan mereka akan mengalami kertersesatan di jalan. Yah, bisa saja jika mereka tidak benar-benar mengantisipasi hal itu, mereka akan tersesat atau nyasar. Dan pada akhirnya waktu hanya akan terbuang untuk mencari arah yang tepat seperti yang dituju.

Bagi kamu yang hobi traveling, dan kamu sedang tersesat, kamu harus baca tips di bawah ini. Bagaimanapun, kamu akan membutuhkan pertolongan ketika sedang mengalami hal itu. Bukannya hal tersebut tidak mempercayai terhadap kemampuan diri, akan tetapi hal itu akan menjadikan travelingmu menjadi lebih efektif.

Karena yang pasti, ketika kamu tersesat saat traveling, hal itu akan banyak memakan waktu yang seharusnya kamu gunakan untuk menikmati perjalanan kamu. Nah, untuk itu, cobalah simak beberapa tips dibawah ini ketika kamu sedang tersesat alias nyasar pada saat traveling.

1. Browser di Internet Terkait Destinasi yang Ingin Dikunjungi

Langkah awal dalam mengatasi masalah tersesat ketika sedang traveling adalah kamu harus mencari tahu terlebih dahulu tentang destinasi yang telah kamu kunjungi itu. Untuk saat ini, informasi di internet sudah benar-benar sangat memadai. Sudah banyak website maupun blog yang berisi tentang review bermacam-macam tempat wisata.

Kamu tinggal mengetikkan nama tempat wisata yang kamu kunjungi itu, maka pastinya akan muncul tentang review dari tempat wisata tersebut. Bahkan akan muncul pula rute menuju lokasi tersebut. Dari situ, simaklah baik-baik tentang berbagai ulasan tersebut dan ambil semua pentunjuk yang dapat kamu gunakan.

2. Mencari Informasi kepada Yang Lebih Berpengalaman

Selain mencari informasi di internet, ada baiknya kamu mencari informasi kepada orang yang kamu kenal dan lebih tahu tentang destinasi yang kamu kunjungi itu. Tanyakanlah siapa saja yang menurut kamu banyak mengetahui tentang lokasi tersebut. Tanyakanlah secara detail tentang informasi apa yang kamu butuhkan.

Ambillah informasi sebanyak-banyaknya, jangan pernah merasa malu untuk menanyakannya, terutama tentang rute yang dapat menunjukkan jalan yang benar. Bagaimanapun penjelasan dari manusia akan lebih terang dibandingkan dengan mesin, asalkan sumbernya tepat. Jadi, tanyakanlah kepada mereka.

3. Jangan Pernah Malu Bertanya

Pepatah mengatakan “malu bertanya, sesat di jalan” memanglah sangat benar adanya. Jika kamu sedang tersesat saat traveling, jangan pernah malu bertanya kepada siapapun. Tidak ada cara yang lebih ampuh digunakan selain bertanya kepada orang-orang yang berada di sekitar kamu.

Bertanya kepada orang-orang yang juga wisatawan ketika sedang tersesat merupakan salah satu cara yang tepat untuk dilakukan. Akan tetapi, ada baiknya kamu bertanya kepada orang yang lebih tepat, seperti penduduk sekitar. Itu sebabnya mengapa kamu harus membuka diri dan pandai-pandai dalam mencari teman.

Baca Juga: 9 Cara Memilih Destinasi Liburan yang Hits Agar Tidak Menyesal

4. Gunakan Peta

Sebelum berangkat untuk pergi traveling, biasanya para traveler menyiapkan peta daerah destinasi yang akan dikunjungi. Nah, untuk hal ini sebenarnya merupakan persiapan awal yang harus kamu penuhi sebelum berangkat. Jadi ketika kamu mengalami ketersesatan dalam perjalanan traveling, kamu dapat menggunakannya.

Selain peta dalam bentuk kertas atau buku, kamu dapat memanfaatkan smartphone kamu untuk melihat peta. Bukankah aplikasi Maps di smartphone yang lebih praktis dan mudah, karena sudah dilengkapi dengan GPS?

5. Gunakan Brosur Destinasi yang Akan Dikunjungi

Jika kamu memegang brosur tempat wisata yang kamu kunjungi, sebaiknya simpan baik-baik dan gunakan itu ketika kamu tersesat atau nyasar dalam perjalanan. Kamu dapat menggunakannya sebagai petunjuk ketika kamu bertanya kepada warga sekitar mengenai destinasi yang ingin kamu kunjungi selanjutnya.

Atau barangkali dalam brosur wisata tersebut kamu menemukan denah lokasi dari tempat wisata tersebut. Nah, denah tersebut sangat berguna untuk acara travelingmu, terutama ketika kamu sedang tersesat.

6. Selalu Perhatikan Penunjuk Arah

Jika kamu tersesat saat sedang traveling, cobalah untuk selalu memperhatikan penunjuk arah di setiap jalan yang kamu lalui. Kesalahan yang dilakukan oleh kebanyakan orang ketika sedang traveling ialah terlalu mengabaikan tanda atau penunjuk arah. Mereka terlalu terlena dengan pemandangan sekitar sehingga lalai terhadap hal penting seperti ini.

Ketika kamu melakukan traveling apalagi melakukannya sendirian, kamu harus mampu memperhatikan secara detail tentang tanda yang kamu temui. Beberapa tanda dan penunjuk arah ini sangat penting untuk diperhatikan, terutama bagi kamu yang baru pertama kali ke tempat wisata tersebut.

Nah, apalagi bagi kamu sedang tersesat atau nyasar, sebaiknya carilah dan perhatikan setiap tanda atau penunjuk arah di setiap jalan yang kamu temui. Dengan begitu kamu akan mengetahui dimana posisi kamu saat ini. Dan hal tersebut akan sedikit membantu kamu menemukan arah yang tepat.

7. Manfaatkan Smartphone

Di jaman sekarang ini, smartphone menjadi barang yang paling banyak disentuh oleh tangan manusia, yang paling banyak berperan dalam mengatasi kesulitan yang dialami manusia. Nah, bagi kamu yang sedang tersesat dalam perjalanan atau di sebuah tempat wisata, maka kamu bisa memanfaatkan kecanggihan smartphone.

Jadi, manfaatkan smartphone kamu untuk dapat menemukan arah. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di smartphone, seperti melihat maps dan lain sebagainya. Atau kamu juga bisa menelpon kenalan untuk membantu kamu saat nyasar di jalan.

Baca Juga: 7 Aplikasi yang Berguna saat Traveling

8. Buat Tanda Jejak dengan Foto

Ketika kamu merasa tersesat pada saat traveling, segera keluarkan kamera untuk membuat tanda jejak di kameramu sendiri. Dalam mengambil foto untuk tanda jejak, akan membantu kamu dalam mengingat-ingat tempat yang kamu lewati itu. Barangkali posisi kamu saat itu merupakan tempat yang pernah kamu singgahi sejak awal.

Dengan bantuan foto, kamu dapat mengingat-ingat kembali posisi-posisi yang sudah kamu lalui sebelumnya. Pada intinya, foto ini merupakan tanda jejak yang harus kamu buat sendiri. Dan ini harus kamu lakukan sejak awal perjalanan sebelum kamu tersesat, jadi untuk antisipasi. ambillah foto obyek yang menjadi point view pada lokasi tersebut.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan ketika kamu sedang tersesat ketika traveling, terutama melakukan traveling sendirian. Pada intinya, ketika kamu tersesat dalam perjalanan traveling, yang harus kamu lakukan ialah bertanya kepada yang lebih tahu tentang tempat wisata tersebut, baik kepada wisatawan lain maupun kepada penduduk sekitar. Dan alangkah baiknya, kamu mengantisipasi dengan melakukannya sejak awal keberangkatan. Semoga Bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here