7 Teknologi Awal yang Menciptakan Dunia Digital Seperti Saat Ini

0
teknologi jaman dulu

Apakah kalian masih ingat teknologi yang digunakan saat masih anak-anak atau remaja? Jujur sangat menyenangkan kala itu karena kita punya perangkat elektronik seperti konsol game atau ponsel pertama. Namun kalau diingat-ingat lagi, kayaknya teknologi jaman dulu sangat ketinggalan jaman jika dibandingkan teknologi sekarang. Tapi teknologi yang kita nikmati hari ini tidak akan ada tanpa teknologi terdahulu yang tergerus karena perkembangan teknologi yang begitu cepat. Berikut ini adalah beberapa teknologi awal yang menghasilkan dunia digital seperti saat ini.

1. Musik Portable

Walkman

Walkman dan Discman pada dasarnya adalah pendahulu iPod. Walkman berjaya kurang dari 35 tahun.

Walkman

Walkman TPS-L2 adalah pemutar audio portabel pertama yang pernah ada di dunia. Sony berhasil menjual 220 juta unit di seluruh dunia sejak diperkenalkan pada tahun 1979. Saat itu, Sony telah memperkirakan tingkat penjualan 5.000 unit per bulan, namun kenyataannya, 50.000 unit terjual dalam dua bulan pertamanya.

Kenaikan penjualan itu mungkin tidak mengherankan lagi mengingat saat itu adalah pertama kalinya orang bisa mendengarkan musik saat bepergian. Kita tidak lagi terbatas mendengarkan musik di radio, di rumah atau di mobil saja, hadirnya walkman memungkinkan kita mendengar musik favorit di bus, kereta api, atau saat keluar jogging. Walkman adalah perangkat yang begitu populer pada 1980-an sehingga istilah ‘Walkman‘ secara resmi dimasukkan ke dalam kamus pada tahun 1986.

Discman

Tak lama setelah itu, keluarlah beberapa kompetisi dari Discman, karena CD mendapatkan popularitas di awal 80-an. Pada tahun 1984, pemutar Compact Disc (CD) portabel D-50 dari Sony Discman diperkenalkan. Perangkat ini memiliki kualitas suara yang superior dan kemampuan untuk mengatur trek, memberikan pengguna pilihan untuk memilih format audio kualitas yang lebih tinggi. Pada 1999, Sony telah mengirimkan lebih dari 10 juta unit di seluruh dunia.

Pergeseran dari penyimpanan audio fisik ke pemutar mp3 dimulai pada tahun 1997 dengan MPMan oleh SaeHan Information Systems, yang memberikan pecinta musik kemudahan untuk mendengarkan musik di ruang penyimpanan yang lebih besar. Walkman dihentikan pada Januari 2013 diikuti oleh pemutar CD lainnya setelah Apple memperkenalkan pemutar musik canggih bernama iPod.

2. LaserDisc (LD) Technology

LaserDisc

Teknologi LD adalah teknologi awal untuk pengembangan CD dan DVD. Laser disc hanya bertahan 23 tahun.

Pertama kali dipasarkan pada tahun 1978 dan diproduksi oleh MCA, yang dikenal sebagai DiscoVision. Perusahaan yang memproduksi LD pertama adalah Phillips. Teknologi LD menghasilkan video dan audio berkualitas lebih tinggi dibandingkan VHS tetapi secara signifikan harganya juga lebih mahal. Setiap laser disc berdiameter 30 cm. Sebagai perbandingan, DVD berukuran 12 cm sedangkan MiniDVD hanya 8 cm.

Ketika popularitas laser disc mencapai puncak pada 1990-an, judul laser disc sering disewakan karena harganya yang mahal sekitar USD100. Hal ini menyebabkan laser disc hanya bertahan sampai tahun 2001. Banyak perusahaan menghentikan produksi LD pada tahun 2009, hal ini membuat keinginan publik untuk kualitas audio dan video yang lebih baik semakin tinggi.

3. Gaming

Perangkat Konsol Gaming

Nintendo Entertainment System (NES)

Meskipun dirilis di Jepang pada tahun 1983, perangkat ini baru masuk ke pasar A.S. pada tahun 1985. Nintendo Entertainment System dianggap sebagai konsol terlaris pada masanya, total lebih dari 60 juta unit NES dijual secara global pada tahun 1995.

Famicom

Konsol video game 8-bit langsung populer ketika pertama kali dirilis. Di pasar Asia, konsol ini dipasarkan dengan nama ‘Family Computer’ atau ‘om Famicom’, kecuali di Korea Selatan, di mana dikenal dengan ‘Hyundai Comboy’. Pada akhir 1984, Nintendo telah menjual lebih dari 2,5 juta unit Famicom di pasar Jepang.

NES kemudian mengembangkan video game seperti Super Mario Bros 3 (1988), yang meraup lebih dari US $ 500 juta setelah menjual lebih dari 7 juta kopi di Amerika dan 4 juta kopi di Jepang.

Games lainnya

Pada 1990-an, konsol video game 16-bit generasi berikutnya seperti Sega Genesis dan Super Nintendo Entertainment System milik Nintendo sedang dikembangkan.

Perangkat yang baru dikembangkan ini mau tidak mau akan mengambil alih posisi NES. Belum lagi hadirnya Sony PlayStation 1 yang dirilis pada 1994 dan Xbox generasi 1 yang dirilis 2001, akan semakin menambah kesemarakan persaingan perangkat console game yang makin banyak peminatnya.

4. Dial-up Internet Access / Modem

Modem

Tahun 1990 merupakan tahun lahirnya Dial Up pertama didunia. Sejak saat itu, perkembangan perangkat ini sangatlah pesat. Selama satu dekade terakhir, kita menggunakan akses Internet dial-up modem 28.8k atau 56k, lalu digantikan oleh akses broadband. Hari ini, Singapura menawarkan koneksi puncak rata-rata tertinggi pada 60,39 Mbps, sedangkan yang tertinggi kedua adalah Swedia dengan 46 Mbps. Dan Google Fiber berencana untuk meningkatkan batas kecepatan lagi hingga 1.000 Mbps.

5. Floppy Disk Drive & Disket

Floppy-Disk

Sebelum hadirnya USB flash drive, kartu memori, hard disk, SSD, dan penyimpanan CD / DVD, kita biasanya menyimpan dokumen komputer dalam floppy disket portabel. Floppy disket pertama dirilis secara komersial pada tahun 1971 dengan diameter 8 inci. Kemudian menjadi lebih kecil selama bertahun-tahun menjadi 5,25 inci (Shugart Associates, 1976) kemudian menjadi 3,5 inci (IBM, 1982). Saat ini, kita sudah jarang melihat floppy disk drive di PC karena kehadirannya telah digantikan teknologi penyimpanan yang lebih canggih.

6. Cathode Ray Tube (CRT) Screens & Monitors

monitor-crt

Jika Anda pernah mononton TV berukuran besar dengan layar, itulah namanya monitor CRT. Monitor ini digunakan baik sebagai layar komputer maupun layar TV. Setelah teknologi monitor crt digunakan untuk perangkat televisi pada tahun 1930-an, kita mulai menggunakannya sebagai bagian dari komputer pribadi di tahun 80-an. Monitor CRT hanya bisa menampilkan antara 4 hingga 16 warna di awal 80-an.

Monitor LCD dikembangkan di akhir tahun 90-an. Hadirnya LCD juga berperan dalam terciptanya laptop. Kemudian monitor LCD kembali dikembangkan dengan tampilan dan resolusi yang lebih tinggi. Teknologi panel datar LCD juga telah menghasilkan layar yang jauh lebih besar namun tetap tipis.

7. Kamera Cartridge Berbasis Film – Seri Kodak Instamatic

kamera-film

Sebelum hadirnya ponsel kamera dan point-and-shoot digital, banyak fotografer menggunakan kamera cartridge berbasis film. Model Instamatic terakhir yang dijual adalah X-15F pada tahun 1988

Format film cartridge paling terkenal yang digunakan adalah 126 untuk kamera yang lebih besar dan lebih tua yang lebih dari 50 juta terjual pada 1963-1970, dan 110 untuk seri Pocket yang terjual 25 juta dalam 3 tahun pertama. Format film kamera 126 dan 110 dihentikan pada tahun 2008 dan 2009.

Tapi sayangnya serangan digital mulai berdatangan dan menghancurkan pasar kamera film di seluruh dunia. Kodak menghentikan sebagian besar produksi filmnya dipertengahan 90-an.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here