12 Tempat Kuliner yang Wajib Didatangi Ketika Berada di Jogja

0
Tempat Kuliner di Jogja

Yogyakarta atau yang sering sekali disebut dengan Jogja menjadi kota yang cukup terkenal di beberapa daerah bahkan juga Negara lain. Kota ini selalu memikat para wisatawan untuk datang berlibur dan kebanyakan pelancong juga tidak merasa bosan dengan suasana yang disuguhkan Jogja.

Selain tempat wisatanya, bisa dikatakan bahwa kota Jogja menarik juga dari segi kuliner. Banyak tempat kuliner yang dibandrol dengan harga terjangkau tetapi rasanya sangat nikmat dan khas. Datang ke Jogja pastikan mencoba beberapa makanan di pinggir jalan yang akan membuat liburan menjadi semakin menyenangkan. Berikut ini tempat kuliner yang wajib didatangi ketika berada di Jogja.

1. Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan

Gudeg jadi salah satu makanan khas Jogja yang banyak disukai dan cukup laris manis sekalipun berada di daerah luar. Jika datang ke Jogja memang cukup banyak orang yang menjual gudeg tetapi anda bisa mencoba makan di Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan. Gudeg yang satu ini sudah terkenal dan cukup legendaris, rasanya juga sangat enak terbukti dari antreannya yang selalu padat oleh pengunjung.

Bandrolan harga gudeg di Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan mulai dari 15.000 IDR, cukup terjangkau untuk rasa yang lezat dan khas. Lokasinya ada di Jalan Sosrowijayan, Gedong Tengen, Yogyakarta. Biasanya tempat ini buka dari jam 05.00-11.00, cocok untuk sarapan.

2. Mie Ayam Bu Tumini

Makanan mie ayam mungkin sudah bukan hal yang asing lagi sebab dijual juga di beberapa daerah di Indonesia. Namun jika anda datang ke Jogja tidak ada salahnya untuk mampir ke Mie Ayam Bu Tumini yang menjual mie ayam dengan cita rasa yang sangat lezat dan mungkin anda bisa jadi ketagihan dengan rasanya.

Mie Ayam Bu Tumini ini menjual menunya dengan bandrolan yang cukup terjangkau, sekitar 8.000-10.000 IDR dan anda sudah bisa merasa kenyang. Ada juga tambahan ceker ayam yang diberi bumbu khas yang lezat. Lokasinya ada di Jalan Imorgiri Timur No. 187, Umbulharjo, Yogyakarta.

3. Entok Slenget Kang Tanir

Entok Slenget Kang Tanir memang memiliki nama yang unik namun siapa sangka bahwa tempat ini menyajikan makanan dengan cita rasa yang lezat. Sajian makanannya terbuat dari ‘entok’ atau sejenis itik bersamaan dengan beberapa bumbu yang membuat rasanya semakin menggiurkan.

Lokasi Entok Slenget Kang Tanir ada di Jalan Pakem Turi, Donokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta. Menu di tempat ini dibandrol mulai dari harga 16.000 IDR dan selalu buka dari jam 16.00-21.00 waktu setempat. Anda bisa mengajak keluarga menikmati masakan ‘entok’ yang khas dan bisa membuat anda ketagihan ketika di Jogja.

4. Angkringan Kopi Jos Lek Man

Tidak melulu harus dengan makan porsi besar, menikmati makanan di Jogja juga bisa anda coba dengan mencicipi beberapa jajanan yang cukup nikmat. Angkringan Kopi Jos Lek Man cukup terkenal sebagai tempat ngopi sekaligus makanan ringan di pinggir jalan. Menu unik di tempat ini adalah kopi jos dimana kopinya dicelupkan pada arang panas.

Menu lainnya yang bisa dinikmati adalah ‘sego kucing’, aneka sate, dan gorengan sembari ditemani nyanyian dari musisi jalanan. Tempatnya ada di Jalan Wongsodirjan, Gedong Tengen, Sosromenduran, Yogyakarta. Bandrolan harganya sangat terjangkau mulai dari 1000 IDR dan anda bisa datang ke Angkringan Kopi Jos Lek Man setiap hari Senin-Sabtu pada jam 14.00-03.00, Minggu Angkringan Kopi Jos Lek Man tutup.

5. Bakmi Mbah Mo

Untuk anda pecinta mie bisa coba makan di Bakmi Mbah Mo ketika berada di Jogja. Bakmi yang disajikan ada yang goreng ada juga yang rebus, dengan paduan telur bebek dan juga ayam kampung yang disuwir kemudian dimasak di atas tungku dengan beberapa bumbu. Rasa yang dihasilkan memang bisa membuat anda ketagihan apalagi jika minumnya ditemani kopi jahe atau the nasgitel yang khas sekali dengan Jogja.

Bandrolan harganya mulai dari 15.000-20.000, cukup terjangkau sebab anda bisa merasa kenyang hanya dengan satu porsinya. Lokasinya ada di Jalan Parangtritis KM.11, Code, Trirenggo, Bantul, DI Yogyakarta.

6. Mangut Lele Mbah Marto

Jogja terkenal dengan makanan sederhana namun rasanya sangat lezat, salah satunya adalah Mangut Lele Mbah Marto yang sudah cukup terkenal. Lokasinya memang berada di pedalaman namun banyak juga wisatawan yang datang untuk mencicipi makanan di tempat kuliner yang satu ini. Mangut Lele Mbah Marto berdiri dri tahun 1960 dan menu spesialnya berupa lele asap dengan kuah santan pedas disajikan langsung dari dapur.

Lokasinya ada di Jalan Parangtritis KM.6,5, Dusun Sewon, Panggungharjo, Bantul, DI Yogyakarta. Untuk satu porsinya dibandrol dengan harga 25.000 IDR dan mulai buka dari jam 09.00-16.00 waktu setempat.

7. Oseng Mercon Bu Narti

Diberi nama Oseng Mercon Bu Narti sebab rasa masakan di tempat ini sangat pedas dan bisa membuat anda kualahan. Sekalipun begitu tempat ini selalu ramai dengan pengunjung. Oseng-oseng yang diracik terbuat dari kikil, daging, kulit, tulang mudah, gajih, rempah-rempah dan cabai rawit. Sekalipun pedas namun rasa dari campuran bumbunya membuat para penikmatnya selalu ketagihan.

Oseng Mercon Bu Narti selalu buka dari jam 18.00-23.00 waktu setempat. Dibandrol dengan harga mulai dari 15.000 anda sudah bisa menikmati makanan pedas yang khas ini. Letaknya ada di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Ngampilan, Yogyakarta. Jika anda tidak ingin terlalu pedas, maka bisa meminta level cabai yang tidak terlalu pedas.

8. Sate Klatak Pak Bari

Pernah lihat film AADC 2? Salah satu tempat yang didatangi di Jogja adalah Sate Klatak Pak Bari, dan saat ini tempat makan yang satu ini sangat terkenal dan lebih ramai daripada biasanya. Bukan hanya karena digunakan sebagai tempat syuting film, tetapi rasa sate yang disajikan juga sangat lezat dengan daging yang empuk dan bumbunya yang terasa.

Tidak hanya sate yang bisa anda pesan tetapi juga gule kambing panas yang terasa sangat menggoda. Bandrolan harganya mulai dari 20.000 IDR dan selalu buka dari jam 18.30-01.00 waktu setempat. Alamatnya ada di Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No. 5, Wonokromo, Pleret, Bantul, DI Yogyakarta.

9. Saoto Bathok Mbah Katro

Saoto Bathok Mbah Katro merupakan tempat makan selanjutnya yang bisa anda coba ketika berada di Jogja. Saoto sendiri merupakan kuliner Solo yang menggunakan kuah bening dan daging sapi yang kenyal kemudian disajikan dalam sebuah ‘batok’ atau tempurung kelapa. Bukan hanya rasanya yang enak, tetapi suasana di Saoto Bathok Mbah Katro juga sangat nyaman sebab berupa pendopo dengan banyak tumbuhan di sekitarnya.

Bandrolan harganya sangat terjangkau, mulai dari 5.000 IDR untuk satu porsinya. Saoto Bathok Mbah Katro buka dari jam 06.00-16.00 waktu setempat. Alamatnya ada di Jalan Candi Sambisari No. 6, Purwomartani, Kalasan, Sleman, DI Yogyakarta.

10. Nasi Brongkos Warung Handayani

Nasi Brongkos Warung Handayani memiliki menu nasi brongkos yang memiliki sajian sayur dan lauk kacang dipadukan dengan kuah santan. Tempat ini selalu mengundang pegunjungnya datang sebab rasanya memang dapat memanjakan lidah. Bukan hanya nasi, tetapi ada juga brongkos telur atau brongkos kopyor yang cocok digunakan untuk makan ketika siang hari.

Nasi Brongkos Warung Handayani membandrol menunya mulai dari 7.500 IDR untuk satu porsinya dan terbilang cukup murah. Lokasinya ada di Jalan Gading No. 2, Patehan, Kraton, Yogyakata. Tempat ini buka dari jam 07.00-19.00 waktu setempat.

11. SGPC Bu Wiryo 1959

Ingin menikmati nasi pecel ketika berada di Jogja? Anda bisa datang ke SGPC Bu Wiryo 1959. Tempat makan merupakan legenda nasi pecel dengan sajian rasa yang lezat dan khas. Tidak heran jika tempat ini selalu penuh apalagi jika di akhir pekan.

Bandrolan porsi di SGPC Bu Wiryo 1959 mulai dari 10.000 dan alamatnya ada di Jalan Agro No. 10, Caturtunggal, Depok, Sleman, DI Yogyakarta. Jam oprasional SGPC Bu Wiryo 1959 mulai dari 07.00-21.00 waktu setempat. Jika ingin datang di hari libur maka anda harus bersabar dengan antriannya yang membeludak.

12. Kupat Gule Band Doel

Ketupat atau kupat ini jadi makanan khas ketika hari lebaran, namun sebenarnya banyak juga orang yang menjual ketupat di sekitar kita seperti Kupat Gule Band Doel yang berada di Jogja. Tempat makan yang satu ini bisa membantu melepaskan rinduanda terhadap makanan ketupat. Apalagi disajikan dengan gule yang rasanya sangat menggiurkan.

Lokasinya ada di Jalan Kaliurang KM. 6, Depok,Sleman, DI Yogyakarta. Tempat ini buka dari jam 07.00-11.00 saja dan selalu ramai dengan pengunjung. Bandrolan harganya mulai dari 10.000 IDR per porsinya.

Beberapa tempat kuliner di Jogja tersebut memang cukup terkenal dan mudah ditemukan. Menikmati liburan sembari berkuliner menjadi hal yang menyenangkan dan melengkapkan kedatangab anda ke Jogja. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here