10 Tempat Liburan Terbaik di Kawasan China

0
wisata di china

Cina adalah salah satu negara modern yang tidak meninggalkan sejarah kunonya. Meskipun Tiongkok telah berevolusi menjadi negara super power dengan teknologi canggih dan gedung-gedung pencakar langit, namun Tiongkok masih merawat peninggalan-peninggalan dari masa lampau dengan sangat baik.

Diantaranya bahkan menjadi tempat wisata populer di China seperti Tembok Besar yang juga masuk ke dalam salah satu keajaiban dunia. Jika Anda merencanakan liburan terbaik di kawasan China, pastikan anda mengunjungi 10 destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Cina berikut ini.

1. The Forbidden City, Beijing

The Forbidden City pertama kali dibuka pada tahun 1420, dan pembangunannya memakan waktu 14 tahun dengan lebih dari 1 juta pekerja. Sejak saat itu tempat ini menjadi istana bagi 24 kaisar, sampai kekuasaan kaisar terakhir pada tahun 1911.

The Forbidden City sangat luas. Didalamnya terdapat 980 bangunan dan memiliki luas secara keseluruhan 72 hektar. Tidak semua bangunan dibuka untuk umum, meskipun begitu anda akan memerlukan beberapa jam untuk mengelilingi tempat ini karena sangat luas. The Forbidden City adalah kompleks istana terbesar di dunia.

2. The Bund, Shanghai

The Bund adalah kawasan masa lalu Tiongkok yang punya sejarah yang menarik. Secara harfiah. Bangunan bersejarah dari abad ke-19 dan awal abad ke-20 di tanggul sepanjang satu mil ini berhadapan langsung dengan gedung pencakar langit futuristik di kawasan keuangan Pudong di seberang Sungai Huangpu. Hal ini membuat The Bund terkesan menjadi bagian dari kota masa lalu sekaligus kota modern Tiongkok.

Bund pernah menjadi pemukiman Inggris, tetapi sekarang gedung-gedung pemerintah kolonial dan rumah dagang telah ditempati toko-toko mode kelas atas dan restoran mewah.

3. Terracotta Army, Xi’an

Terracotta Army merupakan salah satu penemuan arkeologi terbesar di dunia. Tempat ini ditemukan secara tidak sengaja ketika para pekerja menggali sumur pada tahun 1974. Apa yang mereka temukan ternyata adalah mausoleum besar kaisar pertama China, Qin Shi Huang, yang memerintah pada abad kedua sebelum masehi.

Penemuan ini terdiri dari sekitar 8.000 patung prajurit dan patung kuda yang terbuat dari tanah liat. Makam kaisar Qin Shi Huang sendiri tetap disegel, karena para arkeolog takut jika mengeksposnya ke cahaya dan udara dapat menghancurkan benda-benda di dalamnya karena dikelilingi sungai yang terbuat dari merkuri.

4. Tembok Besar Tiongkok

Tembok Besar dibangun pada abad ke tujuh sebelum masehi, dan awalnya merupakan kumpulan tembok-tembok pendek yang mengikuti bentuk pegunungan Tiongkok utara dan di bangun dengan niat utama untuk menjauhkan penjajah dari utara. Dalam periode-periode berikutnya, tembok raksasa bertambah panjang, diperbaiki dan dimodifikasi.

Karena itu, sulit untuk memperkirakan panjang dari tembok ini, tetapi data yang diakui secara umum adalah 8.850 kilometer (5.500 mil), sejauh ini Tembok Besar merupakan konstruksi arsitektur terpanjang di bumi.

Berdasarkan bukti tertulis yang bisa diterima umum, pada dasarnya Tembok Besar Tiongkok mayoritas dikonstruksikan pada periode Dinasti Qin, Dinasti Han dan Dinasti Ming. Namun, sebagian besar rupa tembok raksasa yang berdiri pada saat ini merupakan hasil dari periode Dinasti Ming.

5. Victoria Peak, Hong Kong

Dengan ketinggian 552 meter, Victoria Peak memberikan pemandangan metropolis yang menakjubkan, tempat ini menarik sekitar 7 juta pengunjung setiap tahun. Untungnya, Anda tidak perlu melakukan pendakian dengan berjalan kaki. Karena Trem Puncak dan layanan bus akan membawa Anda menaiki gunung.

Setelah sampai di sana, Anda bisa menggunakan teleskop yang dioperasikan dengan uang koin untuk melihat pemandangan kombinasi dari hutan, laut, dan gedung pencakar langit. Tetapi jika Anda bosan dengan pemandangan, Anda bisa menikmati liburan dengan berbelanja di salah satu dari dua pusat perbelanjaan yang berdekatan. Anda tidak akan pernah jauh dari pusat perbelanjaan ketika berada di Hong Kong.

6. Panda raksasa di Chengdu

Bertempat di kota Chengdu, Pusat Badan Penelitian Chengdu untuk Penyelamatan populasi Panda Raksasa telah berusaha mengembangbiakkan panda raksasa di penangkaran sejak 1987. Kala itu dimulai hanya enam ekor panda saja, tetapi sekarang populasinya masih di bawah 200 ekor, dan di kota Chengdu adalah kesempatan langka bagi Anda untuk melihat spesies ikonik negara Tiongkok yang terancam punah.

7. Huangshan

Huangshan disebut juga Pegunungan Kuning adalah sebuah pegunungan di Provinsi Anhui selatan, di Tiongkok bagian timur. Daerah ini terkenal dengan pemandangannya, matahari terbenam, puncak berbentuk istimewa granit, pohon pinus Huangshan, mata air panas, salju musim dingin, dan pemandangan lautan awan dari puncak gunung.

Ada beberapa rute hiking untuk mendaki pegunungan ini, tetapi sebagian besar pengunjung memilih untuk menaiki kereta gantung yang mencapai sebagian besar dari wilayah pegunungan. Beberapa pengunjung biasanya akan tinggal di salah satu hotel di kawasan Gunung Huangshan, kemudian bangun pagi-pagi untuk menyaksikan indahnya matahari terbit.

8. Summer Palace, Beijing

Yihe Yuan atau Summer Palace adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Beijing. Tempat wisata ini terdiri dari taman, danau, dan bangunan berornamen, yang dirancang sebagai tempat berlindung penghuni istana Kekaisaran selama bulan-bulan musim panas yang menyesakkan.

Sebagian besar tata letak Summer Palace saat ini berasal dari abad ke delapan belas, dan sebagian besar wilayah tersebut merupakan kawasan berair. Anda dapat menyewa perahu untuk melihat pemandangan banyak bangunan-bangunan bersejarah.

9. Yuyuan Gardens, Shanghai

View this post on Instagram

Yuyuan guarden – Shanghai – BON DIA!

A post shared by Núria (@nirueta__) on

Juga dikenal sebagai Yu Garden, Oasis yang tenang ini berdiri sejak 400 tahun yang lalu. Tempat wisata ini adalah jalan setapak berbentuk labirin dengan pemandangan air terjun yang berdenting dan arsitektur bangunan yang menakjubkan.

The Grand Rockery adalah pemandangan yang indah untuk dilihat, tempat yang disusun dari batu-batu berbentuk unik ini memiliki beberapa patung di masing-masing enam area tembok taman, termasuk ukiran berbentuk naga yang menjulang dari atas tembok. Taman ini biasanya ramai di akhir pekan.

10. Sungai Yangtze

Yangtze adalah sungai terpanjang di Tiongkok dan di Asia. Di dunia, sungai ini nomor tiga terpanjang di dunia dengan ketinggian lebih dari 6.000 kilometer. Yangtze merupakan tujuan wisata populer berkat pemandangan alamnya yang menakjubkan.

Sejumlah operator menawarkan wisata air menggunakan perahu di sungai Yangtze, biasanya dimulai dari Chongqing dan berakhir di Yichang. Karena ukuran Sungai Yangtze yang besar, sungai ini sering dilintasi oleh beberapa kapal pesiar besar. Anda dapat menikmati kemewahan terapung selama beberapa hari di kapal pesiar bintang 4 atau 5.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here