11 Tempat Wisata di Kota Palembang yang Wajib dikunjungi

0
11 Tempat Wisata di Kota Palembang yang Wajib dikunjungi

Tempat Wisata di Kota Palembang yang Wajib dikunjungi – Palembang adalah salah satu Kota di Indonesia yang paling cepat perkembangannya. Baik secara infrastruktur, teknologi dan transportasi. Dari pesatnya perkembangan ini membuat banyak traveler dari luar maupun dalam negeri berbondong-bondong memasukkan nama Palembang sebagai destinasi liburan mereka.

Ada banyak tempat wisata di Kota Palembang yang wajib dikunjungi. Mulai dari wisata sejarah, wisata belanja dan wisata kuliner. Namun disini Sepositif telah memilih 11 lokasi destinasi populer wisata di Kota Palembang, Sumatera Selatan.

 

11 Tempat Wisata di Kota Palembang yang Wajib dikunjungi

 

1. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera
Jembatan Ampera Image: Google

Siapa yang tak tahu jembatan yang satu ini, jembatan ampera adalah ikon kota Palembang. Jembatan yang nama kepanjangannya “Jembatan Amanat Penderitaan Rakyat” berdiri sepanjang 1.117 m dan terletak di tengah-tengah kota Palembang yang menghubungkan wilayah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi.

Bagi Anda yang sedang jalan-jalan di Kota Palembang tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Jembatan Ampera. Anda bisa mengabadikan momen dan mengambil foto di Jembatan Ampera.

Akan tetapi disarankan untuk mengunjungi Jembatan ini pada waktu malam hari. Selain terhindar dari kemacetan, Jembatan Ampera pada malam hari akan semakin indah karena dihiasi lampu LED.

2. Jakabaring Sport City

Jakabaring Sport City
Jakabaring Sport City Image: Google

Jakabaring Sport City (JSC) atau Kompleks Olahraga Jakabaring adalah kompleks dari berbagai fasilitas olahraga di Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia. Kompleks di atas lahan seluas 325 hektar ini terletak di wilayah Seberang Ulu sejauh 5 km dari pusat kota Palembang.

Kompleks ini dibangun ketika Palembang terpilih menjadi tuan rumah PON XVI 2004. Setelah itu, Jakabaring Sport City telah menghelat berbagai pergelaran olahraga bergengsi dunia seperti Sea Games dan Asian Games.

Pada kompleks ini juga terdapat stadion sepak bola kebanggaan masyarakat Palembang yakni Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ). Selain itu pada kompleks ini terdapat pula danau buatan yang menjadi salah satu spot favorit kaum anak muda menghabiskan waktu sorenya di kawasan olahraga ini.

3. Bukit Siguntang

Bukit Siguntang
Bukit Siguntang Image:Youtube

Bukit Seguntang atau kadang disebut juga Bukit Siguntang adalah sebuah bukit kecil setinggi 29-30 meter dari permukaan laut yang terletak sekitar 3 kilometer dari Sungai Musi bagian utara.

Di sekitar bukit ini ditemukan beberapa artefak purbakala yang dikaitkan dengan kerajaan Sriwijaya yang berjaya sekitar kurun abad ke-6 sampai ke-13 masehi. Di puncak bukit terdapat pula beberapa makam yang dipercaya sebagai leluhur warga Palembang.

Bagi Anda yang ingin berwisata sejarah, Bukit Siguntang adalah tempat wisata di Kota Palembang yang wajib dikunjungi.

4. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro
Pulau Kemaro Image:Travel Kompas

Pulau kemaro adalah salah satu tempat wisata di kota Palembang yang wajib dikunjungi. Lokasinya sekitar 6 km dari Jembatan Ampera dan berada di tengah sungai musi.

Salah satu spot wisata di pulau kemaro adalah pagoda dengan sembilan lantai, dan juga pohon cintanya. Katanya, jika sepasang kekasih yang mengukir namanya di batang pohon tersebut, maka cinta mereka akan abadi.

Untuk mencapai Pulai Kemaro Anda harus melakukan perjalanan air dari Jembatan Ampera, dengan lama perjalanan 25-30 menit untuk yang menggunakan perahu ketek dan sekitar 10-15 menit untuk yang menggunakan speedboat.

Objek wisata ini buka dari pukul 09:00 sampai 17:00 WIB.

5. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak
Benteng Kuto Besak Image: Google

Benteng Kuto Besak berlokasi di tepi Sungai Musi dan persis di bawah Jembatan Ampera bagian Ilir. Benteng ini adalah bangunan keraton yang pada abad XVIII menjadi pusat Kesultanan Palembang.

Ketika sore hari tiba, disekitar Benteng Kuto Besak akan dipenuhi dengan pedagang kaki lima. Pun ketika pada malam harinya, kita akan disuguhi pemandangan yang indah dari Jembatan Ampera dari tepi sungai musi.

Jika Anda mau pergi ke BKB, disarankan untuk kesini pada waktu malam hari, karena puncak keramaian di BKB ada pada malam hari.

Lanjutkan membaca untuk no 6-11

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here