11 Tempat Wisata di Kota Palembang yang Wajib dikunjungi

6. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin

Masjid Agung Palembang
Masjid Agung Palembang Image: Google

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin atau biasa disebut Masjid Agung Palembang adalah sebuah masjid paling besar di Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Masjid yang juga menjadi salah satu landmark Kota Palembang berada di pusat kota. Lokasinya tak jauh dari Benteng Kuto Besak dan dekat dengan Jembatan Ampera.

Masjid Agung Palembang mampu menampung kurang lebih 15 ribu jama’ah. Bagi Anda yang beragama muslim, tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Palembang tidak menyempatkan diri beribadah di Masjid ini.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Kuala Lumpur Malaysia Yang Wajib Dikunjungi

7. Al-Quran Al Akbar Palembang

Al-Quran Al Akbar Palembang
Al-Quran Al Akbar Palembang Image:ganaislamika.com

Al Quran Al-Akbar atau yang sering juga disebut Al Quran Raksasa yang berada di kota Palembang beralamat di Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus, Palembang. Terdapat 30 juz ayat suci Al-Quran yang berhasil dipahat/diukir ala khas Palembang dalam lembar kayu.

Al Quran Raksasa ini adalah yang terbesar dan pertama di dunia dalam bentuk Al Quran 30 juz yang di buat pada media dari kayu jenis tembesu.

Al-Quran raksasa ini diresmikan pada 30 Januari 2012, oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama seluruh delegasi konferensi parlemen Organisasi Konferensi Islam (OKI).

Al-Quran Al-Akbar adalah tempat wisata di Kota Palembang yang wajib dikunjungi.

8. Wisata Alam Punti Kayu

Punti Kayu
Punti Kayu Image: indonesiakaya.com

Taman Wisata Alam Punti Kayu adalah sebuah taman atau hutan wisata dan rekreasi keluarga yang ada di Palembang, Sumatera Selatan. Terletak di tengah kota Palembang, tepatnya di kawasan Km.7 Palembang.

Punti Kayu menjadi tempat liburan favorit yang ramai dikunjungi warga kota Palembang khususnya pada akhir pekan dan hari-hari libur. Kawasan ini dilengkapi dengan fasilitas flying fox, taman bermain, miniatur 7 keajaiban dunia, danau, waterpark, dan berbagai hiburan lainnya.

Jika Anda sedang berwisata di Kota Palembang, maka sempatkanlah untuk mengunjungi wisata rekreasi Punti Kayu.

  • Jam operasional : Hari kerja (Senin-Jum’at) jam 09.00 s/d 16.00 wib Hari Libur (Sabtu-Minggu) jam 09.00 s/d 17.00 wib
  • Harga tiket masuk : Dewasa Rp.10.000,- Anak-anak Rp.5.000,- Mobil Rp.12.000,- Motor Rp.7.000,- Masuk wahana Rp.10.000.

9. Kampung Kapitan

Kampung Kapitan
Kampung Kapitan Image: aet.co.id

Kampung Kapitan merupakan salah satu tempat di Palembang yang menyimpan sejarah. Tempat wisata sejarah dan budaya ini terletak di kelurahan 7 Ulu, kecamatan Seberang Ulu I, kota Palembang.

Lokasi destinasi wisata Kampung Kapitan ini dapat ditempuh melalui dua jalur transportasi, yaitu darat dan air (melalui sungai musi).

Untuk memasuki tempat wisata Kampung Kapitan tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis.

10. Kambang Iwak

Kambang Iwak
Kambang Iwak Image: detik.com

Taman Kambang Iwak merupakan taman kota yang sudah ada sejak tahun 1900-an. Kambang Iwak berlokasi di antara Jalan Tasik dan Jalan Sutomo, Kota Palembang.

Tiap akhir pekan, Taman Kambang Iwak kerap diramaikan oleh masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dengan berbagai aktifitas seperti olahraga ataupun menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga sembari menikmati keindahan tamannya.

11. Kampung Pempek 26 Ilir

Kampung Pempek 26 Ilir
Kampung Pempek 26 Ilir Image: merahputih.com

Ada selogan yang mengatakan “Belum ke Palembang kalo belum makan pempek”. Tak sulit rasanya menemukan pempek di sudut Kota Sriwijaya. Namun jika ingin merasakan pempek dengan berbagai varian dan olahan, Anda bisa langsung menuju ke ‘Kampung Pempek 26 Ilir’ yang berada di Pasar 26 Ilir.

Sama seperti namanya, lokasi ini dipenuhi dengan pedagang yang berjualan pempek. Selain pempek, ada pula seperti Model, Tekwan, Mie Celor, Kemplang (krupuk ikan), dan makanan khas Palembang lainnya.

Untuk harga, para pemilik toko menjual dengan harga yang cukup terjangkau, mulai dari Rp 1000 hingga Rp 2000 untuk pempek kecil dan Rp 10.000 untuk pempek jenis lenjer dan kapal selam.

Kampung Pempek 26 Ilir adalah tempat wisata kuliner di Kota Palembang yang wajib dikunjungi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here