7 Tempat Wisata di Wonosobo Ini Memiliki Keindahan yang Khas

Wonosobo merupakan salah satu kabupaten di daerah Jawa Tengah yang cukup terkenal akan tempat wisatanya yang banyak dan menarik. Itulah sebabnya kabupaten Wonosobo ini menjadi incaran para turis lokal maupun mancanegara. Ada banyak sekali tempat wisata di Wonosobo yang bisa Anda datangi.

Tetapi, Anda perlu persiapan jaket karena suhu di daerah Wonosobo termasuk dingin. Bahkan, suhu di Wonosobo, khususnya di daerah Dieng pernah mencapai di bawah nol derajat celcius. Dieng merupakan sebuah daerah vulkanik yang masuk wilayah kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara.

Biasanya, para wisatawan ingin mengunjungi Wonosobo dengan tujuan ingin ke Dieng. Tetapi, tidak hanya Dieng yang memiliki tempat wisata. Daerah lain di Wonosobo juga memiliki tempat wisata yang tak kalah menariknya. Langsung saja kita bahas tempat wisata di Wonosobo.

1. Kawah Sikidang

kawah-sikidang-dieng
Sumber Gambar: Dieng.Me

Kawah ini dinamakan Sikidang karena memiliki arti, yaitu Kijang. Kawah Sikidang adalah salah satu kawah yang terletak di daerah Dieng. Kawah ini merupakan kawah yang paling terkenal di Wonosobo.

Jika mengunjungi kawah ini, Anda akan disuguhkan dengan aroma khas belerang. Pemandangan sekitar kawah ini sangatlah indah. Anda bisa tanah dari kapur serta bukit hijau di sekitar kawah.

2. Telaga Warna

akses-menuju-telaga-warna-dieng
Sumber Gambar: dakatour.com

Tempat wisata di Wonosobo yang selanjutnya adalah Telaga Warna. Dinamakan Telaga Warna karena telaga ini bisa berubah warna. Warna pada telaga ini kadang kuning, hijau, bahkan pelangi. Itu karena telaga ini memiliki kandungan belerang atau sulfur yang banyak.

Perjalanan dari pusat kota Wonosobo menuju telaga ini tidak terlalu jauh, yakni sekitar 30km atau 1 jam perjalanan. Pada perjalanan, Anda bisa menikmati segarnya udara khas Wonosobo. Sebaiknya Anda berhati-hati karena medan yang dilewati agar sampai ke tujuan cukup menanjak.

3. Kebun Teh Tambi

kebun-teh-tambi-wonosobo
Sumber Gambar: bonvoyagejogja.com

Kebun Teh Tambi terletak pada kaki Gunung Sindoro. Ketika Anda memasuki tempat ini, Anda akan disajikan dengan hamparan kebun teh yang sangat luas. Untuk lokasi tempat wisata ini tidak jauh dengan Dieng.

Anda akan dipandu dan diajak berkeliling oleh sang pemandu wisata menikmati keindahan kebun teh ini, serta melihat karyawan memetik teh secara langsung. Selain itu, Anda juga bisa melihat proses pengolahan daun teh hingga menjadi produk siap saji.

4. Telaga Menjer

tlaga-menjer-wonosobo
Sumber Gambar: bonvoyagejogja.com

Telaga menjer terletak pada kecamatan Garung. Awalnya, Telaga Menjer terbetuk akibat letusan vulkanik pada Gunung Pakuwaja. Tempat wisata ini mempunyai mitos yang cukup unik, yaitu apabila sepasang kekasih datang ke tempat ini bersamaan, maka tidak lama lagi kisah cinta mereka akan kandas.

Mitos tersebut sangat populer pada tahun 1990-an. Jarak menuju Telaga Menjer dari pusat kota tidaklah jauh. Rute yang diambil pun sejalur dengan rute menuju Dieng. Ketika menemukan gapura bertuliskan PLTA Garung yang jaraknya sekita 7 km dari alun-alun Wonosobo, Anda masuk saja ke dalam gapura tersebut dan ikuti jalannya.

Anda juga bisa menyewa perahu dengan membayar Rp10.000 setiap orang untuk berkeliling telaga dan menikmati pemandangan Gunung Sindoro. Bagi yang memiliki hobi memancing, Anda juga bisa memancing pada telaga ini.

5. Lubang Sewu

Lubang Sewu
Sumber Gambar: surudan.blogspot.com

Mungkin belum banyak yang mengetahui tempat ini. Tempat wisata di daerah Erorejo, kecamatan Wadaslintang ini baru saja diresmikan, tepatnya pada tahun 2015. Walaupun terbilang tempat wisata baru, Lubang Sewu mampu menarik perhatian para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mendatangi Lubang Sewu.

Lubang Sewu adalah kumpulan batu karang yang mengelilingi Waduk Wadaslintang dengan keindahan yang tidak kalah dengan tempat wisata lainnya di Wonosobo. Anda juga bisa melihat keindahan sunset pada tempat ini. Selain itu, Anda juga diperbolehkan memancing pada kawasan ini.

6. Gunung Prau

gunung prau wonosobo
Sumber Gambar: subpacker.com

Bagi Anda yang hobi mendaki gunung, Anda bisa mencoba menaklukkan Gunung Prau. Untuk medan menuju puncak gunung, tidak terlalu berat dibandingkan dengan gunung lainnya. Gunung Prau sangat cocok bagi Anda yang belum memiliki pengalaman mendaki gunung.

Ketika sudah sampai pada puncak, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat menawan sehingga perjuangan Anda akan dibayar oleh keindahan ini. Ada 2 jalur untuk menuju puncak Gunung Prau.

Jalur yang pertama adalah dari kabupaten Kendal. Jalur ini bisa memakan waktu hingga 6 jam perjalanan. Sedangkan jalur yang kedua adalah dari Dieng. Jalur ini lebih cepat daripada jalur dari Kendal karena hanya memakan waktu 3 jam perjalanan.

7. Bukit Sikunir

bukit-sikunir-dieng
Sumber Gambar: Dieng.Me

Bukit Sikunir adalah tempat wisata di Wonosobo yang tidak kalah dengan tempat wisata lainnya. Bukit Sikunir ini terletak pada desa Sembungan. Anda bisa melihat sunrise pada bukit ini. Apabila Anda ingin melihat Golden Sunrise pada bukit Sikunir, Anda bisa datang pada bulan Juli-Oktober.

Selain itu, Anda juga bisa melihat indahnya kota Wonosobo dari ketinggian. Hal itulah yang membuat tempat wisata ini diminati para wisatawan.

Nah, itulah tempat wisata di Wonosobo yang wajib Anda kunjungi.  Ada banyak lagi tempat wisata yang ada di Wonosobo yang tidak kalah menarik dengan tempat wisata di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here