Ternyata Begini Cara Facebook Mengumpulkan Informasi tentang Kita, Facebook Tau Banget Lho!

facebook menggenggam dunia

Tahun 2018 mungkin bukanlah tahun yang baik untuk Facebook. Perusahaan yang juga memiliki Instagram, Whatsapp, dan Messenger ini tersandung beberapa skandal terkait kebocoran data penggunanya. Salah satu skandal yang menjadi perhatian dunia adalah bocornya data 87 juta pengguna Facebook ke perusahaan pihak ketiga Cambridge Analytica pada Maret 2018. Data tersebut disinyalir digunakan untuk kepentingan politik demi memenangkan Donald Trump dalam pemilu AS tahun 2016. Buntut dari mega skandal itu membuat Mark Zuckerberg selaku CEO Facebook dipanggil Kongres Amerika untuk memberikan penjelaskan terkait skandal tersebut.

Lalu pertanyaannya seberapa dalam Facebook mengetahui informasi penggunanya? Dan bagaimana cara Facebook mengumpulkan dan menyimpan data pengguna? Lalu apa saja informasi yang disimpan? dan untuk apa informasi tersebut? Nah begini cara Facebook mengumpulkan informasi tentang kita beserta tujuannya.

Facebook menyimpan data profil Kamu

Sudah menjadi hal yang biasa jika kita menuliskan informasi pribadi di laman media sosial milik sendiri. Tapi kalau kamu menyadarinya. Semakin banyak informasi yang kamu share di laman sosmed Kamu, maka semakin dalam pula Facebook mengetahui tentang diri kamu

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Facebook tau semua tentang profil pribadi Kita. Semua informasi profil tersebut tersimpan di server Facebook ketika kamu menuliskan informasi pribadi di akun Facebook kamu, seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, pendidikan, nama orang tua, nama keluarga, nama sahabat dekat, nomor handphone, akun sosial media kamu yang lain, dan informasi pribadi lainnya.

Facebook mengetahui di mana kamu berada

Perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini juga tahu dimana kita tinggal atau dimana wilayah kita saat ini berada. Facebook mengumpul informasi tersebut mungkin dari caption wilayah yang sering kita sematkan di status atau postingan media sosial Facebook kita. Selain itu, Facebook juga mengumpulkan alamat IP pengguna sehingga memungkinkan Facebook menampilkan platform dalam bahasa wilayah pengguna.

Facebook merekam aktivitas dan interaksi pengguna

Jika kita mengamati algoritma Facebook saat ini, maka bisa kita simpulkan bahwa Facebook menyimpan aktivitas dan interaksi ketika pengguna mulai membuka aplikasi media sosial tersebut. Facebook menyimpan aktivitas seperti, apa yang Anda klik, apa yang sering Anda cari, konten seperti apa yang sering Anda lihat, konten apa yang Anda like, dan aktivitas lainnya.

Semua informasi aktivitas pengguna tersebut salah satunya akan ditampung di sebuah tools bernama Facebook Analystic yang berfungsi untuk memudahkan para pebisnis mempelajari dan menganalisa pengguna halaman Facebooknya.

Selain itu, informasi tentang aktivitas pengguna di Facebook juga berfungsi untuk membantu Facebook memprediksi minat dan kesukaan Anda sehingga Facebook bisa lebih sering menampilkan konten sesuai dengan minat dan kesukaan Anda pula. Hal ini mungkin bertujuan agar pengguna Facebook lebih sering dan berlama-lama di platform media sosial terbesar di dunia tersebut. Karena menurut pengamatan, pengguna cenderung lebih nyaman ketika melihat hal-hal yang mereka sukai atau sesuatu yang punya kesamaan dengan dirinya.

Tujuannya untuk iklan yang tertarget

Semua aktivitas dan semua informasi yang tersimpan di suatu sistem perusahaan akan disebut dengan istilah Big Data. Nah Big Data ini bisa di analisis sehingga sebuah perusahaan bisa menilai kepribadian penggunanya. Selain bertujuan untuk membuat penggunanya merasa lebih nyaman, Big data juga bisa dimanfaatkan sebagai media menjaring para pengiklan dengan embel-embel bisa menampilkan iklan yang tertarget pada platform-nya.

Maksud dari iklan tertarget adalah iklan yang hanya muncul pada pengguna yang memiliki kriteria yang sama dengan iklan tersebut. Sebagai contoh, si A menyukai mie instan, dan si B tidak suka mie instan. Jadi jika ada iklan mie instan, maka iklan tersebut hanya akan tampil di si A, dan tidak akan tampil di si B. Begitulah kira-kira yang disebut dengan iklan tertarget.

Facebook memiliki fitur khusus untuk para pebisnis yang hendak mengiklankan produknya di media sosial tersebut, dimana fitur itu bisa dimanfaatkan para pengiklan untuk menargetkan iklan mereka. Beberapa fitur para pengiklan yang ditawarkan Facebook antara lain:

  1. Kepada siapa iklan akan ditampilkan
  2. Di wilayah mana iklan akan tampil
  3. Pengguna umur berapa yang bisa melihat iklan
  4. Perilaku pengguna yang seperti apa
  5. Pengguna yang menyukai halaman apa
  6. Laki-laki atau Perempuan
  7. Alamat email pengguna berdomain apa (Gmail, Yahoo, atau Hotmail)
  8. Koneksi jaringan pengguna yang seperti apa (3G, 4G atau Wifi)
  9. Dan informasi pengguna lainnya.

Semua fitur-fitur tersebut ditawarkan oleh Facebook kepada pengiklan lho. Jadi kita bisa menyimpulkan bahwa Facebook memang menyimpan dan mengumpulkan informasi penggunanya.

Facebook klaim lindungi data penggunanya

Meskipun begitu, Facebook mengklaim bahwa mereka melindungi data-data penggunanya. Terkait masalah pengiklanan yang tertarget, Facebook mengatakan pengiklan tidak bisa mendapatkan data mentah yang lebih spesifik. Para pengiklan hanya memberitahu Facebook tentang seperti apa orang yang bisa melihat iklan tersebut, kemudian Facebook membuat kecocokan dan menampilkan iklan itu kepada pengguna yang cocok tadi.

Facebook memang lagi gencar-gencarnya menjaring para pengiklan. Bahkan hampir sebagian besar keuntungan Facebook memang berasal dari periklanan. iklan menjadi solusi yang bijak untuk meraih keuntungan disaat produk dilepas secara gratis dipasaran.

Meskipun begitu, sebenarnya bukan hanya Facebook yang bisa mengumpulkan dan menganalisis data pengguna, tapi hampir semua perusahaan saat ini juga mengumpulkan data penggunanya. Tujuannya untuk apa? Supaya kedepannya produk mereka bisa lebih baik lagi. Dan sekarang, tergantung pada diri kita sendiri. Bijaklah membagikan informasi pribadi apapun dan di manapun. Hargailah privasi Anda sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here