6 Tips Membangun Bisnis Jasa Titip Beli, Peluang Besar Mendapat Untung!

jasa-titip-beli

Teknologi dan kreatifitas para pebisnis terus berkolaborasi mengembangkan berbagai model bisnis baru secara online. Jika dahulunya para pebisnis onlineshop hanya membuka lapak di beberapa marketplace saja, maka beda halnya dengan sekarang. Saat ini ada banyak model bisnis online yang marak digunakan oleh para pebisnis, khususnya di Indonesia, seperti reseller, dropshipping, afiliasi dan lain sebagainya.

Terkait dengan model bisnis online shop yang menggunakan pihak ketiga di atas, ada satu model bisnis yang sebenarnya sudah lama muncul namun masih belum banyak yang mengenal dan jarang ada yang mengembangkannya. Yaitu bisnis Jasa Titip Beli. Model bisnis macam ini cukup banyak meraup untung dengan modal yang hampir gratis.

Nah, sebelum beranjak pada tips membangun bisnis Jasa Titip Beli, berikut ini sedikit ulasan mengenai apa itu model bisnis jasa titip beli dan keuntungan yang bisa didapatkan dari model bisnis ini.

Apa Itu Bisnis Jasa Titip Beli?

Jasa Titip Beli seringkali disebut dengan Jastip (singkatan). Jasa Titip beli ini merupakan suatu model bisnis shopping dimana pihak ketiga menerima titipan dalam pembelian suatu produk. Misalnya, kamu membuka bisnis Jasa Titip Beli. Nah, kamu bertugas mencarikan barang-barang pesanan customer di beberapa mall atau tempat belanja lainnya.

Dari jasa yang kamu lakukan, kamu akan mendapatkan bayaran. Mengenai pembayaran ini beragam, ada yang menetapkan biaya sekitar Rp 5.000 – Rp 30.000. Namun ada juga yang menetapkan biaya dengan menggunakan prosentase dari harga barang yang dibeli. Ini tergantung dari kebijakan yang kamu buat.

Apa Keuntungan yang Bisa Didapat dari Jasa Titip Beli?

Jika tekun dalam mengembangkan model bisnis ini, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan. Kamu tidak hanya mendapatkan untung atas upah yang kamu dapat dari setiap pemesanan, namun juga dapat manfaat dari bonus yang biasanya ditawarkan oleh penjual seperti halnya voucher dan lain sebagainya.

Baca Juga: 6 Cara Mengolah Bisnis Olshop di Media Sosial yang Praktis Bagi Pemula

Nah, setelah mengetahui gambaran dari sistem Jasa Titip Beli serta keuntungan yang akan didapat darinya, tidak ada salahnya jika kamu mencobanya bukan? Nah, untuk membekali rencana kamu ini, kamu harus tahu beberapa tips membangun bisnis Jasa Titip Beli. Berikut ini tipsnya:

1. Pahami Sistem Kerja

Sekilas di atas sudah dijelaskan tentang ilustrasi sistem kerja Jasa Titip Beli, namun kamu harus tetap mencari berbagai informasi. Setiap pebisnis terkadang punya sistem yang berbeda-beda, contohnya dalam pengambilan upah. Ada yang sudah menentukan harga setiap barang, dan ada juga yang mengambil perhitungan dari prosentase dari harga barang yang dibeli.

Terkait dengan sistem pembayarannya, terdapat dua sistem pembayaran, yaitu pembayaran di awal atau pembayaran di akhir. Dengan pembayaran di awal, kamu harus menagih pembayaran terlebih dahulu, baru kemudian kamu membelanjakan uang yang telah dibayarkan untuk barang pesanan tersebut.

Berbeda halnya dengan pembayaran di awal, sistem pembayaran di akhir mengharuskan kamu untuk belanja barang pesanan dengan uang milikmu terlebih dahulu. Baru setelah barangnya dapat, mereka akan membayarkan barang yang dipesan tersebut.

Sistem ini mungkin sedikit beresiko kalau pelanggan membatalkan pesanan, padahal barang yang dipesan sudah kita beli. Akan tetapi sistem ini yang paling banyak digunakan untuk menarik kepercayaan pelanggan.

Namun diluar dari itu, kamu dianjurkan untuk jujur dan terbuka kepada pelanggan, baik masalah harga asli barang maupun tarif upah yang akan kamu ambil. Jangan pernah berbohong dalam memberitahukan harga asli, karena ini menyangkut kepercayaan pelangan.

Oleh karena itu tentukan sistem seperti apa yang ingin kamu terapkan untuk bisnis kamu ini.

2. Tentukan Target Pemasaran

Setelah merasa cukup paham dengan sistem kerja Jasa Titip Beli ini, selanjutnya tentukan target pemasaran yang akan kamu tekuni. Saat ini masih belum banyak pelaku bisnis yang mengembangkan model jasa titip beli. Hal ini memberikan peluang besar bagi kamu untuk dapat leluasa dalam memilih target pemasaran.

Kamu dapat memilih target pemasaran yang kamu suka, misalnya golongan emak-emak, kaum milenial, atau kamu khususkan untuk barang branded. Untuk hal ini, lebih baik pilih yang sesuai dengan hobi dan kesanggupan. Dengan begitu, kamu akan merasa nyaman dan tidak cepat bosan dalam menekuninya.

3. Pilih Media Promosi yang Tepat

Promosi merupakan senjata yang paling ampuh untuk mengepakkan sayap dalam dunia bisnis. Seperti yang diketahui, media yang paling praktis, efektif, dan ekonomis dalam mempromosikan sesuatu ialah di media sosial. Tidak hanya untuk mempromosikan produk, media sosial juga merupakan media yang paling menarik untuk mempromosikan jasa.

Dalam menggunakan media sosial sebagai promosi, sebaiknya kamu fokuskan satu media sosial untuk dijadikan media promosi. Sedangkan akun lainnya kamu gunakan sebagai media pendukung untuk membagikan informasi postingan di akun tersebut.

Misalnya kamu memilih media Instagram untuk media promosi, kamu dapat menghubungkan atau membagikan postingan tersebut di facebook atau media lainnya. Atau kamu bisa membagikan tautan dari postingan kamu di Instagram. Dengan begitu, kamu akan lebih terfokus untuk memaksimalkan promosi untuk bisnis yang ditekuni.

4. Gunakan Kartu Kredit

Pada umumnya kartu kredit bekerjasama dengan banyak merchant tertentu yang menawarkan banyak promo yang menarik. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari hal ini ialah ketika barang titipan yang kamu cari ada di merchant tersebut, otomatis kamu akan mendapatkan promo tersebut.

Kemudian kamu dapat menjual barang itu dengan harga normalnya. Nah, dengan begitu kamu akan mendapatkan keuntungan yang lumayan. Jadi dengan menggunakan kartu kredit, kamu akan memiliki peluang lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan yang besar karena adanya banyak promo yang ditawarkan.

5. Datangi Event-event

Salah satu tips yang perlu kamu lakukan dalam menjalani bisnis Jasa Titip Beli ini ialah mendatangi berbagai event sesuai dengan produk dan pasar yang kamu geluti. Mengapa? Karena pada umumnya, di sebuah event harga barang lebih murah dari pada tempat jual biasanya.

Selain harga yang ditawarkan lebih murah, dibeberapa event tersebut juga menyediakan varian produk yang lebih beragam. Ini menjadi suatu keunggulan bagi kamu, karena kamu akan lebih leluasa dalam menawarkan berbagai jenis barang dengan harga yang murah. Pelanggan tentunya akan sangat tertarik dengan hal itu.

6. Suguhkan Pelayanan Terbaik

Hal yang paling penting dalam mengembangkan bisnis Jasa Titip Beli ini ialah bagaimana kamu mengolah kepercayaan dari para pelanggan. Jika kamu menggunakan sistem pembayaran yang membuat pelanggan nyaman, maka mereka akan senang berlangganan pada bisnis yang kamu kembangkan.

Dalam mengembangkan bisnis ini, kamu harus memastikan setiap barang yang dipesan merupakan barang yang berkualitas dan sesuai dengan yang diharapkan para pelangganmu. Intinya, kamu memberikan loyalitas yang tinggi terhadap pelanggan-pelanggamu. Bangunlah kepercayaan mereka dengan loyalitas yang kamu suguhkan.

Selagi kamu menerapkan tips membangun Jasa Titip Beli dengan cerdas dan tekun, maka peluang untuk meraih keuntungan juga akan besar, mengingat masih belum banyak pelaku bisnis yang menggeluti model bisnis ini.  Semoga Bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here