9 Tips Mengerjakan Tugas Menggunakan Komputer Agar Bisa Menghemat Waktu

0
tips mengerjakan tugas di komputer-min

Menurut sebuah pengamatan, ada 3 jenis kebiasaan pengguna komputer saat ini. Mereka yang menggunakan mouse, mereka yang lebih nyaman menggunakan keyboard, dan mereka yang lebih suka berbicara dengan Cortana atau Siri. Apa pun cara yang kamu gunakan, itu tidaklah penting. Karena terkadang kita cenderung lebih suka cara yang sederhana dan mudah dioperasikan. Nah jika kamu saat ini sedang mengerjakan tugas menggunakan komputer, berikut ini beberapa tips mengerjakan tugas menggunakan komputer agar bisa menghemat waktu.

1. Tanyakan kepada Google tentang masalah yang Anda hadapi sebelum pergi ke ahli PC.

Sebagian besar masalah yang berhubungan dengan IT merupakan masalah sederhana yang dapat dengan mudah diselesaikan dengan mengikuti beberapa langkah. Namun, kebanyakan orang justru panik duluan ketika masalah terjadi pada PC-nya, kemudian langsung pergi ke tempat perbaikan PC terdekat.

Ingat untuk tetaplah tenang, lebih baik Kamu lebih dulu mencari solusinya di internet. Kunjungilah forum-forum Microsoft atau berbagai forum terkait jenis teknologi yang sedang kamu gunakan. Kamu mungkin akan menemukan solusinya di sana dan tidak perlu mengeluarkan uang untuk pergi ke tempat perbaikan PC.

2. Baterai laptop akan mengisi baterai lebih cepat saat dalam mode pesawat.

Ketika laptop kamu dalam airplane mode, itu artinya banyak fitur seperti Wi-Fi dan Bluetooth akan dinonaktifkan secara paksa. Hal ini akan menghilangkan tekanan baterai dan memungkinkan pengisian daya lebih cepat daripada jika dioperasikan secara normal.

3. Aktifkan bantuan asisten pribadi

Untuk pengguna PC dengan versi windows 10 terbaru, Microsoft telah merilis fitur asisten bernama Cortana. Layaknya Google Asisten pada smartphone Android,  Cortana dapat memandu kamu melakukan sesuatu pekerjaan sederhana yang dibutuhkan cepat seperti mengaktifkan wifi dan lain-lain.

Nah kamu bisa mengaktifkan fitur Cortana hanya dengan beberapa step saja. Setelah itu kamu bisa menjalankan Cortana dengan ucapan “Hey Cortana”, maka Cortana akan mengajukan pertanyaan kepada kamu untuk membimbing setiap permasalahan. Jika kamu menggunakan MacBook, kamu cukup menekan tombol siri atau mengucapkan “Hey Siri” untuk Mac versi terbaru.

4. Ctrl + T membuka tab baru pada browser

Ketika kamu punya banyak pekerjaan di PC dan web browser adalah tools  andalan Anda, mungkin membuka tab baru pada browser adalah tindakan yang Anda lakukan berkali-kali sepanjang hari. Alih-alih melakukannya secara manual melalui mouse, Anda cukup menekan “ctrl” dan huruf T kemudian tab baru akan terbuka. Jika Anda menggunakan MacBook, Anda cukup menekan “command” dan “ctrl.”

5. Ctrl + Q untuk keluar dari browser web Anda.

Cara pintas lain yang sangat bermanfaat adalah ketika hendak keluar dari web browser. Dalam hal ini, kamu bisa menekan “ctrl” dan huruf W. Sekali lagi, jika kamu menggunakan MacBook, kamu harus menggunakan tombol “command” dan tombol “ctrl”. Dengan cara ini maka semuanya bisa terjadi sedikit lebih cepat.

6. Ctrl + I mengubah gaya teks menjadi miring.

Saat kamu mengerjakan sebuah tugas di Microsoft Word, mungkin huruf italic akan sering kamu gunakan untuk menandakan bahwa ada kata yang merupakan sebuah objek. Nah untuk mempesingkat waktu, kamu bisa menggunakan kombinasi tombol “ctrl” dan tombol huruf i. Untuk pengguna Mac, Anda harus menekan tombol “command” dan huruf I untuk melakukan tindakan yang sama.

7. Ctrl + B mengubah gaya huruf menjadi tebal

Kalau kamu bingung bagaimana cara menebalkan huruf saat membuat teks di word atau di aplikasi pengeditan teks lainnya, maka kamu bisa menekan kombinasi ctrl+b.

8. Ctrl + S untun save file

Ketika mengerjakan sesuatu di Microsoft Word atau program pengeditan lainnya, save merupakan hal yang terpenting yang wajib kita lakukan. Untuk memudahkan melindungi dokumen kamu, dan tak perlu repot-repot mengklik di mouse, Kamu bisa memanfaatkan kombinasi tombol “ctrl” dan tombol S untuk mengsave file tersebut. Jika kamu menggunakan Macbook, kamu harus menggunakan tombol “command” dan tombol S.

9. Ctrl + Z untuk membatalkan perintah

Kesalahan mungkin tak bisa kita hindarkan ketika kita mengedit sebuah file, baik di word, mengedit foto, dan lain sebagainya. Nah untuk mengembalikan editan tersebut menjadi sebelumnya, atau istilahnya mengurungkan sebuah perintah, kamu bisa menekan tombol “ctrl” dan tombol Z. Jika pengguna Macbook, kamu harus menggunakan tombol “command” dan Z.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here