9 Tips Menjalani Hubungan LDR Supaya Tetap Awet dan Tidak Mudah Bertengkar

hubungan-ldr

Ada kalanya Kamu harus menjalani hubungan jarak jauh dalam kehidupan ini. Begitu juga dengan pasangan kamu. Komunikasi yang baik memang sangat diperlukan untuk bisa membuat kehidupan rumah tangga atau hubungan pacaran menjadi menarik dan tetap harmonis. Tentu saja, ada banyak sekali tips menjalani hubungan LDR yang bisa terus diterapkan agar hubungan Kamu bersama pasangan menjadi semakin romantis.

Tentu saja hal ini menjadi tantangan tersendiri, karena memang ada banyak sekali tantangan dan hambatan ketika menjalani LDR, seperti tidak bisa bertemu secara bebas maupun memberikan perhatian lebih. Kamu tidak bisa secara fisik terus ada di samping pasangan Kamu dan tidak bisa menghabiskan waktu bersama.

Ada banyak sekali cara dan tips menjalani hubungan LDR yang dapat Kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kamu perlu menerapkannya secara rutin dan terus menerus. Masalah utama yang akan sering dihadapi adalah Kamu jadi tidak mengetahui dengan persis mengenai sifat pasangan Kamu saat ini. Bisa saja ada kebiasaan yang berubah bukan.

1. Perlu Sesekali Berkunjung

Saat ini memang hampir sebagian besar pasangan suami istri memiliki penghasilan masing-masing yang mana bisa jadi hubungan LDR tersebut disebabkan oleh pekerjaan. Namun, Kamu harus meluangkan waktu dan dapat saling mengunjungi satu sama lain dalam waktu yang telah disetujui.

Misalkan, bulan ini giliran Kamu yang mengunjungi pasangan. Maka bulan depan giliran pasangan yang mengunjungi kamu. Hal ini dapat terus membuat Kamu dan pasangan menjadi dekat dan bisa melepas kerinduan pada saat bertemu. Kamu dan pasangan justru akan menjadi lebih menghargai satu sama lain untuk setiap detik yang dihabiskan bersama-sama.

Kamu harus mengunjungi rumah satu sama lain dan bukan hanya merancang jadwal liburan bersama. Kamu dan pasangan juga akan dapat memahami kebiasaan satu sama lain dengan menggunakan metode ini. Dengan memahami satu sama lain, maka Kamu dan pasangan akan semakin dekat dan tetap mampu menjalani hubungan LDR ke depannya dengan baik.

2. Dapat Berbagi Mengenai Suka Duka

Setiap individual dari suatu pasangan pasti mengalami hari yang berbeda-beda. Ada kalanya Kamu akan merasa senang dan ada kalanya Kamu akan merasakan kesedihan akibat suatu kejadian. Hal tersebut juga berlaku bagi pasangan Anda. Setiap kejadian tersebut bisa Kamu bagi dengan pasangan.

Bila pasangan Kamu sedang bahagia, maka Kamu bisa saja mengucapkan kata-kata yang bisa membuatnya lebih bahagia. Jika pasangan sedang merasa sedih, maka Kamu bisa saja memberikannya kata-kata yang dapat memberikannya semangat. Hal tersebut bisa menjadi mood booster bagi pasanganmu dikala hatinya sedang bersedih.

Contoh dari kasus bahagia yang bisa diceritakan adalah naik jabatan atau adanya mall baru yang menjual barang-barang yang disukai oleh pasangan Kamu di kota tempat Kamu tinggal. Kamu juga bisa berbicara mengenai adanya barang-barang koleksi yang sering dicari oleh pasangan Kamu di kota tempat Kamu tinggal saat ini.

Kamu harus sering melakukan komunikasi dengan pasangan saat melakukan hubungan LDR. Kamu juga bisa menambahkan beberapa bagian yang lebih mendetail pada saat bercerita. Hal ini akan membuat hubungan Kamu menjadi lebih baik ke depannya.

3. Perlu Melakukan Video Chat

Komunikasi melalui telepon memang merupakan hal yang penting dalam menjalin hubungan LDR. Hal tersebut perlu untuk dilakukan setiap hari. Perkembangan teknologi membuat Kamu dapat lebih dari sekedar mendengarkan suara dan dapat melihat wajah satu sama lain dengan menggunakan video chat.

Meskipun Kamu sedang sangat sibuk, Kamu bisa saja menyempatkan waktu untuk melakukan video chat ini. Misalkan pada saat Kamu sedang beristirahat, maka Kamu bisa menghubungi pasangan Anda. Melihat wajah satu sama lain dapat membuat Kamu dan pasangan saling merindukan satu sama lain dan mempererat hubungan yang dilakukan secara LDR.

Bahkan, Kamu juga akan dapat mengetahui apakah pasangan Kamu sedang bahagia atau sedih ketika sedang menghubungi Kamu melalui video chat. Pada saat Kamu sedang lembur, Kamu dapat sesekali melakukan video chat setelah menyelesaikan pekerjaan Kamu di kantor. Hal ini akan membuat pasangan Kamu mengerti mengenai situasi tempat Kamu bekerja.

Kamu juga akan dapat mengetahui tempat bekerja pasangan Kamu dengan melakukan video chat pada saat pasangan berada di kantor dan sudah menyelesaikan pekerjaannya. Dengan terus melakukan hal ini, kalian berdua mungkin akan mengerti satu sama lain bahwa kalian berdua harus mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

4. Berbagi Foto Lebih Sering

Salah satu tips menjalani hubungan LDR yang lainnya yaitu berbagi foto dengan lebih sering. Kamu perlu untuk menjadi lebih narsis dan membagikannya secara spesial hanya kepada pasanganmu. Tentu saja, Kamu tidak harus selalu memberikan foto cantik ala Instagramable kepada pasanganmu.

Kamu bisa memberikan berbagai macam foto berdasarkan situasi Kamu saat ini. Namun, sebisa mungkin untuk membuatnya balance antara foto natural dengan foto yang sedikit necis dan rapi. Hal ini akan dapat membuat transparansi dalam menjalankan kehidupan masing-masing.

Hal ini juga dapat dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan antara Kamu dengan pasangan. Kamu tidak perlu membeli kamera khusus untuk melakukan ini, Kamu hanya perlu menggunakan kamera bawaan dari smartphone bagaimana pun kondisinya.

5. Selalu Bersedia untuk Memberikan Perhatian kepada Pasangan

Hidup berjauhan kadang membuat kita merasa ada sesuatu hal yang terlewatkan yang Kita tidak ketahui mengenai pasangan sendiri. Hal ini tidak akan bisa dielakkan, meskipun Kamu sudah mencoba untuk membangun komunikasi yang sering dengan pasangan.

Beberapa hal yang bisa jadi terlewatkan adalah lagu baru apa yang mungkin ia sukai atau mungkin drama apa yang sedang ia sukai. Itu hanya merupakan contoh kecil saja dan mungkin ada contoh lain yang Kamu belum pernah dengar.

Sebisa mungkin Kamu jangan cemburu dengan pasangan Kamu mengenai siapa saja yang sedang menjadi temannya. Bisa jadi temannya itu mengetahui pasanganmu lebih baik dibandingkan dengan kamu sendiri, karena memang dia hidup dengan jarak yang lebih dekat dengan pasanganmu.

Kamu tidak perlu menjadi cemburu akibat hal tersebut. Hal itu sudah menjadi konsekuensi dari hubungan LDR. Justru Kamu harus berterima kasih, karena akhirnya kabar tersebut bisa sampai ke telinga Kamu melalui orang lain.

6. Saling Menghargai Satu Sama Lain

Kunci lainnya yang perlu diperhatikan dalam menjalani hubungan LDR adalah menghargai satu sama lain. Penghargaan yang dimaksud bisa berupa waktu maupun hal lainnya. Adakalanya, pasangan Kamu mendapatkan projek besar yang penting dan lupa untuk menelpon Kamu seharian.

Bisa juga pasangan tidak sempat menelpon karena sedang sakit. Apapun itu, cobalah untuk mendengar terlebih dahulu tanpa diliputi dengan berbagai perasaan curiga. Kamu juga harus menghargai setiap keputusan yang diambil dan apabila tidak setuju, maka Kamu dapat menyampaikan usulan dengan baik.

Kamu dapat berdiskusi dengannya menggunakan nada yang enak untuk didengar. Arahkan juga bahwa Kamu selalu mendukung apapun keputusannya dan berikan pujian serta beri masukan setelah itu. Cara ini dinilai sangat efektif untuk dapat didengarkan oleh pasangan tanpa mengeluarkan emosi sama sekali.

7. Rancang Liburan Bersama yang Mengesankan

Cara berikutnya yang dapat dilakukan untuk bisa menikmati waktu bersama pasangan adalah merancang liburan ke suatu tempat yang mengasyikkan bersama. Kamu bisa saja menyebut hal ini sebagai honeymoon lagi. Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata alam yang dapat Kamu jelajahi berdua.

Kamu bisa saja menyewa sebuah cottage di tengah perairan maupun menyewa hotel dengan pemandangan sunset yang indah. Hal ini akan dapat menambahkan kesan romantis dan mengesankan pada saat Kamu berdua bersama-sama.

Beberapa tempat wisata alam menarik yang cocok digunakan untuk melakukan honeymoon adalah Bali, Raja Ampat, Nusa Penida, maupun Karimun Jawa. Sebetulnya, Indonesia masih memiliki banyak lagi tempat alami yang menarik dan patut untuk dikunjungi saat Kamu memiliki waktu lebih bersama dengan pasangan.

8. Menghargai Waktu Me Time Satu Sama Lain

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada orang yang introvert dan juga ekstrovert. Sudah pasti keduanya memiliki sifat yang sangat bertolak belakang. Saat Kamu memiliki pasangan dengan sifat introvert biasanya Kamu perlu untuk memberikan dia Me Time. Saat ia menjalani waktu untuk dirinya sendiri, biasanya ia tidak ingin untuk diganggu sama sekali.

Kamu harus memberinya ruang untuk dapat menikmati hidup bersama dengan dirinya sendiri. Saat pasangan introvert Kamu sedang ingin Me Time, maka Kamu harus melupakan sejenak komunikasi dengannya. Kamu bisa saja mneghabiskan waktu dengan berbenah rumah atau hangout bersama teman-teman.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan pada saat pasangan introvert Kamu sedang ingin Me Time. Namun, bagi Kamu yang memiliki pasangan dengan sifat ekstrovert, maka Kamu dapat mencoba untuk membetahkan diri mendengarkan banyak sekali ocehan yang keluar dari mulutnya.

Orang dengan sifat ekstrovert biasanya akan lebih banyak bicara setiap kali mendapatkan kejadian, baik suka atau duka dalam hidupnya. Semakin Kamu mampu mengetahui sifat dari pasangan Anda, maka kamu bisa mengenal dirinya lebih mendalam. Intinya Kamu dan pasangan harus menjadi peka satu sama lain.

9. Ciptakan Goal untuk Tinggal Bersama Suatu Hari

Hubungan LDR ini suatu saat harus diakhiri saat sudah mencapai suatu goal. Salah satu contoh goal adalah ketika sudah mencapai impian dan cita-cita tertentu, maka mulailah pikirkan untuk bisa tinggal bersama pasangan.

Bagaimanapun salah satu dari Kamu atau pasangan Kamu harus ada yang mengalah. Ingat bahwa mengalah bukan berarti Kamu kalah, melainkan Kamu sudah menjadi orang yang lebih dewasa. Tidak semua orang yang sudah memiliki pasangan dapat menjadi lebih dewasa. Kamu juga harus mengingat bahwa ketika pintu yang satu tertutup, maka pintu lainnya akan terbuka.

Kamu juga harus percaya bahwa orang yang rajin bagaimanapun akan dapat survive dalam mencari berbagai macam kesempatan. Maka dari itu, Kamu tidak perlu mencemaskan akan masa depan, karena Kamu sudah banyak menabung.

Tinggal bersama tetap akan menjadi hal yang penting. Ini demi terjalin hubungan yang sehat. Toh, di kota baru mungkin Kamu akan dapat mencari pekerjaan baru yang lebih baik. Jika tidak, mungkin ini saatnya Kamu memulai untuk berbinis. Nah itulah tips menjalani hubungan LDR supaya tetap awet dan tidak mudah bertengkar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here