6 Trik Sukses Dalam Mengembangkan Bisnis

Trik Sukses Dalam Mengembangkan Bisni

Halo teman-teman kali ini kami akan mengulas sedikit trik sukses dalam mengembangkan sebuah bisnis. Kalian pasti ingin menjadi pengusaha dan menghasilkan keuntungan untuk kalian sendiri, kan. Cita-cita menjadi seorang pebisnis sukses merupakan impian dari banyak orang. Saat kalian mengembangkan bisnis, kalian di tuntut untuk mendapatkan laba sebanyak-banyaknya dan memperkecil kerugian sekecil-kecilnya.

Untuk kalian yang baru memulai bisnis, kalian janganlah terburu-buru akan arus keuntungan yang dijanjikan kedepannya sangat besar apa tidak. Kalian terlebih dahulu harus menetapkan beberapa perencanaan agar bisnis kalian kelak akan bisa bertahan lama.

Banyak pebisnis pemula yang lepas kendali pada awal merintis bisnis mereka, padahal dunia bisnis merupakan dunia yang dipenuhi dengan ketidakpastian. Untuk itu kami akan membahas beberapa tips sukses dalam mengembangkan bisnis agar tidak terpicu iming-iming keuntungan sesaat, langsung saja simak ulasan berikut!

1. Jangan Mencampurkan Keperluan Pribadi Dengan Keperluan Bisnis.

Banyak dari kalian yang mencampur keperluan pribadi dengan keperluan bisnis, tentunya tindakan ini merupakan tindakan yang salah. Menurut penelitian para ahli para pemula yang menjalankan bisnis terkadang mengabaikan peraturan ini.

Dalam hal pemasukan para pengusaha biasanya memberlakukan bahwa uang tersebut berasal dari sumber yang sama dan berujung pada hal yang sama, kadang pengeluaran untuk bisnis tercampur aduk untuk pengeluaran pribadi, dan ini menyebabkan pengusaha menjadi bingung karena pemasukan dan pengeluaran menjadi tumpang tindih.

Cara paling mudah untuk mentaati peraturan ini ialah dengan membuat pencatatan pribadi dan pencatatan bisnsi atau bisa juga dengan memisahkan bank untuk pribadi dan bisnis. Dengan begitu rekam jejak akan terlihat jelas dan transparan. Selain itu, pelaporan keuangan kalian juga akan tersusun secara terstruktur.

2. Efisien Dalam Pengeluaran.

Dalam mengembangkan bisnis, kalian harus bertindak efisien dalam pengeluaran. Bukan berarti kalian pelit tetapi kalian tidak perlu mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak perlu. Kalian harus memiliki perencanaan dan mengerti hal-hal yang dapat kalian prioritaskan dan mengenyampingkan hal-hal yang tidak kalian perlukan.

Kalian boleh mengeluarkan uang ketika sesuatu itu benar-benar dibutuhkan saja. Dalam bisnis kalian harus menekan pengeluaran sekecil-kecilnya dan memperbesar laba sebanyak-banyaknya.

3. Biaya Tenaga Kerja

Tenaga kerja merupakan komponen vital dalam sebuah bisnis. Tentunya ketika kalian mengembangkan bisnis skala besar atau nantinya akan menjadi tumbuh besar, maka kalian pasti membutuhkan yang namanya tenaga kerja. Kalian harus memaksimalkan penghitungan dalam memberikan gaji ke pegawai kalian seperti menghitung lembur, tunjangan kesehatan, dll.

Namun kalian tidak boleh terlalu perhitungan terhadap pegawai kalian. Karena menurut para ahl,  pegawai merupakan investasi yang berharga, pergantian pegawai yang terlalu sering mengakibatkan bisnis menjadi tidak sehat. Oleh karena itu, ketika bisnis berjalan dengan baik, kalian jangan ragu memberikan insentif atau bonus untuk memompa semangat kerja para pegawai kalian.

4. Bayar Tagihan dan menagih piutang Tepat Waktu.

Trik selanjutnya terlihat simple namun ketika anda meremehkannya bisa membuat bisnis anda menjadi tamat. Kalian jangan menganggap enteng sebuah tagihan, tagihan merupakan tanggungjawab kalian.

Kalian harus tepat waktu dalam membayar tagihan seperti tagihan gaji karyawan, listrik, asuransi, atau pinjaman.Tagihan merupakan beban yang harus segera kalian lunasi karena ketika kalian mengabaikannya kelak itu akan menjadi penyakit bagi bisnis kalian.

Dan yang kedua kalian harus menagih piutang pelanggan tepat waktu, banyak bisnis yang bangkrut ketika modal yang harusnya terbayarkan dan keuntungan yang harusnya tercatat menjadi tidak bisa di catat karena ketidakmampuan bisnis itu untuk menagih piutang tepat waktu. Trik ini bisa menyelamatkan bisnis kalian dan membuat bisnis kalian panjang umur.

5. Perhatikan Pelaporan Keuangan.

Berikut ini merupakan trik yang cukup rumit namun sangat ampuh mengontrol bisnis kalian. Trik sukses usaha yang satu ini bisa kalian ikuti secara mudah dengan menggunakan sistem buku kas atau aplikasi yang kini banyak tersedia di gadget atau mencatatnya dalam sebuah buku.

Kemudian, masukanlah komponen utama penerimaan yang bisa diantisipasi beserta dengan pengeluarannya, sehingga kalian bisa memperkirakan arus kas yang tersedia.

Perlu diingat agar kalian selalu memperbarui catatan ini agar arus kas tetap terpantau dan bisa disesuaikan dengan rencana bisnis. Dan kalian harus memperhitungkan dan merekap setiap pemasukan dan pengeluaran pada akhir bulan.

6. Meminta Saran Kepada Yang Lebih Berpengalaman.

Ketika kalian menjalankan sebuah bisnis jangan ragu meminta pengalaman kepada seseorang yang lebih berpengalaman atau yang lebih dahulu terjun ke dalam bisnis tersebut.

Pengalaman merupakan guru terbaik, anggap saja kalian sedang berjalan dan seseorang memberi tahu di mana letak lubang di jalan itu dan bagaimana cara menghindarinya, maka jika kalian mempelajarinya, maka kalian mungkin akan terhindar dari terperosok dari lubang tersebut.

Dan ini berlaku untuk kalian yang baru memulai bisnis ataupun yang sudah lama mendalami dunia bisnis tersebut, pada intinya dapatkan ilmu sebanyak-banyaknya dari orang-orang yang berpengalaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here