5 Cara Bedah Dana Liburan yang Efisien dan Lengkap

5 Cara Bedah Dana Liburan yang Efisien dan Lengkap
5 Cara Bedah Dana Liburan yang Efisien dan Lengkap
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Liburan merupakan saat yang sangat dinanti-nanti bagikebanyakan orang. Paling tidak, sekali dalam setahun, anda butuh liburan untukmelepas lelah dan penat setelah menghadapi rutinitas & aktivitas harian,ditambah kemacetan lalu lintas yang menambah kadar stress bagi anda yangtinggal di kota-kota besar.

Bicara liburan, pasti tak lepas bicara soal budget. Untukmengupas soal budget, terlebih dahulu pahami tipe karakter traveler dalam dirianda. Apakah anda termasuk tipe traveler backpacker atau tourist?

Kalau anda tipe tourist, pasti memerlukan budget yang lebihbesar, sehingga anda perlu menabung lebih banyak dan mungkin lebih lama, dibandingtipe traveler backpacker.

Tapi kedua tipe tersebut, tetap saja membutuhkan biaya.Jadi, tidak sembarangan anda bisa jalan pergi begitu saja, tanpa ada rencanabudget. Yang ada bukan anda bersenang-senang selama liburan, tapi anda akan dapatmasalah di tempat destinasi wisata.

Selanjutnya exsploitasi tempat destinasi liburan anda! Caritahu tempat tersebut menjadi surganya apa? Surganya kuliner kah? Surganyapemandangan kah? Surganya belanja kah? Hal ini akan menentukan biaya liburanyang akan anda keluarkan. Kalau tujuan wisata anda merupakan surganya belanja,pasti anda harus siap-siap budget yang lebih besar untuk berbelanja.

Karena itu, sebelum berangkat berlibur, tak ada salahnyaanda membedah dana apa saja yang akan dikeluarkan saat liburan. Sehinggasemakin mematangkan rencana liburan dan pastinya membuat anda lebih nyamanmenikmati waktu liburan.

Berikut penjelasan beberapa budget untuk liburan, yangsebaiknya anda berikan perhatian dan disiapkan jauh-jauh hari sebelum deadlinewaktu liburan anda tiba:

1. BudgetTransportasi

Transportasi pasti menjadi hal yang sangat penting ketikaanda sudah memiliki niat untuk berlibur, meskipun anda berlibur hanya ke tempatyang tidak jauh dari tempat tinggal anda.

Untuk anggaran transportasi liburan sendiri ada 2 jenis,yaitu:

  • Transportasi Ke Tempat Destinasi

Untuk biaya transportasi ini, berkaitan dengan transportasiapa yang anda gunakan untuk mencapai destinasi liburan anda. Pilihannya bisamenggunakan pesawat, kapal, bus, kereta api atau road trip baik barengteman-teman atau sendiri.

Kalau harga pesawat murah, sebaiknya gunakan pesawat, karenabisa lebih menghemat waktu perjalanan dan memberikan anda lebih banyak waktu untukmenjelajah tempat destinasi wisata anda.

Tapi apabila anda tipe orang yang suka menikmati indahnyapemandangan laut, anda bisa menggunakan kapal atau menggunakan kereta kalauanda suka menikmati pemandangan alam sekitar.

Naik bus bisa menjadi alternatif terakhir. Memang murah,tapi sangat memakan waktu, kecuali anda tipe orang yang menikmati perjalanandarat yang jauh dan lama.

  • Transportasi di Tempat Liburan

Kalau anda liburan ke tempat-tempat liburan dimanatransportasi publik banyak, dan jarak kemana-kemana tidak jauh, aka bisadisiapkan dengan budget yang tidak terlalu besar.

Namun apabila anda memang harus berlibur dimana transportasipublik di sana sulit dan jarak kemana-kemana jauh, sebaiknya siapkan danakhusus untuk untuk biaya ini. Karena mau tidak mau, anda harus menggunakantaksi atau kendaraan sewa, seperti motor atau mobil.

Sewa motor memang tidak terlalu mahal dibanding sewa mobil. Namunapabila anda tipe orang yang tidak mudah mengerti membaca peta dan seringkesasar, sebaiknya anda sewa mobil sekaligus dengan supirnya. Sehingga andatidak perlu repot memikirkan rute jalan.

Nikmati saja waktu dan tempat liburan anda untuk menghempas segala kepenatan yang setiap hari anda harus hadapi. Sebelum menyewa, lakukan dulu survey untuk mendapatkan rate terbaik.

Silakan manfaatkan internet untuk mencari informasi tersebut. Jangan lupa pikirkan tingkat keamanan, carilah tempat rental yang cukup lama dan terkenal, untuk meminimalkan resiko keamanan.

Baca Juga: 12 Tips Sewa Rental Mobil untuk Liburan yang Aman dan Nyaman

2. Budget Akomodasi

Kalau kamu liburan dengan tujuan destinasi daerah yang sudahmaju, biasanya kamu hanya akan dihadapkan pada penginapan jenis hotel bintang1-5, villa, condotel, atau setidaknya losmen.

Sebaiknya sesuaikan dengan budget liburan. Tempat penginapansaat libutan tidak perlu mahal, asal bersih dan nyaman. Toh saat anda menikmatiliburan, anda pasti jarang berada di kamar. Waktu anda akan lebih banyak  tempat destinasi wisata anda, dibanding tidurdan istirahat di kamar.

Penginapan paling hanya digunakan untuk tidur pada malamhari dan mandi. Kecuali anda punya budget berlebih dan menginginkan liburanyang exclusive.

Lain halnya juga, jika anda berlibur ke daerah-daerah yangterpencil, seperti menjelajah ke suku-suku pedalaman atau pantai, biasanya andamenginap di rumah-rumah penduduk. Dan pastinya biayanya tidak terlalu mahal.

Apalagi ketika anda berlibur, dimana di tempat liburantersebut, anda memiliki teman atau keluarga, biasanya mereka menawarkantumpangan penginapan. Jadi anda tidak perlu repot memikirkan biaya akomodasi.

3. Budget AktivitasLiburan

Biaya ini sebaiknya memiliki pos tersendiri, seperti biayauntuk masuk ke tempat-tempat wisata, dll. Sebelum berangkat, explore dulutempat wisata apa saja yang ada di daerah wisata tersebut, cek berapa biayamasuk masing-masingnya tempat wisatanya.

Siapkan juga uang tip untuk pemandu wisata atau orang-orangyang membantu anda saat liburan, sehingga mereka juga senang dan ikhlas memanduanda untuk menjelajah lingkungan destinasi wisata anda.

Saat anda liburan dengan tujuan pantai atau laut, biasanya andaharus menyewa beberapa peralatan juga, seperti public boat, alatsnorkeling/diving, jet-skiing, parasailing, atau peralatan lain. Siapkan budgetini khusus, agar anda benar-benar bisa menikmati dan melakukan apapun yangmenjadi surganya tempat destinasi wisata tersebut.

4. Budget Belanja

Untuk budget belanja, sebaiknya anda buat 2 pos yang berbedadan jangan dicampur, berikut diantaranya:

  • Belanja Pribadi

Siapkan dana ini di amplop atau dompet terpisah, janganmudah lapar mata yang membuat kalap berbelanja saat liburan. Gunakan budgetyang sudah disiapkan, jangan menggunakan kartu kredit, kalau tidak mau pusingsetelah pulang liburan.

Kecuali ketika anda berlibur ke luar negeri, dimana rupiahtidak laku. Tapi anda bisa mengakalinya dengan menukar rupiah terlebih dahuludengan mata uang di sana sebelum berangkat, dan anda bisa pisahkan dalam amplopatau dompet yang terpisah.

  • Belanja Oleh-Oleh          

Inget dong pesenan keluarga dab teman ketika mengetahui andaberlibur, “Jangan lupa oleh-olehnya ya...”Anda sebaiknya berikan porsi dana yang lebih besar agar anda bisa membelioleh-oleh bagi semua orang sekitar anda, sehingga tidak ada yang merasa irikarena anda lupa atau memang oleh-olehnya terbatas. Biasanya biaya oleh-olehini memang lebih besar dibanding untuk biaya belanja untuk kebutuhan sendiri.

5. Budget Kuliner

Sebelum berangkat liburan, jangan lupa mencari ulasanmakanan khas dari tempat destinasi liburan anda. Nikmati liburan anda denganmakanan-makanan khas di sana. Karena belum tentu anda menjumpainya lagi ditempat tinggal sehari-hari.

Hindari pergi ke mall hanya untuk sekedar makan. Lebih baikmakan di restoran-restoran terkenal yang menjadi bintang di tempat liburanwisata tersebut. Biasanya restoran tersebut menyajikan pemandangan dan servicekhas daerah tersebut yang dikemas secara eksklusif.

Apabila budget mentok, tidak perlu malu makan diwarung-warung pinggir jalan. Yang penting bersih. Rasanya pun banyak yanglumayan.