7 Cara Halus Mengkritik Teman yang Bau Badan agar Tidak Tersinggung

Teman yang Bau Badan

Pasti kamu semua yang baca artikel ini pernah punya temen yang bermasalah sama bau badan kan? Nah, kamu harus tahu bahwa terkadang orang yang memiliki bau badan tidak akan menyadari bau badannya sendiri. Bisa jadi itu disebabkan karena sudah terbiasa dengan bau yang selalu menemaninya.

Memang tidak bisa kita pungkiri bahwa bau yang tidak sedap memang selalu menjadi hal yang membuat kita tidak nyaman. Tapi bagaimana jika temanmu memiliki masalah dengan bau badan? Tentu hal itu sangat mengganggu. Akan tetapi, kamu harus bisa menyikapi hal itu.

Nah, ada baiknya kamu sebagai teman memberi tahu secara halus agar tidak menyinggung perasaan yang bersangkutan. Jangan malah memilih untuk tidak peduli, bahkan gak mau berteman dengannya. Karena kamu masih punya banyak cara yang bijak untuk menyikapi teman yang seperti ini.

Ada bebarapa cara halus untuk menegur teman yang memiliki masalah bau badan, diantaranya dengan pendekatan secara perlahan kemudian bicarakan secara halus dan memberi tahu maksud dan tujuan kamu. Jangan sampai membuat dia malu yang nantinya akan membuat dia tersinggung dengan teguran kamu.

Nah, kira-kira apa sih yang bisa dilakukan untuk menyikapi teman yang seperti ini? Tenang saja, ada cara halus buat menegur teman kamu yang punya masalah seperti diatas dan pastinya cara ini tidak akan menyinggung perasaannya. Yuk check it out!

1. Selipkan dalam Candaan

Hal dasar yang biasanya dilakukan ketika dalam suasana ringan. Beritahu masalah bau badan teman kamu dengan nada bercanda. Candaannya juga harus dikaitkan dengan bau badan ya. Dan bercandaanya harus ada kode yang diselipkan. Jangan sampai terkesan mencemooh atau sejenisnya.

Ada hal yang harus dihindari ketika mendapati teman yang memiliki bau badan, yaitu jangan menggunakan sindiran-sindiran yang dapat membuat temanmu malu didepan banyak teman-teman yang lain. Hal ini akan berdampak buruk pada kondisi psikisnya. Bisa jadi nanti temanmu gak mau sekolah karena selalu disindir seperti itu.

Jadi, dalam memilih bahan candaan, kamu harus memilihnya secara tepat dan bijak. Pikirkanlah candaan apa yang sekiranya tidak akan membuat dia tersinggung dan merasa malu. Apalagi kamu melakukan semua itu di depan orang banyak, itu akan sangat mengganggu kondisi psikisnya.

2. Berbicara Empat Mata

Nah, langkah lain yang harus kamu lakukan adalah mengajaknya berbicara 4 mata. Membicarakan masalah ini memang harus dibicarakan secara privat. Pembicaraan harus disertai dengan kehati-hatian ya. Tentu saja agar temanmu tidak tersinggung dan malu dengan apa yang kalian bicarakan.

Karena bagaimanapun, dimana-mana masalah bau badan memang menjadi hal yang sangat sensitif dan juga memalukan. Jadi, ketika berbicara dengannya harus menggunakan bahasa yang halus. Jangan sampai pembicaraan tersebut terkesan menuduh. Dan juga intonasi kamu ketika menyampaikan keluh kesah kamu harus diperhatikan.

Hal ini memang sulit untuk dilakukan, akan tetapi akan menjadi lebih baik jika kamu mampu melakukannya. Asalkan kamu menggunakan tata cara yang tepat dalam berbicara secara personal, maka semuanya akan mampu dia terima dengan mudah. Pembicaraanmu akan mudah untuk dia terima.

Baca Juga: 50 Kata Kata Menjaga Lisan dan Perkataan yang Buruk

3. Membicarakan Semua dengan Jujur

Kejujuran memang diperlukan, apalagi terkait dengan masalah bau badan ini. Jangan menutup-nutupi karena merasa tidak nyaman. Jelaskan bahwa yang kamu lakukan ini semata-mata hanya karena kamu peduli. Sebelum menyampaikan apa yang ingin kamu sampaikan, pikirkanlah dulu kata-kata yang pantas untuk kamu ucapkan.

Nyatakan bahwa kamu dan teman-teman yang lain tidak nyaman dengan bau badannya dan dia berhak tau masalahnya. Agar ketika nanti tak memiliki kesan buruk ketika bertemu orang baru. Berilah dia penjelasan atas semua kejujuran kamu itu merupakan kepedulian dan menginginkan hal yang lebih baik baginya.

4. Mendengarkan Apa yang Menjadi Keluhannya

Setelah selesai menyampaikan maksud dan tujuan kamu, mulailah untuk mendengarkan keluhan orang yang bersangkutan. Dengarkan sepenuh hati keluhan dia yang berkaitan dengan bau badannya. Dengarkanlah dengan sepenuh hati agar dia percaya bahwa kamu benar-benar peduli dan merasa dihargai.

Biasanya, bau badan ini terjadi akibat beberapa hal, bisa karena keadaan badan yang mungkin kurang sehat, atau mungkin ada alasan lainnya. Untuk itu, posisikan diri kamu untuk menjadi pendengar yang baik dalam menyikapi semua keluhannya. Tunjukkan rasa simpati atas semua keluhan yang dia utarakan.

5. Memberikan Solusi Atas Keluhannya

Cara-cara yang sudah dijelaskan tadi pasti secara tidak langsung akan membuat temanmu yang memiliki bau badan tersebut akan merasa nyaman menceritakannya kepadamu. Dia akan merasa lebih dekat karena kamu sudah peduli. Nah, setelah keluar dari zona permasalahan tadi. Saatnya kamu memberikan solusi untuk mengatasi bau badannya.

Pemberian solusi ini bisa jadi berupa merekomendasikan pemakaian deodorant, minyak wangi bahkan rajin mandi sekalipun. Atau bisa juga merekomendasikan jenis makanan yang harus dihindari dan jenis pakaian yang dikenakan. Atau mungkin hal-hal lain yang kamu ketahui terkait cara mengatasi bau badan. Semua itu bisa dijadikan rekomendasi atas solusi yang ideal.

6. Melihat Perkembangan

Cara yang satu ini bisa dilakukan setelah semua cara di atas sudah selesai dilakukan. cobalah untuk melihat perkembangan yang terjadi setelah kamu memberi masukan kepadanya. Jika sudah mulai ada peningkatan atau perkembangan kamu tak usah lagi membicarakan hal masalah bau badan itu lagi.

Namun, jika dirasa belum ada perkembangan mulai bicarakan lagi dengan temanmu, tanyakan apakah dia sudah melakukan saran dan masukan yang sudah kamu berikan sebelumnya. Jika dia menjawab iya, tanyakan juga apakah dia juga melakukannya secara rutin atau tidak.

Nah, jika hal itu masih belum berhasil kamu harus memberikan solusi produk-produk secara personal. Mungkin saja badan dia mengalami masalah yang memang membutuhkan perawatan khusus. Cara memberikan solusi produk-produk tersebut usahakan dengan cara yang baik agar dia tidak merasa malu atau tersinggung.

7. Bersiap dengan Reaksi yang Dia Berikan

Jika kamu adalah orang yang tak suka mencari masalah, maka ini akan menjadi hal yang sangat mendebarkan. Kenapa bisa? Karena kamu harus bersiap-siap dengan reaksi yang akan kamu terima ketika kamu sudah menyampaikan keluh kesahmu. Bisa jadi temanmu sangat malu terhadapmu sehingga dia enggan untuk memulai pembicaraan dengan kamu.

Atau bisa juga temanmu merasa tersinggung dan tak mau lagi berbicara denganmu. Semua kemungkinan hal itu harus siap kamu terima. Jika ada teman yang kemudian tersinggung atau marah kepadamu karena hal tersebut, jangan terlalu pusing memikirkannya. Bukankah kamu memberinya saran seperti itu untuk kebaikan dia? Iya kan.

Jadi biarkanlah, apa yang kamu lakukan bukanlah sesuatu yang tidak baik, kamu melakukan itu karena kamu peduli terhadap temanmu. Dan yakin saja bahwa suatu hari nanti temanmu akan sadar bahwa perbuatannya salah. Jangan ragu ya menyampaikan sesuatu jika menurutmu itu adalah demi kebaikan dan baik untuk disampaikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here