20 Cara Menggemukkan Badan dengan Alami, Cepat dan Sehat

berat-badan

Memiliki badan yang ideal tentu menjadi hal yang banyak diinginkan oleh semua orang. Badan yang ideal bukan berarti berat badan yang kecil, tentu hal tersebut salah. Tubuh ideal merupakan bentuk tubuh yang berada di kata sedang, tidak kecil ataupun besar, tidak kurus ataupun terlalu gemuk. Belum lagi tubuh ideal juga berarti kamu memiliki badan yang sehat dan bugar. Untuk kamu yang memiliki berat badan kecil tentu saja harus mencoba menaikkan berat badan agar tubuh menjadi ideal.

Memiliki badan yang terlalu kecil juga tidak enak untuk dipandang dan kurang menarik bagi penampilan. Menggemukkan badan dengan cara yang alami dapat kamu coba lakukan agar terhindar dari efek samping dan tubuh tetap sehat dan bugar. Berikut ini beberapa cara untuk menggemukkan badan yang bisa dicoba.

1. Olahraga teratur

Melakukan hidup sehat menjadi hal yang penting untuk dilakukan, jika kamu ingin menggemukkan badan secara alami maka lakukanlah olahraga secara teratur. Siapa yang bilang bahwa olahraga hanya dilakukan untuk orang yang ingin menurunkan berat badannya saja? Sebenarnya olahraga dilakukan untuk membantu hidup lebih sehat lagi.

Jika kamu menginginkan tubuh yang ideal dengan berat badan naik dan terasa sehat bugar, maka kamu harus olahraga. Menguntungkannya lagi, biasanya setelah kamu lelah berolahraga nafsu makan akan menjadi lebih meningkat dan tubuh akan mendapatkan asupan kalori lebih banyak.

2. Hindari minum sebelum makan

Seringkali kendala kamu tidak bisa menaikkan berat badan dikarenakan kebiasaan yang dilakukan, misalnya saja seperti kebiasaan minum sebelum makan. Jika memang ingin berat badan cepat naik, hindari minum sebelum makan sebab dapat membuat kamu merasa kenyang terlebih dahulu.

Air yang kamu konsumsi memang sering membuat kenyang dan akhirnya mengurangi nafsu makan. Akan jauh lebih baik jika kamu minum dengan porsi yang banyak 30 menit setelah makan, hal tersebut akan membantu penyerapan nutrisi dengan baik. Namun bukan berarti juga kamu tidak minum sama sekali ketika makan, ya!.

3. Konsumsi smoothies

Kebanyakan orang hanya berfikir bahwa smoothies dapat membantu menurunkan berat badan, sebenarnya minuman tersebut juga bisa membantu menggemukkan badan dengan sehat dan alami. Smoothies akan membantu kamu mendapatkan kalori, paling tepat jika kamu mengkonsumsinya setelah sarapan pagi. Jika sering mengkonsumsi smoothies maka penyerapan nutrisi akan bekerja dengan baik sehingga berat badan meningkat lebih cepat.

4. Lebih sering makan

Selanjutnya untuk membantu menaikkan berat badan tentu saja kamu harus lebih banyak makan. Daripada kamu harus makan tiga kali dalam sehari tetapi dengan porsi besar, maka ada baiknya makan 5-6 kali dalam sehari tetapi menggunakan porsi yang kecil. Lebih sering makan akan lebih baik, biasanya orang yang kurus akan cenderung cepat merasa kenyang, untuk itu tidak perlu menggunakan porsi besar untuk membuat kamu jadi gemuk, porsi kecil akan sangat membantu.

5. Konsumsi makanan nutrisi tinggi

Tidak hanya asal banyak makan berkali-kali, kamu juga harus memikirkan kandungan makanan yang kamu konsumsi. Pastikan untuk makan makanan dengan nutrisi yang tinggi agar berat badan naik dengan cepat tetapi tubuh tetap sehat. Menambah berat badan dengan makanan yang berlemak dan berkalori tinggi memang dapat membuat berat badan kamu naik, tetapi dalam keadaan yang tidak sehat dan dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya. Maka dari itu, perhatikan juga asupan nutrisi yang baik.

6. Perbanyak konsumsi karbohidrat

Selain makanan yang bergizi kamu juga harus mengkonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat. Makanan ini akan memberikan banyak sekali asupan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu menambah berat badan anda.

Banyak sekali jenis makanan di sekitar kita yang tinggi karbohidrat seperti nasi, singkong, kentang, gandum, mie, ubi jalar, bahkan juga sampai tepung. Namun tidak perlu mengkonsumsi makanan berkarbohidrat terlalu tinggi sebab dapat memberikan dampak yang kurang baik juga untuk tubuh.

7. Perbanyak minum air putih

Tubuh kita membutuhkan asupan air putih yang ternyata juga berdampak pada kesehatan tubuh. Lebih dari 70% orang yang memiliki badan kurus ternyata kekurangan cairan tubuh. Padahal air dapat membantu mengoptimalkan kerja organ tubuh, termasuk juga lambung dan usus untuk membantu menyerap nutrisi. Mengkonsumsi air putih dua liter dalam satu hari dapat membantu penyerapan nutrisi menjadi lebih optimal sehingga untuk menggemukkan badan juga tidak akan sulit.

8. Konsumsi camilan sehat

Banyak orang yang menganggap jika ingin gemuk sebenarnya mudah, perbanyak saja makan camilan. Hal tersebut memang benar, dengan mengkonsumsi banyak camilan kamu bisa menjadi lebih gemuk. Namun pintarlah memilih camilan yang tepat untuk kesehatan tubuh anda. Cemilan yang sehat bisa kamu makan di sela aktivitas anda, misalnya saja buah-buahan yang diletakkan di meja ketika sedang bekerja. Atau bisa juga cemilan sehat lain seperti kacang-kacangan dan kedelai.

9. Konsumsi tambahan kalori

Selanjutnya, untuk membantu menaikkan berat badan dengan cepat dan alami kamu juga bisa mengkonsumsi tambahan makanan yang mengandung kalori. Kalori sendiri akan menjadi sumber energi terbaik untuk tubuh, kamu bisa mendapatkan tambahan kalori dari keju parut yang di berikan di atas roti ketika sarapan. Atau bisa juga mengkonsumsi telur dadar dengan sup ayam ketika kamu sedang makan. Namun hati-hati, jangan melebihi batas mengkonsumsi kalori sebab dapat menyebabkan diabetes.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Pola Makan yang Baik dan Sehat Agar Tubuh Ideal

10. Batasi latihan kardio

Olahraga memang bisa menjadi hal yang sangat baik untuk membantu menaikkan berat badan, tetapi untuk kamu yang suka sekali dengan latihan kardio ada baiknya dibatasi. Kamu bisa melakukan latihan kardio selama 30 menit dan dilakukan sebanyak 5 kali dalam satu minggu saja, agar tidak ada perubahan menjadi lebih kurus lagi. Jika bisa hindari gerakan aerobic seperti bersepeda atau bahkan berlari, sebab hal tersebut akan mengurangi lemak dalam tubuh.

11. Kunyah makanan sampai halus

Tidak jauh berbeda dengan mengkonsumsi smoothies, minuman yang lembut dan halus akan lebih mudah diserap oleh tubuh nutrisinya. Begitu juga dengan makanan, pastikan makanan yang dimakan dikunyah sampai benar-benar halus agar nutrisinya juga semakin mudah diserap oleh tubuh. Selain itu, jika makanan tidak lembut akan membuat kerja lambung semakin lebih berat dan dapat menyebabkan penyakit pada pencernaan.

12. Konsumsi madu

Banyak sekali makanan di sekitar kita yang sebenarnya dapat membantu menaikkan berat badan. Untuk menaikkannya kamu bisa mengkonsumsi madu yang memiliki banyak khasiat dan manfaat. Madu sendiri memiliki kandungan nutrisi yang sudah hampir lengkap yang dibutuhkan tubuh. tetapi ada madu khusus untuk menambah berat badan yaitu madu yang diolah dari ramuan herbal khusus untuk menggemukkan badan secara alami tanpa efek samping yang berbahaya untuk tubuh.

13. Konsumsi protein berkualitas

Selain karbohidrat ada baiknya jika kamu juga mengkonsumsi protein berkualitas untuk membantu menaikkan berat badan lebih cepat. Protein memang membantu menguatkan otot dan membantu menggemukkan badan, namun bukan protein sembarangan yang bisa kamu konsumsi, pastikan makanan tersebut memiliki kandungn protein berkualitas tinggi sepert telur, daging, susu, ikan, atau juga biji-bijian. Untuk membantu menambah berat badan, tubuh kamu membutuhkan kandungan protein sebnyak 0.8 gram/kg dari berat badan anda. Untuk itu pastikan memilih makanan yang tepat.

14. Konsumsi susu

Seperti yang sudah dituliskan bahwa susu juga merupakan protein terbaik untuk membantu menaikkan berat badan lebih cepat. Sebenarnya susu tidak hanya mengandung protein tetapi ada kandungan yang lainnya yang juga akan membuat badan kamu menjadi lebih segar. Tidak harus susu murni, kamu juga dapat mengkonsumsi olahan susu yang lainnya seperti yogurt, keju, pudding, dan masih banyak yang lainnya.

15. Cukupi kebutuhan lemak

Selanjutnya, kamu juga harus mencukupi kebutuhan lemak sebab hal ini sangat penting untuk menaikkan berat badan anda. Dengan mencukupi kebutuhan lemak, otomatis tubuh kamu akan menjadi lebih gemuk dengan cepat.

Sumber kandungan lemak di dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya sangat banyak, misalnya saja dari minyak sayur, kelapa, daging, dan masih banyak yang lainnya. Namun terlalu banyak mengkonsumsi lemak juga memberikan dampak yang kurang baik untuk kesehatan tubuh, jadi berikan asupan secukupnya saja.

16. Rutin sarapan

Selanjutnya jika kamu menginginkan berat badan naik tetapi tetap sehat, maka pastikan untuk selalu rutin sarapan. Jangan sampai menghindari sarapan sekalipun kamu sedang terburu-buru. Sarapan yang sehat bisa kamu tambahkan dengan telur satu butir dan juga satu gelas jus buah setiap akan sarapan. Ternyata sarapan tidak hanya bisa membantu menaikkan berat badan, tetapi juga bermanfaat untuk menjaga ketahanan tubuh anda.

17. Hindari merokok

Kebiasaan buruk yang dilakukan mulailah untuk meninggalkannya, misalnya saja merokok. Selain tidak baik untuk kesehatan tubuh ternyata rokok juga bisa membuat berat badan kamu menjadi turun. Hal ini dikarenakan para perokok akan kehilangan nafsu makannya dan tentu saja tubuh menjadi tidak mendapatkan nutrisi sama sekali. Bahkan gizi yang seharusnya didapatkan oleh tubuh juga tidak terpenuhi. Untuk itu pastikan berhenti merokok jika ingin berat badan naik dengan cepat.

18. Hindari begadang

Selain kebiasaan buruk merokok, kamu juga harus menghindari begadang tengah malam. Sekalipun banyak sekali pekerjaan yang harus diselesaikan, tetapi hal tersebut ternyata tidak sehat untuk tubuh anda. Bahkan seseorang yang terlalu sering begadang juga bisa berdampak pada kesehatannya dan dapat terserang penyakit yang berbahaya. Berikan tubuh kamu waktu istirahat yang cukup agar tetap sehat dan bugar.

19. Periksakan kesehatan

Sudah melakukan banyak cara tetapi tetap saja berat badan kamu tidak bisa naik? Ada baiknya kamu memeriksakan kesehatan terlebih dahulu dan cari tahu penyebabnya mengapa kamu tidak bisa menaikkan berat badan.

Setelah bertemu dengan dokter tanyakan juga cara-cara di atas sebagai jurus andalan untuk menaikkan berat badan dengan sehat dan tepat. Dokter akan memberikan saran untuk membantu kamu terlihat lebih sehat dan memiliki berat badan yang ideal. Ada beberapa kondisi di mana kamu tidak bisa menaikan berat badan, misalnya saja hipertiroidisme, gangguan makan, dan lain sebagainya.

20. Buatlah jurnal

Jika setelah dari dokter ternyata kamu bisa menaikkan berat badan dengan melakukan cara yang sehat, maka buatlah jurnal kenaikkan berat badan setiap minggunya. Sertakan juga makanan apa yang sudah kamu makan dan olahraga yang sudah dilakukan. Jurnal akan membantu kamu memantau proses penggemukkan badan, jika memang tidak berhasil maka bisa mengganti menu makan sehat yang lainnya.

Itulah beberapa cara alami untuk menggemukkan badan dengan sehat. Cara-cara di atas aman jika diterapkan dengan tepat dan cukup mudah dilakukan dalam aktivitas sehari-hari. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here