in

7 Masalah WhatsApp Yang Sering Terjadi Beserta Solusinya

Masalah WhatsApp Yang Sering Terjadi Berserta Solusinya

Meski aplikasi WhatsApp sudah sangat popular dan dikenal berperforma baik, namun itu bukan berarti  tidak pernah ada masalah yang dialami para penggunanya.

Karena memang tidak ada aplikasi yang betul betul sempurna, itulah kenapa setiap aplikasi selalu melakukan update atau pembaruan setiap waktu.

Update dilakukan selain menambahkan fitur baru namun juga menyelesaikan permasalahan permasalahan atau bug yang ada sebelumnya.

Demi menjaga-jaga hal tersebut atau bahkan kita sudah pernah mengalami masalah dalam whatsappnya, berikut ini kami coba memberikan ulasan apa saja sih masalah yang sering terjadi di WhatsApp beserta cara mengatasinya.

1. Instal WhatsApp Tidak Berhasil

Masalah pertama yang sering terjadi ialah terdapat sebagian orang yang tidak bisa menginstall aplikasi WhatsApp sebagaimana mestinya meskipun sudah dicoba berkali kali.

Dan yang paling akurat dalam mengatasi hal ini adalah memeriksa apakah benar ponsel smartphone yang kalian pakai sudah memenuhi spesifikasi kriteria minimum untuk menginstall aplikasi WhatsApp atau tidak.

Contohnya kalau versi sistem operasi Android mu adalah versi yang jadul seperti gingerbeed, meski dipaksa apapun kalau instal melalui Google Playstore tidak akan bisa.

Contoh lainnya adalah kamu bisa cek memori penyimpanan apakah masih tercukupi untuk menginstal aplikasi whatsapp? Karena masalah yang paling sering terjadi tidak bisa install whatsapp adalah karena memori penyimpanan yang tidak cukup.

2. Panggilan WhatsApp Bermasalah

Apabila kalian mengalami whatsapp tidak bisa telepon, hal ini mungkin terjadi kesalahan pada jaringan Internet yang kalian pakai.

Karena untuk menjalankan WhatsApp syarat utamanya adalah harus terhubung dengan jaringan Internet.

Tidak cuma masalah pada panggilan saja, jika koneksi internet sedang tidak baik maka WhatsApp pun tidak bisa mengirim pesan, dan semua fiturnya tidak akan berfungsi.

Solusi terbaiknya yaitu jika kalian memakai Wifi cek dulu apakah Wifi tersebut bisa berfungsi dengan baik dengan cara menanyakan kepada pengguna lain yang terhubung dengan wifi yang sama.

Namun jika memakai Jaringan Seluler 4G / 3G silahkan cek kuota mu, mungkin saja sudah habis. Karena beberapa operator ada yang tidak mengirimkan notifikasi pesan SMS ketika kuota internet konsumennya habis.

3. Tidak Munculnya Kontak WhatsApp Yang Tersimpan

Aplikasi pesan instan whatsapp menggunakan nomor operator sebagai id pengguna. Jadi jika kamu ingin terhubung dengan pengguna whatsapp lain, kamu harus menyimpan nomor kontak pengguna tersebut di smartphone.

Namun ada beberapa masalah terkait kontak whatsapp. Masalahnya adalah ketika mereka telah menyimpan nomor di smartphone, kontak itu tidak muncul di aplikasi whatsapp.

Nah ternyata, solusi dalam mengatasi hal ini biasanya terletak pada kesalahan input nomornya yang kurang teliti. Coba kamu cek kembali nomor kontak tersebut apakah sudah benar?

Tapi kalo nomor kontak sudah benar tapi masih saja tidak muncul di whatsapp, coba tanyakan pada orang tersebut apakah dia sudah mendaftar WhatsApp? Bisa jadi nomor kontak yang tidak muncul di whatsapp karena dia belum mendaftar WhatsApp menggunakan nomor tersebut.

4. Kontak International Tidak Ditemukan

Disaat liburan ke luar negeri bisa saja kamu akan bertemu dengan orang-orang baru, yang mana mereka juga memakai WhatsApp. Atau kamu harus melakukan suatu pekerjaan yang harus terhubung dengan orang luar negeri menggunakan WhatsApp.

Nah masalah yang sering terjadi ialah setelah kamu menyimpan nomor kontak orang negeri, kamu tidak bisa menemukan nomor tersebut di aplikasi WhatsApp.

Untuk solosi mengatasi hal tersebut biasanya terletak pada kesalahan kode nomor suatu negara. Ingat kode nomor indonesia berbeda dengan kode nomor luar negeri.

Contohnya negara Jepang, kamu harus menambahkan kode di depan nomor tersebut (+81) atau negara Australia kode (+61) dan lain-lain.

5. Tidak Memperoleh SMS Kode Aktivasi

Kamu yang baru ganti HP, tentu kamu harus login ulang ke nomor WhatsApp. Nah biasanya saat login ulang kamu nanti akan di beri sebuah kode sebagai verifikasi keamanan login melalui SMS.

Setelah mendapatkan kode verifikasi melalui SMS, kamu harus memasukkan kode tersebut di laman yang sudah tersedia di Aplikasi WhatsApp.

Tapi bagaimana kalo kode verifikasi itu tidak kita dapatkan? Sudah nunggu lama tapi masih saja belum dikirim.

Tidak mendapatkan kode verifikasi biasanya karena terdapat antrian permintaan kode verifikasi oleh pengguna lain atau bisa juga karena jaringan operator nomor mu sedang bermasalah. Untuk cara mengatasinya kalian cukup tekan kirim ulang kode verifikasi sehingga sistem akan mengirim ulang kode tersebut kepada Anda.

6. Tidak Bisa Mengunduh Video dan Foto

WhatsApp sering digunakan untuk mengirimkan foto dan video ke sesama pengguna lain atau grup WhatsApp. Masalah yang sering terjadi adalah saat kamu tidak bisa mendownload foto dan video yang dibagikan di WhatsApp.

Hal ini ternyata dikarenakan terdapatnya suatu settingan data usage yang sedang aktif pada ponsel kamu. Data usage itu adalah pembatasan koneksi jaringan. Jadi apabila penggunaan data kalian sudah mencapai batas settingan disana, maka jaringan Anda tidak akan melakukan koneksi melebihi batasnya. Wajarnya saja kalo kamu tidak bisa mengunduh foto dan video, karena mendownload foto dan video jelas memerlukan data yang besar.

Untuk mengatasinya kalian bisa mematikan settingan fitur data usage di ponsel.

7. Tidak Bisa Mengupdate WhatsApp

WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang sering banget melakukan update. Update dilakukan untuk penambahan fitur baru dan memperbaiki bug yang ada di aplikasi. Namun masalah yang sering terjadi adalah saat kamu tidak bisa mengupdate aplikasi WhatsApp.

Masalah ini muncul biasanya karena kapasitas memori ponsel sudah tidak mencukupi. Coba cek kembali penyimpanan dan pastikan penyimpanan ponsel kamu mencukupi untuk memperbarui aplikasi WhatsApp.

Jika penyimpanannya full, kamu harus menghapus file-file atau aplikasi lain yang memakan banyak penyimpanan, biasanya file-file yang besar seperti file word, pdf, gambar, video, dan aplikasi game.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *