Manfaat Matahari Sebagai Sumber Energi Terbesar di Bumi

Manfaat Matahari Sebagai Sumber Energi Terbesar di Bumi
Manfaat Matahari Sebagai Sumber Energi Terbesar di Bumi
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Bumi sebagai tempat tinggal kita merupakan planet yang dihuni oleh berbagai makhluk hidup. Ada banyak sekali kekayaan serta energi yang tersimpan di Bumi agar makhluk hidup termasuk manusia bisa bertahan hidup.

Beberapa bentuk energi yang kita kenal yaitu panas, gerakan, cahaya, gravitasi, bahan kimia, serta listrik. Sedangkan sumber dari energi sendiri dibedakan menjadi dua macam yaitu energi tidak terbarukan dan energi terbarukan.

Sesuai namanya, sumber energi tidak terbarukan adalah sumber energi yang tidak bisa diperbarui, misalnya seperti minyak bumi, gas alam, batubara, energi nuklir dan lain sebagainya. Kemudian energi terbarukan adalah sumber energi yang mudah diisi ulang atau diperbarui, misalnya seperti air, matahari, biomassa dari tumbuhan, dan lain-lain.

Dari berbagai sumber energi bagi makhluk hidup tersebut, matahari dikatakan sebagai sumber energi terbesar di Bumi. Pasalnya matahari berperan sangat penting dalam mempengaruhi aktivitas makhluk hidup baik itu alam, manusia, tumbuhan, maupun hewan.

Berikut ini adalah berbagai manfaat matahari untuk makhluk hidup hingga dikatakan sebagai sumber energi terbesar di Bumi:

Manfaat Matahari untuk Manusia

Manfaat Matahari untuk Manusia

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat matahari untuk kehidupan manusia, beberapa di antaranya yaitu:

1. Membantu tubuh memproduksi vitamin D

Manfaat sinar matahari untuk manusia yang paling umum diketahui oleh banyak orang adalah membantu produksi vitamin D. Vitamin ini sendiri sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk penyerapan kalsium, menjaga kesehatan gigi dan tulang, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, vitamin D juga membantu menjaga kesehatan otak, jantung, serta otot. Manusia harus mendapatkan sinar matahari pagi paling tidak 10-15 menit dalam sehari untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut.

2. Sebagai sumber listrik yang ramah lingkungan

Listrik menjadi kebutuhan utama manusia untuk bisa bertahan hidup. Saat ini hampir semua hal harus dilakukan menggunakan listrik. Mulai dari bekerja dengan komputer, memasak dengan penanak nasi, mendinginkan minuman dengan lemari pendingin dan lain sebagainya.

Matahari bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik yang ramah lingkungan. Caranya yaitu dengan memasang panel surya untuk menyerap panas yang dihasilkan oleh matahari. Kemudian dengan teknologi yang ada saat ini, panas matahari diubah menjadi listrik yang bisa membantu kehidupan manusia.

3. Rumah kaca pada industri pertanian

Rumah kaca atau yang juga dikenal sebagai green house saat ini banyak dimanfaatkan dalam bidang pertanian. Biasanya negara-negara dengan empat musim mengadopsi teknik ini agar tumbuhan yang ditanam bisa menghasilkan.

Mereka akan membuat sebuah rumah yang dilapisi oleh kaca atau plastik tebal di seluruh bagiannya. Ketika siang hari, rumah kaca tersebut akan menyerap matahari sebanyak 85%. Jadi tumbuhan dan tanah yang ada di dalam rumah bisa dipanaskan.

Manfaat Matahari untuk Tumbuhan

Manfaat Matahari untuk Tumbuhan

Selain air, tumbuhan juga membutuhkan matahari untuk bertahan hidup. Adapun manfaat matahari untuk tumbuhan yaitu sebagai berikut:

1. Membantu proses fotosintesis

Manfaat utama matahari bagi tumbuhan yaitu untuk berfotosintesis. Matahari akan mengubah karbondioksida dan air menjadi glukosa.

Glukosa tersebut kemudian akan membentuk senyawa lain seperti lemak dan protein yang diedarkan ke seluruh bagian tumbuhan untuk cadangan makanan, bernapas, dan berkembang biak. Apabila tumbuhan kekurangan matahari maka laju fotosintesis bisa terhambat.

2. Membantu tumbuhnya bunga serta daun

Ada dua warna yang dimiliki oleh panjang gelombang cahaya matahari yaitu biru dan merah. Warna biru bisa membantu tumbuhan memiliki daun yang lebat. Sedangkan warna merah membantu pertumbuhan bunga. Apabila tumbuhan mendapatkan warna merah dari panjang gelombang tersebut maka tumbuhan bisa cepat tinggi dan berbunga.

3. Menjaga temperatur

Tidak hanya manusia saja, tumbuhan juga perlu menjaga temperaturnya untuk bisa bertahan hidup.

Apabila suhu tumbuhan terlalu rendah maka proses penguapan berlangsung dalam jangka waktu yang lama sehingga tumbuhan bisa mati.

Sebaliknya jika suhu terlalu tinggi maka penguapan terjadi secara cepat sehingga tumbuhan bisa kering dan mati.

4. Mengeringkan Tanah

Ada beberapa tumbuhan yang sangat membutuhkan matahari untuk bisa berkembang biak dengan baik, salah satunya yaitu tumbuhan bunga matahari.

Matahari dibutuhkan untuk membantu tanah menjadi kering. Sedangkan biji bunga matahari yang jatuh bisa tumbuh dengan subur apabila berada pada kondisi tanah yang kering. Memang biji bunga matahari bisa tumbuh pada tanah lembab namun akan lebih cepat layu kemudian mati.

Manfaat Matahari untuk Hewan

Manfaat Matahari untuk Hewan

Hewan juga termasuk makhluk hidup yang membutuhkan matahari untuk berbagai hal seperti:

1. Menyediakan oksigen dan sumber makanan

Tumbuhan merupakan makanan utama bagi beberapa jenis hewan seperti kambing, sapi, kerbau, kelinci, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, hewan secara tidak langsung mendapatkan manfaat matahari dari tumbuhan yang tumbuh dengan subur.

Selain itu, proses fotosintesis dari tumbuhan juga menghasilkan oksigen yang bisa digunakan hewan untuk bernapas.

2. Mencerna makanan

Hewan-hewan tertentu bisa mencerna makanan dengan cepat ketika suhu tubuhnya lebih tinggi. Salah satu hewan tersebut adalah ular.

Agar makanan yang dimakan bisa tercerna dengan baik, ular harus meningkatkan suhu tubuhnya. Jadi tidak heran jika hewan ini akan berjemur setelah makan.

3. Menghangatkan tubuh

Setiap hewan yang ada di Bumi memiliki karakteristik tersendiri untuk bertahan hidup. Hewan berdarah dingin seperti amfibi, reptil, serta ikan ternyata bergantung pada suhu lingkungannya.

Ketika suhu panas, hewan-hewan tersebut akan menghangatkan tubuh yang membuatnya bergerak dengan aktif. Sedangkan saat suhu dingin, aktivitas akan melambat karena harus menghemat energi.

Manfaat Matahari untuk Alam

Manfaat Matahari untuk Alam

Tidak hanya makhluk hidup seperti manusia, tumbuhan dan hewan saja, matahari juga bermanfaat untuk alam. Hal ini kemudian juga bisa berpengaruh pada kehidupan makhluk hidup di bumi. Beberapa manfaat matahari untuk alam yaitu:

1. Sebagai pusat tata surya

Matahari dikenal sebagai pusat tata surya yang terdiri dari banyak sekali bintang-bintang, termasuk Bumi. Massa dan gravitasi besar yang dimiliki matahari mampu membuat planet dan benda langit lain tetap berada pada orbitnya masing-masing.

2. Sumber energi tak terbatas

Matahari saat ini masih menjadi sumber energi tak terbatas yang ada di Bumi. Panas yang dihasilkan membantu keberlangsungan hidup bagi seluruh makhluk hidup yang ada di Bumi baik itu manusia, hewan, maupun tumbuhan.

3. Menjadi kunci terjadinya siklus hidrologi

Siklus hidrologi atau juga dikenal dengan siklus air merupakan penggambaran pergerakan molekul air yang terjadi dari permukaan bumi kemudian ke atmosfir lalu kembali lagi ke permukaan bumi. Matahari menjadi kunci dalam siklus hidrologi sehingga bisa berjalan terus-menerus.

Pada siklus yang pendek, matahari membuat air menguap kemudian terjadi kondensasi membentuk awan berisi uap air. Ketika awan berisi uap air mengalami kejenuhan maka akan turun hujan yang juga sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup.

Itulah pembahasan mengenai sumber energi terbesar di Bumi yaitu matahari. Semua makhluk hidup tidak bisa melanjutkan keberlangsungan hidupnya tanpa matahari sehingga disebut sebagai sumber energi terbesar. Semoga informasi mengenai matahari yang diberikan di atas dapat bermanfaat untuk Kamu yang membutuhkannya.