KATA KATA BIJAK UMAR BIN KATTAB (RA) TENTANG KEHIDUPAN

0
KATA KATA BIJAK UMAR BIN KATTAB (RA)

Kata Kata | Kutipan | Kalimat | Ucapan | Caption | Quotes | Mutiara | Bijak | Motivasi | Kata Kata Bijak Umar bin Khattab|

Umar bin Khattab adalah khalifah (Pemimpin) kedua yang berkuasa pada tahun 634 sampai 644. Umar merupakan salah satu sahabat utama Nabi Muhammad SAW dan juga merupakan ayah dari Hafshah, istri Nabi Muhammad SAW.

Pada awalnya Umar bin Khattab bukanlah seseorang yang memeluk agama islam. Ketika Nabi Muhammad SAW berdakwa dan menyebarkan agama islam di Mekkah, Umar bersikap antipati terhadap Nabi dan ajaran islam.

Umar bahkan pernah mencoba membunuh Nabi Muhammad SAW, namun saat ditengah perjalanannya ia mendengar adiknya, Fathimah, telah masuk islam dan mengikuti ajaran Muhammad. Umar kemudian mengurungkan niatnya dan lekas balik ke rumah dengan tujuan memarahi adiknya tersebut.

Sesampainya, Umar lalu mendengar adik perempuannya sedang membaca Al-Quran, surat Thoha ayat 1-8, hati umar kala itu bergetar mendengarnya, dan setelah kejadian itu Umar menyatakan memeluk agama Islam.

Setelah meninggalnya Abu Bakar pada tahun 634, Umar ditunjuk menggantikan Abu Bakar sebagai khalifah kedua dalam sejarah Islam. Umar dikenal dengan gaya hidupnya yang sederhana, alih-alih mengadopsi gaya hidup dan penampilan para penguasa di zaman itu, ia tetap hidup sangat sederhana.

Dibawah kepemimpinannya, Umar bin Khattab dikenal sebagai pemimpin yang tegas dan berani. Banyak sekali yang bisa kita contoh dan teladani dari sosok Umar bin Khattab. Selain akhlak-nya yang mulia,  perkataan-perkataannya juga sering memberikan nasihat tentang kehidupan.

Berikut ini adalah kata kata bijak Umar bin Khattab yang berisi banyak hikmah dan makna kehidupan. Sebagai umat muslim, semoga kata kata bijak Umar bin Khattab dibawah ini membuat ilmu agama dan ilmu dunia kita semakin bertambah.

KATA KATA BIJAK UMAR BIN KATTAB (RA)

Orang yang tidak dapat menguasai matanya maka hatinya tidak ada harganya.

Orang yang suka menghina orang lain, dia akan dihina.

Apa yang tidak tampak darinya lebih baik dari pada apa yang tampak.

Barangsiapa menjaga kehormatan orang lain, pasti kehormatan dirinya akan terjaga.

Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah tenang dan sabar.

Jika seseorang marah, kau harus tenang. Saat yang satu menjadi api, yang lainnya harus menjadi air.

Barang siapa yang menempatkan dirinya ditempat yang dapat menimbulkan persangkaan, maka janganlah menyesal kalau orang menyanggka buruk kepadanya.

Adakalanya orang yang memiliki masa lalu terburuk, dapat menciptakan masa depan terbaik.

Dengan kesabaran, kami dapat merasakan nikmatnya kehidupan.

Akulah seburuk-buruknya pemimpin apabila aku kenyang sementara rakyatku kelaparan.

Yang paling aku takutkan atas umat ini adalah munculnya orang munafik yang berilmu.

Tidak ada rasa bersalah yang dapat mengubah masa lalu dan Tidak ada kekhawatiran yang dapat mengubah masa depan.

Aku tidak pernah sekalipun menyesali diamku, tetapi aku berkali-kali menyesali bicaraku.

Jangan berlebihan dalam mencintai sehingga menjadi keterikatan, jangan pula berlebihan dalam membenci sehingga membawa kebinasaan.

Pelajarilah bahasa arab, karena ia adalah bagian dari agama kalian.

Manusia yang berakal adalah manusia yang suka menerima dan meminta maaf.

Jagalah sholatmu, ketika kau kehilangannya, kau akan kehilangan yang lainnya.

Jangan berharap kepada yang lain selain Allah, dan jangan takut kepada yang lain selain Allah.

Aku khawatir akan satu masa, dimana orang-orang yang ingkar bangga dengan dosa-dosanya. Sementara orang-orang beriman malu dengan ibadahnya.

Menghindari dosa itu lebih ringan daripada menanggung rasa sakit dari sebuah penyesalan.

Bila engkau ingin menuntut sesuatu, maka tuntutlah akhirat. Karena engkau tidak akan memperolehnya kecuali dengan mencarinya.

Jika kamu ingin bersiap-siap untuk sesuatu, maka bersiaplah untuk mati. Karena bila kamu tidak menyiapkan bekalan untuk mati, kamu akan menderita, rugi dan penuh penyesalan.

Apabila engkau melihat orang yang berilmu mencintai dunia, maka curigailah ia mengenai agamanya, kerana orang yang mencintai sesuatu ia akan menyibukkan diri dengan apa yang dicintainya itu.

Wanita bukanlah pakaian yang bisa kamu kenakan dan kamu tanggalkan sesuka hati. Wanita itu terhormat dan memiliki haknya.

Aku mencari segala bentuk rezeki tetapi aku tidak menemukan rezeki yang lebih baik daripada sabar.

Jika engkau ingin meninggalkan sesuatu, maka tinggalkanlah kesenangan dunia. Sebab apabila engkau meninggalkannya, berarti engkau terpuji.

Orang yang paling aku sukai adalah dia yang mau menunjukkan kesalahanku.

“Suatu negeri akan hancur, meskipun dia makmur”. Mereka berkata, “Bagaimana suatu negeri akan hancur sedang ia makmur?” Ia menjawab “Jika seorang pengkhiatan manjadi petinggi dan harta dikuasai oleh orang fasik”.

Aku tak pernah takut ketika doaku belum terkabul, namun aku lebih takut jika aku tak diberi kesempatan untuk berdoa.

Bila engkau hendak memuji seseorang, pujilah Allah. Karena tiada seorang manusia pun lebih banyak dalam memberi kepadamu dan lebih santun lembut kepadamu selain Allah.

Bila engkau menemukan cela pada seseorang dan engkau hendak mencacinya, maka cacilah dirimu. Karena celamu lebih banyak darinya.

Aku tidak peduli atas susah atau senangku, karena aku tak tau manakah diantara keduanya itu yang lebih baik bagiku.

Apa yang melewatkanku tidak akan pernah menjadi takdirku, dan apa yang ditakdirkan untukmu tidak akan pernah melewatkanku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here