in

Pengertian Attitude adalah: Arti, Ciri, Unsur, dan Contoh Attitude

Pengertian Attitude adalah: Arti, Ciri, Unsur, dan Contoh Attitude

Attitude merupakan kata serapan dari bahasa Inggris yang diartikan sebagai sikap. Dalam ilmu psikologi, attitude adalah mengacu pada sekumpulan emosi, keyakinan, dan perilaku terhadap objek, orang, benda, atau peristiwa tertentu. Attitude atau sikap sering kali merupakan hasil dari pengalaman atau didikan, dan juga dapat dipengaruhi dari orang lain dan lingkungan sekitar.

Attitude menjadi salah satu faktor terpenting dalam kehidupan. Jika ingin melamar pekerjaan, menghadap orang yang lebih tua, ataupun berlaku di depan masyarakat umum, kita selalu diwanti-wanti untuk menjaga sikap.

Sikap menjadi sesuatu yang sangat penting untuk membuat suatu hubungan menjadi lebih baik ataupun justru sebaliknya. Misalnya ketika bertemu seseorang untuk pertama kalinya, attitude menjadi tolok ukur pertama atas penilaian orang lain terhadap kita.

Untuk mengetahui apa itu attitude, berikut pembahasan lengkap mengenai definisi attitude.

Pengertian Attitude Menurut Para Ahli

Pengertian Attitude Menurut Para Ahli

1. KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, attitude atau sikap adalah perbuatan atau perilaku yang berdasarkan pada pendirian dan keyakinan.

2. La Pierre

Attitude adalah tingkah laku tertentu yang memiliki alur yang berkecenderungan agar membuat seseorang mampu untuk beradaptasi terhadap lingkungan yang baru. Tingkah laku seseorang tersebut juga salah satu wujud dari kondisi sosial yang teratur.

3. Syamsudin

Attitude adalah perilaku atau gerak gerik yang terlihat dan memang sengaja ditunjukkan untuk bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarnya. Hubungan tersebut memiliki beberapa tahap yang saling melengkapi dan mempengaruhi satu sama lain. Dari proses tersebut juga membuat seseorang mampu untuk mencocokkan dirinya terhadap lingkungan sekitar.

3. Rakhmat

Attitude adalah salah satu fokus utama dari tindakan serta apa yang ada pada pikiran manusia. Selain itu, juga bagaimana seseorang memandang serta memunculkan gagasan dalam kondisi tertentu serta nilai yang dianut juga merupakan faktor utama dalam pembentukan sikap seseorang. ia beranggapan bahwa attitude itu sendiri berbeda dengan perilaku, namun sebuah pendorong agar bertindak sesuatu dengan jalan tertentu.

4. Michele Hogg

Attitude adalah evaluasi negatif atau positif dari suatu objek yang mempengaruhi perilaku manusia terhadap objek tersebut.

5. Carl Gustav Jung

Attitude adalah kesiapan jiwa untuk bertindak atau bereaksi dengan cara tertentu. Sikap sering kali muncul secara berpasangan, yang satu sadar dan yang lain tidak sadar.

6. R. S. Crutchfield serta D. Krech

Attitude ialah sekumpulan dari proses yang berlandaskan dari hasrat pribadi maupun orang lain. Akan tetapi, sebagian besar dari hasrat yang menjadi faktor pendorongnya adalah dari eksternal individu tersebut. Ada juga faktor lain yang membuatnya memiliki sikap seperti itu yakni kecerdasan seseorang serta persepsi atas apa yang dihadapinya saat itu juga.

Unsur Unsur Attitude

Attitude memiliki unsur-unsur yang dapat menggerakkannya. Berikut ini unsur-unsur attitude.

1. Perasaan

Sikap seseorang sangat dipengaruhi oleh apa yang ada di dalam hatinya. Hal-hal kecil seperti rasa empati, kegelisahan, iri, dan lain sebagainya, merupakan suatu unsur yang menggerakkan tingkah laku seseorang.

2. Kecerdasan

Kecerdasan merupakan faktor utama yang mendorong seseorang melakukan banyak hal. Apa yang ada di dalam otaknya memang membuat suatu kepercayaan yang kuat. Hal tersebut juga berdasarkan atas pelajaran yang ia dapatkan dari sebelum-sebelumnya.

3. Keinginan

Keinginan merupakan sesuatu hal yang membuat seseorang bersikap tertentu pada saat yang sama dengan hasrat yang dimilikinya. Keinginan menjadi salah satu unsur yang menggerakkan seseorang untuk bersikap.

Baca Juga: Pengertian, Jenis, Macam dan Contoh Karakter Manusia

Ciri-Ciri Attitude

Ciri-Ciri Attitude

1. Attitude dipengaruhi oleh hal yang lain

Sudah sangat diketahui bahwa attitude merupakan hasil dari berbagai faktor yang akhirnya terwujud dalam suatu tingkah laku nyata yang dilakukan terhadap kondisi, satu orang, dan waktu tertentu.

2. Attitude tidak diturunkan secara genetis

Meskipun sikap yang dimiliki anak memang cenderung dipengaruhi oleh apa yang dimiliki oleh orang tuanya, akan tetapi hal tersebut tidak memiliki korelasi secara genetis. Maksudnya adalah attitude ini hasil dari pengamatan dan observasi, bukan dari hasil dari turun-temurun.

3. Gabungan dari ambisi dan emosi

Ini merupakan hal yang membuatnya berbeda dengan unsur-unsur lain pada manusia. Sikap seseorang sangat dipengaruhi oleh apa yang benar-benar ingin dicapainya dan apa reaksinya terhadap topik terkait.

4. Attitude bisa berkembang

Sama seperti pola pikir manusia, attitude juga bisa berganti dan berubah. Seseorang tidak akan selalu mempunyai sikap yang sama seumur hidupnya, namun akan berganti seiring berjalannya waktu.

Hal ini karena ia akan mendapatkan banyak sekali referensi apa yang harus dilakukan serta apa yang tidak boleh dilakukan. Namun, perubahan tersebut tergantung dari proses psikologisnya selama kurun waktu tersebut.

5. Topik dalam attitude dapat berupa sesuatu yang jamak

Inilah yang menjadikannya mirip dengan pikiran yang dimiliki oleh manusia. Dimana keduanya sama-sama didorong oleh beragam faktor.

Misalnya, attitude saat menghadapi si A akan berbeda ketika berada di tempat kerja dan berada di luar. Jika saat bekerja dituntut harus profesional, maka ketika sama-sama bertemu di lokasi lain mereka dapat lebih leluasa dan tidak terlalu bersikap kaku.

Faktor yang Mempengaruhi Attitude

Faktor yang Mempengaruhi Attitude

1. Psikologis

Sikap seseorang ditentukan oleh faktor psikologis seperti ide, nilai, keyakinan, persepsi, dll. Semua ini memiliki peran yang kompleks dalam menentukan sikap seseorang.

2. Keluarga

Keluarga memainkan peran penting dalam sikap yang dipegang oleh individu. Pada awalnya, seseorang mencontoh sikap tertentu dari orang tua, saudara laki-laki, saudara perempuan, dan orang yang lebih tua dalam keluarganya.

3. Lingkungan sekitar

Lingkungan sekitar memainkan peran penting dalam membentuk sikap individu. Melalui masyarakat, teman, relasi, dan juga melalui pengaruh yang lain seperti, budaya, tradisi, bahasa, dll, dapat mempengaruhi sikap seseorang dan dapat mengajarkan individu apa yang diterima dan apa yang tidak.

4. Ekonomi

Sikap seseorang juga tergantung pada isu-isu seperti gaji, status, lingkungan kerja, pekerjaannya, dll.

Contoh Attitude

Contoh attitude terbagi menjadi dua bagian, yaitu attitude baik dan attitude buruk. Berikut penjelasannya.

1. Sikap yang baik

Terdapat beragam contoh nyata dari sikap yang terpuji dalam menghadapi orang lain ataupun saat berada pada kondisi tertentu. Salah satu contohnya yaitu menghargai keberadaan orang lain, menolong orang yang lagi kesusahan, dan menghormati orang yang lebih tua.

2. Sikap yang buruk

Selain sikap yang baik, banyak juga yang bisa dicontohkan untuk sikap yang buruk. Salah satu contohnya yaitu bertindak semena-mena terhadap orang lain dan egois dengan keinginannya sendiri.

Attitude merupakan cerminan dari apa yang ada di dalam pikiran dan hati seseorang. Untuk itu, kita diharuskan untuk memiliki attitude yang baik kepada siapa pun dan dalam kondisi apapun.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *