Jenis dan Manfaat Yoga untuk Gaya Hidup yang Sehat

Gaya hidup boleh modern, tapi perlu dicatat tidak semua gayahidup modern membawa rasa bahagia, apalagi bila anda hanya fokus dengan materisaja dan menomor-duakan kesehatan tubuh dan pikiran. Akhirnya akan menjebakanda dalam sebuah kestressan hidup dalam tekanan gaya hidup modern yang semakindinamis.

Banyak hal yang bisa anda lakukan untuk menghindari haltersebut, seperti menerapkan pola makan sehat, berolahraga, pandai me-managewaktu & skala prioritas, sampai dengan cerdas mendelegasikan tugas danwewenang. Khusus untuk olahraga, Yoga merupakan alternatif yang bisa membantuanda untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran.

Yoga sendiri berasal dari negara India. Dimana yoga tidakhanya sekedar olahraga, namun merupakan science of life atau ilmu pengetahuanhidup yang meliputi hampir seluruh aspek kehidupan, baik itu moral, etika,filosofi, kesehatan, kebugaran tubuh, psikologi, rohani (spiritual), sosial,budaya dan lain sebagainya.

Perlu dicatat di awal, Yoga bukan ajaran agama tertentu,meskipun banyak hasil penelitian yang mengatakan bahwa yoga tumbuh danberkembang dari ajaran agama Budha dan Hindu.

Jadi Yoga bisa dilakukan oleh siapapun. Bahkan dalam gerakansholat pada agama Islam, banyak sekali gerakan yoga yang mirip sebelas duabelasseperti pada gerakan yoga, seperti gerakan takbiratul ihram, ruku, itidal,sujud, duduk di antara sujud, dan salam.

Dimana setiap gerakan tersebut memiliki manfaatmasing-masing bagi kesehatan tubuh dan pikiran sehingga tubuh bisa lebih relaks.

Selain itu, Yoga sifatnya universal tidak dibatasi denganusia, gender, agama, kondisi fisik, sosial, budaya, atau negara, dan tentusangat fleksibel untuk diterapkan pada gaya hidup modern yang sangat dinamisdan padat aktivitas untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, sertamenenangkan dan menghindari pikiran dari rasa stress.

Yoga juga merupakan ilmu pengembangan diri tertua dari Indiayang bisa dijadikan inspirasi dan pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari.

Kata yoga berasal dari bahasa sansekerta “Yuj” yangmempunyai beberapa arti, seperti persatuan (union), menghubungan (connect), dankonsentrasi. Sehingga bila didefinisikan secara full, yoga bisa menyatukan tubuh,pikiran, dan jiwa. Karena itu pada setiap gerakan yoga membutuhkan emosi,tindakan dan intelegensi yang seimbang agar ketiga faktor tersebut bisamenyatu.

Untuk melakukan yoga tidak membutuhkan peralatan khususataupun baju khusus. Modalnya hanya kemauan kuat, kerja keras, disiplin danikhlas.

Banyak alasan orang untuk mempelajari yoga dan berlatihyoga. Mulai dari untuk tujuan kesehatan atau menyembuhkan suatu penyakitseperti asma, sakit tulang punggung, tekanan darah tinggi atau penyakitlainnya.

Latihan yoga juga bisa membantu orang untuk menurunkan berattubuh agar tubuhnya bisa menjadi lebih langsing atau ideal. Untuk mencariketenangan pikiran, yoga juga bisa menjadi alternatif mencapai tujuan tersebut.Bahkan tak jarang orang melakukan yoga hanya sekedar coba-coba atau ikutansaja.

Apapun alasannya, setelah berlatih yoga biasanya tubuh akanmenjadi lebih sehat dan bugar, pikiran akan lebih tenang dan fokus sehinggabisa mengendalikan stress secara lebih efektif.

Selain itu rutinitas berlatih yoga bisa membantu andamengendalikan diri dalam pergaulan sehari-hari, sehingga anda menjadi lebihsabar dan lebih berpikir jernih dalam mencari solusi ketika menghadapi masalahdalam pergaulan atau masalah diri sendiri.

Yoga juga membuat seseorang bisa lebih menghargai hubungandengan orang lain, mahluk hidup dan alam sekitarnya. Selain itu seseorang yangrutin berlatih yoga secara teratur tiap hari akan mengalami suatu prosestransformasi diri dan merasakan adanya proses kebangkitan rohani, seperti tidakmementingkan diri sendiri, tidak terikat, lebih bahagia, lebih bijaksana dalambertindak dan tidak mudah menghakimi seseorang, dan tentunya lebih toleranterhadap orang lain.

Sebelum membahas manfaat yoga lebih dalam, berikut penjelasan singkat beberapa jenis yoga yang perlu anda ketahui:

Jenis Olahraga Yoga

1. Hatha Yoga

Di negara barat Hatha yoga adalah cabang yoga yang paling terkenaldan diminati pada umumnya karena lebih menekankan pada peningkatkan fisik danrohani dengan berlatih kombinasi asana, pranayama, dan meditasi.

2. Bhakti Yoga

Jenis yoga ini banyak diminati di India. Bhakti yogamengajarkan seseorang untuk berbakti dengan tulus dan tanpa pamrih kepada tuhandan sesama dengan mengembangkan cinta kasih dan menerima apa yang terjadi.

3. Karma Yoga

Karma yoga banyak menekankan pada pelayanan sosial terhadapsesama. Filosofinya apa yang dialami sekarang adalah hasil dari perbuatan masalalu. Dengan begitu seseorang yang melatih karma yoga akan selalu berbuat baikdan melayani terhadap sesama, tidak mementingkan diri sendiri agar terhindardari hal-hal buruk yang bisa terjadi di masa mendatang akibat kesalahan masalalu.

4. Raja Yoga

Raja yoga banyak menekankan pada praktek meditasi. Sehinggamereka yang berlatih raja yoga akan sangat menghargai dan menghormati tubuhnya,untuk menggali potensi yang ada dalam dirinya agar mereka bisa lebih menguasaidirinya sendiri sebelum bertindak, atau melangkah ke suatu tindakan, atautingkatan yang lebih tinggi.

5. Jnana Yoga

Jnana yoga banyak menekankan pada ilmu pengetahuan dan kecerdasanatau intelegensia, dengan harapan bisa menyatukan kebijaksanaan dan kecerdasanuntuk melampaui keterbatasan yang ada.

6. Tantra Yoga

Tantra yoga merupakan cabang yoga yang banyak diminati oleh orang-orang yang menyukai upacara atau ritual yang menekankan pada kemurnian diri, kesederhanaan, ketaatan, dedikasi kepada guru, cinta kasih kosmik dan kejujuran pada siapapun.

Baca Juga: 13 Cara Hidup Sehat yang Mudah untuk Kamu Lakukan

Manfaat Olahraga Yoga

Setiap jenis dan gerakan yoga memiliki manfaatmasing-masing. Tapi pada umumnya yoga yang dilakukan dalam kehidupansehari-hari bisa memberikan manfaat sebagai berikut:

1. Yoga Bisa Menenangkan Tubuh dan Pikiran

Meskipun anda dalam dalam kondisi yang sangat tertekansekalipun. seorang praktisi yoga terbiasa untuk berlatih mengendalikanpernapasan dan menjernihkan pikiran dari kekusutan yang mengelilingi hidup.

2. Memberikan beratbadan ideal

Yoga bisa menyeimbangkan berat badan, baik bagi yangoverweight atau underweight. Intinya adalah keseimbangan, sehingga aktivitas yogabisa mengontrol berat badan pada kondisi ideal dengan latihan yang rutin.

3. Meningkatkan DayaImun

Yoga bisa meningkatkan daya kekebalan tubuh atau imunitas terhadappenyakit. Gerakan olah tubuh dan posisi yoga akan memijat dan meningkatkanfungsi organ dalam, melancarkan peredaran darah, sehingga bisa meningkatkandaya tahan tubuh agar bisa mengurangi resiko terkena penyakit.

4. MeningkatkanEnergi

Yoga dapat meningkatkan produktifitas karena bisameningkatkan energi. Meskipun anda hanya latihan selama 20 menit, energi yang telahhilang karena digunakan untuk berpikir atau menjalankan aktivitas sehari-haribisa kembali normal dengan mudah dengan cara melakukan gerakan yoga secararutin setiap harinya.

5. Memberikan Kebahagiaan

Yoga bisa menciptakan kebahagiaan batin sehingga bisa lebihmengaktualisasi diri. Karena yoga bisa membantu untuk lebih memfokuskan pikirandalam rangka menghilangkan stress, kebinggungan dan kepenatan dunia, terlebihpada hal-hal yang berhubungan dengan material. Dengan begitu yoga bisa membimbingkehidupan bahagia dalam konteks yang lebih sejati.

Leave a Comment