11 Cara Menjalankan Bisnis Properti Tanpa Modal Dengan Sukses Dan Mudah

0
cara-bisnis-properti

Bisnis properti akhir-akhir ini menjadi hal yang sudah tidak asing lagi dan banyak orang di Indonesia yang mulai tertarik melakoninya. Bisnis yang satu ini semakin berkembang dikarenakan semakin banyak orang yang membutuhkan tempat tinggal. Para developer yang memiliki modal tinggi tentunya menjalankan bisnis properti menjadi hal yang sangat mudah dilakukan. Hanya dengan membeli sebidang tanah yang letaknya strategis dan memiliki topografi, kemudian mengurus segala perijinan dan membangun beberapa perumahan di tempat tersebut maka akan menghasilkan pundi-pundi uang yang cukup menggiurkan.

Namun bagaimana dengan anda yang tidak memiliki modal tetapi ingin menjalankan bisnis properti? Sebenarnya sangat bisa dilakukan dengan cara menjadi perantara terlebih dahulu. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk melancarkan bisnis properti dengan mudah dengan menggunakan modal ataupun tanpa modal.

1. Gunakan teknologi internet

Jaman sekarang bisa dibilang jaman yang serba mudah sebab ada kecanggihan teknologi internet yang semakin berkembang pesat. Dengan fasilitas kehidupan yang mudah sebaiknya anda manfaatkan dengan baik untuk menjalankan bisnis properti. Sering-seringlah mencari informasi tentang objek properti atau lahan yang ingin dijual dengan cepat. Agar lebih mudah menjalankannya, maka pastikan untuk menyimpan informasi dari internet dengan cara screen shoot atau mengambil gambar potret properti yang akan dijual tersebut.

Selanjutnya anda juga bisa memasarkannya melalui media online atau sosial media yang anda miliki. Sertakan nomor telpon anda agar pembeli dapat berkomunikasi dengan mudah dan melakukan transaksi dengan lancar. Anda bisa menggunakan media internet seperti blog, forum, marketplace, dan lain sebagainya.

2. Amati kebutuhan orang di sektiar anda

Memiliki usaha properti tanpa modal sebenarnya bisa dengan lancar anda lakukan, bahkan anda tidak akan mengalami kerugian sama sekali. Namun anda harus fokus dan benar-benar rajin jika ingin benar-benar untung dan bisnis properti berjalan dengan baik.

Anda dapat memulainya dengan memperhatikan kebutuhan properti orang disekitar anda. Mungkn saja ada orang yang sedang menjual atau justru mencari properti, dan anda bisa membantu menjualkan properti tersebut. Belajar bisnis properti dengan cara ini bisa dilakukan kapanpun anda mau dan dari siapa saja, mungkin orang tua, tetangga, saudara, teman, dan lain sebagainya.

3. Harus bersikap jujur

Selanjutnya hal penting yang harus dipegang oleh semua pengusaha, atau semua orang adalah bersikap jujur. Termasuk jika anda ingin menjalani bisnis properti yang sedang berkembang pesat. Bisa dikatakan bahwa bersikap jujur dapat menjadi penentu keberhasilan anda untuk menjalankan bisnis properti, apalagi jika anda melakukannya tanpa modal atau sebagai perantara. Jangan melakukan kebohongan pada penjual ataupun pembeli properti, jika hal tersebut dilakukan maka bisa saja tidak ada yang percaya dengan jasa anda.

Sikap tidak jujur akan memberikan kekecewaan yang besar pada penjual atau pembeli yang menggunakan jasa anda. Namun jika anda jujur dan terbuka, maka bisa saja anda mendapatkan hasil yang menguntungkan dan bisa juga lebih besar dari kesepakatan awal sebagai tanda bonus karena kepuasaan kerja anda.

4. Bangun hubungan yang baik dengan pihak penjual

Hal ang penting bukan hanya bersikap jujur ketika anda menjalankan bisnis properti sebagai perantara, tapi pastikan juga anda membangun sebuah hubungan yang baik dan terbuka. Komunikasi juga menjadi hal yang sangat penting dan patut untuk diperhatikan. Jika hal tersebut anda lakukan maka untuk menegosiasikan komisi penjualan juga akan terasa lebih mudah.

Ada baiknya anda berterus terang apabila menerima komisi jika penjualan tersebut berhasil dilakukan. Anda juga harus menegosiasikan komisi yang diinginkan agar tidak ada kecurigaan antara pemiliki properti dan anda sebagai penjual.

5. Cari informasi properti sebanyak-banyaknya

Selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencari informasi tentang properti sebanyak-banyaknya. Bukan hanya melalui internet saja, tetapi anda juga bisa melakukannya dengan surat kabar. Untuk surat kabar mungkin anda akan mengeluarkan modal tidak lebih dari 5000 IDR untuk bisa mengakses informasi terkini tentang properti apa saja yang sedang marak diperjualbelikan.

Setelah mendapatkan informasi yang tepat tentang bisnis properti tersebut, maka anda bisa menghubungi penjual untuk menawarkan penjualan yang akan dilakukan oleh perantara melalui anda. Jika memang semuanya sudah mendapatkan persetujuan, maka anda harus memasarkan barang milik penjual tersebut.

6. Meyakinkan investor

Bukan hanya pembeli saja yang bisa anda yakinkan untuk membeli apa yang sedang anda jual. Terkadang beberapa orang membeli objek properti tidak untuk digunakan sendiri tetapi bisa jadi digunakan sebagai bentuk investasi. Hal ini akan sangat membantu anda dan bisa dikatakan sebagai kesempatan emas. Pastikan anda bisa membangun relasi yang baik dengan penjual dan juga investor agar keberhasilan penjualan bisa dilakukan dengan baik.

Jika sudah berhasil, pihak investor mungkin mau membeli objek properti yang ditawarkan, maka anda bisa mencarikan pembali lain yang ingin membelinya dengan bandrolan harga yang lebih tinggi. Maka keuntungan bisa didapatkan dan kepercayaan investor bisa semakin tinggi pada anda. Jika puas dengan hasil kerja anda, maka investor juga bisa menggunakan jasa anda lagi sebagai pemberi referensi yang tepat.

7. Bangun kerjasama yang baik dengan developer

Sekalipun menjadi perantara dalam bisnis properti anda bisa meraup keuntungan yang cukup besar jika mau bekerjasama dengan pihak developer. Menjalankan kerjasama dengan pihak developer akan memberikan keuntungan dan kemudahan untuk mendapatkan informasi perihal objek properti yang sedang digandrungi saat ini.

Bukan hanya itu, anda juga bisa mendapatkan informasi yang lengkap tentang lokasi properti yang strategis, kemudian bandrolan harga promosi, diskon, dan berbagai macam penawaran yang menarik unuk bisa anda pasarkan. Keuntungannya lumayan besar jika anda bisa menjualkan satu unit rumah di sebuah perumahan developer.

8. Mark up harga dengan tepat

Menjualkan properti sekalipun di tempat yang sama bisa saja harga propertinya berbeda karena luas tanah, kondisi bangunan, fasilitas, dan masih banyak faktor yang mempengaruh. Untuk itu anda harus lebih cermat ketika memasarkan objek properti agar lebih cepat untuk menjualnya.

Mulai untuk meninjau kembali berapa harga yang sudah ditetapkan sesuai dengan kualitas objek properti yang akan anda jualkan. Jika memang harganya masuk akal dan sesuai dengan kualitas, maka bisa jadi pelanggan puas dengan harga yang ditawarkan. Namun jika harganya mahal dengan fasiltias yang tidak terlalu banyakm maka pelanggan bisa saja enggan membelinya. Jika anda berhasil menjualkan properti dengan harga yang wajar, bisa jadi pelanggan akan menghubungi anda lagi untuk proses jual beli.

9. Jadi perantara yang baik

Mengarungi bisnis properti tanpa menggunakan modal memang hanya bisa dilakukan sebagai perantara. Namun menjadi perantara juga tidak bisa sembarangan, pastikan anda tetap menjadi perantara yang baik. Jika calon pembeli tidak jadi membeli objek properti yang sedang anda tawarkan, maka hal tersebut tidak perlu menjadi masalah. Pastikan anda tetap melayani dengan ramah dan baik agar calon pembeli tetap puas dengan pelayanan yang anda berikan.

Ketika sedang memasarkan porperti, anda juga harus memberikan keunggulan objek tersebut agar calon pembeli semakin tertarik. Jangan memaksa jika memang para calon pembeli tidak ingin membeli apa yang sedang anda pasarkan.

10. Buat website bisnis properti

Memanfaatkan teknologi bukan hanya sebatas menjual produk anda di beberapa sosial media, ada baiknya anda juga harus membuat website bisnis properti milik anda sendiri. Tidak masalah jika barang yang anda jualkan bukan milik sendiri. Promosikan jasa anda dengan professional agar para penjual juga tertarik menggunakan jasa anda.

Website memang menjadi cara yang terbaik untuk promosi beberapa barang properti yang sedang anda jualkan. Jika anda memiliki website resmi, banyak orang akan menganggap bahwa bisnis yang sedang anda jalani adalah bisnis yang professional. Bukan hanya itu saja, tetapi dengan membuat website, calon pembeli anda akan lebih mudah untuk mengingat dan menghubungi jika ada barang yang tertarik untuk dibeli.

11. Aktif dalam kegiatan bisnis properti

Menjadi perantara menjualkan barang properti milik penjual bisa membuat anda berkembang menjadi pemiliki bisnis properti dengan usaha yang maksimal. Dalam dunia bisnis properti, akan selalu ada perubahan dan perkembangan terbaru yang harus anda ikuti agar tidak ketinggalan. Untuk itu anda harus aktif mengikuti beberapa kegiatan bisnis properti, sebab kategori bisnis yang satu ini memang dinamis.

Untuk menambah wawasan anda dalam bisnis properti, maka ada baiknya untuk selalu datang kemana pun kegiatan yang berhubungan dengan bisnis yang satu ini. Misalnya saja pameran properti, peluncuran properti, bahkan juga seminar ataupun pelatihannya. Kegiatan tersebut akan menambah pengetahuan anda tentang properti dan anda akan dibuat lebih paham bagaimana cara menjalankan usaha properti dalam jangka waktu yang panjang.

Nah, bisnis properti ternyata tidak sulit untuk dilakukan, bukan? Sekalipun anda menjadi perantara, namun hal tersebut dapat membuat anda semakin berkembang dan mendapatkan keuntungan. Apalagi menjadi perantara juga tidak membutuhkan modal dan tingkat resiko kerugian juga kecil. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here