13 Cara Hidup Sehat yang Mudah untuk Kamu Lakukan

cara-hidup-sehat

Menjalankan pola hidup sehat menjadi hal yang sangat penting dan harus selalu diterapkan pada kehidupan kita. Namun sayangnya hal ini kerap kali dianggap remeh dan tidak penting. Diantara kita banyak yang sering menjalani kehidupannya dengan tidak sehat, misalnya sering mengkonsumsi makanan cepat saji, yang tidak memberikan dampak kesehatan yang baik untuk tubuh kita. Atau tidak suka olahraga dan memilih bermalas-malasan, yang semakin membuat tubuh kita menjadi tidak sehat.

Lalu apa saja risiko yang diterima ketika seseorang enggan hidup sehat? Risiko yang paling besar adalah terserang penyakit seperti kesehatan jantung dan lain sebagainya. Tentu saja semua orang ingin hidup tanpa adanya penyakit di dalam tubuh. Nah untuk itu, berikut ini beberapa tips dan cara hidup sehat yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Perbanyak minum air putih

Cara yang pertama untuk hidup sehat dimulai dari sering mengkonsumsi air putih. Secara tidak sadar terkadang kita kurang minum air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Tahukah kamu bahwa setiap harinya kamu mudah sekali kekuragan asupan air putih, misalnya ketika kamu sedang buang air besar, buang air kecil, berkeringat, bahkan juga bernafas.

Asupan air putih yang dibutuhkan tubuh juga berubah-rubah sesuai dengan aktivitas fisik yang kamu lakukan, kemudian berat badan, dan juga iklam cuaca yang memberikan pengaruh.

Tanda yang paling mudah dikenali jika kamu kekurangan air putih adalah urin kamu berawarna agak kuning, mulut menjadi kering, bibir pecah-pecah, dan buang air kecil intensitasnya menjadi jarang. Untuk itu selalu penuhi asupan air putih agar kamu tetap sehat.

2. Istirahat cukup

Selain mengkonsumsi air putih yang cukup, kamu juga harus memiliki waktu istirahat yang cukup. Tubuh tentu membutuhkan waktu istirahat agar dapat beraktivitas dengan normal kembali. Tetapi ketika kamu memiliki kebiasaan buruk dengan sering begadang tengah malam maka akan berdampak kurang baik.

Saat tidur, seluruh organ dalam tubuh akan kembali optimal sehingga dapat melakukan pekerjaan dengan baik. Kekurangan tidur bisa membuat kamu menjadi lemas, kurang konsentrasi, dan sebagainya. Selain membantu kamu menjalani hidup sehat, tidur yang cukup juga dapat membantu mencegah penuaan dini.

Baca Juga: 10 Cara Mudah Bangun Pagi Agar Hidup Lebih Produktif

3. Olahraga teratur

Olahraga jadi salah satu aktivitas yang jarang sekali dilakukan orang, sebab mereka menganggapnya sebagai hal yang sepele. Kebanyakan orang lebih memikirkan kesibukannya ketimbang olahraga padahal sebenarnya olahraga juga sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa olahraga setiap hari dapat memberikan dampak yang luar biasa untuk kesehatan tubuh dan juga meningkatkan rentang hidup.

Bukan hanya itu saja, tetapi olahraga yang cukup dapat membantu menurunkan resiko penyakit berbahaya, kemudian kepadatan tulang juga menjadi lebih tinggi.

Jika tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga, maka kamu dapat berjalan-jalan kecil. Kemudian kamu juga dapat menggunakan tangga daripada harus menggunakan lift.

4. Makan banyak buah dan sayur

Pola makan memberikan pengaruh yang besar untuk kesehatan tubuh. Agar hidup sehat, kamu harus mengkonsumsi buah dan sayur secara teratur. Pastikan sering mengkonsumsi buah tanpa tambahan vitamin sintetis. Ada banyak sekali jenis buah yang bisa kamu pilih dan memiliki dampak yang baik untuk kesehatan tubuh.

Selain buah sayur juga penting, mengkonsumsi sayuran setiap hari dapat memberikan energi dan nutrisi untuk tubuh sehingga organ pada tubuh dapat bekerja dengan baik. Mulailah mengkonsumsi buah dan sayur setiap harinya agar kamu mulai terbiasa dengan kebiasaan sehat tersebut.

5. Kurangi makanan kaleng dan instan

Siapa yang tidak suka dengan makanan instan? Hampir semua orang suka sekali makanan kaleng dan juga makanan instan. Selain tidak perlu repot memasak ternyata rasanya juga cukup enak. Namun siapa sangka bahwa makanan kaleng dan makanan instan memberikan dampak yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Pada makanan kaleng dan makanan instan seringkali nilai gizinya tidak sempurna, belum lagi bahan pengawet dan penyedapnya yang memiliki kadar terlalu banyak dan dapat berdampak negatif untuk tubuh anda.

Jika kamu mengkonsumsi makanan tersebut untuk jangka waktu yang lama, maka akan membuat kamu terserang banyak penyakit seperti kolesterol, diabetes, jantung, atau bahkan dapat terkena stroke. Jadi untuk memulai hidup sehat tinggalkan makanan kaleng dan makanan instan.

6. Menghargai dan mencintai diri sendiri

Selain beberapa faktor luar yang membantu membuat hidup kamu tetap sehat, beberapa faktor dari dalam juga sangat berpengaruh, misalnya saja menghargai dan mencintai diri sendiri. Ketika kamu mulai menghargai apa yang sudah kamu lakukan kemudian mencintai diri sendiri, maka stress tidak akan menyerang dan hidup kamu akan lebih sehat dan bahagia.

Namun ketika kamu selalu kecewa dengan apa yang sudah kamu perbuat, dan tidak pernah puas dengan apa yang sudah kamu hasilkan, maka kamu akan mudah merasa stress dan terpuruk.

Stress yang berlebihan bisa memicu beberapa penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Sedangkan jika terlalu sering merasa tidak puas pada diri sendiri, maka bisa membuat kamu menjadi pribadi yang selalu berpikiran negatif dan tentu hal tersebut membuat hidup kamu menjadi tidak bahagia.

7.  Berjalan dengan kaki telanjang

Ketika kamu memiliki waktu menikmati olahraga santai di pagi hari seperti jalan-jalan, maka kamu bisa mencoba untuk tidak menggunakan alas kaki atau bertelanjang kaki. Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dengan cara ini, mulai dari membantu memperbaiki postur tubuh, mengatasi stress, memperbaiki aliran darah, dan lain sebagainya.

Tidak perlu lama-lama untuk melakukan hal ini, cukup 15 menit setiap hari sudah sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Jika sirkulasi darah kamu lencar, maka kerja organ pada tubuh juga menjadi lebih optimal, dan kamu dapat terhindar dari beberapa masalah kesehatan tubuh.

8. Berpikiran positif

Memiliki pikiran yang positif memang dapat memberikan dampak yang luar biasa bagi kesehatan tubuh, misalnya terhindar dari stress, dan terhindar dari segala macam resiko kesehatan tubuh.

Agar kamu tetap berfikran positif, pastikan bahwa lingkungan kamu juga selalu dipenuhi dengan orang-orang yang berpikiran positif.

Jika ada beberapa orang yang memberikan kamu pengaruh dengan pikiran yang negatif, maka kamu bisa mencoba untuk tidak ikut terpengaruh atau memilih pergi secara baik-baik.

Perlu diketahui menjaga diri sendiri dari hal yang kurang baik termasuk cara hidup sehat untuk hati, pikiran, dan tubuh.

9. Kendalikan asupan gula dan garam

Secara tidak disadari terkadang beberapa orang tidak pernah tahu berapa takaran asupan gula dan garam setiap harinya, padahal asupan gula dan garam sangat berpengaruh untuk kesehatan tubuh.

Terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat membuat kamu terserang penyakit gula darah yang membahayakan. Sedangkan jika terlalu banyak mengkonsumsi garam juga dapat meningkatkan tensi darah kamu menjadi lebih tinggi.

Sekalipun begitu, kamu juga tetap membutuhkan asupan gula dan garam, tetapi pastikan porsinya tidak terlalu banyak agar kamu terhindar dari beberapa masalah kesehatan tubuh.

Gula dan garam yang digunakan juga harus berkualitas dan tidak tercampur dengan bahan-bahan yang mungkin dapat berdampak kurang baik untuk kesehatan tubuh kita.

10. Sering benafas dalam-dalam

Bernafas mungkin menjadi salah satu kebiasaan yang sering kita abaikan dalam kegiatan sehari-hari, namun sebenarnya ada cara untuk bernafas yang tepat dan sehat bagi tubuh. Sekalipun sering benafas, ternyata kita terkadang tidak bernafas dengan benar dan terkadang hanya bernafas secara dangkal saja.

Cara bernafas yang tepat adalah dengan cara menarik nafas yang penuh, hal ini agar semua bagian paru-paru mendapat asupan oksigen. Melakukan hal tersebut dengan rutin ternyata dapat membuat kamu menjadi lebih segar dan juga bergairah.

11. Hindari makanan berminyak

Siapa yang tidak suka makanan berminyak? Hampir setiap hari kita mengkonsumsi makanan yang berminyak. Memang makanan berminyak selalu menarik hati, namun sayangnya makanan berminyak tidak memiliki dampak yang baik untuk kesehatan kita. Apalagi jika makanan berminyak tersebut dibeli dari restoran cepat saji.

Kadar minyak yang ada pada makanan dapat memberikan dampak yang kurang baik untuk kesehatan tubuh. Banyak sekali risiko kesehatan jika kebiasaan buruk tersebut masih saja dilakukan, misalnya saja seperti kolesterol, stroke, jantung, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 6 Tips Diet Yang Sukses Secara Alami Dan Aman

12. Berhenti makan ketika kenyang

Kebiasaan buruk yang ada pada diri kita harus mulai diberhentikan jika ingin hidup dengan sehat. Salah satunya adalah berhenti makan sebelum kenyang.

Saat dihadapkan dengan makanan yang enak, mungkin kamu ingin terus makan sekalipun perut sudah merasa kenyang. Namun tanpa disadari hal tersebut akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh.

Seluruh organ dalam bagian pencernaan akan bekerja lebih ekstra untuk mencerna makanan yang kamu konsumsi. Organ yang bekerja lebih keras akan membuat kesehatan tubuh menjadi tidak optimal.

Kamu bisa saja terkena sakit perut, sakit lambung, atau bahkan sakit pada bagian usus. Sekalipun sepele namun kebiasaan buruk ini harus cepat ditinggalkan.

13. Hindari soda, kafein, alcohol, dan rokok

Kebiasaan buruk lainnya yang wajib ditinggalkan adalah menghindari konsumsi soda, kafein, alkohol, dan juga rokok. Semua kandungan tersebut tentu menjadi racun dalam tubuh, yang membuat organ tubuh bekerja tidak optimal sekaligus mendatangkan berbagai macam penyakit.

Itulah beberapa cara hidup sehat yang harusnya kamu lakukan agar hidup kamu menjadi lebih bahagia tanpa terjangkit penyakit yang berbahaya. Kebiasaan buruk dapat membuat nyawa kamu terancam, maka mulailah tinggalkan dan ganti dengan hal-hal positif yang akan membuat hidup lebih bahagia dan lebih sehat. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here