10 Cara Mudah Bangun Pagi Agar Hidup Lebih Produktif

cara-bangun-pagi

Seperti yang dikatakan oleh banyak orang sukses di dunia ini “untuk bisa berhasil mencapai impian, Kita diharuskan untuk bangun lebih awal di setiap harinya.” Namun beberapa orang banyak yang kesulitan untuk mencari cara agar mudah bangun pagi, mungkin disini kita salah satu orang yang termasuk didalamnya, bahkan sering kali gagal untuk mencoba bangun lebih awal di pagi hari.

Banyak sekali cara yang bisa lakukan jika memang kita betul-betul berniat untuk memperbaiki kebiasaan buruk yang sulit untuk di ubah ini. Bagi sebagian orang, bangun pagi memang merupakan suatu hal tersulit dalam hidupnya. Maka dari itu, memiliki niat yang bersungguh-sungguh merupakan hal utama untuk menjadikan diri kita lebih rajin bangun di pagi hari.

1. Hindari Meminum Kopi atau Minuman Berkafein

Meminum kopi merupakan kebutuhan utama bagi beberapa orang yang memiliki pekerjaan berat di setiap harinya dengan kesibukan tanpa henti. Minum kopi memang bisa meningkatkan semangat kita agar mampu menjalankan hari dengan lebih semangat, sehingga kita selalu fit dan siap untuk menghadapi segala hal yang akan terjadi di hari-hari bekerja.

Akan tetapi, perlu kita ketahui jika sebenarnya meminum kopi sangatlah baik untuk membantu agar tetap semangat dan tetap segar. Namun sisi buruk dari kopi ialah akan menghalangi niat kita untuk terbangun di pagi hari, dengan kadar kafein di dalamnya yang akan menjadikan kita semakin sulit untuk bangun di pagi hari meski memiliki niat yang cukup besar untuk bangun.

Berbagai jenis minuman yang mengandung kafein selain kopi, bisa membuat kita kesulitan untuk tidur lebih awal disetiap malamnya. Karena kita kekurangan tidur, nantinya kita akan kesulitan juga untuk bangun di pagi harinya, kita akan terbiasa untuk terjaga cukup lama di malam hari, karena kadar kafein akan selalu ada di dalam darah yang membuat kita sulit untuk tidur meski merasa lelah.

2. Niatkan Diri Untuk Tidur Lebih Awal

Cara agar mudah bangun pagi lainnya adalah dengan memantapkan niat dalam diri sendiri untuk tidur lebih awal disetiap malamnya. Meskipun cara ini akan terasa sangat sulit bagi beberapa orang, apalagi jika Kita terbiasa untuk selalu terjaga disetiap malamnya, cobalah untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut dengan meniatkan diri untuk tidur lebih awal.

Kita bisa mencobanya dengan cara perlahan, jika memang hal ini akan terasa sulit, terutama jika kita merupakan orang yang memiliki insomnia yang cukup berat, kita bisa mengakalinya dengan cara mengurangi waktu bergadang sedikit demi sedikit, misalnya hari ini dikurangi satu jam, besok dua jam, dan seterusnya.

Lakukanlah cara ini secara terus menerus disetiap malamnya, agar kita bisa secara perlahan mengurangi waktu terjaga pada malam hari. Cobalah untuk meniatkan pada diri untuk melakukan hal ini, demi memiliki kehidupan yang lebih sehat, sehingga kita bisa lebih berkonsentrasi untuk melakukan aktifitas apapun disetiap harinya, tanpa rasa kantuk yang berlebihan.

3. Hindari Makan Lewat Dari Jam 8 Malam

Jika kita memiliki waktu untuk makan pada malam hari, biasakan untuk tidak melakukannya lagi, demi memiliki hidup yang lebih sehat. Hal ini akan sangat berguna untuk mendukung kita agar bisa bangun lebih awal di setiap paginya, dengan membiasakan diri makan sebelum lewat dari jam 8 malam, hal ini pun memiliki alasan tersendiri sehingga menyebabkan kita sulit untuk bangun pagi.

Biasanya jika kita makan lewat dari jam 8 malam, tubuh kita akan selalu bekerja untuk mencerna makanan tersebut. Alhasil, kita akan terjaga semalaman. Dengan makan sebelum jam 8 malam, maka kita bisa mengatur waktu tidur lebih awal, sehingga perut yang kenyang akan membawa rasa kantuk yang sampai pada otak kita.

Dengan menggunakan cara ini, Kita bisa tidur lebih awal dengan makan lebih awal, sehingga Kita tidak akan kelaparan pada malam harinya. Kita bisa menjadi lebih siap untuk tidur lebih awal dengan kondisi kenyang, sehingga Kita bisa menjadi lebih cepat tidur. Dengan melakukan ini, maka kita bisa bangun lebih awal di pagi hari, karena telah merasa puas untuk tidur pada malamnya.

4. Buatlah Tempat Tidur Senyaman Mungkin

Demi meningkatkan kenyamanan posisi tidur kita, ada baiknya jika sebelum kita tidur siapkanlah dulu posisi tidur ternyaman kita. Hal ini akan memberikan kita rasa nyaman yang lebih baik, dibandingkan hanya tidur dengan seadanya, tanpa memikirkan posisi tidur yang akan kita gunakan, demi mendapatkan tidur yang pulas dan nyenyak disetiap malamnya.

Biasanya beberapa orang akan dimulai dengan memposisikan bantal tidur, dengan posisi yang baik dan nyaman sesuai selera. Pemilihan kualitas bantal tidur yang cocok dengan kepala kita juga merupakan hal utama yang harus kita perhatikan untuk bisa bangun pada pagi hari.

5. Hindari Tidur Siang Dengan Waktu yang Lama

Membiasakan diri untuk tidur siang merupakan hal yang cukup sehat untuk dilakukan apabila dengan waktu yang cukup. Kenali lah batas untuk waktu tidur siang Kita, sehingga Kita bisa memiliki hidup yang lebih sehat, memiliki waktu tidur siang yang berlebih akan memberikan efek yang buruk pada tubuh Kita, dan hanya membuat tubuh Kita terasa lemas seharian.

Dengan mengurangi waktu tidur siang, Kita bisa mengurangi waktu berjaga Kita pada malam hari, sehingga tubuh akan merasakan energi yang cukup untuk tidur lebih awal setiap harinya. Biasanya orang yang tidak terbiasa untuk tidur siang, tidak akan terjaga dengan lama pada malam harinya, sehingga bisa tidur dan bangun lebih awal disetiap harinya.

Berbeda dengan beberapa orang yang sering tidur siang dengan waktu yang lama, biasanya mereka  akan cenderung merasa lebih lemas, seperti tidak ada tenaga yang dikarenakan ion dalam tubuh telah terpakai saat tidur, bahkan energi Kita akan kembali bangkit saat malam, dan membuat Kita sulit untuk tertidur.

6. Hindari Memikirkan Masalah yang Berat Sebelum Tidur

Membiasakan diri untuk memikirkan masalah yang berat pada malam hari, bisa merupakan keputusan terburuk yang pernah Kita buat. Dengan memikirkan masalah yang berat, bukan hanya mengganggu waktu tidur Kita, akan tetapi mempengaruhi juga kondisi mental dan fisik Kita, sebagai manusia yang membutuhkan ketenangan yang cukup, sehingga Kita bisa memiliki mental yang sehat.

Baiknya untuk memikirkan masalah yang berat, akan lebih sehat jika Kita melakukannya pada siang hari, terutama ketika kondisi Kita sedang dalam keadaan beristirahat. Biasanya pada siang hari, otak kita akan merespon dengan baik setiap hal yang sedang difikirkan, sehingga bisa memberikan solusi yang baik untuk mempertimbangkan sesuatu dengan cara yang logis.

Mulai saat ini biasakanlah untuk tidak memikirkan masalah yang berat di malam hari, dengan menggantinya di siang hari demi mendapatkan cara berfikir yang lebih baik. Biasanya dengan memikirkan masalah yang berat akan membuat Kita malas untuk tidur, hanya ingin untuk menyelesaikannya dan memikirkannya hingga terbawa perasaan, yang membuat Kita kesulitan untuk bangun lebih pagi dengan keadaan segar.

7. Pasang Alarm Namun Jauhkan dari Tempat Tidur

Cara agar mudah tidur ini merupakan cara paling mudah untuk dilakukan, hampir setiap orang melakukannya, demi bisa bangun pagi hari. Namun tetap saja hal ini akan terasa sulit bagi beberapa orang, jika tidak bisa bangun hanya dengan mendengar suara yang berdering, meskipun suara tersebut cukup kencang dan dekat dari telinga Kita saat tertidur.

Ternyata memasang alarm memang merupakan cara paling efektif untuk membangunkan Kita disetiap hari, meskipun beberapa orang memiliki kepekaan yang kecil ketika tidur. Sebenarnya cara yang salah adalah memasangnya dekat dengan tempat tidur, cobalah untuk menempatkan lokasinya sedikit lebih jauh, agar tidak mudah terjangkau oleh Kita ketika ingin mematikannya ketika sedang berdering.

8. Biasakan untuk Tidak Melamun Sebelum Tidur

Kebiasaan melamun memang wajar terjadi pada manusia, pasalnya manusia memang cenderung suka memikirkan sesuatu ketika dirinya sedang sendiri atau dengan cara yang reflex. Maka dari itu cobalah untuk tidak melamun sebelum tidur, hal ini hanya akan membuat Kita berhayal dengan memikirkan hal yang tidak penting, cobalah untuk tidak melakukannya demi waktu tidur yang lebih awal.

Dengan demikian Kita bisa bangun dengan lebih cepat disetiap pagi, dengan memiliki waktu tidur yang cukup, sehingga bisa tidur dengan nyaman dan pulas. Ada baiknya jika Kita ingin melamun dilakukan di waktu siang hari, sehingga Kita tidak terbiasa untuk terjaga setiap malamnya hanya untuk melamun dan memikirkan sesuatu yang tidak seharusnya dipikirkan oleh Kita.

9. Berniatlah Untuk Bangun Awal Demi Melakukan Hal yang Lebih Baik

Ada istilah yang mengatakan jika terbiasa untuk terbangun di siang hari, maka rejeki yang Kita miliki akan dimakan ayam. Hal ini memang benar adanya, akan tetapi bukan ayamlah yang memakan rejeki atau uang Kita, namun Kitalah yang menyebabkan diri Kita sendiri kehilangan pekerjaan, atau kesempatan lainnya karena telah diambil terlebih dahulu oleh orang lain.

Biasanya orang yang terbangun lebih awal akan memiliki semangat yang lebih baik, dibandingkan dengan orang yang terbiasa terbangun pada siang hari. Bahkan beberapa orang tersebut cenderung memiliki tujuan untuk bangun lebih awal demi melakukan hal yang baik untuk hidupnya maupun orang lain, seperti halnya untuk mencari pekerjaan ataupun berangkat bekerja lebih awal.

10. Mintalah Orang Sekitar Untuk Membangunkan Kita

Jika Kita masih kesulitan untuk terbangun lebih awal di pagi hari, maka cara terakhir yang bisa Kita lakukan adalah dengan meminta orang disekiar Kita untuk membangunkan. Hal ini memang cara termudah untuk dilakukan, pastikan terlebih dahulu jika orang yang Kita mintai tolong terbiasa untuk bangun lebih awal daripada Kita, agar bisa membangunkan Kita pada waktu yang tepat.

Kita bisa melakukan beberapa cara agar mudah bangun pagi seperti diatas, dengan melakukannya perlahan di setiap harinya. Meski beberapa cara diatas cukup mujarab untuk dilakukan, pastikanlah Kita memiliki niat yang cukup kuat untuk selalu bangun di pagi hari demi mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik, sehingga beberapa cara diatas bisa berjalan dengan lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here