13 Cara Mengatasi Rambut Rontok Penyebab Kebotakan Secara Alami

merawat-rambut-rontok

Rambut tanpa ketombe dan terlihat lembut belum tentu menjadi patokan rambut yang sehat. Rambut sehat harus meliputi rambut kuat dan tidak mudah rontok. Mungkin sering kali kita menyepelekan rambut rontok, namun jika dibiarkan terlalu lama dapat membuat volume rambut berkurang, bahkan bisa jadi kebotakan akan melanda. Tidak heran jika banyak orang memberikan perawatan rambut agar mereka punya rambut yang kuat dan mengatasi rambut rontok.

Segala macam perawatan dari salon atau yang menggunakan bahan kimia akan menguras kantong anda. Dari pada seperti itu, lebih baik gunakan bahan alami yang ada di sekitar untuk perawatan rambut rontok. Bahan-bahan alami juga tidak akan memberikan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Berikut ini beberapa perawatan cara mengatasi rambut rontok dengan bahan alami.

1. Menggunakan santan kelapa

Pertama menggunakan santan kelapa, bahan alami yang satu ini sudah sangat terkenal digunakan untuk perawatan rambut agar lebih sehat. Tidak sedikit juga bahan dari kondisioner ataupun sampo menggunakan kelapa, sebab memang kandungan di dalamnya dapat menjadi pelembab yang bagus untuk rambut. Tahukah kamu bahwa rambut yang rontok juga disebabkan oleh kulit kepala yang kering, jadi santan kelapa akan jadi bahan yang tepat untuk melembabkan kulit kepala anda.

Menggunakannya dengan mengambil santan kelapa secukupnya, pastikan menggunakan perasan yang pertama. Oleskan pada kulit kepala dengan memberikannya pijatan sebentar agar kandungannya meresap sampai akar rambut. Diamkan selama 10 menit dan bilas kepala kamu menggunakan air sampai benar-benar bersih. Menggunakan santan kelapa untuk menguatkan akar rambut dapat dilakukan 2 kali dalam satu minggu.

2. Menggunakan kayu manis

Pernah tahu kayu manis? Bahan alami yang satu ini sering sekali digunakan sebagai bumbu masakan agar makanan semakin terasa sedap. Ternyata kayu manis memiliki kandungan gizi gula, protein, vitamin A, senyawat antioksidan, dan juga karbohidrat yang akan mengatasi kerontokan pada rambut secara alami.

Cara menggunakan kayu manis dengan menggunakan bubuknya secukupnya. Kemudian tambahkan minyak zaitun dan madu, aduk sampai jadi seperti pasta. Oleskan pada kulit kepala secara merata dan berikan pijatan.

Agar kandungannya bekerja, kamu bisa mendiamkan selama 15 menit kemudian bilas menggunakan air yang bersih. Menggunakan kayu manis ini terbilang aman dan dapat dilakukan 3 kali dalam satu minggu agar rambut kamu menjadi semakin kuat.

3. Menggunakan bubuk cabai

Mungkin banyak yang kurang yakin menggunakan bubuk cabai sebagai salah satu bahan alami untuk menguatkan rambut dan mencegah kerontokkan. Namun bubuk cabai cukup ampuh untuk mempertahankan kekuatan rambut, sebab dapat merangsang sirkulasi darah pada kulit kepala dengan kandungan capsaicin.

Cara menggunakan bubuk cabai cukup mudah, ambil bubuk cabai secukupnya dan campurkan dengan minyak zaitun. Aduk sampai bubuk cabai dan minyak zaitun menjadi pasta. Oleskan pada kulit kepala secara merata, hati-hati agar tidak terkena area mata sebab dapat memberikan sensasi pedih.

Diamkan selama 15 menit kemudian langsung bilas dengan air bersih. Pastikan membilas sampai bersih dan jangan terkena mata. Gunakan bubuk cabai ini 1 kali saja dalam satu minggu.

4. Menggunakan jus jahe

Selain bubuk cabai, kamu juga bisa menggunakan bahan alami yang ada di dapur seperti jahe. Jahe juga memiliki kandungan yang akan membuat akar rambut menjadi lebih kuat. Tidak hanya itu tetapi juga dapat merangsang sirkulasi darah pada kepala anda.

Untuk menggunakan jahe dengan menggunakannya sebagai jus. Blender jahe dengan sedikit air kemudan ambil saripatinya saja. Oleskan sari jahe pada kulit kepala secara merata kemudian kamu dapat mendiamkannya selama 30 menit.

Kandungan jahe akan memperkuat akar rambut agar tidak mudah rontok. Bilas dengan air bersih dan gunakan cara jus jahe ini 2-3 kali saja dalam satu minggu agar akar rambut menjadi lebih kuat.

5. Menggunakan jus bawang

Cukup banyak bahan dapur yang dapat digunakan sebagai bahan alami mencegah rambut rontok, salah satunya adalah bawang. Kandungan di dalam bawang akan menguatkan akar rambut dan membuat rambut kamu menjadi lebih lembab. Bawang putih dan bawang merah sama-sama memiliki khasiat, jadi kamu juga bisa menggunakan keduanya.

Untuk menggunakannya, blender bawang merah dan bawang putih tanpa tambahan air. Kemudian oleskan pada rambut secara merata. Berikan pijatan sebentar saja kemudian diamkan selama 30 menit agar kandungan bawang semakin meresap.

Bilas menggunakan air bersih atau sampo jika kamu kurang suka dengan baunya. Cara ini dapat kamu gunakan 2-3 kali dalam satu minggu agar hasilnya jauh lebih maksimal untuk kekuatan rambut anda.

6. Menggunakan minyak jojoba

Seperti minyak kelapa atau santan kelapa, minyak jojoba juga dapat digunakan untuk menguatkan akar rambut. Minyak jojoba sendiri akan membantu melembabkan folikel rambut pada kulit kepala dan dapat juga membuat rambut menjadi lebih kuat. Selain itu, minyak jojoba dapat membantu sel-sel rambut diproduksi lebih cepat.

Cara menggunakannya dengan menghangatkan minyak jojoba secukupnya terlebih dahulu. Kemudian oleskan pada rambut dan berikan pijatan sekitar 3 menit. Diamkan selama 30 menit agar minyak jojoba dapat meresap dengan baik pada kulit kepala. Bilas menggunakan air bersih dan gunakan minyak jojoba ini 3 kali dalam satu minggu agar rambut kamu semakin sehat dan terawat.

7. Menggunakan lidah buaya

Sudah bukan rahasia lagi bahwa lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Lidah buaya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup banyak sehingga akan membuat kulit kepala kamu menjadi lembab. Bukan hanya itu tetapi juga dapat membantu rambut menjadi lebih berkilau, ketombe hilang, dan warna menjadi lebih hitam.

Cara menggunakannya dengan mengambil gel lidah buaya yang sudah dikupas dan dibersihkan. Selanjutnya, kamu dapat membasahi rambut kamu dengan air yang mengalir. Oleskan gel lidah buaya tersebut secara merata pada rambut. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih. Lidah buaya ini cukup aman digunakan setiap hari agar rambut menjadi semakin kuat.

8. Menggunakan daun bunga rosemary

Sudah pernah tahu daun bunga rosemary? Bahan alami yang satu ini memiliki kandungan antibakteri dan antioksidan yang akan membantu rambut kamu cepat tumbuh kembali. Tidak hanya itu tetapi dapat digunakan melancarkan sirkulasi darah sehingga rambut menjadi lebih kuat.

Cara menggunakannya dengan merebus daun bunga rosemary. Rebus sampai air tinggal sedikit dan mengeluarkan minyak. Gunakan minyak tersebut untuk dioleskan pada rambut secukupnya. Diamkan selama 30 menit agar kandungan dapat meresap secara merata.

Bilas rambut kamu dengan menggunakan air mengalir atau dapat juga menggunakan sampo agar lebih bersih. Gunakan daun bunga rosemary ini sebgai bahan alami untuk mengatasi rambut rontok 3 kali dalam satu minggu.

9. Menggunakan telur

Telur merupakan bahan makanan dan terkenal sehat ternyata dapat membantu menguatkan akar rambut. Beberapa orang mungkin kurang tertarik menggunakan telur untuk menguatkan rambut karena aromanya, tetapi kandungan protein yang tinggi tidak hanya dapat menguatkan akar rambut namun dapat menyembuhkan kerusakan pada rambut.

Caranya campurkan satu butir telur dengan mnyak zaitun secukupnya. Aduk sampai rata dan cuci rambut kamu terlebih dahulu. Oleskan masker telur pada rambut dan kulit rambut secara merata. Tutup dengan menggunakan topi mandi sekitar 10 menit. Bilas menggunakan air bersih yang mengalir dan juga sampo agar rambut kamu tidak terlalu bau amis.

10. Menggunakan bunga safflower

Untuk kamu yang suka sekali bercocok tanam dengan tanaman hias pasti tahu bunga safflower yang ternyata dapat digunakan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Tidak hanya itu tetapi dapat digunakan untuk menyehatkan kulit kepala dan membantu malawan ketombe. Jadi rambut kamu akan benar-benar sehat jika menggunakan minyak safflower.

Menggunakannya kamu membutuhkan minyak bunga safflower secukupnya. Kemudian oleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata. Berikan pijatan sekitar 3-5 menit dan diamkan selama 30 menit. Bilas menggunakan air bersih dan sampo sampai benar-benar bersih. Menggunakan minyak safflower ini cukup ampuh digunakan 3 kali dalam satu minggu.

11. Menggunakan cuka apel

Selain disebabkan oleh kulit kepala yang kering, ternyata rambut rontok juga dapat disebabkan oleh folikel rambut yang tersumbat. Namun tetap saja masalah folikel rambut tersumbat dikarenakan kekurangan minyak dan banyaknya bakteri. Menggunakan cuka apel akan menjadi cara yang ampuh untuk memberikan asupan minyak pada folikel dan kulit kepala.

Menggunakan cuka apel sebenarnya sangat sederhana, namun banyak orang yang enggan melakukan hal tersebut dikarenakan baunya yang terlalu menyengat. Setelah keramas, cobalah untuk membilas kulit kepala dengan cuka apel. Diamkan 15 menit lalu kemudian bilas lagi dengan menggunakan air bersih.

12. Menggunakan jus kentang

Kentang selain dapat digunakan untuk perawatan kulit, ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok secara alami. Kentang memiliki banyak nutrisi seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan beberapa kandungan lainnya untuk menguatkan akar rambut dan melembabkan kulit kepala anda.

Baca Juga: 14 Cara Alami Mengatasi Kulit Kering Dan Kusam Dengan Aman Dan Efektif

Cara menggunakan kentang cukup sederhana, blender kentang menggunakan sedikit air saja. Kemudian peras untuk diambil saripatinya saja. Oleskan jus kentang tersebut pada rambut kamu secara merata. Diamkan selama 30 menit, dan bilas menggunakan air mengalir yang bersih. Kentang sangat aman digunakan untuk mengatasi rambut rontok, gunakan 3 kali dalam seminggu agar hasil maksimal.

13. Menggunakan jus lemon

Lemon merupakan buah dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi, tetapi kadar pH cukup rendah sehingga dapat digunakan untuk membersihkan sel-sel kulit mati yang ada di kepala. Tidak hanya itu saja, tetapi lemon juga akan membersihkan minyak rambut yang terjangkit bakteri dan kuman penyebab kerontokan.

Cara menggunakan lemon dengan mengambil airnya saja. Oleskan air lemon tersebut pada kulit kepala dan berikan pijatan selama 3 menit. Diamkan lagi 20 menit agar kandungan lemon bekerja maksimal. Namun jangan sampai menggunakannya pada bagian kepala yang memiliki luka, sebab dapat memberikan rasa perih. Gunakan bahan alami lemon 1-2 kali saja dalam satu minggu agar rambut tidak rontok lagi.

Itulah beberapa bahan alami untuk mengatasi rambut rontok yang bisa jadi menyebabkan kebotakan. Pastikan menggunakan satu cara dengan rutin sampai volume rambut kamu semakin banyak. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here