14 Tanda Pasangan Kamu Adalah Orang yang Setia. Pertahankan Kalo Tidak Mau Menyesal

Menjalani hubungan pernikahan ataupun hanya sekedar pacaran menjadi hal yang diinginkan hampir semua orang. Namun terkadang hubungan yang sedang dijalani tidak selalu sesuai dengan angan-angan. Semua yang memiliki hubungan entah itu pacaran ataupun pernikahan pasti ingin mendapatkan pasangan yang bertanggung jawab, setia, menyayangi apa adanya, dan masih banyak yang lainnya.

Terkadang suatu hubungan yang sedang berada di tengah perjalanan sering mendapatkan masalah yang membuat kurang nyaman. Apalagi jika masalah tersebut berada pada kesetiaan pasangan kita sendiri. Sebenarnya kamu bisa tahu pasangan kamu setia atau tidak hanya dengan kebiasaan yang kerap dilakukan pada kamu, seperti berikut ini.

1. Menghormati pasangannya

Hal pertama yang bisa menunjukkan bahwa pasangan kamu setia adalah sikap hormat yang sudah sepantasnya dilakukan. Hormat yang diartikan bukan karena takut tetapi lebih mengarah pada menghormati,  sebab pasangan kamu menyayangi dan tahu bagaimana cara memperlakukan kamu dengan baik.

Menghormati pasangan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara misalnya saja ketika sedang bersama diperlakukan dengan baik, menghargai segala keputusan yang dibuat oleh pasangan, dan juga menjadi pendengar yang baik.

Ketika seseorang bisa bersikap menghormati pasangannya, maka kemungkinan untuk mengkhianati atau menyakiti tidak akan terlaksana karena rasa sayang yang tulus. Apakah pasangan kamu juga dapat menghormati kamu dengan baik?.

2. Memperjelas hubungan

Orang yang setia sangat enggan untuk bertele-tele dan tidak mampu menyakiti pasanganya. Salah satu hal yang akan dilakukan oleh pasangan yang setia adalah memperjelas hubungan yang sudah terjalin. Jika masih terikat status sebagai pacar, maka tidak akan ragu untuk menunjukkan rasa cintanya yang serius. Setiap tindakan yang sedang dilakukan mengarah pada sesuatu yang tidak main-main lagi atau serius.

Untuk yang sudah menikah, maka dia tidak akan malu atau ragu untuk memperjelas hubungannya pada orang yang baru dikenalnya. Dia akan dengan bangga menyebutkan bahwa dia sudah menjalin rumah tangga dengan pasangannya dan mampu hidup bahagia.

3. Menepati janji

Menjalani hubungan dengan pasangan terkadang tidak terlepas dari berjanji, sekalipun hanya untuk membuat pasangan kita percaya dengan yang sudah diucapkan. Salah satu ciri bahwa pasangan kamu adalah orang yang setia adalah selalu menepati janji. Hal ini mungkin sering sekali dilanggar, namun orang yang setia lebih banyak untuk menepati apa yang sudah dijanjikan.

Berbeda dengan orang yang sudah berselingkuh, kebanyakan mereka akan mengingkari janji yang sudah dibuatnya. Tidak jarang juga mereka justru lupa dengan janjinya sendiri karena memiliki pasangan lain yang juga sedang dijalani. Jadi jika pasangan kamu selalu berusaha untuk menepati janji yang sudah dibuat, maka bisa jadi pasangan kamu benar-benar setia dan patut untuk dihargai.

4. Selalu terbuka

Bukan hanya menghormati pasangan, selalu menepati janji, atau tidak ragu memperjelas hubungan saja, tetapi pastikan juga bahwa pasangan kamu terbuka atau jujur. Sifat ini sangat penting untuk membangun hubungan yang harmonis.

Ketika pasangan kamu terbuka dan jujur tentang segala hal dalam dirinya, sekalipun ada yang kurang kamu suka, namun hargai usahanya tersebut, bisa jadi hal tersebut adalah cara dia untuk menunjukkan bahwa dirinya setia dengan kamu.

Namun pasangan yang kerap kali berbohong patut untuk dicurigai kesetiaannya. Ketika pasangan kamu berbohong sebenarnya dapat dilihat dari sikap yang sedang ditunjukkan. Jika pasangan sudah terbuka, maka hubungan yang dibangun juga bisa berjalan dengan baik.

5. Memiliki kesabaran yang besar

Tak jarang masalah dalam sebuah hubungan datang dikarenakan diri kita sendiri, beberapa sifat atau bahkan pendapat yang berbeda bisa membuat hubungan berada di titik yang kurang menyenangkan. Hal tersebut pasti dialami oleh siapapun, entah untuk yang masih pacaran atau yang sudah menikah. Nah, salah satu ciri pasangan yang setia adalah seseorang yang sabar menghadapi sifat kita.

Pasangan yang setia akan memilih untuk meredakan emosi kamu dan mencairkan Susana daripada meninggalkan kamu dan mencari pasangan yang lainnya. Kesabaran tersebut akan muncul dari kasih sayang tulus yang dimilikinya. Untuk itu jika pasangan kamu sudah bersabar pastikan kamu juga meredam amarah dengan baik dan ikut mencairkan suasana agar pasangan kamu juga merasa dihargai.

6. Mengontrol emosi dengan baik

Selanjutnya tanda bahwa pasangan kamu adalah orang yang setia biasanya akan memiliki kontrol emosi yang cukup baik. Masalah juga bisa datang pada pasangan kamu, entah masalah pekerjaan atau masalah yang lainnya. Jika pasangan kamu memiliki kontrol yang baik, maka biasata dia tidak akan melampiaskan emosinya atas masalah tersebut kepada kamu.

Terkadang beberapa orang yang memiliki masalah yang memberikan beban pikiran akan membuat emosinya sedikit agak kacau, hasilnya orang sekitarlah yang menjadi sasaran luapan kemarahannya. Tetapi jika pasangan kamu tetap santai menghadapi masalah tersebut dan tidak melampiaskannya pada kamu karena tidak ingin menambah masalah dalam hubungannya, bisa jadi pasangan kamu adalah orang yang setia.

7. Tidak mudah tergoda

Tidak mudah tergoda adalah sikap pasti yang akan ditunjukkan pasangan setia. Hal ini akan membuat pasangan kamu terlihat benar-benar setia. Misalnya saja ketika ada lawan jenis yang mendekati pasangan kamu, maka ia tidak akan tergoda dan tidak goyah pada perasaannya terhadap kamu.

Biasanya pasangan tersebut akan menunjukkan sikap yang biasa terhadap lawan jenis yang menggoda atau yang mendekatinya. Bahkan pasangan yang setia tidak akan segan menunjukkan bahwa dirinya sudah memiliki pasangan. Jika pacar atau pasangan suami istri mampu menunjukkan sikap yang satu ini, maka jalinan hubungan yang dilakoni akan terbilang lebih mudah.

8. Perhatian

Ingin diperhatikan oleh pasangan kamu tentu akan menjadi hal yang sangat diinginkan oleh semua orang. Tanda pasangan kamu adalah orang yang setia juga bisa memberikan perhatian tanpa kamu minta. Dia tahu bagaimana cara memperhatikan kamu dengan baik dan tahu apa yang kamu inginkan.

Jika pasangan kamu masih memberikan perhatian yang baik pada kamu artinya pasangan kamu masih benar-benar sayang pada kamu dan setia. Namun jika pasangan kamu sudah mulai tidak peduli dengan kamu dan perhatiannya benar-benar hilang maka kamu harus waspada, bisa jadi pasangan kamu bosan atau justru sudah mendapatkan gandengan yang baru tanpa kamu tahu.

9. Setia di masa lalu

Ingin tahu apakah pasangan kamu benar-benar setia? Sebenarnya kamu sudah bisa menebaknya melalui masa lalu. Sebelum menjalin hubungan dengan kamu, pastikan kamu tahu pasangan kamu memiliki berapa orang pacar dan berapa lama menjalin hubungan tersebut.

Jika pasangan kamu hanya memiliki sedikit mantan pacar dan waktu yang dijalani juga cukup lama, maka bisa dikatakan bahwa pasangan kamu adalah orang yang setia. Terkadang kita memang enggan tahu masa lalu pasangan, namun dengan mengatahui hal tersebut kamu dapat tahu bagaimana tipe pasangan kamu.

10. Pemaaf

Pasangan yang setia biasanya akan menerima segala kekurangan kamu. Terkadang pasti ada kesalahan yang kamu lakukan dalam menjalin sebuah hubungan, pasangan yang setia akan memilki sifat pemaaf dan ingin hubungannya berjalan baik-baik saja.

Namun jika pasangan kamu selalu saja emosi ketika ada kesalahan yang terjadi maka mudah saja dia merasa jenuh dalam hubungannya. Apabila pasangan kamu sudah sering memaafkan segala kesalahan yang kamu lakukan di dalam hubungan tersebut, ada baiknya kamu harus introspeksi demi mempertahankan hubungan agar lebih langgeng dan tidak berakhir menyakitkan.

11. Selalu berpikiran positif

Berfikiran positif memang menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan semua orang. Begitu juga dengan kamu yang saat ini sedang menjalin hubungan. Salah satu tanda dan ciri pasangan yang setia ia selalu berpikiran positif terhadap kamu dan juga hubungan yang sedang dijalani. Hal tersebut dilakukan karena ia mencoba untuk menjadi seseorang yang setia dan tidak membiarkan dirinya dipengaruhi oleh pikiran negatif tentang diri kamu.

Sekalipun terkadang kamu melakukan kesalahan dan membuatnya kecewa, namun hal tersebut akan dihadapi dengan cara mencari solusi yang baik untuk hubungannya. Kepada pasangan yang selalu berfikir positif dan memberikan sikap yang baik untuk kamu ada baiknya tetap dihargai dan dijaga hubungan agar tetap dalam keadaan baik.

12. Selalu ada

Pasangan yang selalu ada untuk kamu bukan berarti setiap hari harus bertemu dan kemana-mana berdua. Kehadirannya yang selalu ada bisa diartikan ketika kamu mengalami sesuatu yang buruk atau sedang merasa kesulitan, maka pasangan kamu tidak segan untuk membantu dan melewatinya bersama kamu. Tidak meninggalkan kamu ketika masa sulit menjadi hal yang berharga untuk kamu ataupun hubungan kamu.

Tanda pasangan yang setia juga selalu menemani kamu dalam keadaan susah ataupun senang. Hal tersebut dikarenakan pasangan kamu ingin memberikan yang terbaik untuk kamu. Kehadiran pasangan bukan melulu soal fisiknya yang selalu ada, tetapi untuk yang berjarak jauh juga bisa ditemani dengan menelpon atau melakukan video call dengan mendengarkan setiap keluh kesah kamu.

13. Membiarkan masuk dalam dunianya

Tanda pasangan yang setia juga bisa dengan membiarkan kita masuk ke dalam dunianya. Sebelum mengenalnya tentu pasangan kamu memiliki dunianya sendiri yang belum pernah kamu ketahui. Namun ketika sudah menjalani hubungan dengan kamu, maka dia akan mengenalkan kamu pada beberapa keluarganya, temannya, atau mungkin mengajak kamu untuk tahu hobinya.

Jika pasangan sudah melakukan hal tersebut bisa jadi menandakan dia adalah orang yang setia dan ingin mengenalkan kamu pada beberapa keluarga dan orang terdekat yang ada di sekitarnya.

14. Memiliki teman yang baik

Pasangan yang setia juga bisa dipengaruhi oleh pergaulannya. Jika memang pergaulan pasangan kamu baik, maka kemungkinan tidak akan memberikan pengaruh yang buruk. Ketika pasangan kamu mengenalkan pada teman-temannya, maka amati apakah sekumpulan teman-temannya tersebut termasuk dalam kategori pertemanan yang baik.

Namun jika teman-temannya hanya bisa memberikan pengaruh yang kurang baik untuk pasangan kamu, maka beri nasehat atau tetap pantau pasangan kamu agar tidak meniru yang dilakukan teman-temannya.

Memantau bukan berarti mengekang, tetapi kamu bisa memastikan bahwa kebiasaan buruk yang kerap kali dilakukan teman-temannya tidak juga dilakukan oleh pasangan kamu. Sekalipun pasangan kamu belajar untuk setia, tetapi jika diberikan pengaruh yang buruk oleh teman-temannya juga bisa saja tergoda.

Beberapa tanda pasangan yang setia tersebut tidak harus semua ada dalam pasangan kamu. Paling tidak beberapa di antaranya memang harus diperlakukan untuk kamu. Sebelum tahu pasangan kamu setia atau tidak jangan menghilangkan rasa percaya kamu terlebih dahulu agar pasangan kamu merasa dihargai. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here