4 Tips Menjual Ikan Hias agar Mudah Meraih Keuntungan

ikan-hias

Jika kamu yakin akan menjalankan bisnis menjual ikan hias, tentunya kamu menginginkan keuntungan yang besar dan usaha tersebut dapat berjalan dengan lancar. Namun terkadang bisnis juga bisa mengalami penurunan dan kenaikan yang tidak bisa kita prediksi, pastikan kamu tidak berputus asa dan tetap menggeluti usaha menjual ikan hias. Nah berikut ini tips menjual ikan hias agar mudah meraih keuntungan.

1. Butuh ketekunan

Tidak hanya melakoni bisnis ikan hias, semua bisnis yang akan kamu jalankan butuh ketekunan. Salah satu jenis usaha yang cukup menjanjikan memang adalah bisnis ikan hias, sebab usaha ini susah-susah gampang untuk dilakukan, dan juga tingginya permintaan pasar.

Jika kamu tidak memiliki ketekunan, maka bisa saja kamu merasa kerepotan dan susah menjalankan bisnis ikan hias. Pastikan kamu sudah yakin menjalankan usaha ikan hias dan tekun menjalankan usaha tersebut. Dengan berjalannya waktu, bisnis ikan hias kamu pasti dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

Ketekunan yang dimaksud adalah ketekunan memelihara dan merawat ikan hias agar dapat berkembang dengan baik. Memelihara ikan hias atau binatang hidup harus dari hati, sebab hal tersebut bersangkutan dengan nyawa ikan hias.

Jika ikan hias kamu terserang penyakit atau mati, mungkin saja hal tersebut dikarenakan kamu kurang peduli memelihara ikan hias tersebut, hal ini bisa saja memberikan dampak kerugian yang cukup besar untuk bisnis kamu. Untuk itu jika sudah berniat membuka usaha ikan hias pastikan merawatnya dengan baik.

Baca Juga: 10 Bisnis Iklan Hias yang Mendatangkan Keuntungan

2. Butuh pengetahuan

Selain memiliki ketekunan, kamu juga harus memiliki pengetahuan. Hal tersebut memang cukup penting dan harus diperhatikan ketika kamu membuka usaha ikan hias. Pengetahuan yang dimaksud adalah bagaimana cara merawat ikan hias dan seluk beluknya.

Tidak hanya perawatan saja yang harus kamu ketahui dengan baik, tetapi kamu juga harus tahu bagaimana prospek usaha ikan hias tersebut, seperti rincian biaya usaha dan modal ikan hias, hitung dan analisa prospek bisnis ikan hias tersebut. Selain itu, kamu juga harus tahu bagaimana cara pemasaran ikan hias agar dapat meraup keuntungan.

Hal-hal tersebut harus kamu ketahui dengan baik agar usaha ikan hias kamu tidak berhenti ditengah jalan karena kurangnya pengetahuan.

3. Lokasi yang strategis

Jika kamu ingin banyak orang yang tahu bahwa kamu sedang membuka bisnis ikan hias, maka ada baiknya untuk membukanya di lokasi yang strategis. Sekalipun kamu membudidayakan ikan hias, namun untuk menjualkannya juga membutuhkan tempat yang strategis.

Hal tersebut juga akan memudahkan para distributor mengambil ikan hias ditempat kamu. Pastikan tempat tersebut selalu ramai dilalui orang dan mudah untuk dikenali banyak orang.

Tidak hanya itu, lokasi juga harus mudah dijangkau agar para pembeli tidak kapok datang ke tempat toko ikan hias kamu. Beberapa lokasi yang bagus ada di depan jalan raya, di sekitar pasar, dan tempat ramai lainnya. Tetapi jika kamu menggunakan gerobak atau menggunakan toko tanpa membudidayakannya, maka kamu bisa menjualnya di dekat sekolah dasar, kampus, taman kota, dan beberapa tempat ramai lainnya.

4. Promosikan usaha anda

Jika usaha ikan hias sudah berjalan dengan baik, tentu cara selanjutnya adalah mempromosikannya. Ada dua cara yang dapat digunakan untuk mempromosikan ikan hias kamu, yaitu melalui media offline ataupun online.

Jika kamu melakukannya dengan offline, maka dapat berupa brosur, mengikuti bazar dan pameran ikan hias, dan masih banyak yang lainnya. Tetapi jika mempromosikan secara online, maka kamu harus memanfaatkan internet dan media sosial dengan sebaik-baiknya.

Sebenarnya jauh lebih mudah mempromosikan usaha kamu melalui media online jika dibandingkan dengan mempromosikannya melalui offline, selain tidak menghabiskan banyak uang, promosi melalui media online juga cukup mudah menyebarkan informasinya.

Jika kamu memiliki media sosial, gunakan sosmed itu untuk mempromosikan usaha kamu yang menyediakan ikan hias. Tidak hanya di media sosial saja, kamu juga bisa mempromosikan bisnis ikan hias melalui web atau blog, sehingga banyak orang yang dapat menjangkau dan mencari tahu tentang usaha kamu tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here