10 Bisnis Iklan Hias yang Mendatangkan Keuntungan

bisnis-ikan-hias

Membuka sebuah usaha sendiri belakangan ini menjadi hal yang banyak dilakukan masyarakat Indonesia. Kesadaran untuk berdiri di kaki sendiri mulai dikembangkan dengan baik. Banyak peluang bisnis yang sebenarnya terpapar di depan mata, salah satunya adalah melakoni usaha ikan hias. Sebenarnya usaha ikan hias sendiri sudah populer dari dulu, namun belakangan ini mengalami trend kembali.

Hal ini dikarenakan semakin besar juga pecinta ikan hias yang ada di Indonesia. Dapat dikatakan bahwa prospek usaha ikan hias ini cukup menjanjikan. Berbagai macam ikan hias dengan jenis berbeda-beda banyak diburu para pembeli. Ada cukup banyak jenis yang bisa anda budidayakan, namun sebelum itu ketahui terlebih dahulu bagaimana cara untuk membuat bisnis ikan hias bisa menghasilkan keuntungan.

1. Budidaya ikan hias

Pertama, anda dapat mencoba membudidayakan ikan hias. Sebenarnya ini merupakan peluang bisnis yang menguntungkan dari banyaknya cara bisnis ikan hias yang lainnya. Anda menjadi pelaku usaha ternak ikan hias atau produsen yang akan mendistribusikan ikan hias langsung ke konsumen atau bisa juga ke berbagai macam toko ikan hias.

2. Penjual ikan hias dengan toko

Selain membudidayakan ikan hias, anda juga bsia membuka usaha toko yang menjual berbagai jenis ikan hias. Untuk modal usaha ikan hias dengan toko memang lebih kecil daripada harus membudidayakannya. Anda hanya perlu sewa lokasi yang strategis, kemudian ada jaring ikan, filter, selang, akuarium, pellet, pompa air, kolam ikan, tabung oksigen, timba, wadah pembelian bibit ikan, dan beberapa yang lainnya.

Modal tersebut tidak akan terlalu besar jika anda memiliki tempat usaha atau toko sendiri yang cukup strategis, sehingga memudahkan para pelanggan anda membeli ikan dan mengetahui bahwa anda membuka usaha jual ikan hias.

3. Penjual ikan hias keliling

Berbeda lagi jika anda benar-benar tidak memiliki modal besar dan hanya bisa menjadi penjual ikan hias keliling. Tidak masalah untuk menjadi penjual ikan hias keliling, sebab ini juga dapat memberikan anda keuntungan yang lumayab. Anda dapat menjualkan usaha ikan hias secara keliling dengan menggunakan gerobak, sepeda motor, atau bahkan keranjang yang dipanggul.

Biasanya tempat yang akan memberikan banyak keuntungan menjual ikan hias adalah di depan sekolah SD atau pusat keramaian seperti pasar dan lain sebagainya. Ikan hias yang akan anda jual bisa didapat langsung dari orang yang membudidayakannya agar selisih untung yang didapat juga agak besar.

Cukup banyak cara yang dapat anda lakukan untuk menjual ikan hias, tinggal berapa modal yang anda miliki dan keinginan anda untuk mengarungi usaha tersebut. Lantas jenis ikan hias apa saja yang biasanya laris dan menguntungkan penjualnya?

Baca Juga: 4 Tips Menjual Ikan Hias agar Mudah Meraih Keuntungan

Selain cara apa saja yang dapat digunakan untuk membuka usaha ikan hias, anda juga harus tahu tentang jenis-jenis ikan hias yang dapat dijual dan dijadikan usaha. Berbeda jenis ikan tentu saja perawatannya juga ada yang berbeda. Berikut ini beberapa jenis ikan tersebut.

1. Bisnis ikan hias mas koki

Ikan hias mas koki merupakan jenis ikan air tawar yang cukup banyak dijual untuk kalangan menengah ke atas dan juga menengah ke bawah. Harga bandrolannya memang beragam, ada yang murah dan ada juga yang cukup mahal. Ikan mas koki termasuk usaha ternak yang menguntungkan dan tidak membutuhkan waktu yang lama sebab cepat bertelur dan beranak pinak.

2. Bisnis ikan hias cupang

Selain  ikan mas koki, ada juga ikan hias cupang yang jauh lebih mudah perawatannya dan penjualannya. Bahkan anda dapat membeli indukan betina dan jantan kemudian masukkan ke dalam kolam. Dengan sendirinya ikan tersebut akan beranak pinak dengan jumlah yang cukup besar. Perawatannya juga tidak sulit untuk dilakukan.

3. Bisnis ikan hias guppy

Sudah pernah dengar tentang ikan hias guppy? Jika anda benar-benar pecinta ikan hias, anda sudah pasti tahu tentang ikan yang satu ini. Jenis ikan hias yang mudah diternakkan di dalam akuarium mini ini sekali bertelur bisa menghasilkan ratusan ekor. Cukup banyak juga ya, apalagi warna dan bentuk ikan guppy sangat indah sehingga banyak para pecinta ikan hias yang ingin memilikinya.

4. Bisnis ikan hias dicus

Selanjutnya ada juga ikan hias discus yang mempunyai beragam macam warna sehingga dapat memikat para pecinta ikan hias. Memang memiliki ikan hias discus di akurium dapat memikat pandangan mata, apalagi jika anda meletakkan akuarium tersebut di ruang tamu, pasti pemandangan rumah anda menjadi lebih indah lagi. Ikan discus ini sebenarnya berasal dari perairan Amazon dengan bentuk yang pipih seperti compact disk. Berbeda dengan ikan cupang, tentu saja lebih repot membudidayakan ikan hias discus ini.

5. Bisnis ikan hias arawana

Sudah bukan hal yang asing lagi jika membuat bisnis ikan hias arwana, sebab ikan ini sudah cukup terkenal dikalangan para pecinta ikan hias. Jenis ikan Arwana ini berasal dari Asia Tenggara dan sering juga disebut dengan Ikan Naga. Ikan predator ini juga mudah ditemukan diperairan Kalimantan dan Papua. Jika di Indonesia, ikan arwana sendiri dibandrol dengan harga yang cukup tinggi sebab bentuk dan warnanya yang indah.

6. Bisnis kan hias black phantom

Namanya cukup unik, black phantom, tetapi ikan hias yang satu ini juga bisa menjadi sumber rejeki yang mengalirkan pundi-pundi uang. Ikan tawar ini disebut dengan black ghost sebab memiliki asal usul dari Suriname dan Amazon. Ukuran ikannya juga cukup besar dan biasanya makanannya adalah cacing, jenting nyamuk, pelet, dan beberapa yang lainnya. Selain tiu, cukup banyak penggemar ikan hias black phantom yang ada di Indonesia.

7. Bisnis ikan hias botia

Cukup banyak jenis ikan hias yang dapat anda pilih untuk dijadikan usaha, selanjutnya ada ikan hias botia. Ikan hias yang satu ini memiliki bentuk yang lucu dan warna kuning cerah yang menarik. Di Indonesia banyak juga penggemar ikan botia ini. Membudidayakan ikan botia dapat memberikan keuntungan yang cukup besar loh, karena permintaan untuk ikan ini juga tergolong tinggi.

Itulah beberapa cara untuk memulai usaha ikan hias, kemudian bagaimana tips menjalankannya agar usaha ini bisa sukses, dan jenis ikan hias apa saja yang dapat dijadikan bisnis. Dari banyaknya ikan hias, pastikan anda memilih ikan yang mudah perawatannya dan punya nilai jual yang tinggi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here