in

Ingin Budidaya Ikan Cupang! Kenali Dulu 7 Jenis Ikan Cupang yang Paling Mahal Dipasaran

Ingin Budidaya Ikan Cupang! Kenali Dulu 7 Jenis Ikan Cupang yang Paling Mahal Dipasaran
Photo by adelphi.edu

Ikan cupang atau juga dikenal dengan ikan betta adalah salah satu ikan hias yang memiliki keindahan warna serta kecantikanya yang luar biasa. Dikarenakan hal itu, maka banyak sekali orang yang ingin memiliki ikan ini meski harus membelinya dengan harga yang mahal sekalipun.

Ikan cupang merupakan spesies ikan tropis yang hidup di rawa-rawa serta hanya memiliki tubuh yang panjangnya 5 cm meter. Maka dari itu, ikan cupang ini banyak sekali di cari oleh kolektor ikan hias.

Ukurannya yang kecil membuat ikan cupang dapat dipelihara hanya dalam toples saja dan tidak membutuhkan peralatan khusus lainmya.

Ikan cupang memiliki alat pernafasan tambahan yang disebut dengan labirin (labyrinth). Alat pernafasan tambahan ini berfungsi untuk mengambil oksigen langsung dari udara.

Karena ikan cupang merupakan spesies ikan tropis, jadi mereka tidak bisa hidup di suhu yang sangat rendah, karena ikan cupang akan mati jika suhunya terlalu rendah. Jadi supaya dapat hidup dengan baik, maka sebaiknya tempatkan ikan ini di tempat yang cukup hangat.

Ikan cupang juga merupakan ikan hias yang sangat agresif. Ikan ini terkenal suka berkelahi satu sama lain untuk mempertahankan wilayahnya. Jadi jika kalian memelihara ikan cupang, jangan satukan ikan cupang sama ikan cupang lainnya,

Apa Saja Jenis Ikan Cupang Yang Paling Mahal Serta Paling Laku Dipasaran?

photo by google

Ada banyak sekali jenis ikan cupang yang ada di indonesia. Maka dari itu, kami sudah merangkum beberapa jenis ikan cupang dari yang paling mahal hingga yang paling laku dipasaran. Kalau begitu simak ulasannya berikut ini.

1. Cupang fancy

Cupang fancy
photo by jejamo.com

Ikan cupang ini memiliki sirip yang pendek seperti yang dimiliki oleh ikan cupang plakat. Namun untuk faktor warnanya, ikan cupang satu ini memiliki warna yang lebih beragam dan sangat cantik, tidak seperti ikan cupang plakat.

Selain itu, warna dari ikan cupang kali ini adalah kombinasi dari beberapa warna yang mirip menyerupai sebuah lukisan. Hal inilah yang menjadi keunikan dan ciri khas dari ikan cupang fancy yang tidak dimiliki oleh ikan cupang jenis lainnya.

Di pasaran terdapat ikan cupang fancy dengan harga yang berbeda-beda tergantung umur, ukuran, keindahan, dan kelincahannya. Biasanya harga berkisar antara 350 ribu sampai 2 jutaan.

Dengan warna yang sangat indah dan juga minat pasar yang tinggi, tidak ada salahnya anda untuk mencoba memelihara ikan cupang ini untuk dijadikan bisnis baru.

2. Cupang plakat

Cupang plakat
photo by tokopedia

Ikan cupang plakat memiliki penampilan yang menarik dengan tubuh yang besar dan gagah. Ikan cupang plakat memiliki sirip dan ekor yang pendek dan tumpul dengan warna sisiknya cenderung gelap dan tidak mencolok.

Jadi jika kalian memilih ikan cupang plakat sebagai ikan aduan, maka kalian menemukan pilihan yang tepat. Karena selain ikan ini memang merupakan ikan aduan, pergerakan dari ikan plakat pun sangat agresif pada saat ada musuh yang mendekatinya.

Di pasaran terdapat ikan cupang plakat dengan harga yang berbeda-beda tergantung umur, ukuran, keindahan, dan kelincahannya. Harga ikan cupang plakat berkisar antara 150 ribu sampai 1 jutaan.

3. Cupang double tail

photo by merdeka.com

Ikan cupang double tail atau sering disebut sebagai ikan cupang cagak atau ikan cupang ekor ganda, adalah ikan cupang yang memiliki keunikan pada ekornya, yaitu memiliki dua ekor yang terbelah menjadi dua.

Ekor ganda terlihat begitu cantik, indah, dan menawan membuat siapa saja betah melihatnya. Selain itu, ikan cupang ini juga memiliki pangkal sirip punggung dan sirip anal yang sama rata.

Jenis cupang double tail yang baik adalah ikan yang tidak memiliki celah atau jarak di antara ketiga siripnya yaitu dari anal, kaudal, dan dorsal.

Dan pada saat mengembang sempurna, maka keseluruhan sirip itu akan membentuk satu kesatuan yang berupa lingkaran utuh yang simetris.

Namun ikan cupang jenis ini sangat sulit untuk pengembang biakannya, jadi sangat sulit pula ikan cupang jenis ini ditemukan di pasaran.

Akan tetapi, masih ada beberapa pedagang ikan hias yang menyediakan ikan cupang jenis ini, meski tidak banyak. Harga dari ikan cupang double tail tergantung umur, ukuran, keindahan, dan kelincahannya. Ikan ini biasa dihargai mulai 120 ribu hingga 1 jutaan.

Dikarenakan ikan ini masih langka dan banyak sekali peminatnya, maka bisa menjadi peluang anda untuk mencoba membudidayakan ikan cupang model double tail ini.

4. Cupang halfmoon

photo by google

Jenis ikan cupang satu ini sering disebut dengan ikan cupang bulan setengah, hal ini karena ikan ini memiliki sirip ekor yang simetris menyerupai bentuk setengah bulan.

Ekor berbentuk setangah bulan tersebut terlihat sangat cantik, indah, dan mempesona. Bahkan ketika ikan cupang ini bergerak, dia akan memperlihatkan keanggunannya dan akan membuat siapa saja jadi kagum.

Kecantikan ikan cupang halfmoon juga tidak hanya terlihat pada bagian ekor dan siripnya saja, akan tetapi juga terdapat hampir di keseluruhan tubuh ikan cupang.

Tidak hanya itu, warna ikan cupang halfmoon juga sangat beraneka ragam yang pastinya memiliki keindahan tersendiri di mata para pecinta ikan cupang.

Di pasaran terdapat ikan cupang halfmoon dengan harga yang berbeda-beda tergantung umur, ukuran, keindahan, dan kelincahannya. Biasanya dimulai dari harga 100 ribu hingga 500 ribu.

Dengan keindahan serta banyak sekali peminatnya yang ada di kalangan masyarakat, maka seharusnya menjadi peluang anda untuk memulai bisnis budidaya ikan cupang model halfmoon.

Baca Juga: Budidaya Ikan Koi, Hasilkan Omset Hingga Puluhan Juta

5. Cupang corwn tail

Cupang corwn tail
photo by ragam informasi

Jenis ikan cupang satu ini sering disebut dengan ikan cupang serit, hal ini karena ikan ini memiliki sirip ekor yang khas seperti sisir atau terlihat seperti layar yang sobek.

Terdapat dua jenis ikan cupang serit yaitu serit tunggal dan serit dauble atau serit ganda.

Ikan cupang serit berasal dari Indonesia dan merupakan hasil dari perkawinan silang yang dilakukan oleh breeder Indonesia.

Keindahan dari ikan cupang crown tail ini memang sudah diakui oleh dunia, bahkan ikan ini juga sudah pernah dipertandingkan di IBC (International Betta Congress).

Di pasaran terdapat ikan cupang crown tail dengan harga yang berbeda-beda tergantung umur, ukuran, keindahan, dan kelincahannya. Harga dari ikan cupang jenis crown tail ini berkisar dari 50 ribu ampai 300 ribu rupiah.

Dikarenakan keindahan serta bentuknya siripnya yang berbeda dari ikan cupang lainnya. Maka bisa menjadi peluang anda untuk mencoba berbisnis ikan cupang mode corwn tail.

6. Cupang slayer

Cupang slayer
photo by zonahewan

Banyak orang awam yang tidak tahu bahwa ikan cupang slayer adalah hasil perkawinan silang dari ikan cupang halfmoon dan ikan cupang serit.

Dengan perkawinan silang tersebut, maka menghasilkan ikan cupang jenis baru yang sempat menjadi tren dikalangan pecinta ikan cupang

Di pasaran terdapat ikan cupang slayer dengan harga yang berbeda-beda tergantung umur, ukuran, keindahan, dan kelincahannya. Harganya berkisar antara 80 ribu sampai 300 ribu rupiah.

Bagi anda yang hobi memelihara ikan cupang, maka anda bisa menyalurkan hobi itu menjadi ladang bisnis baru.

7. Cupang giant

Cupang giant
photo by kaskus

Seperti namanya, ikan cupang giant memiliki bentuk tubuh yang besar. Bahkan ukuran tubuhnya dapat mencapai 2 sampai 3 kali lipat dari ukuran ikan cupang pada umumnya.

Dengan tubuhnya yang besar, maka ikan cupang giant ini sangat cocok dijadikan sebagai ikan cupang aduan.

Di pasaran terdapat ikan cupang giant dengan harga yang berbeda-beda tergantung umur, ukuran, keindahan, dan kelincahannya. Harganya berkisar antara 80 sampai 200 ribu rupiah.

Ikan cupang giant ini sangat mudah dipelihara serta tahan terhadap beberapa penyakit. Oleh karena itu, ikan cupang ini cocok untuk anda yang ingin budidaya ikan cupang untuk bisnis.

Itu dia penjelasan mengenai beberapa jenis ikan cupang yang paling laku dipasaran beserta harganya. Semoga Bermanfaat.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *