5 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Mengelupas

Mengatasi Kulit Wajah Kering

Kulit wajah adalah salah satu penunjang penampilan. Banyak dari kamu yang sudah melakukan usaha maksimal untuk perawatan namun hasilnya belum sesuai. Termasuk dalam mengatasi wajah kering dan mengelupas. Sebenarnya, bukan hanya kamu saja yang menghadapi masalah seperti ini. Tetapi, cukup banyak yang mengalami hal seperti ini.

Pengelupasan kulit dan wajah yang kering disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa faktor tersebut mempengaruhi kondisi dari tubuh. Perawatan kulit sangat diperlukan agar wajah menjadi lebih lembab dan tidak mengelupas. Ada baiknya, kamu memahami terlebih dahulu penyebabnya. Kemudian, kamu juga harus tahu cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas secara permanen.

Penyebab Kulit Wajah Kering Dan Mengelupas

Terdapat beberapa penyebab dari terjadinya masalah pada wajah kering dan  mengelupas. Ini dia penyebabnya:

1. Terkena Panas Sinar Matahari

Jika kamu terlalu sering berada diluar ruangan, maka akan terkena panas sinar matahari. Terlebih, jika di bagian wajah tidak ada penutup seperti masker. Maka panas dari matahari akan langsung menyengat pada wajah. Hasilnya, kulit wajah akan menjadi lebih kering dan memerah.

Kondisi ini sangat sering terjadi, karena panas yang diakibatkan matahari membuat lapisan kulit mengelupas. Jika tidak ditangani dengan segera, maka bisa membuat kulit wajah kamu menjadi tidak rata. Bahkan, bisa merusak kulit wajah secara perlahan. Jadi, diperlukan penanganan dengan segera mungkin.

2. Jenis Kulit Kering

Untuk kamu yang memiliki masalah seperti kulit mengelupas, bisa jadi itu dikarenakan jenis kulitmu yang memang kering. Hal ini memang sangat wajar terjadi pada orang yang memiliki jenis kulit kering. Terutama, jika sangat sering bersentuhan dengan air, atau terlalu sering terkena paparan sinar matahari.

Untuk itu, masalah kulit mengelupas pada jenis kulit kering tidak begitu berbahaya. Hanya saja memang tetap harus dilakukan perawatan agar kelembaban wajah didapatkan dan masalah kulit mengelupas bisa kamu hilangkan.

3. Efek Samping Dari Obat-Obatan

Untuk kamu yang mengalami masalah kulit kering dan mengelupas bisa jadi karena penggunaan obat-obatan. Cari tahu terlebih dahulu, apakah memang masalah tersebut muncul setelah kamu menggunakan obat-obatan tersebut. Jika ya, dapat dipastikan obat yang kamu gunakan tidak cocok pada kulitmu.

Biasanya, banyak yang berpikiran obat-obatan untuk wajah seperti krim dan lainnya sangat cocok digunakan. Padahal, tidak semua jenis kulit cocok dengan obat-obatan tersebut. Bahkan, banyak dari masyarakat yang membeli obat dengan label obat keras untuk digunakan pada wajah. Penggunaan yang tidak tepat bisa membuat kulit wajah menjadi mengelupas. Jadi, perlu prosedur yang tepat untuk penggunaannya. Jika sudah terdapat masalah ini, hentikan pemakaian dengan segera!

4. Alergi

Salah satu penyebab dari masalah kulit kering ataupun mengelupas yaitu karena alergi. Setiap orang punya alergi yang berbeda-beda. Sebagai contoh, untuk kamu yang alergi debu maka jika terkena bisa saja wajah menjadi memerah. Kemudian, akan timbul rasa gatal pada area wajah.

Untuk itu, cobalah untuk mengetahui apakah wajah kering dan mengelupas dikarenakan adanya alergi. Jika terkena alergi, kamu bisa melakukan penanganan dengan menjauhi penyebabnya. Dengan begitu, kulit dari wajah akan menjadi lebih aman.

Setelah kamu mengetahui penyebabnya, selanjutnya kamu harus paham bagaimana cara mengatasinya. Berikut adalah cara mengatasi kulit kering dan mengelupas:

1. Gunakan Pembersih Muka Yang Cocok

Saat ini, apakah kamu sudah memastikan bahwa pembersih wajah yang digunakan cocok untuk wajah kamu? Sekarang kamu tidak boleh sembarangan dalam memilih pembersih. Karena, setiap orang memiliki tipe kulitnya sendiri-sendiri. Dengan begitu, jika pembersih yang digunakan tidak tepat justru bisa merusak kulit.

Disarankan, untuk menggunakan pembersih yang punya komposisi aman serta lembut saat digunakan. Jangan gunakan pembersih yang dapat membuat wajah kamu menjadi kering. Tentunya, hanya kamu yang bisa merasakannya setelah menggunakan produk tersebut.

2. Perawatan Dengan Masker Kopi

Tidak hanya enak untuk dikonsumsi, ternyata kopi juga memiliki manfaat untuk membantu dalam perawatan kulit. Yaitu, dengan mengembalikan tekstur dari kulit wajah menjadi lebih halus. Terlebih, kandungan dari kopi bisa membantu untuk membuat wajah menjadi lebih lembab. Caranya yaitu dengan menjadikannya masker. Bagaimana caranya? Ikuti langkah membuatnya:

·         Pertama, siapkan kopi murni secukupnya

·         Siapkan juga madu secukupnya

·         Lalu, campurkan kopi, madu dan sedikit air

·         Setelah itu, oleskan ke daerah wajah seluruhnya

·         Tunggu sekitar 20 menit

·         Terakhir, bilas dengan menggunakan air bersih.

3. Kompress Menggunakan Air Dingin

Punya masalah kulit mengelupas dan bersisik? Cobalah untuk melakukan kompress menggunakan air dingin. Karena, syaraf yang terdapat pada kulit bisa saja sedang terdapat peradangan. Untuk mengatasi hal tersebut, bisa menggunakan air dingin. Setidaknya penggunaan air dingin mampu meredakan peradangan pada syaraf kulit. Berikut ini cara penggunaanya:

·         Ambil air es secukupnya

·         Siapkan kain bersih untuk melakukan kompress

·         Masukan kain pada air dingin

·         Lalu, kompress pada bagian wajah yang kering dan mengelupas

·         Terakhir, bilas dengan menggunakan air bersih!

4. Gunakan Pelembab Kulit

Kulit yang kering tentunya butuh yang namanya pelembab. Saat ini, begitu banyak produk pelembab yang bisa kamu gunakan. Terlebih, produk tersebut biasanya sudah memiliki kandungan SPF yang bisa disesuaikan. Dengan begitu, kulit kamu akan tetap nyaman dan bisa melakukan aktivitas diluar ruangan.

Untuk itu, kamu bisa memilih produk pelembab yang memang cocok untuk wajah kamu. Jangan gunakan komposisi yang mengandung bahan seperti alkohol. Karena bisa membuat wajah kamu menjadi lebih mengelupas. Sebaiknya, komposisi dari pelembab untuk kulit mengelupas adalah dari bahan yang alami.

Baca Juga: 11 Cara Mengencangkan Kulit Wajah dengan Bahan Alami

5. Komsumsi Rutin Air Putih

Kebutuhan air pada tubuh manusia sangatlah tinggi. Termasuk pada tubuh kamu yang harus diberikan suplai air sesuai pada kebutuhannya. Dengan adanya kandungan air, maka membuat kulit tubuh menjadi tidak kering atau dehidrasi. Hal ini sangat penting agar bagian dari kulit pada wajah juga tidak mengering dan mengelupas.

Cukup sederhana, kamu hanya perlu mengkonsumsi air putih sekitar 2 liter setiap harinya. Ukuran tersebut tentunya sudah sangat memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Pastikan kamu mengkonsumsi air secara rutin. Maka, aliran tubuh juga menjadi lebih lancar dan membuat kesehatan lebih terjaga. Dijamin, wajah kamu akan lebih cerah setiap saat!

Gimana nih, sekarang kamu sudah paham kan cara mengatasi kulit kering dan mengelupas. Perawatan kulit merupakan hal yang penting. Terutama, untuk menunjang penampilan kamu agar bisa tampil lebih baik. Dengan begitu, rasa percaya diri juga akan lebih tinggi. Semoga Bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here