in

Belum Siap Berteman dengan Mantan Pacar? Ini Tanda yang Mungkin Kamu Rasakan

Belum Siap Berteman dengan Mantan Pacar? Ini Tanda yang Mungkin Kamu Rasakan

Memutuskan untuk mengakhiri sebuah hubungan asmara memang bukanlah hal yang mudah. Terlebih ketika kalian sudah lama bersama dan punya banyak momen membahagiakan.

Lantas apakah ketika sudah putus, kalian juga akan memutuskan hubungan saling kenal atau justru masih bisa berteman dengan mantan?

Mungkin hal ini adalah pertanyaan yang membingungkan dan membuatmu menjadi galau. Di satu sisi, kamu dan mantan sudah punya pasangan masing-masing. Namun di sisi lain, hatimu masih merasa berat dan rapuh untuk menerima hubungan pertemanan saat ini.

Berikut ini beberapa tanda jika kamu belum benar-benar bisa menerima status pertemanan dengan mantan pacar.

1. Kamu masih saja sedikit berharap buat balikan, seandainya nanti begini dan begini

Kamu masih saja sedikit berharap buat balikan, seandainya nanti begini dan begini
Photo by Pixabay

Sering lupa kalau kalian sekarang sudah menjadi mantan? Yakin masih mau berteman dengan mantan, kalau kamu saja masih lupa dengan statusmu sekarang?

Tak jarang, kamu lagi jalan ke suatu tempat dan jadi ingat sama mantan. Mungkin saja kamu merindukan dan mulai mengingat lagi kenangan di masa lalu.

Misalnya ketika sering jalan atau nongkrong ke suatu tempat, sering weekend bersama atau nonton bioskop.

Apabila merasakan hal ini, alangkah lebih bijaknya kamu tidak berteman dulu deh sama mantan. Mending kasih waktu buat dirimu menenangkan hati. Biarkan hatimu lepas dari angan-angan dan kenangan bersamanya di masa lalu.

2. Masih sering merasa sedih dan pengen nangis ketika ingat mantan saat masih bersama

Photo by Pixabay

Gimana responmu pas lagi liat foto sang mantan? Apa sih yang bakal kamu rasakan saat itu? Menangis di pojokan, atau sedih meratapi nasib karena kandasnya hubungan kalian?

Jika iya, lebih baik jangan berteman dulu karena kamu belum bisa melupakan dia. Tak menutup kemungkinan loh, kalau kamu nanti berharap lagi padanya.

Alih-alih sekadar menjalin pertemanan biasa, yang ada justru kamu makin merasa ter-PHP karena kesalahanmu sendiri.

Bukan tidak mungkin kamu ngajak balikan, serta berharap kalau dia masih punya perasaan yang sama. Jangan sampai deh kamu kembali merasakan patah hati untuk kedua kalinya!

3. Saat mantan jalan sama cewek lain, bisa jadi hatimu masih saja merasa cemburu dan nggak terima

Saat mantan jalan sama cewek lain, bisa jadi hatimu masih saja merasa cemburu dan nggak terima
Photo by StockSnap from Pixabay

Sudah tahu dia punya pacar atau gebetan baru, tapi kamu seolah tidak terima dan hatimu jadi kesal? Atau justru sebaliknya, kamu turut berbahagia dan memberi dukungan?

Jika kamu mengatakan iya di pertanyaan pertama, sudah jelas kalau kamu belum menerima status hubunganmu saat ini dengan sang mantan.

Lebih baik kamu hindari hubungan tersebut, karena kebanyakan mereka yang kembali berteman dengan mantan disebabkan rasa cemburu. Jika sudah begini, biasanya kamu akan merasakan perasaan sakit hati.

Lebih baik renungkan terlebih dulu perasaanmu tersebut, sebelum akhirnya memutuskan bisa berteman dengan mantan.

4. Tertarik buat tahu segala urusan hidupnya, serta kepo dalam hal apapun tentang mantan

Photo by Anastasia Gepp from Pixabay

Kamu pasti sudah tahu kan kalau pasangan yang baru saja putus, mungkin saja masih kepo satu sama lain? Baik itu dilakukan oleh si cewek maupun si cowok.

Atau justru kamu juga mengaku kalau masih sering mencari tahu kabar mengenai mantan? Sering stalking lewat media sosial dan berujung cemburu? Kesal melihatnya sudah menemukan kehidupan baru yang bahagia tanpamu?

Kalau memang kamu merasakan tanda seperti ini, berarti jelas kalau kamu masih belum siap buat temenan sama mantan. Jangan sampai kamu kehilangan mood, penuh kesedihan, serta rasa kecewa karena tahu semua hal tentangnya.

5. Marah dan merasa belum siap kehilangan mantan, apalagi jika hanya jadi sebatas teman saja

Marah dan merasa belum siap kehilangan mantan, apalagi jika hanya jadi sebatas teman saja
Photo by Pixabay

Sampai sekarang, mungkin kamu tetap saja mengingat-ingat apa alasan yang menjadi pemutus hubungan kalian. Kamu mungkin merasa kesal, sedih, serta ingin marah-marah kalau nyatanya keputusan ini belum bisa kamu terima dengan lapang dada.

Segala kesalahannya saat bersamamu, mungkin masih belum termaafkan. Jaga jarak dengan mantan malah bisa jadi solusi agar kamu tidak terus-menerus berpikiran buruk dan menjadi pribadi yang negatif.

6. Sering baper saat mendengarkan lagu galau mengenai hubungan yang kandas atau pun kisah cinta romantis

Sering baper saat mendengarkan lagu galau mengenai hubungan yang kandas atau pun kisah cinta romantis
Photo by Pixabay

Apakah sampai saat ini kamu masih sering baper dan sedih sendiri ketika mendengarkan lagu-lagu cinta? Masih sering meratapi nasib karena kisah cintamu bersama mantan yang tidak berakhir bahagia?

Poin ini menjadi bukti bahwa kamu memang belum bisa berteman dengan sang mantan.

Jangan paksakan hatimu untuk menerima hubungan pertemanan, sehingga kamu terus-terusan baper. Kamu pasti nggak ingin kan, kalau mantan tahu tentang perasaanmu dan dia jadi kepedean?

7. Membandingkan gebetan barunya karena merasa hanya kamu lah yang tepat untuknya

Photo by Louis from Pexels

Saat ini dia sudah punya gebetan yang baru untuk dijadikan kekasihnya? Kamu masih sering stalking dan mencari tahu siapa orang yang berhasil mendapatkan hati mantanmu itu?

Mungkin saja kamu penasaran seberapa cakep, pintar, serta kualitas dirinya dibandingkan denganmu. Nggak bisa dipungkiri, dalam hati kecilmu masih tersimpan rasa ingin kembali. Kamu menganggap bahwa hanya dirimu lah yang layak untuk mendampinginya.

8. Jari terasa gatal pengen berkirim pesan untuk bertanya kabar dan mencurahkan sedikit rasa rindu yang ada

Jari terasa gatal pengen berkirim pesan untuk bertanya kabar dan mencurahkan sedikit rasa rindu yang ada
Photo by Pexels

Menutup semua pintu komunikasi dengan mantan bisa menghindarkanmu dari godaan hebat. Terutama godaan yang memunculkan kembali rasa di masa lalu yang pernah ada.

Jika sudah begini, tentu saja tujuanmu hanya satu. Yakni kamu berharap bahwa mantan masih menunggu pesan darimu, serta merasakan rindu yang sama seperti perasaanmu padanya.

9. Dipikiranmu hanya ada nama mantan

Dipikiranmu hanya ada nama mantan
Photo by Pixabay

Kamu kesulitan menjalin hubungan yang baru dengan orang lain karena bayang-bayang sang mantan yang masih menghantui? Atau kamu selalu teringat mantan meski sedang melakukan aktivitas dengan sahabat atau pun keluarga?

Di manapun juga, bayangan mantan nampak selalu hadir dan seolah mengganggu konsentrasi dan pikiranmu.

Walaupun di bibir kamu sudah melupakan mantan, namun hal ini berkebalikan dengan pikiranmu. Berteman dengannya sudah pasti bukan solusi tepat, di mana kamu justru akan semakin terbayang-bayang olehnya.

Berteman dengan mantan memang bukanlah hal yang salah. Hanya saja kamu harus tahu kapan waktu yang tepat untuk menjalin hubungan dengan hanya sebatas teman.

Jangan memaksakan diri dan berharap terlalu tinggi. Lebih baik tingkatkan kualitas dirimu untuk mendapat pasangan yang lebih baik dari mantanmu itu.

Janganlah menyia-nyiakan waktumu hanya untuk mengharapkan dia yang tidak lagi bisa bersamamu. Cobalah buat mengikhlaskan segala sesuatu yang telah terjadi, karena siapa tahu ada jodoh lebih baik yang telah disiapkan Tuhan untukmu.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *