11 Cara Mengencangkan Kulit Wajah dengan Bahan Alami

mengencangkan-wajah

Memiliki kulit yang kencang dan tampak awet muda, siapa yang tidak menginginkannya? Hampir semua orang ingin berpenampilan tetap muda dan segar. Merawat kulit yang menghasilkan kulit yang sehat dan kencang memang tidak mudah. Apalagi seiring dengan berjalannya waktu, kulit akan timbul garis halus, kemudian elastisitasnya juga akan semakin menurun. Tidak heran jika banyak wanita yang melakukan banyak perawatan dengan harga yang mahal demi mendapatkan kulit wajah yang kencang.

Sebenarnya anda tidak perlu merogoh kocek agar tetap terlihat tampak muda. Hanya butuh menjaga pola hidup yang sehat, selalu berfikiran positif, dan menggunakan beberapa bahan alami untuk menunjang perawatan wajah. Ada banyak bahan alami di sekitar kita yang dapat digunakan untuk perawatan wajah, berikut cara mengencangkan kulit wajah dengan bahan alami.

1. Menggunakan lidah buaya

Bahan alami pertama yang dapat digunakan untuk perawatan wajah adalah lidah buaya. Tanaman ini memang memiliki banyak manfaat, selain dapat digunakan untuk perawatan rambut dan kesehatan tubuh, ternyata juga bisa digunakan untuk mengencangkan wajah. Tidak hanya itu saja, tetapi lidah buaya juga membantu menyegarkan wajah dan mencerahkannya.

Untuk menggunakan lidah buaya yang anda butuhkan adalah gel di dalamnya. Cuci bersih jel tersebut kemudian oleskan pada kulit wajah secara merata secara pelahan-lahan. Diamkan selama 15 menit agar kandungan nutrisi yang ada pada lidah buaya dapat meresap dengan baik. Bilas menggunakan air bersih. Cara alami menggunakan lidah buaya ini dapat digunakan setiap hari saat anda baru bangun pagi.

2. Menggunakan kulit jeruk

Apakah anda termasuk penggemar buah jeruk? Jika memang begitu, saat makan buah jeruk jangan pernah membuang kulitnya, sebab dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengencangkan kulit agar tampak lebih muda. Di dalam kulit jeruk terkandung vitamin C yang cukup tinggi dan dapat menjadi antioksidan untuk kulit anda.

Cara menggunakan kulit jeruk ini dengan mengeringkannya terlebih dahulu, anda dapat menjemurnya di bawah sinar matahari. Kemudian tumbuk kulit jeruk yang sudah halus dan campur dengan sedikit air, aduk rata sampai jadi pasta. Oleskan pada wajah anda, namun bersihkan wajah anda terlebih dahulu kemudian gunakan seperti menggunakan masker.

Diamkan selama 30 menit agar semua kandungan di dalam kulit jeruk bekerja dengan maksimal. Setelahnya, bilas menggunakan air hangat agar kulit anda menjadi lebih fresh. Anda dapat menggunakan cara ini 3 kali dalam seminggu untuk hasil kulit kencang maksimal.

3. Menggunakan jeruk

Tidak hanya kulitnya, buah yang anda konsumsi juga dapat digunakan untuk membantu mengecangkan wajah dan membuat wajah tampak terlihat muda. Jeruk memiliki kandungan vitamin C dan dapat berperan sebagai antioksidan. Tidak hanya membantu mengencangkan wajah, tetapi akan membantu menutup pori-pori menjadi lebih kecil, membuat wajah lebih cerah, dan juga membantu untuk menyamarkan garis halus pada wajah.

Menggunakan jeruk sebenarnya sangat sederhana, anda dapat mengkonsumsinya secar langsung, atau jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, maka dapat memeras untuk diambil sari air jeruknya. Kemudian oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Diamkan selama 30 menit agar bekerja dengan maksimal kemudian bilas menggunakan air bersih. Jika anda melakukan cara ini dengan rutin maka wajah anda akan terawat dengan baik.

Baca Juga: 13 Cara Hidup Sehat yang Mudah untuk Kamu Lakukan

4. Menggunakan lemon

Tidak hanya jeruk yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan kulit, anda juga dapat menggunakan lemon yang cukup terkenal dengan sejuta manfaatnya, termasuk untuk perawatan wajah. Tidak sedikit produk kecantikan atau perawatan wajah yang menggunakan lemon sebagai bahan dasarnya. Kaya akan vitamin C dan antioksidan menjadikan buah ini menyehatkan kulit wajah. Selain tiu, ada kandungan asam hidrosi yang akan menangkal radikal bebas di dalam kulit.

Cara menggunakan lemon sangat sederhana. Bersihkan wajah terlebih dahulu lalu peras lemon untuk diambil sarinya. Oleskan sari air lemon tersebut di wajah anda secara merata. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih. Gunakan cara ini 3 kali dalam satu minggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Menggunakan jeruk nipis

Tidak jauh berbeda dengan lemon, jeruk nipis juga dapat anda gunakan untuk mengatasi garis halus, dan mengatasi wajah yang tampak kusam sehingga terlihat lebih tua. Kandungannya sama dengan lemon, ada vitamin C dan antioksidan yang akan menjaga kesehatan kulit anda. Bahkan jeruk nipis juga bisa menghindarkan anda dari beberapa masalah kulit seperti jerawat, wajah berminyak, dan sebagainya.

Untuk menggunakan jeruk nipis anda dapat mengambil sari airnya. Setelah itu oleskan pada wajah yang secara merata. Diamkan selama 30 menit agar kerjanya lebih maksimal. Bilas dengan air bersih dan anda dapat melakukan cara alami ini 1-2 kali dalam satu hari.

6. Menggunakan tomat

Masih banyak bahan alami di sekitar kita yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi masalah penuaan pada kulit wajah, salah satunya adalah tomat. Di dalam tomat ada kandungan senyawa antioksidan lycopene yang akan menangkal radikal bebas sehingga sel kulit mati tidak akan menumpuk yang membuat wajah anda menjadi berkerut. Tidak hanya itu, tomat juga dapat menjadi tabir surya dari sinar UV yang akan merusak wajah anda dan membuatnya terlihat lebih tua.

Cara menggunakan tomat cukup sederhana, pertama anda dapat menyediakan satu buah tomat yang masih segar. Kemudian tumbuk atau blender tanpa air sampai jadi bubur. Bersihkan wajah anda dan oleskan bubur tomat tersebut secara merata layaknya menggunakan masker. Diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air bersih dan anda bisa menggunakan cara ini setiap hari ketika bangun tidur agar kulit anda terjaga ketika akan menjalani aktivitas.

7. Menggunakan stroberi

Selain tomat, anda juga dapat menggunakan buah stroberi yang memiliki kandungan ellegic untuk membantu menghilangkan kotoran dan juga menyingkirkan sel kulit mati. Stroberi juga membantu mencerahkan wajah anda dan mengatasi jerawat jika rutin digunakan.

Cara mengencangkan kulit dengan stroberi cukup sederhana, anda dapat menghaluskan beberapa buah dan campurkan dengan susu murni. Aduk sampai kental kemudian oleskan pada wajah anda. Untuk hasil yang lebih cepat dan maksimal, ada baiknya diamkan sampai 30 menit. Bilas dengan air bersih dan gunakan cara mengencangkan kulit wajah ini 3 kali dalam satu minggu.

8. Menggunakan pisang

Cukup banyak jenis buah yang dapat digunakan untuk perawatan wajah, hal tersebut dikarenakan hampir semua buah memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang dibutuhkan oleh kulit. Buah selanjutnya yang dapat anda gunakan adalah pisang. Buah yang mudah ditemukan ini ternyata memiliki kandungan vitamin C yang cukup efektif membantu mengencangkan kulit.

Caranya cukup sederhana, anda dapat menyediakan satu buah pisang yang masih segar dan sudah matang. Haluskan pisang tersebut sampai lembut dan tambahkan 1 sendok makan madu. Campur dan aduk sampai rata, setelah itu oleskan pada wajah. Diamkan sampai kering atau sekitar 15 menit dan bilas dengan menggunakan air hangat agar wajah anda lebih fresh dan rileks.

9. Menggunakan alpukat

Selanjutnya ada buah alpukat yang cukup terkenal mengatasi masalah pada wajah. Alpukat akan membantu melindungi kulit dari garis halus atau keriput, sebab di dalam alpukat ada kandungan karotenoid antioksidan, vitamin C dan vitamin E. Kandungan vitamin E akan membantu mencegah penuaan dini yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari ketika anda beraktivitas di luar ruangan.

Cara menggunakan alpukat tidak jauh berbeda dari beberapa buah yang lainnya. Pertama anda dapat mengambil daging buah alpukat dan tumbuk sampai halus. Tambahkan madu 1 sendok makan, aduk sampai jadi satu. Bersihkan wajah anda terlebih dahulu, kemudian oleskan sebagai masker wajah. Diamkan selama 30 menit agar alpukat dapat bekerja maksimal untuk merawat wajah anda. Bilas menggunakan air hangat dan lakukan cara ini 3-4 kali dalam satu minggu.

10. Menggunakan pepaya

Siapa yang tidak pernah makan buah pepaya? Buah yang mudah ditemukan di sekitar kita ini memiliki kandungan enzim papain yang membantu meregenerasi kulit wajah agar terlihat lebih cerah dan segar. Ada juga kandungan vitamin A, vitamin C, dan juga vitamin E yang akan bekerja sebagai antioksidan untuk melembabkan dan memberikan nutrisi agar kulit tetap sehat. Pepaya juga dapat digunakan untuk tabir surya agar tidak terjadi penuaan dini karena sinar UV.

Untuk menggunakan pepaya ini cukup sederhana, pertama anda dapat mengambil beberapa potong pepaya yang sudah dicuci. Lembutkan terlebih dahulu lalu tambahkan satu sendok makan minyak zaitun. Aduk rata lalu oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 30 menit agar semua kandungan dapat meresap pada wajah anda. Bilas menggunakan air bersih dan lakukan cara ini 2-3 kali dalam satu minggu.

11. Menggunakan kentang

Selanjutnya ada kentang yang dapat digunakan untuk mengencangkan kulit wajah dan menghilangkan semua tanda penuaan. Kentang memiliki kandungan mineral yang akan menjadi antibiotik alami agar penuaan wajah melambat. Antioksidan yang ada di dalamnya dapat menyehatkan kulit dan menghilangkan masalah seperti jerawat, flek hitam, dan yang lainnya.

Untuk menggunakan kentang cukup dengan merebus kentang lalu tumbuk halus. Tambahkan satu sendok makan madu dan minyak zaitun. Aduk rata dan oleskan pada wajah seperti menggunakan masker. Diamkan selama 30 menit agar kandungan bahan bekerja dengan baik, kemudian bilas menggunakan air bersih.

Itulah beberapa cara mengencangkan kulit wajah secara alami agar terhindar dari tanda penuaan dini. Selain melakukan perawatan, pastikan untuk tetap menjaga pola makan dan pola hidup sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here