10 Cara Sederhana Mencintai Diri Sendiri (Self-Love)

10 Cara Sederhana Mencintai Diri Sendiri (Self-Love)
10 Cara Sederhana Mencintai Diri Sendiri (Self-Love)
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Manusia itu perlu insecure, sadar, dan tahu betul sisi kekurangannya. Tidak ada sisi manusia yang full sempurna, pasti ada saja sisi kurangnya. Sangat wajar, bukan.

Ketika kita sudah tahu letak dan sisi mana yang kurang dalam diri kita. Alangkah baiknya jika kita upgrade diri, memperbaiki hal yang kurang tersebut. Jadi, jangan pernah merasa diri kita tertinggal atau bahkan kurang percaya diri terhadap diri sendiri. Jangan!

Ingat! Kita harus menerima setiap kekurangan yang ada dalam diri kita. Sebab hal itu adalah bentuk dari rasa cinta terhadap diri sendiri lho.

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


Tahu nggak, kenapa sih kita perlu untuk self-love?

Self-love dan mental health, sebenarnya memiliki hubungan yang saling bersinambungan. Ketika kita mampu untuk mencintai diri kita sendiri, maka kita akan terjauh dari pikiran toxic yang tidak seharunya kita takuti dan cemaskan. Di mana, kondisi kesehatan mental kita akan tetap terjaga dengan baik.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


Banyak sekali benefit dari self-love, lho! Kita akan tumbuh menjadi manusia yang selalu merasa cukup dan mudah bersyukur.

Jangan pernah menyakiti diri sendiri, tetap sayangi dan cintai diri kita apapun yang terjadi dalam hidup ini. Mungkin, tips sederhana ini akan membantu kamu lebih mencintai diri sendiri. Yuk simak dan terapkan!

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


1. Validasi Perasaanmu

Pernah nggak, merasa kalau suasana hati kamu sedang pasang surut gitu lho. Tiba-tiba kamu menjadi manusia yang sensitif, mudah marah dan kecewa. Pasti pernah dong!

Sebenarnya, perasaan tersebut sah-sah saja terjadi dalam diri seseorang. Tidak ada yang salah. Namun, hal tersebut akan menjadi tidak benar ketika kamu menepis atau menolak emosi tersebut.

Nah, apabila kamu sedang merasakan emosi yang terjadi dalam diri kamu. Alangkah baiknya untuk menvalidasi perasaanmu terlebih dahulu. Kamu bisa bertanya pada dirimu sendiri, tentang emosi yang sedang kamu rasakan dan apa yang menyebabkan emosi itu muncul.

Cobalah untuk mengakui perasaanmu sendiri. Jangan pernah menyembunyikan dan menolak akan kebenaran yang ada.

Meski tergolong sederhana, namun tindakan untuk validasi atas emosi yang terjadi pada diri sendiri itu pengaruhnya sangat luar biasa bagusnya lho

Ingat ya! Menvalidasi perasaan itu bukan membenarkan emosi kamu, melainkan mengakui perasaan emosi yang saat ini sedang kamu rasakan. Tentu, kedua hal tersebut berbeda.

Jika validasi perasaan ini dilakukan, maka bisa dipastikan mental health dan pengelolaan emosi kamu akan terjaga dengan baik lho!

2. Luangkan Waktu untuk Hobi

Pada dasarnya, setiap manusia memiliki kesenangan terhadap sesuatu hal. Sayangnya, tidak sedikit dari mereka yang meninggalkan hobinya karena tuntun aktivitas. Faktanya, banyak para ahli yang menyatakan bahwa hobi mampu meminimalisi seseorang mengalami depresi lho.

So, luangkan waktu untuk bisa menikmati apa yang kamu suka. Lakukan hal-hal yang membuatmu bahagia. Karena dengan menjalankan hobi, pikiran kamu akan jauh lebih tenang dan mampu mencintai diri sendiri.

3. Buat Waktu untuk Self-Care

Self-care merupakan salah satu langkah dalam menjaga kesehatan diri tanpa bantuan tenaga ahli kesehatan. Rutinitas self-care yang bisa kamu lakukan ialah dengan tidur berkualitas, rutin berolahraga, mengkonsumsi makanan yang sehat dan tepat, melakukan perawatan tubuh, atau aktivitas self-care lainnya.

Meski terlihat sepele, namun cara ini mampu membantu kita untuk menghargai diri sendiri setelah melakukan beragam aktivitas. Tidak dapat di pungkiri juga, jika self-care membantu meningkatkan kebahagiaan dan kenyamanan diri kita sendiri lho.

Sudah siap bebas dari depresi, stress atau kesemasan berlebihan? Jika siap, maka jangan lupa luangkan waktu untuk self-care ya!

4. Perbolehkan Dirimu untuk Membuat Kesalahan

Ingat, tidak ada manusia yang sempurna. Jangan pernah menuntut diri sendiri untuk menjadi sosok yang sempurna dan bebas dari kesalahan. Sebuah kesalahan itu sangat wajar, karena hal tersebutlah yang akan mengajarkan kita tentang kehidupan yang sebenarnya.

Bagaimana level hidup ini akan meningkat, jika kamu terlalu fokus padahal yang sempurna. Kamu hanya terpatok pada sebuah kesuksesan dan tidak akan pernah mampu berkembang.

Jadi, tidak masalah dan membiarkan diri kita menikmati kesalahan. Memperbolehkan diri untuk melakukan kesalahan, bukan berarti kita membernarkan akan kesalahan yang telah kita buat ya. Itu hanya sebagai pola belajar kita dalam membuat pilihan yang lebih baik lagi kedepannya.

5. Prioritaskan Dirimu

Berlangsungnya sebuah kehidupan, tentunya setiap orang memiliki prioritasnya masing-masing, bukan. Ada yang mengutamakan karir, family, pasangan atau bahkan money. Semua hal tersebut, tidak ada yang salah. Karena itu adalah hak setiap orang untuk memilih apa yang ingin mereka utamakan.

Namun, prioritas paling penting sebenarnya ialah diri kita sendiri lho! Ketika diri sendiri telah menjadi prioritas atau yang diutamakan, maka semua apapun yang akan kita lakukan itu tidak terbebani. Sebab, semuanya tergantu kebahagiaan dan kenyamaan diri.

Meskipun dalam perjalanan hidup mengalami kesulitan dan masalah. Jika itu semua demi dan untuk diri kita sendiri, semua akan mendapatkan jalan keluarnya masing-masing. Tanpa harus mengalami penyakit mental, seperti depresi atau setress.

Ingat, modal utama hidup kita bisa bahagia adalah tergantung dengan kebahagiaan diri kita sendiri.

6. Sabar Melewati Prosesmu

Hayo, siapa nih dari kalian yang selalu membandingkan proses hidupmu dengan orang lain? No problem. Semua orang pasti pernah masuk dalam lingakan pikiran tersebut kok.

Akan sangat menyenangkan memang, mampu meraih kesuksesan dalam waktu sesingkat mungkin. Sayangnya, kita hidup di dunia nyata bukan magic. Jadi hal tersebut akan sangat sulit adanya bukan.

Ya, mungkin bagi sebagian orang ada yang bisa merai kesuksesan dengan cepat. Tapi kita juga tidak tahu kan berapa lama kesuksesan itu akan bertahan.

Memang sih, rumput tetangga terkadang lebih indah dan rimbun saat dilihat. Namun, jika kita hanya melihat orang lain, diri kita sendiri akan terabaikan dan kita tidak akan menjadi apa-apa.

So, kalau kamu sedang berjuang untuk hidupmu. Kerjakan dengan tekun, konsisten, sabar, dan nikmati semua prosesnya. Iya, berat. Tapi, yakin deh banyak hal baik yang bisa kamu petik selama kamu berproses ini. Jangan menyerah!

Cintai prosesnya dulu, maka kesuksesan sebenarnya akan datang dan bisa kamu petik dimana arti sukses itu sebenarnya.

7. Istirahat Kalau Diperlukan

Setelah seharian berkativitas, tentu tubuh dan pikiran akan mengalami low energi. Jadi, selagi bisa istirahat maka lakukanlah.

Selain mampu menyegarkan tubuh kita. Banyak manfaat lainnya dengan beristirahat yang cukup, seperti meningkatkan konsentrasi dan produktivitas, membantu mengontrol emosi, meningkatkan suasana hati, dan masih banyak manfaat lainnya.

8. Makan Sehat dan Olahraga

Memiliki semua hal apa yang kita inginkan memanglah salah satu cara terbaik untuk mencintai diri sendiri. Namun, apalah arti itu semua jika tubuh kita tidak terurus dengan baik.

Selain menjaga kesehatan mental, sangat penting juga mengontrol asupan gizi dan menjaga kesehatan fisik kita lho.

Tubuh yang yang mendapatkan asupan makanan sehat, akan terhindar beragam penyakit lho. So, pastikan mengkonsumsi makanan sehat dan rajin olahraga ya!

9. Jauhkan dari Orang-Orang Toxic

Menjauhkan diri dari orang-orang yang tidak berdampak baik bagi kehidupan kita adalah cara terbaik dari mencintai diri sendiri. Kenapa begitu? Bukankah kita harus berteman dengan siapa saja?

Untuk apa kita harus mempertahankan seseorang, yang faktanya orang tersebut tidak memiliki manfaat baik bagi mental dan kehidupan kita. Di usia yang semakin dewasa ini, kita wajib untuk memilih teman lho. Tidak semua orang bisa kita sama ratakan sebagai teman, karena kita tidak tahu dalamnya hati orang.

10. Selebrasikan

Selebrasi, umumnya dikenal dengan perayaan. Tips ini bisa menjadi bentuk dari mencintai diri sendiri. Lebih tepatnya, ini adalah cara kita memberi selamat dan apresiasi yang dalam bagi diri sendiri telah melakukan hal yang terbaik.

Misal, selebrasi saat ulang tahun, graduation, naik jabatan, mendapatkan uang tambahan yang lebih besar, atau kondisi special lainnya.

Nah, itu tadi 10 tips untuk mencintai diri sendiri. Ketika kita sudah mampu self-love diatas segalanya, semua kehiduapan kita akan dipenuhi oleh rasa syukur dan kebahagian. Amiin. Semoga bermanfaat.