Inilah Manfaat Dan Bahaya Minuman Tuak Yang Harus Anda Ketahui

manfaat dan bahaya tuak

Pernahkah anda tahu tentang minuman tuak? Tuak merupakan sebuah minuman yang beralkohol hasil dari fermentasi beras, nira, dan beberapa bahan minuman buah yang mengandung gula. Kadar alkohol yang ada di dalam minuman ini lebih rendah dibandingkan dengan anggur, bir, dan beberapa minuman beralkohol lainnya. Namun siapa yang menyangka bahwa minuman tuak ini dapat memberikan manfaat untuk tubuh.

Kandungan yang ada di dalam tuak berupa berbagai macam vitamin, protein, mineral, karbohidrat, fosfor, kalsium, sukrosa, saponin, dan masih banyak lagi. Semua kandungan tersebut ternyata memiliki khasiat yang cukup baik untuk kesehatan tubuh. Nah, berikut ini manfaat yang didapatkan dari tuak.

1. Menghilangkan stress

Manfaat pertama yang dapat didapatkan adalah membantu menghilangkan stress. Tidak jauh berbeda dari cokelat, ternyata minuman tuak juga bisa merubah mood atau suasana hati anda menjadi lebih baik dan merasa lebih tenang. Bahkan ketika anda mengkonsumsi minuman ini maka stress akan hilang.

Minuman tuak ini memang memberikan efek relaksasi dan membuat anda menjadi lebih tenang ketika sudah merasakan efeknya. Namun meski begitu tetap saja minuman tuak masih menjadi pro dan kontra di beberapa kalangan masyarakat disebabkan adanya kandungan alkohol yang dapat memabukkan.

2. Menurunkan demam

Hampir semua orang pasti pernah merasakan sakit demam, entah anak-anak atau bahkan orang dewasa. Demam sendiri bisa jadi penyakit yang tidak berbahaya atau merupakan gejala dari beberapa penyakit yang kronis. Tuak sendiri memiliki manfaat dapat digunakan untuk mengobati demam.

Demam juga bisa menjadi pertanda bahwa sistem kekebalan tubuh anda sedang tidak baik, kandungan yang ada di dalam tuak dapat membantu untuk menurunkan demam dengan ampuh. Tidak hanya itu kekebalan tubuh akan berubah menjadi lebih baik lagi, namun tidak perlu menggunakan kadar tuak yang terlalu banyak dan jangan diberikan kepada anak-anak.

3. Untuk obat penenang

Selanjutnya tuak dapat mengatasi sulit tidur dan membuat anda menjadi lebih tenang. Banyak orang menggunakan tuak ketika mereka akan tidur.Ternyata memang dapat membuat anda lebih tenang dan lebih mudah terlelap. Cocok digunakan untuk anda yang punya masalah tidur seperti insomnia. Namun pastikan untuk tidak mengkonsumsinya terus menerus, jika anda ingin insomnia sembuh maka pastikan merubah beberapa kebiasaan buruk dan cobalah untuk hidup sehat.

3. Obat tradisional dibates

Banyak beberapa penyakit yang berbahaya sering mengancam tubuh kita, hal tersebut tentu saja disebabkan oleh banyak hal mulai dari pola makan yang kurang sehat sampai dengan kebiasaan yang sering dilakukan. Diabetes menjadi salah satu penyakit yang harus diwaspadai sebab cukup berbahaya. Minuman tuak juga bisa bekerja untuk mengatasi diabetes. Kandungan yang ada di dalamnya akan menurunkan kadar gula dalam tubuh anda.

Jika anda ingin menggunakan tuak untuk membantu menurunkan kadar gula maka pastikan menggunakan dosis yang rendah dan tidak terlalu sering agar tidak memberikan dampak negatif pada tubuh anda. Pastikan juga untuk mengurangi konsumsi gula dan juga hati-hati dalam beberapa kebiasaan buruk yang bisa memperparah kadar gula dalam tubuh anda.

4. Mengatasi sembelit

Selanjutnya tuak juga akan membantu mengatasi sembelit. Semebelit sendiri sering terjadi karena tubuh kekurangan serat. Serat bisa didapatkan dari makanan yang kita konsumsi. Untuk membantu mengatasi sembelit dengan cepat maka anda bisa menggunakan tuak dengan mengkonsumsinya secara rutin dengan dosis yang rendah. Tetapi jika sembelit sudah bisa teratasi maka pastikan untuk segera berhenti mengkonsumsi minuman tersebut.

5. Memberikan efek hangat

Tuak bisa membantu untuk memberikan efek kehangatan dan kesegaran bagi tubuh anda. Hal tersebut dikarenakan banyaknya sumber vitamin yang ada pada kandungan minuman tersebut. Sehingga minuman ini sangat cocok jika dikonsumsi ketika badan anda benar-benar merasa kedinginan atau sedang berada di lokasi pegunungan sehingga membutuhkan minuman penghangat seperti tuak.

6. Menyembuhkan sariawan

Selain bisa membantu menghangatkan dan menyegarkan tubuh ternyata juga bisa digunakan untuk mengobati sariawan. Mengkonsumsi minuman tuak memberikan asupan vitamin C yang dibutuhkan untuk mengatasi sariawan dengan cepat. Vitamin C akan membuat bakteri dan virus yang menyebabkan sariawan terbunuh dan membuat anda bebas dari bau mulut.

7. Menjaga kesehatan tulang

Tuak ternyata juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tulng. Tulang memang membutuhkan vitamin agar kepadatannya tetap terjaga. Apalagi semakin bertambahnya usia kepadatan tulang juga akan ikut menurun. Dengan mengkonsumsi tuak akan membantu menjaga kesehatan tulang dan membuat tulang menjadi lebih padat.

Bahaya mengkonsumsi tuak terlalu banyak dan terlalu sering

Sekalipun memberikan manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh namun ketika tuak dikonsumsi terlalu sering dapat memberikan efek yang kurang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan alkohol yang tidak terlalu tinggi tetap dapat memberikan imbas yang kurang baik apalagi jika dikonsumsi terlalu sering. Berikut ini bahaya yang dapat dirasakan ketika terlalu banyak mengkonsumsi tuak.

Baca Juga: 11 Penyakit Akibat Gaya Hidup Tidak Sehat, Wajib Kamu Hindari!

1. Memberikan luka pada lambung

Mengkonsumsi tuak secara berlebihan juga akan memberikan dampak yang kurang sehat seperti menimbulkan luka pada lambung. Hal tersebut dikarenakan sifat tuak yang panas dan tajam akan mengiritasi dinding dan dasar lambung. Seperti yang kita tahu bahwa lambung merupakan organ tubuh yang snagat mudah iritasi dan peradangan. Apalagi jika dari awal anda sudah memiliki riwayat sakit lambung maka harus jauh lebih berhati-hati.

2. Adanya perubahan perilaku

Seseorang yang terlalu sering mengkonsumsi tuak secara berlebihan maka akan memberikan pengaruh pada saraf otak karena mengalami ketegangan dan menghambat aliran darah menuju otak. Hal tersebut tidak dapat dianggap remeh dan berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Dampak awal yang akan terasa adalah perubahan perilaku, biasanya orang akan mudah marah dan tidak dapat mengendalikan emosinya. Tidak heran jika banyak orang yang sering mengkonsumsi tuak mudah sekali emosi dan terlibat sebuah pertengkaran.

3. Gangguan fungsi otak

Selain menghambat aliran darah menuju otak ternyata terlalu berlebihan mengkonsumsi tuak juga bisa menyebabkan gangguan fungsi pada otak. Beberapa kandungan yang ada di dalam tuak ternyata dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan jaringan otak sehingga dapat memicu terserangnya gangguan koordinasi di dalam otak. Tentu saja hal tersebut dapat membuat daya ingat seseorang menjadi menurun.

4. Membuat sakit maag

Seperti yang sudah dituliskan di atas bahwa tuak dapat membuat anda terserang penyakit lambung. Tidak hanya memberikan luka pada lambung saja, bagi anda yang memiliki lambung dalam keadaan sehat pun bisa terpicu timbulnya penyakit maag.

Seseorang yang suka sekali mengkonsumsi tuak maka nafsu makannya akan berkurang. Hal tersebut akan membuat perut anda kosong namun tetap merasa kenyang. Jika dibiarkan tanpa asupan makanan maka bisa membuat anda terserang penyakit maag.

5. Gangguan pada hati

Selanjutnya adalah mudah terserang gangguan fungsi hati. Hal tersebut dikarenakan tuak membuat penimbunan lemak yang ada di sekitar liver. Sifat panas yang dimiliki oleh tuak akan membuat sel-sel hati rusak dan menghambat kemampuan tubuh untuk menghancurkan lemak yang ada di sekitar hati. Endapan lemak tersebut tidak akan bisa disingkirkan dari jaringan hati dan akhirnya fungsi hati akan menurun. Kondisi tersebut akan memberikan resiko kerusakan hati yang parah.

6. Jantung bermasalah

Tidak hanya lambung, otak, dan juga hati yang akan rusak dan tidak bekerja maksimal tetapi juga jantung akan menerima imbasnya ketika anda terlalu sering mengkonsumsi tuak. Hal tersebut dikarenakan air tuak akan menegangkan dan mengerutkan aliran darah sehingga menghambat kelancaran pembuluh arteri pada jantung. Jantung otomatis akan mengalami gangguan dan kehilangan kemampuan untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Itulah beberapa manfaat dan bahayanya mengkonsumsi minuman tuak yang masih banyak digemari oleh masyarakat. Daripada mengkonsumsi minuman yang memberikan efek samping berbahaya, ada baiknya merubah pola hidup agar lebih sehat dan terhindar dari banyak penyakit. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here