7 Alasan Pentingnya Kamu Memiliki Asuransi Kesehatan

7 Alasan Pentingnya Kamu Memiliki Asuransi Kesehatan
7 Alasan Pentingnya Kamu Memiliki Asuransi Kesehatan
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Saat ini anda Belum memiliki asuransi kesehatan? segera kunjungi website untuk mengenal asuransi kesehatan terbaik Indonesia. Dalam peribahasa “sedia payung sebelum hujan” sangat tepat dalam menjelaskan pentingnya Anda memiliki asuransi kesehatan. Tidak ada orang yang tahu kapan dirinya akan sakit. Sebaik-baiknya Anda menjalankan pola hidup sehat, tetap ada risiko dari faktor-faktor eksternal, seperti polusi udara, lingkungan kurang bersih, serta terpapar penyakit menular seperti COVID-19 yang sedang mewabah saat ini. Karena itu, sudah sepatutnya Anda melindungi diri dengan memiliki asuransi kesehatan terbaik.

Sayangnya, banyak orang masih meremehkan pentingnya memiliki asuransi kesehatan. “Saya enggak pernah sakit, kok. Keluarga saya juga enggak punya riwayat penyakit kritis, jadi buat apa saya punya asuransi kesehatan?”

Apakah Anda termasuk yang berpendapat seperti itu? Bila iya, berarti Anda belum memahami dengan benar pengertian asuransi kesehatan. Kehadiran asuransi akan memberikan perlindungan bagi Anda, terutama dari sisi finansial. Pengertian asuransi kesehatan adalah penanggungan biaya medis oleh perusahaan asuransi. Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda akan terhindar dari kondisi merugi atau bangkrut mendadak.

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


Berikut tujuh alasan kenapa Anda perlu memiliki asuransi kesehatan:

1. Biaya kesehatan meningkat terus setiap tahun

Bukan hanya biaya sembako yang tiap tahun meningkat. Biaya kesehatan seperti konsultasi dokter, obat, dan berbagai pemeriksaan medis yang melibatkan alat-alat canggih pun tiap tahun mengalami kenaikan lebih dari 10 persen. Salah satu cara mengantisipasi kenaikan ini adalah dengan memiliki asuransi kesehatan.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


2. Meringankan Anda dari biaya kesehatan saat sakit

Penyakit bisa datang kapan saja. Masalahnya adalah bila Anda mendadak sakit, tetapi tidak punya cukup dana untuk membayar pengobatannya. Kalau penyakitnya tergolong ringan, Anda mungkin masih mampu membayar secara tunai. Bagaimana bila penyakit yang Anda derita termasuk berat dan membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut?

Masalah pembayaran dokter dan obat tidak akan Anda temui bila Anda sudah memiliki asuransi kesehatan. Di sinilah asuransi kesehatan berperan penting, dengan menanggung biaya pengobatan sehingga Anda dapat fokus pada proses penyembuhan dan pemulihan. Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda membayar biaya lebih rendah dari yang seharusnya dibayarkan saat harus menjalani tindakan medis.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


3. Melindungi Anda dari risiko masalah finansial

Biaya kesehatan mengalami kenaikan tiap tahunnya. Tanpa persiapan khusus, Anda bisa jadi kewalahan saat tiba-tiba harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar karena, misalnya, mendapat diagnosis penyakit berat.

Keadaan seperti ini berisiko menimbulkan goncangan yang cukup besar terhadap kondisi keuangan seseorang. Sebagian orang harus menguras tabungan atau terpaksa menjual aset-asetnya demi membiayai pengobatan yang ia jalani. Anda dapat menghindari risiko tersebut dengan mengalihkan beban biaya pengobatan ke perusahaan asuransi melalui asuransi kesehatan. Dengan begitu, saat Anda sakit, kondisi keuangan rutin Anda tidak akan terganggu.

4. Membantu Anda mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan nyaman

Asuransi kesehatan menawarkan pelayanan kesehatan yang baik dan nyaman bagi pemilik polis. Saat Anda sakit, Anda tentu berharap mendapatkan pelayanan dan penanganan yang nyaman untuk mendukung Anda dalam menjalani proses penyembuhan. Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda tidak perlu mengeluarkan uang tunai untuk membayar biaya pengobatan dan Anda akan mendapatkan fasilitas kesehatan yang baik.

Selain itu, beberapa produk asuransi kesehatan memungkinkan pesertanya dirawat terlebih dahulu jika pemilik polis atau salah satu anggota keluarganya sakit. Fasilitas seperti ini tentu tidak bisa didapatkan bila Anda tidak memiliki asuransi kesehatan.

5. Pergeseran pola penyakit

Puluhan tahun lalu, penyakit kardiovaskular banyak menyerang orang-orang lanjut usia. Kini, penyakit-penyakit seperti diabetes, hipertensi, stroke, dan bahkan penyakit jantung bisa menyerang usia produktif. Kemajuan teknologi dan perubahan gaya hidup dianggap sebagai faktor yang turut memperbesar risiko seseorang terhadap penyakit-penyakit tersebut.

Karena itu, memiliki asuransi kesehatan menjadi penting untuk melindungi Anda dari risiko kerugian finansial. Ini terutama bila Anda termasuk berisiko tinggi terhadap salah satu atau beberapa penyakit berbahaya tersebut, baik akibat gaya hidup ataupun faktor keturunan.

6. Lebih cepat lebih baik

Kapan waktu terbaik untuk membeli asuransi kesehatan? Yang jelas bukan saat Anda sudah terserang penyakit. Anda perlu membeli asuransi kesehatan sedini mungkin dan saat Anda dalam kondisi sehat.

Semakin tua usia, seseorang semakin berisiko terhadap sejumlah penyakit, dan premi yang harus dibayarkan pun makin besar. Bila Anda membeli asuransi kesehatan saat masih muda, risiko sakit Anda umumnya kecil dan premi yang harus dibayarkan pun lebih kecil dan tidak terlalu membebani pengeluaran rutin.

7. Investasi terbaik

Ada banyak macam jenis investasi, dan asuransi kesehatan merupakan salah satu jenis investasi terbaik. Sehat itu mahal, tetapi sakit lebih mahal lagi. Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda melindungi diri dari risiko kerugian finansial.

Anda telah menyisihkan uang untuk mendapatkan manfaat khusus, yaitu perlindungan kesehatan dari perusahaan asuransi. Saat Anda tiba-tiba harus berobat, Anda tidak perlu pusing memikirkan biayanya karena Anda sudah mengalihkan risikonya kepada perusahaan asuransi.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Bagaimana cara mengetahui jenis asuransi kesehatan seperti apa yang paling baik bagi Anda? Berikut beberapa faktor utama yang perlu Anda pertimbangkan saat hendak memilih produk asuransi kesehatan terbaik:

  • Pahami kebutuhan Anda, lalu pilih produk yang akan memberikan manfaat paling besar bagi Anda.
  • Sesuaikan dengan anggaran Anda agar Anda dapat melakukan pembayaran premi dengan lancar.
  • Perhatikan reputasi perusahaan asuransi dan pastikan perusahaan tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
  • Pilih asuransi yang memiliki jaringan luas dan bekerja sama dengan banyak rumah sakit.

Jadi, pastikan Anda memilih jenis asuransi kesehatan yang tepat, produk asuransi kesehatan terbaik, atau asuransi kesehatan syariah terbaik bagi Anda. Mega Hospital Investa adalah produk asuransi kesehatan dari PFI Mega Life, yang memiliki rekanan rumah sakit yang tersebar luas di wilayah Indonesia.

Produk asuransi kesehatan ini banyak diminati karena menawarkan manfaat perlindungan yang nyaman, namun premi yang harus dibayarkan ramah di kantong. Anda bahkan dapat memilih rencana pembayaran premi sesuai dengan kondisi dan kemampuan Anda.

Mega Hospital Investa memberikan manfaat santunan rawat inap karena sakit atau kecelakaan, santunan rawat inap ICU/ICCU, santunan meninggal dunia karena sakit atau kecelakaan, serta pengambilan premi (no claim bonus).

Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda terbebas dari beban finansial saat suatu hari tertimpa musibah terkena penyakit dan harus menjalani pengobatan atau rawat inap. Anda tak perlu khawatir lagi memikirkan cara membayar biaya pengobatan karena akan ditanggung perusahaan asuransi.

Jangan remehkan pentingnya memiliki asuransi kesehatan. Bila Anda sudah memiliki asuransi kesehatan dari kantor, ada baiknya Anda juga memiliki asuransi kesehatan atas nama pribadi sebagai jaring pengaman kedua dan perlindungan jangka panjang. Dengan begitu, bila suatu hari Anda tidak bekerja di kantor tersebut, Anda masih terlindungi dari risiko kerugian finansial akibat sakit. Segera miliki perlindungan asuransi kesehatan sekarang juga!