20 Tips Memulai Usaha Dari Nol Hingga Bisa Menjadi Sukses

rencana-memulai-usaha

Hampir dari semua orang entah yang sudah memiliki pekerjaan tetap atau belum sebenarnya lebih menghendaki menjadi seorang pebisnis besar yang sukses. Sayangnya keinginan tersebut tidak mudah untuk dilakukan dan hanya sebagian kecil orang yang dapat hidup seperti itu. Hal tersebut tidak lain dikarenakan merintis sebuah usaha dan bisnis memang tidak semudah seperti yang dibayangkan. Bukan hanya modal saja yang harus dimiliki tetapi kamu juga harus memiliki mental baja dan beberapa hal yang lainnya.

Untuk membantu usaha kamu tetap berjalan dengan sukses dan berjalan baik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini tips memulai usaha dari nol dan membantu bisnis kamu menjadi lebih sukses.

1. Meyakinkan diri sendiri

Hal yang penting untuk dilakukan ketika ingin memulai sebuah usaha adalah meyakinkan diri sendiri. Mulailah untuk memantapkan hati sebelum akhirnya memutuskan pilihan. Jika kamu masih merasa setengah hati untuk membangun usaha tersebut, maka rasanya akan susah membangun bisnis kamu sendiri. Alih-alih ingin mendapatkan kesuksesan, justru yang ada usaha kamu harus berhenti di tengah jalan. Untuk itu meyakinkan diri perihal usaha yang akan kamu geluti memang sangat penting.

2. Sediakan modal usaha

Setelah kamu sudah merasa yakin dan mantap bahwa usaha tersebut bisa kamu jalani sekalipun hambatannya banyak, maka selanjutnya kamu harus memiliki modal usaha. Jika masih belum tahu dengan benar berapa modal yang harusnya kamu miliki, maka kamu bisa mencari informasi lebih dulu. Banyak tempat untuk mendapatkan informasi, kamu bisa datang ke beberapa orang yang memiliki usaha seperti kamu atau bisa juga mendapatkannya melalui media internet yang mungkin akan jauh memudahkanmu.

3. Berpikir kreatif

Tidak ada seseorang yang dapat menjalankan bisnisnya dengan sukses jika orang tersebut tidak mampu berfikir kreatif. Pastikan kamu mencoba untuk berpikiran out of the box dimana tidak hanya melihat peluang bisnis yang sudah mainstream, tetapi kamu bisa memikirkan hal yang unik dan dibutuhkan oleh banyak orang. Misalnya saja seperti transportasi online yang menjadikan peluang bisnis menjadi solusi bagi kebanyakan orang.

4. Miliki visi misi yang jelas

Visi dan misi menjadi hal yang penting untuk membantu usaha kamu berkembang dan sukses. Kamu harus memiliki rencana bisnis yang juga memiliki fleksibilitas dan inovasi tinggi sehingga usaha kamu bisa berkembang sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Jika ada masalah yang menimpa, maka kamu bisa kembali pada visi dan misi yang sudah di buat sebelumnya. Dapat dikatakan visi dan misi membuat kamu terus ingat pada tujuan dan juga terus melangkah sesuai dengan rencana yang telah dimiliki.

5. Mengorganisir diri sendiri

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah mulai membiasakan diri untuk terorganisir. Sebenarnya hal ini memang sepele dan jarang diperhatikan, namun siapa sangka hal ini juga penting sebagai modal diri untuk mengatur usaha anda. Jika kamu belum bisa mengorganisir diri sendiri lantas bagaimana bisa kamu mengorganisir bisnis kamu untuk jadi lebih baik.

Baca Juga: 4 Hal Utama yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis

6. Catat semua hal tentang bisnis anda

Ketika memulai sesuatu bisnis maka jangan pernah menganggap remeh hal-hal kecil tentang bisnis tersebut. Mulai dari saran orang lain, kemudian tantangan yang kamu akan hadapi ketika mengelola usaha, dan masih banyak yang lainnya.

Nah salah satu yang tak boleh kamu lewatkan adalah catatan semua hal tentang bisnis. Catatan tersebut akan membantu kamu jika suatu saat kamu membutuhkan data penting tentang perjalanan bisnis. Jika nantinya bisnis yang kamu bangun menjadi sukses dan besar, maka kamu tidak hanya mewariskan sebuah bisnis saja tetapi juga sebuah pengalaman.

7. Terbuka pada setiap kritik dan saran

Untuk menjadi suskses memang tidak mudah, bukan hanya tenaga dan pikiran yang ikut bekerja tetapi hati kamu juga harus lebih terbuka. Dapat dikatakan salah satu rahasia sukses adalah proses belajar yang sedang kamu hadapi. Jadilah seseorang yang selalu terbuka terhadap kritik dan juga saran yang diberikan oleh orang lain. Jika sudah mendapatkan kritik dan saran tersebut, maka jadikan itu untuk mengevaluasi kekurangan diri kamu dalam bisnis yang sedang dikembangkan.

8. Jangan cepat puas

Setiap bisnis yang kamu jalankan pasti nantinya akan ada fase naik turunnya, ketika bisnis yang sedang kamu kelola sedang di atas, maka jangan cepat merasa puas. Gunakanlah momen tersebut untuk semakin belajar dan membuat bisnis kamu semakin menjadi lebih besar.

Jangan pernah merasa bahwa sudah memberikan hasil yang tinggi, kemudian berpikir bahwa bisnis kamu tidak perlu dikembangkan lagi, hal tersebut justru bisa membuat bisnis kamu tenggelam termakan jaman. Begitu juga sebaliknya, ketika bisnis sedang turun jangan berputus asa, kamu harus membuka hati dan jangan pernah malu untuk bertanya perihal bisnis kamu terhadap senior.

9. Fokus terhadap satu bisnis

Ketika bisnis yang kamu jalani sedang naik daun, jangan langsung mencoba untuk menggandakan keuntungan dengan membuka bisnis yang kedua, hal tersebut akan membuat kamu tidak fokus dan berakhir pada perkembangan bisnis yang kurang stabil.

Pastikan bisnis yang sedang dijalani saat ini stabil terlebih dahulu, jika sudah mendapatkan peningkatkan yang besar, maka kembangkan terlebih dahulu. Lakukan hal tersebut terus menerus, jika memang sudah dirasa sangat stabil dan membaik pada segi modal, keuntungan, SDM, dan juga beberapa kebutuhan lainnya, maka kamu bisa memikirkan bisnis lain tanpa meninggalkan bisnis yang awal.

10. Siap menghadapi kemungkinan terburuk

Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa menjadi pengusaha akan jauh berbeda dibanding menjadi seorang karyawan. Jika kamu benar-benar ingin menjadi seorang pengusaha maka kamu harus siap untuk menghadapi kemungkinan terburuk. Banyak hal bisa terjadi, untuk itu nyali memang harus dibutuhkan.

Kamu harus mencoba menganalisa dan menyiapkan diri jika kemungkinan terburuk bisa saja terjadi  pada bisnis mu. Namun hal tersebut bukan berarti kamu harus merasa lelah dan menyerah atas bisnis yang sudah kamu yakini. Jika memang masih yakin, kamu harus percaya jika harapan masih ada lalu mencari jalan untuk bangkit kembali.

11. Lihat peluang bisnis

Peluang bisnis menjadi hal yang sangat dibutuhkan untuk membantu bisnis kamu semakin sukses. Misalnya saja, belakangan ini pemerintah Indonesia memang memberikan perhatian besar kepada perdagangan digital karena banyak diminati. Hal tersebut bisa kamu manfaatkan untuk dijadikan peluang berbisnis. Apa yang kamu jualkan bisa juga dipasarkan melalui media online sehingga akan menjadi lebih mudah menyebarkan infromasinya. Atau kamu juga bisa mendirikan sebuah perusahaan berbasis digital.

12. Jalankan bisnis yang kamu sukai

Selain melihat peluang yang ada untuk dijadikan tempat berjalan bagi bisnis kamu, pastikan juga kamu menjalankan bisnis yang memang kamu sukai. Hal ini sangat penting, sebab ketika kamu melakukan bisnis yang ternyata membuat kamu merasa enggan dan terpaksa, maka bisa saja membuat bisnis tersebut akan sulit untuk berkembang.  Ketika menjalankan bisnis yang kamu sukai, sekalipun usaha kamu sedang berada di titik rendah, kamu tidak akan menyerah untuk melepaskannya.

13. Jalankan bisnis yang kamu kuasai

Jangan lupa untuk tetap menjalankan bisnis yang juga kamu kuasai. Jika kamu sudah melihat peluang ada, kemudian bisnis tersebut merupakan hal yang kamu sukai tetapi kamu tidak dapat menguasai bisnis tersebut, maka bisa jadi juga usaha kamu akan berakhir pada hal yang kurang menyenangkan. Pastikan mendahulukan bisnis yang memang sudah kamu kuasai, sekalipun tidak terlalu suka tetapi ketika kamu sudah mengusainya maka tetap saja bisa berjalan dengan sangat baik.

14. Modal usaha

Modal usaha sudah disebutkan di atas namun menjadi hal yang penting untuk dipikirkan kembali dengan matang. Untuk modal usaha pastikan menggunakan modal dari dana pribadi atau hasil patungan jika usaha tersebut adalah usaha bersama. Jika memang termasuk modal patungan, pastikan juga ada aturan hitam di atas putih agar tidak ada yang dirugikan ketika kalian berbagi hasil.

15. Tentukan target pasar

Seorang pengusaha harus menetukan target pasarnya melalui analisa yang sudah dilakukan. Sekalipun kamu memiliki produk dengan kualitas yang baik tetapi menentukan harga pasar yang kurang tepat, maka untuk menjual produk tersebut tentu akan kesulitan. Untuk dapat menganalisa target pasar dengan baik jangan malu bertanya pada yang sudah senior dan juga yang sudah berpengalaman dalam bisnis yang kamu geluti.

Baca Juga: Tahapan memulai bisnis

16. Mental baja

Ketika bisnis kamu mengalami penurnan atau bahkan bangkrut, maka pastikan kamu sudah memiliki mental baja dan jangan memutuskan untuk berhenti menjadi seorang pengusaha. Lanjutkan saja dan cari cara untuk bangkit kembali dan membuat usaha kamu yang mati menjadi hidup kembali.

17. Operasional sudah di siapkan

Pastikan juga ketersediaan kebutuhan bisnis seperti kantor, beberapa alat komputer, dan lain-lain. Kamu bisa mendapatkannya dengan menyewa atau membelinya, tergantung dengan adanya modal yang sudah kamu miliki. Namun akan jauh lebih baik jika kamu membeli alat operasional jika memang modalnya memungkinkan.

18. Pilih SDM yang terbaik

SDM akan dibutuhkan ketika usaha kamu sudah berjalan dengan sangat baik. Tentu saja kamu membutuhkan tenaga yang dapat membantu berjalannya usaha kamu menjadi lebih sukses. Sumber daya manusia merupakan sebuah faktor yang krusial, sebab kamu tidak mungkin dapat mengelola semuanya sendirian. Pastikan SDM yang kamu gunakan sudah ahli dalam bidangnya agar menunjang usaha kamu menjadi lebih baik lagi.

19. Pahami kompetisi

Jangan berpikir bahwa dunia bisnis adalah dunia kamu seorang, dunia bisnis merupakan dunia kompetisi. Untuk memenangkan persaingan tentu saja kamu harus memahami dunia kompetisis tersebut dan mau belajar dari para pesaing. Jangan merasa malu untuk mengakui keunggulan pesaing kamu tetapi bukan berarti juga kamu mau kalah begitu saja.

20. Action

Jika semua teori tentang bisnis sudah kamu kuasai, dan kamu juga sudah memiliki modal yang cukup, maka hal yang perlu dilakukan adalah memulai. Memang tidak gampang untuk mewujudkannya tetapi dengan belajar dan sunguh-sungguh, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Ingatlah bahwa rezeki sudah ada yang mengatur, tugas kita hanya menjemput rezeki dengan kerja keras.

Itulah beberapa tips untuk menjalankan bisnis mulai dari nol yang bisa kamu ikuti dan pelajari. Tidak perlu terburu-buru untuk membuat usaha harus jadi sukses, lebih baik pahami dulu hal-hal yang bisa membuat bisnis kamu tetap bertahan lama. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here