Jangan Panik Virus Corona, Lakukan 10 Kebiasaan Sederhana ini Untuk Mencegah Virus Corona

Jangan Panik Virus Corona
Jangan Panik Virus Corona
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Virus Corona ataudisebut Covid-19 yang mewabah pertama kali di Wuhan, China, memang cukup mengkhawatirkan.Bukan hanya China yang dinyatakan positif corona virus, tetapi hampir menyerangbanyak negara, seperti Italia, Amerika, dan bahkan saat ini sedangmenggemparkan Indonesia. Dari hari ke hari orang-orang yang terkonfirmasipositif Corona semakin bertambah. Jadi tak heran apabila masyarakat Indonesiamerasa panik.

Untuk itulahpemerintah memberikan kebijakan untuk Lockdown selama 14 hari. Tetapi jikaselama 14 hari tersebut corona virus ini belum juga ditemukan solusinya. Maka kemungkinanada kebijakan baru yang akan diberlakukan lagi. Nah, sebagai masyarakat yangbaik dan taat aturan, sebaiknya Anda mematuhi apa yang menjadi kebijakanpemerintah. Selain itu, penting juga bagi Anda untuk menjaga diri sendiriwalaupun sedang ada di rumah.

Namun sebelumitu, penting juga bagi Anda untuk berkenalan apa sih yang dimaksud Virus Corona?Kenapa pemerintah sampai mengeluarkan kebijakan tidak keluar rumah selama 14hari?

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


Covid-19 atau VirusCorona merupakan jenis virus yang menyerang sistem pernapasan. Yang mana jikatidak cepat ditangani, penyakit ini bisa menyebabkan gangguan pada sistempernapasan, pneumonia akut, hingga parahnya berdampak pada kematian. Untukjenis penularannya masih belum bisa dipastikan. Hanya saja, kebanyakan virusini dapat menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibuhamil, maupun ibu menyusui.

Nah, dari beberapa wacana tentang virus corono di atas, akhirnya pemerintah Indonesia memberlakukan kebijakan lockdown, Anda pun harus tetap waspada tentang kesehatan di rumah. Berikut beberapa kebiasaan yang wajib Anda lakukan agar virus tidak semakin menyebar.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


1. RajinMencuci Tangan

Beberapa ahlimengatakan penularan virus corona ini melalui sentuhan. Sehingga penting bagiAnda untuk rutin mencuci tangan dengan sabun secara benar selepas beraktivitasdan bersentuhan dengan benda maupun orang lain. Pasalnya, mencuci tangan dengansabun secara bersih dan teratur diyakini sebagai langkah tepat sekaligus caratermudah yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran virus.

2. MenjagaJarak

Selama pandemicvirus corona masih belum ditemukan solusinya, menjaga jarak wajib Anda lakukandemi sebuah keamanan, terutama pada orang yang tengah batuk atau bersin.Pastikan Anda menjaga jarak setidaknya 1 meter untuk menghindari penularanvirus. Biasakan juga menutup mulut dan hidung dengan tisu saat bersin maupunbatuk. Dan setelah itu, buang tisu bekas batuk atau bersin ke tempat sampah.Juga tidak lupa selalu mencuci tangan dengan bersih, ya.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


3. Hindarike Luar Rumah Jika Tidak Penting

Imbauan tidak keluar rumah memang solusi yang diterapkan pemerintah saat ini. Sebaiknya Andatetap di rumah, jangan sampai ke luar jika tidak penting. Hal ini dilakukanagar penyebaran virus tidak semakin luas. Dan jangan lupa, gunakan masker dansarung tangan ketika hendak bepergian. Mungkin terlihat sepele, tetapi virus coronasudah mengancam kehidupan Anda. jadi, jagalah diri Anda baik-baik, terutamakebersihan tubuh dan lingkungan.

4. JanganMemegang Mulut dan Wajah Terlalu Sering

Tahukah Anda,jika bakteri dan virus itu paling banyak hinggap di telapak tangan? Untuk itu,sangat dianjurkan Anda tidak terlalu sering memegang mulut, hidung, bahkanwajah. Karena bisa saja tangan yang setelah menyentuh suatu benda atau terkenaair liur orang lain sudah terinfeksi virus corona, bukan? Jadi agar tidaktertular, Anda harus lebih waspada dan berhati-hati, ya.

5. HindariMeminjamkan Benda Pribadi Pada Orang Lain

Salah satu carayang bisa Anda lakukan agar terhindar dari virus Corona adalah dengan tidak meminjamkanbenda pribadi pada orang lain. Benda seperti apakah itu?

Aturan kelima inimungkin tepatnya berlaku pada anak kosan yang identik suka bergantian bendaatau pakaian dengan teman satu kosnya. Nah, sebab saat ini negara Indonesiasanter dengan munculnya pandemic virus corona, sebaiknya kebiasaanpinjam-meminjam beberapa kebutuhan, seperti sabun, handuk, peralatan makan danlainnya agar dihindari ya.

6. Menghindari Kontak Dengan Hewan yang Berpotensi Menularkan Virus Corona

Tahukah, Coronavirusdiduga disebarkan oleh beberapa hewan mamalia dan reptil, seperti kelelawaratau unta. Yang mana bisa menularkan ke manusia, serta manusia ke manusia. Dimana berdasarkan kasus yang terjadi di Wuhan, penularan antar manusia melaluipercikan dahak saat batuk atau bersin. Oleh sebab itu, hindarilah kontak denganhewan tersebut.

Apabila saat iniAnda mengonsumsi ikan atau daging untuk lauk makanan, sebaiknya cucilah denganbersih dan masaklah hingga benar-benar matang. Hindari juga membeli maupunmengonsumsi ikan dan daging yang sudah menguarkan bau busuk ya. Karenaditakutkan dari ikan ataupun daging yang tidak memiliki kualitas tidak bagustersebut, justru memicu virus menyerang kesehatan Anda.

7. MenjagaDaya Tahan Tubuh

Tahu nggak kenapa banyak imbauan tentang jangan panik menghadapi virus corona? Itu tidak lain karena kepanikan berlebih bisa mengakibatkan Anda mengalami stress. Jika Anda terjangkit stress, maka akan berpengaruh pada kesehatan, yaitu menurunnya imunitas tubuh.

Oleh karena itu, pada masa lock down selama 14 hari itu, Anda sebaiknya menjaga daya tahan tubuh dengan pola hidup sehat serta mengonsumsi makanan sehat, seperti buah, sayuran, olahraga, tidur tepat waktu, dan bila perlu tambahkan suplemen untuk tubuh.

Baca Juga: 13 Cara Hidup Sehat yang Mudah untuk Kamu Lakukan

8.Menggunakan Masker dan Hand Sinitizer dengan Tepat

Meskipun tidak sepenuhnya masker bisa mengobati penyakit yang disebabkan virus corona, setidaknya masker mampu melindungi Anda dari risiko penyebaran infeksi virus. Syaratnya Anda harus memakainya secara tepat. usahakan masker dipakai hanya sekali saja.

Selain itu, sebisa mungkin saat melepaskan masker, hindari menyentuh bagian depan masker dengan tangan guna meminimalisir menempelnya kuman. Setelah itu, cucilah tangan menggunakan hand sanitizer agar kuman tidak menempel lagi.   

9. UpdateKabar Berita

Walaupun Andalebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah, jangan lupa untuk selalu updateberita terkini tentang virus Corona. Sebab dengan mengetahui perkembangancovid-19 ini, Anda bisa meningkatkan kewaspadaan tanpa panik berlebihan.

10. Pergilah ke Dokter saat Merasakan Gejala

Diketahui gejala yang muncul saat Anda terkonfirmasi sebagai pasien positif covid-19, adalah ketika Anda merasakan demam, batuk berdahak, flu, serta kesulitan bernapas. Maka, segeralah pergi ke dokter. Jangan pernah takut untuk memeriksa kesehatan Anda.

Nah, Apakah Anda masih merasa panik akibat hadirnya pandemic Corona virus? Baiknya 10 kebiasaan di atas Anda lakukan. Dan jadilah warga yang cerdas dengan tidak mengabaikan segala apapun yang sudah diimbau oleh pemerintah Indonesia, ya. Ingat, jangan panik!