8 Cara Membangun Usaha Kafe di Era Industri 4.0 atau Jaman Digital

Membangun Usaha Cafe

Sudah pada mengenal industri 4.0 belum? Mungkin sudah banyak yang mendengar atau mengetahui tentang revolusi industri 4.0. Karena beberapa waktu ini, di berbagai belahan dunia, tak terkecuali negara kita tercinta diramaikan dengan topik revolusi industri 4.0. Namun tentunya masih ada juga yang belum mengetahui tentang industri 4.0 ini.

Nah, sedikit penjelasan yang harus kamu tahu tentang industri 4.0, bahwa industri 4.0 adalah sebuah revolusi yang mengarah pada peningkatan penggunaan teknologi untuk segala sektor, termasuk pada bidang bisnis. Di negara tercinta ini, sudah mulai mempersiapkan berbagai hal untuk mengikuti arus revolusi tersebut.

Semua persiapan tersebut banyak bergerak di sektor bisnis makanan. Nah, salah satu contoh yang kini paling banyak menjamur di sekitar kita ini adalah bisnis kafe. Di sana-sini kita hampir selalu menemui kafe, dan persaingan semakin ketat. Namun apakah mereka semua sudah mempersiapkan senjata untuk menghadapi era industri 4.0 ini? Belum tentu.

Jadi, jika kamu berencana untuk membangun bisnis hari ini, apalagi bisnis kafe, sebaiknya baca artikel ini sampai tuntas. Karena artikel ini akan memberikan informasi tentang cara membangun usaha kafe di era industri 4.0 ini. Apa saja tipsnya? Simak berikut ini hingga poin akhir!

1. Pilih Lokasi yang Strategis

Langkah utama dalam membangun kafe ialah perihal lokasinya. Lokasi ini berkaitan erat dengan target pasar yang menjadi bidikan bisnismu. Misalnya, target pasar yang kamu bidik adalah pelajar dan mahasiswa, maka lokasi yang paling strategis untuk cefe yang ingin kamu bangun adalah di sekitar sekolah atau kampus.

Akan tetapi, jika target pasar yang kamu bidik pegawai kantor, maka sebaiknya mencari lokasi di dekat daerah perusahaan. Atau bisa jadi target pasar yang kamu bidik adalah masyarakat umum, maka kamu harus menggunakan lokasi yang mudah dijangkau oleh masyarakat sekitar. Bisa jadi, lokasi yang dimaksud adalah lokasi lalu-lalangnya masyarakat.

2. Gunakan Konsep Kafe yang Unik dan Nyaman

Jaman sekarang ini, keunikan akan selalu menjadi daya tarik paling kuat. Tak terkecuali dalam membangun ide yang kreatif dalam bidang bisnis. Untuk membangun usaha kafe ini, kamu harus memberikan ciri yang khas untuk kafe milikmu itu. Ciri khas tersebut berfungsi sebagai identitas yang tidak ada duanya, sekaligus sebagai daya tarik yang kuat.

Akan tetapi, perlu kamu perhatikan bahwa dalam mengejar konsep yang unik, kamu harus tetap mempertimbangkan kenyamanan dari pengunjung kafe. Tetap suguhkan tempat dan suasana yang nyaman bagi pengunjung. Karena bagaimanapun, kenyamanan tetap menjadi hal yang paling utama.

3. Desain Interior Kafe Instagramable

Ketika kamu telah menemukan ide konsep yang menarik, kamu harus mengaplikasikannya kepada desain interior agar nampak memikat. Seperti yang kita ketahui, jaman sekarang ini banyak kalangan masyarakat, khususnya kaum milenial yang tidak hanya bertujuan untuk makan dan minum, namun juga memenuhi kepuasan berswafoto.

Di era digital ini, kualitas konten di media sosial menjadi kebutuhan yang memaksa untuk dipenuhi. Jadi hal ini sudah pasti menjadikan tren yang banyak diincar, seperti halnya berburu foto yang instagramable. Jadi, desain interior kafe yang instagramable akan mendorong perkembangan usaha bisnis kafe yang kamu geluti.

4. Ciptakan Menu yang Unik

Selain dari bangunan kafe yang dirancang dengan konsep yang unik dan instagramable, menu dari kafe juga harus unik. Tren untuk memenuhi konten di media sosial tidak hanya melulu tentang view konten, namun juga meliputi hal lain seperti daily activity, termasuk menu makan yang mereka santap.

Tak jarang dari mereka berburu menu kuliner yang unik untuk dijadikan konten dengan tujuan memenuhi tren yang berlangsung di media sosial. Jadi, menu kafe yang cukup unik akan mampu meningkatkan pemasaran. Akan tetapi, dalam membuat menu unik, jangan sampai menghilangkan cita rasa yang diharapkan.

5. Fasilitas yang Lengkap

Di era digital seperti sekarang ini, rasanya tidak cukup jika membangun sebuah tempat umum tanpa adanya saluran WiFi. Apalagi jika target pasarnya pelajar dan mahasiswa, nah, sangat wajib untuk memfasilitasi café kamu dengan jaringan free WiFi. Karena selain hasrat haus dan lapar, hasrat ini juga hal yang butuh dipenuhi.

Faislitas memadai di era industri 4.0 ini tidak hanya berupa free WiFi, namun juga lebih kepada fasilitas yang lain. Contohnya seperti aplikasi yang sudah menggunakan sistem digital. Dengan begitu, pengunjung tidak perlu mengantri lama di kasir karena sistemnya sudah tidak manual lagi.

6. Buatlah Akun di Beberapa Media Sosial

Pada era industri 4.0, kini sudah menjadi era dimana media sosial banyak memegang kendali atas perkembangan bisnis di dunia. Jadi mustahil sebuah usaha bisnis akan mampu berjalan seimbang dengan perkembangan jaman jika tidak mampu memanfaatkan media sosial untuk bisnis yang dikelolanya.

Bagaimanapun, media sosial merupakan salah satu cara yang sangat efektif dalam mempromosikan bisnis. Jadi, jika kamu ingin membangun usaha kafe, buatlah minimal satu akun media sosial untuk menampung semua gambaran tentang kafe yang kamu kelola. Dengan begitu, kafe tersebut akan mudah dikenal oleh masyarakat.

Baca Juga: Kedai Kopi, Salah Satu Investasi Bisnis yang Sangat Menjanjikan

7. Undang Blogger Atau Youtuber untuk Berkunjung

Jika kamu berpikir bahwa media sosial sudah cukup untuk mengembangkan usaha kafe yang kamu kelola, maka itu salah. Di era indstri 4.0 ini, semua media digital harus dimanfaatkan sebagai wadah untuk melakukan bisnis. Salah satu wadah media digital yang saat ini tren ialah blog dan youtube.

Tidak ada salahnya kamu mengundang food blogger dan youtuber untuk berkunjung ke kafe-mu? Mintalah mereka untuk mempromosikan kafe yang kamu kelola di konten-konten mereka. Dengan begitu, peluang pemasaran akan lebih besar dari orang-orang yang membaca atau menonton konten mereka.

8. Melayani Pemesanan COD Atau Go-Food

Salah satu sistem yang tidak boleh kamu lewatkan dalam mengambangkan usaha kafe di era industri 4.0 adalah menggunakan Go-Food atau menggunakan sistem cash on delevery (COD). COD ini merupakan sistem pembelian dengan cara bayar di tempat. Sedangkan aplikasi Go-Food tentunya banyak yang sudah tahu bawa itu merupakan aplikasi jasa antar pesan makanan.

Nah, di era industri 4.0, kamu dituntut untuk dapat mengikuti arus perkembangan teknologi dengan salah satu caranya menggunakan aplikasi Go-Food maupun menggunakan sistem COD. Mengapa? Karena pada saat ini, sistem tersebut paling banyak diminati. Sistemnya yang mudah, menjadi alasan digemari oleh masyarakat.

Jadi, sudah selayaknya, kamu menggunakan berbagai trik untuk membangun usaha kafe di era industri 4.0 ini. Hal itu untuk mengimbangi tren media digital yang ada. Jika tidak demikian, maka bisnis yang kamu kelola akan tertinggal jauh. Semoga beberapa tips cara di atas dapat memberikan inspirasi untuk lebih mengembangkan bisnis sesuai dengan revolusi industri 4.0.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here