9 Bisnis Sampingan untuk Pelajar yang Menghasilkan Uang

Saat ini, banyak siswa yang mencari bisnis sampingan pelajaruntuk memenuhi kebutuhan sehari–harinya. Apalagi para siswa atau siswi yangmerantau dari kampung halamannya untuk belajar dan kuliah. Terkadang adaselipan di hati untuk tidak merepotkan orang tua di kampung halaman.

Sehingga, kini punya usaha sampingan pelajar sudah bukan halyang aneh lagi. Bahkan tidak jarang ada banyak pengusaha yang bisnisnya sudahdirintis sejak mereka masih di bangku sekolah atau kuliah.

Salah satu contoh yang terkenal adalah Mark Zuckerberg, sangpendiri media sosial terbesar Facebook. Mark memulai bisnisnya tersebut sejakia masih kuliah di universitas Harvard College. Hingga kini, ia telah menjadisalah satu orang terkaya paling muda di dunia.

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


Memilih usaha sampingan pelajar juga tidak bisa sembarangan.Yang pasti, jangan sampai pekerjaan anda dalam berbisnis mengganggu kegiatanutama anda sebagai pelajar yaitu belajar dan menuntut ilmu. Oleh karena itu,berikut rekomendasi bisnis sampingan pelajar yang bisa anda jalani.

1. Content Writer

Menjadi content writer atau penulis konten baik untuk sebuahblog, website, atau produk, bisa menjadi salah satu usaha sampingan pelajaryang menguntungkan. Sebab saat ini, ada banyak website baru yang membutuhkancontent writer untuk mengisi website tersebut.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


Dalam menjadi seorang content writer, anda perlu mengetahuibeberapa hal dasar seperti SEO atau Search Engine Optimization, dan tata carapenulisan yang baik.

Seorang content writer professional bisa menghasilkanpuluhan dollar untuk satu tulisannya yang dikirim untuk pelanggan. Jumlah yangsangat banyak untuk seorang pelajar.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


2. Penerjemah Film atau Komik

Penerjemah atau translator film dan komik juga menjadipekerjaan sampingan pelajar yang sangat mudah dan tidak membutuhkan banyakskill. Yang terpenting anda menguasai bahasa yang ingin diterjemahkan baikbahasa Inggris, Mandarin, atau bahasa lainnya.

Menjadi penerjemah film tidak selamanya tentang illegal ataubajakan. Sebab kini sudah banyak pula agency resmi yang menjadi pekerja parttime untuk menterjemahkan film–film yang akan ditayangkan di channel sepertiNational Geographic dan lain–lain.

Dan semakin anda rajin menjadi translator dengan kerja yangcepat dan tepat, maka semakin tinggi pula penghasilan yang anda dapatkan. Sebabagency akan membayar per video yang sudah anda terjemahkan.

3. Freelance Developer

Bila anda seorang pelajar SMK atau mahasiswa dengan jurusanyang berhubungan dengan programming komputer, maka anda bisa mencoba menjalankanbisnis sampingan sebagai freelance developer. Tak perlu project yang besar danmenyita waktu, anda cukup memilih project singkat saja.

Memang biaya pembuatannya tidak sebesar project jangkapanjang. Tetapi project–project singkat bisa membantu anda dalam memperluasnetworking bersama programmer lain.

Selain itu anda juga bisa melatih kemampuan programming andamelalui project singkat ini. Sehingga anda sudah memiliki portofolio yangbanyak ketika lulus nanti.

4. Menjual Stock Photo

Banyak orang tidak menyadari bahwa foto di galerinya bisamenjadi penghasil dollar. Bagaimana caranya? Yaitu dengan menjual foto–fototersebut ke website stock photo seperti Shutter Shock, IStock Photo atauPixabay.

Ketiga website ini merupakan tempat anda menjual foto ke orang–orangyang membutuhkannya baik para developer, web designer, atau video editor. Dantentunya, mereka akan membayar dalam kurs dollar.

Semua jenis foto bisa dijual dan diuangkan. Tetapi tidaksemua jenis foto memiliki banyak peminat. Biasanya foto – foto dengan tematertentu seperti pemandangan, tanaman, atau hujan yang memiliki peminat palingbanyak dan harga paling tinggi.

5. Bisnis Online Shop

Kita semua pasti sudah tau mengenai online shop yang sedangpopular beberapa tahun belakangan. Kini, online shop menjadi salah satu gayahidup yang bisa dimanfaatkan sebagai bisnis oleh beberapa orang, termasukpelajar.

Memanfaatkan online shop sebagai bisnis sampingan pelajarjuga bisa dilakukan dengan banyak cara. Seperti menjadi dropshipper, reseller,atau menjual langsung produk yang anda jual kepada keluarga atau teman anda.

Sebab tidak semua orang paham bagaimana cara menjual di toko online. Dan terkadang penjual tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus online shopnya dengan serius.

Baca Juga: 11 Kiat Sukses Membangun Bisnis Sendiri dari Awal

6. Menjadi Agen Pulsa dan Token Listrik

Berikutnya, anda bisa memanfaatkan kebutuhan masyarakat padakuota, pulsa, dan token listrik dengan menjadi agen penjual pulsa dan token.Kini untuk menjadi agen pulsa, anda tidak perlu melakukan pendaftaran yangrumit.

Cukup manfaatkan toko online dan e–commerce yang menyediakanbanyak pilihan top up pulsa, listrik, kuota, bahkan voucher game. Dan semuanyabisa dilakukan secara online tanpa perlu ribet registrasi dan lain–lain.

Agar semakin diminati, anda juga perlu membuat promo–promoyang menggiurkan dan memasang harga yang bersaing dengan penjual lainnya.Tentunya promo ini tidak akan merugikan bisnis anda, justru akan semakinmenguntungkan jika sudah banyak yang menjadi pelanggan anda.

7. Youtuber dan Content Creator

Bisnsi sampingan pelajar yang berikutnya adalah menjadiseorang Youtuber atau content creator. Mungkin anda sudah pernah melihat ataubahkan mengidolakan Youtuber yang ternyata masih seorang pelajar.

Dari pada hanya menjadi idola, mengapa anda tidak mencobaperuntungan yang sama? Menjadi seorang Youtuber dan content creator sembarimenjadi pelajar. Tentunya, membuat content Youtube bisa dilakukan dengan waktuyang flexible dan tidak akan menganggu jam pelajaran di sekolah dan kuliah.

Uang yang didapatkan seorang Youtuber berasal dari iklanberupa paid promote, endorsement, maupun Google Adsense. Dan jumlahpendapatannya sangat menggiurkan untuk ukuran seorang pelajar bahkan orangdewasa.

8. Freelance Graphic Designer

Graphic designer atau desain grafis merupakan salah satupekerjaan freelance yang paling banyak dilakukan oleh para mahasiswa jurusanDKV, Multimedia, dan jurusan yang berhubungan dengan seni lainnya. Sebabjurusan tersebutlah yang paling cocok untuk menjadi seorang desain grafis.

Menjadi desain grafis juga tidak bisa asal. Anda perlubelajar mengenai komposisi, design yang baik, perpaduan warna, dan lain–lain.Ketiga hal ini juga diajarkan dalam mata kuliah jurusan DKV dan multimedia.

Sehingga untuk anda mahasiswa dengan jurusan yang disebutkandi atas, menjadi seorang freelance desain grafis bisa menjadi kesempatan andabaik dalam mengasah kemampuan maupun dalam mencari tambahan penghasilan.

9. Membuka Stand Makanan Kecil–Kecilan

Bisnis sampingan pelajar yang terakhir adalah dengan membukastand makanan kecil–kecilan pada akhir pekan atau ketika ada event–eventtertentu. Mulai dari stand makanan ringan, minuman dingin seperti boba, ataucoffee shop kecil.

Karena berupa usaha kecil–kecilan, maka anda juga tidakmembutuhkan modal yang besar. Dan karena hanya beroperasi di hari–haritertentu, kegiatan utama anda sebagai pelajar tidak akan terganggu.

Anda masih bisa mengikuti mata kuliah setiap hari sepertibiasa dan tetap bisa mengerjakan tugas tanpa terbebani dengan bisnis.

Itulah rekomendasi bisnis sampingan pelajar yang bisa andaikuti. Memulai bisnis dan usaha sejak dini akan membiasakan anda dalam bekerjatepat waktu dan membiasakan anda dalam kedisiplinan dan menghargai kerja keras. 

Leave a Comment