9 Cara Mengembangkan Bisnis Menggunakan Media Sosial Instagram

mengembangkan-bisnis-menggunakan-instagram

Belakangan ini hampir semua orang memiliki sosial media yang digunakan untuk memposting foto, membuat status, atau juga video. Namun tidak hanya itu saja, beberapa sosial media juga dapat digunakan untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Salah satu media sosial yang populer untuk mendapatkan penghasilan adalah instagram.

Instagram sendiri punya pengaruh yang besar dalam mengembangkan sebuah bisnis, karena aplikasi ini sudah menjadi aplikasi populer bagi kalangan anak muda. Memanfaatkan instagram sebagai aplikasi yang dimiliki oleh semua orang dapat membantu membuat bisnis anda semakin berkembang. Lantas bagaimana untuk menggunakan instagram sebagai tempat berbisnis yang menguntungkan?.

Sebenarnya pada tahun 2016 lalu, instagram merilis Instagram For Business yang merupakan fitur profil bisnis yang gratis. Hal ini dapat membantu anda sebagai pemiliki bisnis untuk mencantumkan informasi bisnis anda secara lengkap, mulai dari telfon, sms ataupun email. Tidak hanya itu, tetapi profil bisnis juga bisa digunakan untuk melihat insights yang berfungsi mengamati aktivitas follower anda.

Dengan informasi yang didapatkan, maka anda dapat mengenal perilaku dan demografis para pengikut. Jadi anda bisa memberikan konten yang menarik dan relevan sesuai dengan minat dari para pengikut instagram anda.

Ada juga fitur promote yang memperbolehkan anda untuk membuat postingan berupa ads atau iklan di aplikasi instagram. Mengiklan tentu akan membantu mempromosikan bisnis anda kepada pelanggan yang relevan, jadi Anda bisa menentukan target audience yang bisa melihat iklan dari bisnis anda.

Lantas bagaimana membangun bisnis di instagram? Berikut ini beberapa cara mengembangkan bisnis menggunakan Instagram.

1. Buat visual yang konsisten

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat visual yang konsisten. Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa 60% dari beberapa brand terkenal yang menggunakan instagram bisnis akan menggunakan filter yang sama pada setiap postingannya.

Mungkin hal ini terdengar sepele, namun menggunakan filter yang sama pada setiap foto akan membuat usaha anda memiliki karakter tersendiri dan mudah dikenali oleh para follower anda.

Selain menjualkan produk anda, ingat bahwa like dan komentar sangat anda dibutuhkan. Jika foto anda semakin mudah untuk dikenali, maka semakin besar juga kemungkinan followers anda memberikan like-nya dan meninggalkan komentar. Anda juga dapat menggunakan aplikasi editing bantuan seperti Enhance atau VSCOcam. Pilihlah filter mana yang memang menarik dan dapat menjadi karakter brand anda.

2. Pilih subjek yang akan ditampilkan

Selanjutnya, anda harus memiliki subjek yang akan ditampilkan. Secara visual anda harus menentukan konten apa yang anda inginkan dan mulailah fokus konten tersebut. Misalnya saja jika anda menjual baju, maka foto yang akan diunggah di instagram bisnis anda adalah foto baju-baju saja. Begitu pula jika anda menjual produk makanan, maka pastikan yang diunggah adalah produk makanan saja.

Namun hal tersebut bukan berarti anda tidak boleh mengunggah foto lain selain bisnis anda. Boleh juga posting foto yang tidak ada kaitannya dengan bisnis anda, tapi pastikan benar-benar menarik bagi follower anda.

3. Gunakan hashtag untuk branded anda

Bagi pengguna instagram rasanya sudah tidak asing lagi menggunakan hashtag. Nah, fitur di instagram yang satu ini dapat digunakan untuk melancarkan pemasaran produk anda. Sekalipun instagram merupakan media sosial yang mengutamakan visual, tetapi untuk yang satu ini memang sangat penting dilakukan.

Pastikan untuk memperhatikan gaya caption yang anda buat. Salah satu caranya dengan menggunakan hastag produk anda. Tidak hanya menggunakan nama usaha yang anda miliki, tetapi anda juga bisa menjabarkan tentang produk yang anda jual dengan menambah hashtag.

Hastag akan membantu para followers anda untuk menemukan produk dengan mudah. Tidak hanya follower anda, bahkan beberapa pengguna instagram yang ingin menemukan barang yang anda jual juga semakin mudah dengan menerapkan hashtag tersebut. Pastikan memberikan hashtag yang menarik dan benar-benar menggambarkan produk dan juga nama usaha anda.

4. Tetap perhatian pelanggan anda

Menjual barang di instagram tidak hanya sekedar memposting foto produk dengan caption yang menarik, tetapi hal yang penting adalah bagaimana caranya mereka mau membeli produk tersebut.

Pastikan anda mencari informasi tentang apa saja yang sedang menarik atau tranding di jejaring sosial. Hal tersebut dapat diketahui dari apa saja yang dibagikan oleh pelanggan atau followers anda di instagram, sehingga anda bisa memanfaatkan fenomena trending tersebut untuk meningkatkan penjualan produk anda.

Baca Juga: 30 Fakta tentang Instagram yang Belum Banyak Diketahui Orang

5. Perhatikan waktu posting anda

Anda harus memperhatikan waktu posting dengan sebaik mungkin. Untuk menentukan jadwal yang tepat, maka anda dapat melakukan test di waktu yang berbeda-beda, setelah itu perhatikan hasilnya.

Jika anda memposting di waktu yang tepat, maka kemungkinan anda mendapatkan like dan komentar yang tinggi. Jika anda sudah menemukan waktu yang paling tepat, maka pastikan untuk menjadwalkan waktu posting produk anda, tentunya dengan gambar dan caption yang menarik perhatian.

6. Buatlah konten yang menarik

Hal penting lainnya untuk menjualkan produk anda di instagram dengan mudah juga bisa didapat dari konten yang menarik. Jangan takut untuk membuat konten kreatif jika hal itu bisa meningkatkan penjualan anda.

Hal pertama yang harus anda pehatikan adalah caption. Caption sendiri kerap kali menjadi deskripsi barang yang anda jual. Pastikan untuk membuat caption yang menarik sebaik mungkin, anda juga bisa menambahkan emoji agar para pelanggan juga merasa nyaman membacanya.

7. Manfaatkan instagram story dengan baik

Cukup banyak yang bisa dilakukan di instagram untuk mengembangkan sebuah bisnis, salah satunya dengan menggunakan fitur instagram story. Sekalipun hanya bertahan satu hari saja, tetapi pengguna instagram story saat ini sudah mencapai 250 juta pengguna dalam satu harinya. Hal ini menjadi bukti bahwa fitur yang satu ini dapat menunjang promosi bisnis anda.

Pastikan untuk menggunakan instagram story sebagai tempat mempromosikan produk dan juga brand anda. Fitur yang satu ini dapat menjadi media yang sempurna untuk pebisnis online, dan membantu mengasah kreatifitas agar menghasilkan foto atau video singkat yang menarik perhatian para followers.

8. Gunakan fitur foto dan video album

Bisa dikatakan bahwa instagram adalah salah satu aplikasi yang terus update sehingga membuat para penggunannya merasa dimudahkan dalam menggunakannya. Fitur yang dapat dimanfaatkan lainnya adalah album foto dan video. Jadi anda dapat mengunggah 10 foto dan video dalam waktu bersamaan.

Hal tersebut berfungsi untuk menjabarkan tentang produk anda agar informasinya semakin detail. Tentu saja hal tersebut dapat mempermudah pelanggan anda untuk mengetahui produk apa saja yang anda tawarkan. Jangan lupa untuk memberikan video dan foto yang menarik untuk dilihat oleh para pelanggan anda.

9. Kerja sama dengan influencer

Selanjutnya anda bisa bekerja sama dengan influencer. Anda bisa memilih influencer mana yang cocok dengan merek dan usaha anda, kemudian mulailah membangun hubungan. Berikan kontrol atas akun bisnis anda selama satu hari atau anda bisa menghubungi mereka untuk bekerjasama dalam bentuk konten sponsor di akun sosmed mereka.

Memberikan sponsor untuk produk yang anda tawarkan dapat menjadi cara terbaik untuk menaikkan nama merek produk agar bisa diketahui banyak orang.

Namun menggunakan influencer juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit, tapi jika hasil penjualan anda dapat melebihi pembayaran influencer, maka rasanya tidak ada masalah. Pastikan untuk menemukan influencer dengan followers yang banyak dan harga yang tidak terlalu mahal.

Itulah beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk membuat bisnis anda semakin berkembang lewat instagram. Terakhir, jangan lupa menanggapi komentar para pelanggan yang bertanya seputar produk anda agar mereka merasa dilayani dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here