Menikmati Patah Hati dengan Elegan agar Hidupmu Makin Bahagia

Menikmati Patah Hati dengan Elegan agar Hidupmu Makin Bahagia
Menikmati Patah Hati dengan Elegan agar Hidupmu Makin Bahagia
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Banyak orang bilang kalau obat paling ampuh buat patah hati adalah jatuh cinta lagi. Padahal pernyataan ini tidak sepenuhnya benar. Setelah merasakan patah hati, ada baiknya kamu menikmati patah hati dengan membahagiakan diri sendiri. Jangan menambah masalah dengan menjalin hubungan baru terlebih dulu.

Bisa saja kamu justru akan menyakiti diri sendiri dan pasanganmu. Menikmati ruang kesendirian menjadi hal penting yang nggak boleh kamu lewatkan.

Di masa-masa tersebut kamu bisa belajar untuk lebih mengenal dan mencintai diri sendiri. Pahami apa yang sebenarnya kamu inginkan dan kamu butuhkan.

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


Menjalin hubungan baru selepas patah hati mungkin hanya menjadi balas dendam atau pelampiasan saja. Sehingga kamu nggak perlu terburu-buru buat mendapatkan cinta baru dalam hidupmu.

Daripada sibuk mencari pasangan atau merasakan sakit hati, kamu bisa melakukan hal-hal lain yang lebih positif.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


Menikmati patah hati nggak harus selalu dengan bersedih. Ada banyak kegiatan dan kebahagiaan lain yang bisa kamu raih. Untuk menikmati masa-masa tersebut, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

1. Manfaatkan rasa sakit tersebut dan menuangkannya dalam sebuah karya tulisan atau diary

Photo by Vlada Karpovich from Pexels
Photo by Vlada Karpovich from Pexels

Bila kamu adalah seorang yang hobi menulis, mungkin saja mengeluarkan seluruh rasa sakit melalui tulisan menjadi cara yang tepat.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


Kamu bisa membuat tulisan mellow dan yang bisa memotivasi semangat untuk bangkit.

Bahkan cara ini juga bakal bikin kamu jadi lebih produktif. Cobalah membuat tulisan dalam bentuk artikel, cerpen, narasi ataupun puisi.

Bukan nggak mungkin karya-karyamu tersebut layak buat diapresiasi. Dengan begini, kamu juga bisa sekaligus melupakan emosi yang terpendam.

2. Berkemah atau melakukan perjalanan seru bersama kawan-kawan

Berkemah atau melakukan perjalanan seru bersama kawan-kawan
Photo from Pexels

Berkemah bareng temen atau kerabat deket bisa jadi cara elegan buat menikmati patah hati.

Usahain buat keluar dari keseharian dan istirahatlah terlebih dulu. Lakukan hal yang bisa bikin pikiranmu rileks, termasuk jalan-jalan atau berkemah bareng sahabat.

Cara ini efektif agar pikiranmu lebih tenang, namun jangan terlalu banyak membawa teman. Carilah teman yang mau diajak berbagi cerita dan rasa sedihmu, serta memotivasimu buat bangkit.

Yang terpenting, pastikan kamu merasa nyaman dan tenang. Sehingga rasa sakit hati yang dirasakan kian mereda dan menghilang.

3. Berkelana dan melakukan perjalanan untuk bersenang-senang

Photo by VisionPic from Pexels

Bersenang-senang tentu menjadi aktivitas wajib yang harus kamu lakukan saat sedang patah hati.

Nggak perlu mencari teman untuk menemani perjalananmu. Kamu bisa saja jalan-jalan sendiri asalkan kamu merasa senang dan nyaman.

Tapi bila kamu ingin berkelana dalam jangka waktu lama alias merantau, sebaiknya pikirkan matang-matang.

Jangan sampai kamu terlalu tergesa-gesa karena rasa sakit hati yang amat mendalam yang akhirnya membuatmu bertingkah konyol dan merugikan.

Jika ingin berkelana, siapkan segala sesuatunya dengan baik. Misalnya saja perbekalan, rute, tujuan, kegiatan yang akan dilakukan, hingga isi dompet.

Dan yang terpenting, pastikan kamu bisa mengatasi rasa sedihmu sendiri. Namun jika dirasa sulit, cobalah mengajak sahabat atau kerabat terdekatmu. Dengan begini, setidaknya kamu punya teman ngobrol dan tempat untuk curhat.

4. Menikmati lagu yang sesuai dengan perasaanmu atau yang membangkitkan semangat

Menikmati lagu yang sesuai dengan perasaanmu atau yang membangkitkan semangat
Photo by Tirachard Kumtanom from Pexels

Sebagian dari kita seringkali mendengarkan lagu-lagu mellow dan sedih buat menikmati patah hati. Enggak salah memang. Asalkan kamu nggak terus-terusan meratapi nasib dan merasakan sakit hati yang mendalam.

Setelah puas merasakan kesedihan tersebut, segeralah bangkit dan nikmati kebahagiaanmu.

Lain halnya jika kamu adalah tipe orang yang nggak terlalu suka buat meratapi nasib. Ada baiknya dengarkanlah lagu-lagu yang membangkitkan semangat dan lagu bahagia.

Lagu seperti ini justru akan memotivasimu buat kembali menjalani hidup dengan perasaan bahagia.

5. Meluapkan segala emosi dan rasa sakit yang terpendam hingga kamu merasa lega

Meluapkan segala emosi dan rasa sakit yang terpendam hingga kamu merasa lega
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Ingin menangis dan meluapkan seluruh emosi kesedihan yang terpendam? Nggak ada salahnya kok. Justru cara ini bisa membuatmu lebih lega.

Bila perlu, rasakanlah kesedihanmu sejadi-jadinya. Kamu bisa menangis atau berteriak buat meluapkannya.

Nggak ada yang salah dengan namanya menangis atau mengalami kesedihan yang hebat. Setiap manusia wajar mengalaminya. Tapi ingat. Setelah itu kamu harus bahagia tanpa mengingat rasa sakit yang sudah dirasakan.

Pastinya, kedepannya kamu bakal menjadi pribadi yang lebih bahagia tanpa ada beban dari kenangan masa lalu.

6. Menikmati suasana senja, kopi, serta diiringi musik layaknya anak indie

Menikmati suasana senja, kopi, serta diiringi musik layaknya anak indie
Photo from Pexels

Bagi kamu tipe-tipe anak indie, menikmati sakit hati nggak melulu tentang sedih berlebihan atau mati-matian membahagiakan diri. Bahkan sebaliknya. Anak indie seringkali terkesan lebih tenang dalam menikmati rasa sakit yang sedang dialaminya.

Daripada sedih berlebihan, kamu bisa mencoba buat menikmati senja dan secangkir kopi hangat.

Ditambah iringan musik yang sendu, tentunya suasana bakal jadi lebih romantis meski tanpa gebetan.

Atau kamu ingin suasana yang lebih asyik? Cobalah menikmati sunset dari pinggiran pantai atau sekedar keliling kota di sore hari. Mirip ala-ala anak indie bukan?

7. Ikuti berbagai kegiatan positif demi melupakan kesedihan dan membuatmu lebih produktif

Ikuti berbagai kegiatan positif demi melupakan kesedihan dan membuatmu lebih produktif
Photo by Artem Podrez from Pexels

Sedih berlarut-larut justru bakal bikin kamu rugi kan? Nah, daripada melakukan hal yang nggak guna, lebih baik melakukan kegiatan yang bermanfaat.

Misalnya kegiatan di lingkungan perumahan, kantor, ataupun kegiatan di kampus. Isilah hari-harimu dengan kegiatan yang positif biar kamu juga makin produktif.

Terus menerus bersedih dan mengingat rasa sakit justru akan membuatmu semakin susah move on. Jadi lebih baik, buatlah dirimu agar bahagia dan merasakan kesenangan sepanjang waktu.

Hindari hal-hal yang justru bikin kamu sedih dan mengingat kenangan buruk.

8. Menemukan cinta baru setelah kamu siap dan nggak lagi terbawa nama mantan

Menemukan cinta baru setelah kamu siap dan nggak lagi terbawa nama mantan
Photo from Pexels

Sangat sering kita jumpai bahwa dalam sebuah hubungan, salah satunya masih saja mengingat-ngingat sang mantan.

Memang hal ini tidaklah salah, karena dulunya dia adalah orang yang pernah hadir di dalam hidup kita. Tapi jangan sampai kenanganmu dengan mantan justru menyakiti hati pasangan.

Bahkan mungkin saja kamu bakal mengungkit-ungkit kebersamaanmu dulu. Pastinya hati pasangan akan terluka dan bisa-bisa menghancurkan hubungan kalian.

Oleh karenanya, sebelum kamu jatuh cinta kembali lebih baik fokuskan buat memperbaiki diri.

Ingatlah bahwa dibutuhkan waktu untuk memulihkan perasaan sakit di masa lalu dan mempersiapkan diri buat masa depan. Kamu harus bisa membahagiakan diri sendiri terlebih dulu sebelum membahagiakan pasangan.

Satu hal yang perlu kamu ingat, bahwa menjalani hidup tidak melulu mengenai percintaan. Kamu bisa bahagia dengan banyak cara, termasuk bersama sahabat dan keluarga.

Melakukan kegiatan yang disukai juga menjadi hal yang lebih penting dibandingkan hanya sibuk meratapi kesedihan. Kamu bisa menikmati patah hati dengan elegan tanpa menyakiti diri sendiri maupun orang lain. Jadi, lupakan kesedihanmu dan segeralah bahagia!