in

Jangan Berharap Berlebihan, 5 Tips Mengatasi Kekecewaan Karena Berharap Pada Sesama Manusia

Jangan Berharap Berlebihan, 5 Tips Mengatasi Kekecewaan Karena Berharap Pada Sesama Manusia
Photo by Hoang Loc from Pexels

Perasaan kecewa adalah hal yang sudah pasti pernah dialami oleh semua manusia. Perasaan kecewa, apalagi kepada sesama manusia, sebenarnya berawal dari tingginya harapan kita kepada orang lain. Padahal belum tentu orang tersebut mampu memenuhi harapan yang kita inginkan. Karena itulah banyak yang berkata jangan berharap pada manusia, karena nantinya akan kecewa.

Kekecewaan terhadap orang lain karena harapan yang Kita bangun sendiri memang sebuah hal yang wajar. Meskipun begitu, Kita tetap harus bisa mengatasinya sendiri. Apalagi kekecewaan karena Kita membangun harapan yang besar kepada orang lain, yang akhirnya justru tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Aku sudah pernah merasakan semua kepahitan dalam hidup dan yang paling pahit ialah berharap kepada manusia – Ali bin abi thalib

Terlepas dari perasaan kecewa yang mungkin Kamu rasakan kepada orang lain lantaran tidak sesuai dengan harapanmu, ada metode yang bisa Kamu gunakan untuk mengatasinya. Meskipun tidak bisa menghilangkan perasaan kecewa tersebut, namun setidaknya akan membantumu sedikit mengatasi rasa kecewa yang Kamu rasakan. Cobalah metode berikut ini:

1. Jangan Meminta Harapan Terlalu Besar Kepada Orang Lain

Kata kata bijak yang berkata tentang “jangan berharap pada manusia” mungkin menjadi kunci utama dalam mengatasi perasaan kecewamu. Jangan pernah meminta harapan terlalu besar kepada orang lain, maka rasa kecewamu pun juga tidak akan terlalu besar.

Sejatinya, setiap orang yang sudah membuatmu kecewa juga manusia biasa. Ada kalanya orang-orang tersebut melakukan kesalahan, khilaf, hilang kendali dan sifat-sifat manusiawi lainnya.

Dengan tidak berharap terlalu besar kepada orang lain, maka setidaknya, jika harapan tersebut tidak terwujud, rasa kecewamu pun tidak akan terlalu besar. Meskipun, memang akan sangat sulit melakukan hal tersebut. Karena sekali lagi, berharap adalah sifat yang manusiawi.

Sebagai gantinya, tanamkan kepercayaan, bahwa satu-satunya tempat dimana Kamu bisa berharap adalah kepada Tuhan, Sang Pemberi Hidup. Penanaman kepercayaan seperti ini akan membuatmu tidak mudah berharap pada sesama manusia.

2. Tidak Semua Orang Bisa Mewujudkan Harapanmu, Itulah Fakta yang Harus Kamu Terima

Harapan pada manusia sebenarnya adalah harapan yang tidak pasti, yang bisa membuatmu kecewa setiap saat. Ketika Kamu berharap pada seseorang, namun kenyataannya orang tersebut tidak seperti apa yang Kamu harapkan. Itulah yang menjadi awal dari rasa kecewa yang Kamu rasakan.

Rasa kecewa tersebut tentu tidak akan bisa hilang begitu saja. Namun, bisa Kamu atasi. Kamu juga bisa mencegah agar kekecewaan yang sama tidak terjadi padamu untuk kesekian kalinya.

Tanamkan pada dirimu sendiri bahwa tidak semua hal bisa berjalan sesuai harapanmu. Tidak semua orang juga sesuai dengan harapanmu, yang bisa berlaku dan bertindak sesuai apa yang Kamu harapkan. Ketika Kamu mempercayai satu hal sederhana ini, maka rasa kecewamu terhadap orang lain pun akan berkurang.

Setidaknya, ketika orang yang Kamu percaya, suatu ketika, ternyata juga tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Maka Kamu bisa mengatasinya, karena Kamu sudah tahu, bahwa tidak semua orang akan bisa menjadi apa yang Kamu harapkan.

3. Sesekali Ungkapkan Kekecewaan Kepada Orang Lain

Ketika kamu sudah merasa kecewa karena berharap dari orang lain, salah satu cara mengatasi kekecewaan yang sudah terlanjur timbul itu adalah dengan mengungkapkannya. Kamu bisa mengungkapkannya secara langsung kepada orang yang membuatmu kecewa atau kepada orang lainnya.

Jika Kamu memilih mengungkapkan rasa kecewa tersebut kepada orang yang membuatmu kecewa karena harapan yang diberikannya, usahakan membicarakan dengan kepala dingin. Jangan mengungkapkan kekecewaanmu yang dilandasi rasa emosi. Karena mengungkapkan rasa kecewamu dengan berlandaskan emosi, justru akan semakin memperburuk keadaan.

Jika Kamu memilih mengungkapkan kekecewaanmu pada orang lain, itu juga baik. Berbagi rasa kecewa dengan orang terdekat, akan membuatmu mendapatkan dukungan lebih dari mereka. Cara ini sangat ampuh untuk mengatasi rasa kecewamu karena harapanmu yang tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Dukungan moral dari orang terdekat akan mengembalikan rasa percaya diri dan kepercayaanmu kembali.

4. Cari Sisi Positifnya, Pasti Ada Pelajaran yang Bisa Kamu Ambil

Setiap hal yang terjadi pasti ada alasan dan pembelajaran dibalik itu semua. Ungkapan tentang “jangan berharap pada manusia” memang beralasan, karena manusia suatu saat juga pasti bisa mengecewakan.

Namun, Kamu sebagai orang yang dikecewakan karena harapan yang sudah Kamu bangun sendiri terhadap orang lain, juga harus bisa mengatasinya. Tidak selamanya Kamu akan hidup dalam rasa bersalah tersebut.

Agar rasa kecewa karena harapan yang terlampau besar, cara paling sederhananya adalah dengan mencoba cari sisi positifnya. Setiap kejadian yang Kamu alami pasti memiliki sisi positif yang bisa Kamu ambil pelajaran.

Hal ini memang tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Namun jika sudah terlanjur terjadi, tidak ada yang bisa Kamu lakukan. Kamu pun tidak akan bisa memutar waktu. Yang harus Kamu lakukan adalah ambil sisi positifnya, cari pelajaran yang bisa Kamu ambil dari peristiwa tersebut.

Mencari sisi pembelajaran dari setiap hal yang Kamu alami justru bisa menjadi obat yang luar biasa untuk Kamu di masa depan. Dengan kekecewaan, kelak di masa depan, Kamu jadi tahu apa yang harus Kamu lakukan jika kecewa tersebut terulang kembali.

Ya, pelajaran penting yang bisa Kamu ambil adalah, jangan berharap pada manusia. Lakukan sendiri usaha terbaik yang Kamu bisa, dan hanya gantungkan harapanmu pada Sang Pemilik Hidup. Maka di masa depan, Kamu tidak perlu lagi merasa kecewa karena berharap pada sesama manusia.

5. Maafkan Orang yang Sudah Mengecewakanmu, Doakan yang Terbaik Untuknya

Terkadang hal yang cukup sulit untuk dilakukan ketika Kamu dikecewakan adalah memaafkannya. Tidak bisa dipungkiri, hal ini adalah tahap yang paling sulit. Memaafkan orang yang sudah mengecewakan saja sulit, apalagi ditambah harus mendoakan untuk kebaikannya.

Namun percayalah, jika Kamu bisa melakukan hal ini, rasa kecewa yang Kamu rasakan bisa diatasi dengan cepat. Hatimu juga pasti akan merasa lebih tenang karena sudah memaafkannya. Mendoakan kebaikan orang yang sudah mengecewakanmu niscaya bisa membawa kebaikan untukmu sendiri.

Anggap saja, hal tersebut menjadi pembelajaran berharga untukmu di masa depan. Bahwa berharap pada manusia itu bukanlah hal yang baik, karena suatu saat manusia pun bisa mengecewakan.

Nah itulah beberapa tips yang bisa Kamu lakukan untuk sedikit mengatasi rasa kecewamu karena harapan manusia. Dari sini, Kamu bisa belajar Jangan percaya pada manusia, karena sifat manusiawi yang dimiliki oleh manusia mungkin bisa mengecewakanmu.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *